Kuliah Jurusan Ilmu Aktuaria (Actuarial Sciences) di Malaysia

Pilihan universitas dengan program studi Ilmu Aktuaria di dalam negeri yang masih sedikit menjadikan kuliah Actuarial Sciences di Malaysia adalah sebuah solusi!
Share on Facebook Twitter WhatsApp

jurusan ilmu aktuaria

Apakah Anda termasuk pelajar yang menyukai pelajaran Matematika? Senang dengan hitungan angka-angka dan menganalisisnya? Jika ya maka Anda cocok untuk memilih kuliah pada program studi Ilmu Aktuaria (Actuarial Sciences). Apabila Anda memiliki ketertarikan untuk memilih kuliah di Malaysia maka bacalah lebih lanjut panduan kuliah Ilmu Aktuaria di Malaysia ini.

Setelah membaca panduan tentang jurusan Ilmu Aktuaria di Malaysia ini maka diharapkan Anda sudah memahami apa itu Ilmu Aktuaria dan yakin apakah Anda cocok untuk melanjutkan kuliah jurusan Ilmu Aktuaria. Selain itu, Anda juga yakin dengan keputusan untuk mengambil program studi Ilmu Aktuaria di Malaysia karena memiliki alasan kuat. Ketahui juga informasi panduan lainnya melalui penjelasan di bawah ini. Selamat menyimak!

Apa itu ilmu aktuaria?

Ilmu Aktuaria adalah ilmu terapan yang mempelajari bagaimana caranya menghitung dan menganalisis risiko keuangan dengan menggunakan dua ilmu murni yaitu matematika dan statistika. Program studi ilmu aktuaria memang memiliki kaitan di antara beberapa cabang ilmu. Beberapa cabang ilmu yang memiliki kaitan dengan Ilmu Aktuaria di antaranya adalah ekonomi, bisnis, matematika, dan statistika.

Jika digali tentang jurusan Ilmu Aktuaria lebih jauh lagi maka program studi Ilmu Aktuaria tidak hanya mempelajari cara menilai risiko keuangan tetapi juga mempelajari cara menentukan harga, manajemen keuangan, dan lainnya. Anda bisa cermati bahwa harga premi asuransi yang harus dibayarkan oleh setiap orang belum tentu sama. Ini terkait dengan beberapa faktor. Penentuan harga premi asuransi ini adalah ranah tugasnya seorang lulusan Ilmu Aktuaria.

Mengapa kuliah ilmu aktuaria di Malaysia?

alasan untuk kuliah jurusan ilmu aktuaria di malaysia
Sumber: Pixabay

Tidak sedikit para pelajar asal Indonesia yang ingin kuliah jurusan Ilmu Aktuaria di luar negeri melirik Malaysia untuk dijadikan negara tujuan. Hal ini dikarenakan Malaysia memiliki beberapa alasan kuat untuk dijadikan sebagai destinasi pada program studi Ilmu Aktuaria. Beberapa alasan tersebut ada juga yang merupakan keunggulan. Keunggulan ini akan didapatkan oleh para pelajar yang kuliah Ilmu Aktuaria di Malaysia.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa memilih kuliah Ilmu Aktuaria di Malaysia:

1. Jurusan yang bermanfaat bagi banyak aspek

Apakah Anda tahu bahwa program studi Ilmu Aktuaria adalah program studi yang memiliki manfaat positif bagi banyak aspek khususnya pada aspek bisnis terkait keuangan? Semua lembaga bisnis memerlukan manajemen risiko keuangan mereka agar tetap mampu bertahan. Jika para aktuaris berhasil untuk mencegah dari segala risiko terhadap keuangan perusahaan maka ini membuat dunia bisnis yang ada di dunia menjadi tetap stabil dan berdampak pada ekonomi global.

2. Mengasah dan meningkatkan kemampuan intelektual

Program studi Ilmu Aktuaria merupakan salah satu pilihan program studi yang bisa tetap mengasah dan meningkatkan kemampuan intetektual Anda. Kemampuan intelektual Anda khususnya yang sangat terkait dengan angka menjadi semakin terasah dan meningkat. Dengan begitu, hari-hari Anda akan semakin membuat Anda menjadi orang intelek dan bermanfaat bagi ekonomi dan bisnis di dunia.

