Kuliah Jurusan Sains Terapan di Australia

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan murni, kebutuhan akan pengembangan ilmu pengetahuan terapan juga meretas.
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Saat ini, kebutuhan akan lulusan dari jurusan Sains Terapan semakin meningkat.

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan murni, kebutuhan akan pengembangan ilmu pengetahuan terapan juga berkembang.

Melalui bidang Sains Terapan, anda akan mampu menciptakan teknologi yang bersifat praktis untuk semakin mempermudah kehidupan manusia sehari-hari.

Bidang Sains Terapan memiliki cabang yang sangat luas, mulai dari teknologi informasi, arsitektur dan konstruksi, hingga medis. Jurusan Sains Terapan akan dapat membantu anda mengembangkan ilmu pengetahuan murni yang anda dapat selama masa sekolah menjadi teknologi aktual. Apabila anda memiliki bakat di bidang sains murni, seperti matematika, fisika, dan kimia, serta minat untuk berkarir di bidang teknologi, kuliah di jurusan Sains Terapan adalah pilihan yang tepat.

jurusan ilmu sains dan terapan yang memanfaatkan pelajaran di laboratorium
Sumber: competeprosper.ca

Salah satu negara tujuan terbaik jika anda hendak kuliah di jurusan Sains Terapan adalah Australia. Negeri kanguru ini merupakan salah satu negara dengan perkembangan teknologi tercepat di dunia.

Lulusan jurusan Sains Terapan dari Australia akan memperoleh ilmu pengetahuan yang terfokus pada penerapan sains murni berstandar internasional sehingga mampu bersaing pada bursa karir internasional di bidang teknologi.

Mengapa Kuliah di Jurusan Sains Terapan di Australia?

wanita di bidang ilmu sains menggunakan mikroskop
Sumber: emcaustralia.com.au

Australia merupakan salah satu negara dengan kemajuan teknologi tercepat di dunia. Fakta ini merupakan suatu keuntungan bagi mahasiswa internasional yang memutuskan untuk melanjutkan kuliah ke jurusan Sains Terapan di Australia. Setiap tahunnya, ribuan mahasiswa internasional bersaing untuk mendapatkan bangku kuliah di jurusan Sains Terapan di Australia karena beberapa alasan:

Sumbangan yang Besar Bagi Pengembangan Teknologi

Australia merupakan salah satu dari sepuluh negara dengan anggaran untuk bidang riset teknologi terbesar di dunia. 2% dari seluruh jurnal ilmiah di bidang teknologi di dunia dihasilkan oleh Australia. Kuliah di jurusan Sains Terapan di Australia akan membuat anda menjadi bagian dari kemajuan teknologi dunia.

Pionir Riset dan Inovasi di Berbagai Bidang

Australia memiliki banyak lembaga riset terbesar di dunia dalam berbagai bidang. Riset yang dilakukan di antaranya terkait bidang kesehatan, pertanian, teknologi informasi, manufaktur, energi, pertambangan, lingkungan, dan sumber daya alam. Lemaga-lembaga riset Australia juga terlibat dalam lebih dari 700 kegiatan riset yang melibatkan lebih dari 80 negara di dunia.

Sistem Pendidikan dengan Teknologi Terkini

Universitas-universitas terbaik di Australia telah menerapkan kemajuan teknologi dalam sistem pendidikannya. Seluruh ruang kelas telah dilengkapi dengan teknologi terkini. Universitas-universitas terbaik di Australia akan menyiapkan anda untuk karir di bidang Sains Terapan dengan fasilitas yang modern dan inovatif.

Kesempatan untuk Menapaki Karir Internasional

Universitas-universitas terbaik di Australia telah diakui oleh berbagai akreditor dari Australia maupun internasional. Lulusan jurusan Sains Terapan dari Australia telah diakui oleh berbagai perusahaan, institusi, dan lembaga riset dengan jenjang karir intenasional.

Apa Saja yang Akan Dipelajari di Jurusan Sains Terapan di Australia?

Pada jenjang sarjana (S1), mata kuliah yang anda akan pelajari bergantung pada konsentrasi ilmu jurusan Sains Terapan yang anda pilih. Konsentrasi ilmu yang tersedia pada jurusan Sains Terapan di universitas-universitas terbaik di Australia pada jenjang sarjana di antaranya:

  • Arsitektur dan Konstruksi
  • Biologi Terapan dan Bioteknologi
  • Fisika Terapan
  • Geologi dan Geofisika Terapan
  • Ilmu Forensik Terapan
  • Ilmu Kesehatan dan Medis Terapan
  • Ilmu Kelautan Terapan
  • Ilmu Lingkungan Terapan
  • Kimia Terapan
  • Pertanian Terapan

Pada jenjang magister (S2), universitas-universitas terbaik di Australia umumnya hanya menyediakan program studi Sains Terapan dalam konteks umum, namun terdapat juga beberapa kampus yang menyediakan program studi magister Sains Terapan yang terkonsentrasi pada suatu bidang ilmu tertentu, di antaranya University of New South Wales, RMIT University, University of Tasmania, dan Deakin University.

