Hal-Hal yang Harus Diketahui Mengenai Kuliah Ilmu Murni dan Terapan di Luar Negeri

Dengan adanya inovasi dan perkembangan dalam bidang sains membuat kepentingan ilmu murni dan terapan semakin marak..
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Apakah Anda termasuk pelajar yang suka dengan mata pelajaran sains seperti Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, dan lainnya? Apakah Anda juga berminat untuk mengambil program studi tersebut di luar negeri? Baca panduan ini untuk mengetahui lebih lanjut soal jurusan ini di luar negeri.

mengambil jurusan ilmu murni dan terapan di luar negeri
Sumber: Pixabay

Berbagai universitas terbaik di luar negeri berkomitmen untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bermutu. Anda juga akan dibimbing untuk menguasai berbagai hal tentang jurusan yang menjadi pilihan Anda. Hal ini pun bisa membuat Anda mendapatkan peluang karir global dengan masa depan cerah. 

Apa itu ilmu murni dan terapan?

Ilmu murni dan terapan adalah bidang ilmu yang mempelajari ilmu pengetahuan murni dan teknologi. Fakultas ilmu murni dan terapan terdiri dari dua jenis yaitu ilmu murni dan ilmu terapan. Program studi yang menawarkan jurusan-jurusan ilmu murni seperti matematika, kimia, fisika, biologi, geografi, dan pengetahuan murni lainnya. Materi kuliah tentang jurusan-jurusan ilmu murni hanya berkutat tentang teori dan penelitian terbaru.

Apa bedanya dengan ilmu terapan?

Ilmu terapan berisi jurusan-jurusan yang mempelajari penerapan dari ilmu murni dengan dukungan teknologi atau teknik tertentu. Ini bertujuan untuk mendukung kehidupan di dunia. Sebagai contoh, biologi murni akan mempelajari teori terkait telinga dan jurusan ilmu terapan bertujuan untuk membuat alat bantu dengar yang dihasilkan dengan dukungan teknologi.

Para pelajar yang telah lulus program studi tingkat sarjana Ilmu murni dan terapan di luar negeri bisa memiliki gelar Bachelor of Applied Science. Namun, singkatan dari gelar tersebut bisa disingkat bermacam-macam. Beragam singkatan Bachelor of Applied Science di luar negeri seperti B.AS, BAS, BASc, BSAS, dan lainnya.

Mengapa memilih kuliah ilmu murni dan terapan di luar negeri?

Tidak sedikit para pelajar asal Indonesia yang memilih melanjutkan pendidikan tingkat sarjana jurusan ilmu murni atau ilmu terapan di luar negeri. Para pelajar tersebut memiliki beragam alasan yang mendasari keputusan untuk kuliah di luar negeri pada bidang ilmu murni dan terapan. Namun, di antara semua pelajar tersebut, ada beberapa alasan umum mengapa mereka memilih kuliah ilmu murni atau ilmu terapan di luar negeri.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa memilih kuliah ilmu murni dan ilmu terapan di luar negeri:

1. Sistem pengajaran yang berkualitas dan canggih

Berbagai pilihan program studi baik program sarjana maupun program pascasarjana yang ada pada Fakultas Ilmu murni dan terapan di luar negeri memiliki sistem pengajaran yang berkualitas tinggi dan canggih. Berbagai pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan melalui kuliah ilmu murni atau ilmu terapan di luar negeri akan dibimbing oleh para dosen yang sangat aktif dalam kegiatan penelitian.

laboratorium kampus di luar negeri jurusan ilmu terapan dan murni
Sumber: Global Business Outlook

2. Banyak institusi kuliah terkemuka

Salah satu alasan para pelajar Indonesia memilih kuliah ilmu murni dan terapan di luar negeri adalah faktor tempat kuliah. Ada banyak pilihan institusi kuliah terkemuka di luar negeri yang menawarkan program studi pada bidang ilmu terapan dan ilmu murni. Kampus-kampus yang bernaung di bawah institusi kuliah di luar negeri tersebut memiliki atmosfer yang sangat mendukung secara akademik dan karir. Sekedar informasi untuk Anda agar tidak perlu repot cari universitas jurusan ilmu murni dan terapan karena ada di bawah.

3. Mendapat gelar sarjana atau gelar magister tingkat Internasional

Meski tidak terus terang, tidak sedikit pelajar yang memilih kuliah ilmu murni dan terapan di luar negeri dikarenakan alasan gelar. Gelar sarjana atau gelar master pada bidang ilmu murni dan terapan di luar negeri dirasa lebih bergengsi dan memiliki keunggulan dalam peluang karir. Jika gelar S1 dan S2 dalam negeri yang didapat adalah S.S dan MSi maka gelar S1 dan S2 di luar negeri adalah B.Sc dan M.Sc.