3. Tersedia program pendidikan dengan jenjang yang terpadu

Di Malaysia, terdapat banyak universitas yang menyediakan beberapa program pendidikan dengan tingkat yang berbeda. Ada pendidikan tingkat sarjana yang banyak ditawarkan oleh berbagai universitas di Malaysia. Gelar sarjana yang akan Anda dapatkan jika memiliki kuliah jurusan Ilmu Aktuaria di Malaysia adalah Bachelor of Science (Hons) Actuarial Science. Selain itu, ada juga program pascasarjana dan American Degree Transfer Program.

4. Mendapatkan banyak bekal pengetahuan dan keterampilan terkait

Para pelajar yang memilih untuk melanjutkan kuliah di Malaysia pada program studi Ilmu Aktuaria akan mendapatkan banyak bekal pengetahuan dan keterampilan yang terkait. Para pelajar akan diajarkan untuk memiliki pemahaman dan keahlian yang unggul pada Matematika dan Statistika. Selain itu, para pelajar juga akan memiliki keterampilan pemecahan masalah yang sangat berguna kelak. Para sarjana jurusan Ilmu Aktuaria yang telah lulus dari universitas di Malaysia juga akan memiliki keterampilan penting seperti keterampilan komunikasi, berpikir kritis, kewirausahaan dan manajerial.

5. Menyiapkan para pelajar agar lulus ujian sertifikasi

Ada banyak institusi kuliah di Malaysia yang menawarkan program studi Ilmu Aktuaria juga turut mempersiapkan para pelajar agar bisa lulus dari ujian sertifikasi jurusan Ilmu Aktuaria. Beberapa kampus di Malaysia telah merancang kurikulum agar para pelajar berhasil lulus dari dua ujian utama Ilmu Aktuaria, yaitu Institute and Faculty of Actuaries (IFoA) UK dan Society of Actuaries (SOA) USA. Jadi, Anda tidak perlu bingung terkait masalah tempat kuliah di Malaysia yang bagus untuk masa depan Anda.

6. Kesempatan masuk kerja dan jenjang karir yang lebih mudah

Jika Anda meragukan apakah lulusan kuliah Ilmu Aktuaria bisa cepat mendapatkan pekerjaan maka buang jauh-juah pikiran tersebut. Karir bidang Ilmu Aktuaria memiliki kesempatan bekerja yang lebih mudah bagi para lulusan karena tingkat permintaan yang lebih banyak daripada ketersediaan lulusan. Selain itu, para sarjana jurusan Ilmu Aktuaria juga memiliki karir pada jenis perusahaan yang beragam. Anda tidak hanya bisa bekerja di perusahaan asuransi tapi juga bisa bekerja di perusahaaan keuangan atau FinTech, lembaga keuangan, dan lainnya.

Karakter seperti apa yang cocok kuliah jurusan Ilmu Aktuaria?

karakter yang cocok ilmu aktuaria
Sumber: Pixabay

Mungkin Anda masih ragu atau belum terlalu yakin apakah program studi Ilmu Aktuaria adalah jurusan yang cocok bagi Anda. Kini, saatnya untuk memastikan apakah Anda memiliki karakter yang cocok untuk menjadi mahasiswa jurusan Ilmu Aktuaria. Jika Anda suka dan ahli terhadap mata pelajaran Matematika maka Anda cocok untuk kuliah pada jurusan Ilmu Aktuaria.

Selain itu, apabila Anda gemar dan memiliki kemampuan untuk menganalisis dan memecahkan suatu permasalahan maka jurusan Ilmu Aktuaria cocok bagi Anda. Para pelajar jurusan Ilmu Aktuaria di Malaysia juga perlu untuk memiliki beberapa karakter penting seperti rajin atau ulet, rasa ingin tahu yang tinggi, dan bisa bekerjasama di dalam tim dengan baik.

Apa saja program pendidikan yang tersedia pada jurusan Ilmu Aktuaria di Malaysia?

Info program pendidikan pada jurusan Ilmu Aktuaria merupakan informasi kuliah yang juga penting untuk diketahui oleh para calon pelajar. Berdasarkan info jurusan Ilmu Aktuaria di beberapa universitas yang ada di Malaysia, para calon pelajar memiliki beberapa pilihan kuliah dengan program pendidikan yang berjenjang. Daftar program akademik yang ada pada jurusan Ilmu Aktuaria di Malaysia di antaranya adalah program sarjana dan program pascasarjana.

Program pascasarjana yang tersedia meliputi program pendidikan tingkat Magister dan Doktor. Program sarjana jurusan Ilmu Aktuaria di Malaysia memiliki durasi kuliah selama 3 hingga 4 tahun. Anda bisa berkonsultasi dengan penasihat akademik EasyUni untuk mengetahui informasi lebih detail mengenai program-program pendidikan jurusan Ilmu Aktuaria di Malaysia.

Apa saja spesialisasi jurusan atau peminatan Ilmu Aktuaria di Malaysia?

Jurusan Ilmu Aktuaria adalah jurusan yang cukup spesifik sehingga spesialisasi jurusan atau peminatan pada jurusan ini tidak memiliki ragam seperti jurusan lainnya. Namun, program studi Ilmu Aktuaria di Malaysia memiliki spesialisasi jurusan yang terkait dengan jurusan lain.

Ada spesialisasi jurusan:

  • Actuarial Science and Financial
  • Actuarial Science and Management
  • Actuarial Science and IT

Silahkan menghubungi EasyUni untuk berkonsultasi dengan Penasihat profesional kami agar Anda bisa mengetahui spesialisasi yang sesuai. Konsultasi ini tidak dipungut biaya.

Apa saja daftar mata kuliah pada jurusan Ilmu Aktuaria?

Informasi kuliah yang juga penting untuk Anda ketahui sebelum kuliah pada jurusan Ilmu Aktuaria di Malaysia adalah daftar mata kuliah selama kegiatan perkuliahan. Mungkin ada sedikit perbedaan daftar mata kuliah pada beberapa universitas di Malaysia tetapi semuanya memiliki esensi ilmu yang hampir sama. Pada umumnya, daftar perkuliahan pada jurusan Ilmu Aktuaria di Malaysia berlangsung selama 3 tahun.

Berikut ini adalah contoh daftar mata kuliah jurusan Ilmu Aktuaria yang ada di Asia Pacific University (APU) Malaysia :

Level 1

Level 2

Level 3

Probability Models

Linear Algebra

Business and Communication Skills

Calculus

Financial Accounting

Microeconomics

Discrete Mathematics

Introduction to Visual Programming

Advanced Probability Models

Statistics

Linear Programming

Financial Statement Analysis

Time Series & Forecasting

Financial Mathematics

Calculus II

Regression Analysis

Financial Economics

Financial Planning and Control

Business Research Methods

Financial Management

Business Ethics & Governance

Life Contingencies

Introduction to Stochastic Process

Financial Derivatives

Corporate Finance

Risk Theory

Investigation in Actuarial Studies

Macroeconomics Policy & Financial Markets

Portfolio Management

Survival Analysis

Life Contingencies 2

Insurance Practice

Project in Actuarial Studies

Bagaimana prospek kerja lulusan Ilmu Aktuaria?

Suatu hal yang wajar jika setiap calon pelajar merasa membutuhkan informasi mengenai prospek kerja dari jurusan yang akan dipilihnya. Bagi Anda yang tertarik untuk memilih kuliah pada jurusan Ilmu Aktuaria tidak perlu merasa khawatir dengan prospek kerja di masa depan. Prospek kerja lulusan kuliah jurusan Ilmu Aktuaria cukup cerah. Hal ini dikarenakan perkembangan dunia bisnis dan ekonomi yang semakin gesit membuat semakin banyak perusahaan atau lembaga yang membutuhkan lulusan kuliah Ilmu Aktuaria. Ya, profesi Aktuaris memiliki prospek kerja yang cerah baik untuk masa kini dan masa depan.