4. Peluang memiliki karir global di perusahaan ternama

Alasan yang satu ini memiliki kaitan dengan alasan sebelumnya. Pada umumnya, para lulusan Sarjana Ilmu murni dan ilmu terapan yang berasal dari kampus di luar negeri memiliki lebih banyak keunggulan terutama dalam penggunaan bahasa global dan kemajuan sistem pendidikan. Hal ini pun bisa mendatangkan peluang karir global di perusahaan ternama jika memiliki kuliah ilmu murni dan terapan di luar negeri.

Apa saja daftar mata kuliah ilmu murni dan terapan?

Informasi mengenai mata kuliah pada bidang ilmu murni dan terapan sudah pasti tidaklah sama untuk semua jurusan. Adapun prinsip daftar perkuliahan yang sama pada semua jurusan yang termasuk ke dalam bidang ilmu murni dan terapan adalah sama, yaitu dimulai dari dasar. Anda juga tidak perlu khawatir karena semua informasi kuliah termasuk informasi mata kuliah akan Anda dapatkan sebelum kegiatan perkuliahan dimulai.

Karakter seperti apa yang cocok kuliah ilmu murni dan terapan?

Apakah Anda belum yakin untuk mengambil jurusan yang termasuk ke dalam Fakultas Ilmu murni dan terapan di luar negeri? Jangan bimbang! Simak yah dan tanyakan kembali kepada diri Anda apakah bidang Ilmu murni dan terapan ini benar-benar cocok bagi Anda.

Berikut ini adalah beberapa karakter yang cocok untuk bidang ilmu murni dan terapan:

  • memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

  • suka melakukan eksperimen

  • memiliki kemampuan analisis

  • mempunyai gagasan yang inovatif

Apa saja program studi yang tersedia pada bidang ilmu murni dan terapan?

Ada beberapa program akademik pada bidang ilmu murni dan terapan yang tersedia di luar negeri. Program-program akademik tersebut memiliki perbedaan tersendiri seperti dalam hal durasi kuliah. Anda akan mendapatkan informasi kuliah termasuk info jurusan yang ada. Sekedar info program singkat bagi kamu, daftar program studi yang tersedia di antaranya adalah program pendidikan tingkat Foundation/ A level/ IB, program diploma, program sarjana, program pascasarjana, dan program doktoral. Lihat kan, ada banyak pilihan kuliah berjenjang di luar negeri.

Apa saja peminatan atau jurusan yang termasuk ilmu murni dan terapan?

Peminatan adalah salah satu info jurusan yang sangat penting untuk diketahui oleh calon pelajar. Hal ini penting karena setiap pelajar pastinya memiliki minat yang berbeda-beda pada konsentrasi tertentu pada bidang ilmu murni dan ilmu terapan. Jurusan ilmu murni berbeda dengan jurusan ilmu terapan. Apa sajakah jurusan ilmu murni dan ilmu terapan yang tersedia?

perbedaan jurusan ilmu murni vs terapan

Berikut ini adalah beberapa contoh jurusan ilmu murni:

  • Matematika (murni)

  • Fisika (murni)

  • Biologi (murni)

  • Kimia (murni)

  • Geografi (murni)

  • Dan lainnya

Berikut ini adalah beberapa contoh jurusan ilmu terapan:

  • Ilmu pangan dan teknologi

  • Bioteknologi

  • Mikrobiologi

  • Teknik Kimia

  • Teknik Biomedis

  • Arsitektur

  • Nanoteknologi

  • Informatika

  • Otomotif

  • Elektronika

  • Robotik

  • Dan lainnya

Silahkan menghubungi EasyUni untuk berkonsultasi dengan Penasihat profesional kami agar Anda bisa mengetahui spesialisasi yang sesuai. Konsultasi ini tidak dipungut biaya.

Bagaimana propek kerja lulusan ilmu murni dan terapan?

Prospek kerja lulusan ilmu murni dan terapan cukup baik. Para lulusan ilmu murni dan terapan yang telah lulus dari universitas luar negeri bahkan memiliki prospek kerja yang lebih cemerlang lagi. Hampir semua sektor membutuhkan lulusan ilmu murni dan terapan. Ini dikarenakan semua sektor di dunia berasal dari pengetahuan murni dan dikembangkan dengan ilmu terapan.

Apa saja peluang profesi bagi lulusan kuliah ilmu murni dan terapan?

Sempat disinggung sebelumnya jika para lulusan kuliah ilmu murni dan terapan memiliki kesempatan mengisi profesi yang beragam.

Berikut adalah pilihan profesi bagi Anda yang memilih jurusan ilmu murni:

  • guru atau dosen

  • peneliti (ilmuwan)

  • penulis jurnal atau buku ilmiah

  • ahli, pembicara, pelatih

  • geologis

Di sisi lain, pilihan profesi untuk jurusan ilmu terapan adalah:

  • dokter gigi

  • apoteker

  • insinyur

  • radiografer

  • sonografer

  • supervisor

Bagaiman prospek gaji lulusan ilmu murni dan terapan?  

Berikut adalah ekspektasi gaji pekerjaan yang berkaitan dengan ilmu murni dan terapan menurut Payscale.

ekspektasi gaji setelah kuliah ilmu murni dan terapan

Apa persyaratan kuliah ilmu murni dan terapan di luar negeri?

Persyaratan kuliah adalah hal yang harus dipenuhi terlebih dahulu untuk bisa mendaftar dan mengikuti kegiatan perkuliahan. Ada beberapa variasi persyaratan kuliah ilmu murni dan terapan di luar negeri. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti negara tujuan, program pendidikan, universitas, jurusan, dan spesialisasi jurusan. Faktor-faktor tersebut memiliki karakteristik sendiri dalam menentukan syarat kuliah bagi para calon pelajar.

Namun, Anda bisa mendapatkan sebuah gambaran persyaratan kuliah ilmu murni dan terapan di salah satu negara, yaitu Malaysia. Persyaratan kuliah S1 jurusan Fisika murni di Malaysia, di antaranya:

  • Ijasah SMA dengan nilai rata-rata 7-9

  • Ijasah D3 dengan IPk minimum 2.5

  • Lulus program Foundation/ GCE/ O Level / IB

  • Nilai minimum IELTS: 4-6.5

  • Nilai minimum TOEFL: 450-550

  • Dan syarat khusus lainnya untuk jurusan tertentu

Silahkan melakukan konsultasi gratis dengan tim EasyUni untuk mendapatkan detail persyaratan kuliah yang tepat sesuai dengan jurusan, program pendidikan, universitas, dan negara pilihan Anda.

Berapa besar biaya kuliah ilmu murni dan terapan di luar negeri?

Biaya kuliah pada bidang ilmu murni dan terapan di luar negeri tidaklah sama antara satu pelajar dengan pelajar lainnya. Ada beberapa faktor yang memengaruhi biaya kuliah ilmu terapan dan murni di luar negeri. Seperti negara tujuan, pilihan universitas (negeri atau swasta), lokasi universitas, jurusan dan spesialisasi jurusan, durasi kuliah, dan lainnya.

Biaya kuliah ilmu murni dan terapan bervariasi mulai dari Rp 30 juta hingga 800 juta per tahun.

Untuk informasi yang tepat tentang biaya kuliah silahkan menghubungi EasyUni.

Di mana universitas terbaik untuk kuliah ilmu murni dan terapan di luar negeri?

Kuliah ilmu murni dan terapan di luar negeri membuka lebih banyak pilihan universitas daripada di dalam negeri. Anda pun memiliki banyak pilihan tempat kuliah untuk dipertimbangkan lebih matang. Tidak sedikit institusi kuliah yang telah memiliki beberapa lokasi universitas di beberapa negara tertentu dengan biaya kuliah yang lebih terjangkau tetapi kualitas serupa.

Di bawah ini adalah tabel singkat daftar universitas terbaik untuk kuliah ilmu murni dan terapan di luar negeri yang telah dirangkum berdasarkan data dari World University Rankings.

No

Nama Universitas

Negara

1.

University of Oxford

University of Cambridge

Imperial College London

Inggris

2.

Massachusetts Institute of Technology

California Institute of Technology

Harvard University

Amerika Serikat

3.

University of Melbourne

University of Sydney

University of Queensland

Australia

4

Tsinghua University

Peking University

University of Science and Technology of China

Cina

5

National University of Singapore

Nanyang Technological University, Singapore

Singapura

6

University of Malaya

Universiti Kebangsaan Malaysia

Universiti Sains Malaysia

Malaysia

Bagaimana? Sudah memutuskan ingin kuliah ilmu murni dan terapan di luar negeri? Jangan ragu untuk hubungi EasyUni jika memiliki pertanyaan seputar kuliah di luar negeri ya.