Apa saja peluang profesi bagi lulusan kuliah jurusan Ilmu Aktuaria?

kalkulasi dalam ilmu aktuaria
Sumber: Pixabay

Lulusan kuliah Ilmu Aktuaria akan jadi apa? Apakah hal ini juga mengundang rasa penasaran Anda? Ada banyak profesi baik di perusahaan swasta maupun di lembaga pemerintahan yang bisa diisi oleh lulusan kuliah Ilmu Aktuaria. Peluang profesi yang semakin baik bisa Anda miliki jika Anda telah lulus mengikuti ujian profesional Ilmu Aktuaria. Pada umumnya, lulusan Ilmu Aktuaria memiliki peluang profesi sebagai aktuaris di perusahaan asuransi dan dana pensiun.

Namun, seiring waktu, profesi aktuaris dibutuhkan juga di banyak sektor seperti lembaga pemerintahan, sektor pertambangan, infrastruktur, perbankan, dan lainnya. Peluang profesi lainnya yang bisa dimiliki oleh para lulusan kuliah Ilmu Aktuaria di antaranya bisa sebagai litbang, analis risiko, manajer kredit, manajer investasi, penasihat pialang saham, konsultan, analis keuangan, pengusaha, dan lainnya.

Apa persyaratan kuliah Ilmu Aktuaria di Malaysia?

Di mana pun Anda ingin kuliah maka ada beberapa persyaratan kuliah yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. Pada umumnya setiap universitas di Malaysia memiliki persyaratan kuliah yang hampir sama. Akan tetapi, ada juga perbedaan persyaratan kuliah pada poin tertentu tergantung pada kebijakan universitas, karakteristik jurusan, dan karakteristik pelamar. Sebagai contoh, ada persyaratan kuliah jurusan Ilmu Aktuaria di sebuah universitas di Malaysia.

Di bawah ini adalah beberapa persyaratan kuliah S1 jurusan Ilmu Aktuaria di Heriot-Watt University Malaysia Campus :

  • Ijazah SMA dengan nilai rata-rata 7 - 9

  • Ijazah D3

  • Nilai IELTS: 6,5

Berapa besar biaya kuliah jurusan Ilmu Aktuaria di Malaysia?

Selain peluang profesi, informasi mengenai biaya kuliah juga merupakan informasi yang membuat penasaran Anda. Info biaya pendidikan memang informasi yang penting untuk diketahui oleh setiap calon pelajar. Biaya kuliah jurusan Ilmu Aktuaria di Malaysia memiliki kisaran antara Rp 165.000.000,- hingga Rp 485.000.000,-. Besarnya biaya kuliah yang harus Anda bayarkan pada jurusan Ilmu Aktuaria ini tergantung pada beberapa faktor seperti lokasi universitas, jenis universitas, dan lainnya.

Untuk informasi yang tepat tentang biaya kuliah silahkan menghubungi EasyUni.

Di mana universitas terbaik jurusan Ilmu Aktuaria di Malaysia?

Perihal lokasi tempat kuliah juga menjadi informasi penting. Anda perlu mengetahui lebih dulu institusi kuliah terbaik yang menawarkan jurusan Ilmu Aktuaria di Malaysia. Ada beberapa pilihan universitas terbaik di Malaysia yang memiliki program studi Ilmu Aktuaria. Setiap universitas ini memiliki atmosfer kampus yang nyaman dan aman bagi para pelajar. Lokasi universitas jurusan Ilmu Aktuaria ini berada di lokasi yang strategis pula sehingga memudahkan akses. Jika Anda sedang cari universitas jurusan Ilmu Aktuaria di Malaysia maka Anda bisa melihatnya pada tabel 1.

Tabel 1. Universitas terbaik jurusan Ilmu Aktuaria di Malaysia

No

Nama Universitas

Jenis Universitas

1

University of Malaya

Public

2

Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR)

Private

3

Universiti Kebangsaan Malaysia

Public

4

Universitas Teknologi dan Inovasi Asia Pasifik (APU)

Private

5

Heriot-Watt University Malaysia Campus

Private

6

Manipal International University Malaysia

Private

7

Sunway University

Private

8

Taylor’s University

Private


Apakah Anda sudah memiliki bayangan untuk kuliah Ilmu Aktuaria di Malaysia? Jangan sungkan untuk menghubungi EasyUni jika ada pertanyaan seputar kuliah di Malaysia ya!

You might be interested in...