Bagaimana Karakter yang Sesuai untuk Kuliah di Jurusan Sains Terapan?

Berbeda dengan sains murni yang penuh akan teori, jika anda memutuskan untuk melanjutkan kuliah di jurusan Sains Terapan anda akan banyak menemui studi kasus dan praktek langsung di dunia nyata. Berikut adalah daftar karakter ideal seorang mahasiswa jurusan Sains Terapan:

Kreatif dan Memiliki Kemampuan Pemecahan Masalah

Teknologi diciptakan dan dikembangkan untuk mengatasi masalah yang terdapat dalam kehidupan manusia sehari-hari. Kuliah di jurusan Sains Terapan akan menuntut anda untuk dapat memecahkan masalah-masalah tersebut. Untuk itu, dibutuhkan kreativitas dan kemampuan pemecahan masalah untuk dapat mengembangkan teknologi baru.

siswa yang senang belajar di bidang sains dan terapan
Sumber: edtechnology.co.uk

Inovatif

Beberapa masalah yang terjadi di kehidupan manusia sehari-hari tidak hanya dapat dipecahkan hanya dengan metode-metode yang sudah ada saja. Jika anda adalah seorang yang inovatif, anda akan dapat dengan mudah menemukan solusi baru atas masalah-masalah yang ada. Solusi yang lahir dari pemikiran yang inovatif bisa saja lebih efisien dibandingkan dengan solusi-solusi yang telah ada.

Menyukai Matematika dan Sains

Jika anda memutuskan untuk menempuh perkuliahan di bidang Sains Terapan, anda akan banyak menemukan permasalahan matematika dan sains. Jurusan Sains Terapan umumnya dirancang agar lulusannya memiliki kemampuan nalar dan pemecahan masalah yang baik. Untuk itu, latihan-latihan matematika banyak digunakan sebagai pengukur kemampuan tersebut.

Dinamis dan Aktif

Berbeda dengan perkuliahan di bidang sains murni yang fokus pada teori-teori, perkuliahan di bidang Sains Terapan akan banyak melibatkan studi kasus dan praktek lapangan. Jika anda memutuskan untuk terjun di bidang Sains Terapan, anda akan berurusan langsung dengan kasus nyata. Kepribadian yang dinamis dan aktif akan membantu anda dalam mengatasi masalah-masalah yang anda temukan di lapangan.

Mampu Fokus Terhadap Suatu Hal

Bidang Sains Terapan memiliki banyak cabang. Umumnya, jika anda menempuh perkuliahan di bidang Sains Terapan, anda akan diarahkan untuk mempelajari suatu disiplin terapan tertentu. Setelah lulus, karir di bidang Sains Terapan akan menuntut anda untuk memiliki kemampuan khusus di pada bidang yang lebih detil. Untuk itu, dibutuhkan kemampuan untuk fokus terhadap suatu hal.

Jika anda merasa memiliki seluruh karakter yang disebutkan di atas, anda adalah orang yang tepat untuk menjalani perkuliahan di jurusan Sains Terapan. Anda memiliki potensi untuk dapat diterima oleh jurusan Sains Terapan serta dapat lulus dengan hasil yang memuaskan.

Universitas Terbaik Mana Saja di Australia yang Menawarkan Jurusan Sains Terapan?

Banyak universitas berkualitas internasional yang dapat anda pilih di Australia jika hendak kuliah di jurusan Sains Terapan. Berikut daftar 10 universitas terbaik di Australia di bidang Sains Terapan:

  1. The University of Sydney

Program studi yang disediakan di antaranya:

  • Program Sarjana (S1) Sains Terapan (Terapi Okupasional)
  1. The University of New South Wales (UNSW Sydney)

Program studi yang disediakan di antaranya:

  • Program Magister (S2) Geologi Terapan
  1. RMIT University

Program studi yang disediakan di antaranya:

  • Program Magister (S2) Sains Terapan (Fisika Kesehatan dan Medis)
  • Program Magister (S2) Biologi Terapan dan Bioteknologi
  • Program Magister (S2) Fisika Terapan
  1. University of Technology Sydney

Program studi yang disediakan di antaranya:

  • Program Sarjana (S1) Fisika Terapan
  1. University of Tasmania

Program studi yang disediakan di antaranya:

  • Program Sarjana (S1) Sains Terapan (Sains Kelautan)
  • Program Magister (S2) Sains Terapan (Sains Pertanian)
  • Program Magister (S2) Sains Terapan (Manajemen Lingkungan dan Sains Keruangan)
  1. Curtin University

Program studi yang disediakan di antaranya:

  • Program Sarjana (S1) Sains Terapan (Sains Arsitektur)
  • Program Sarjana (S1) Sains Terapan (Manajemen Konstruksi)
  • Program Sarjana (S1) Sains Terapan (Arsitektur Interior)
  • Program Sarjana (S1) Geologi Terapan
  1. Deakin University

Program studi yang disediakan di antaranya:

  • Program Magister (S2) Sains Terapan (Kesehatan)
  • Program Magister (S2) Sains Terapan (Riset Kesehatan dan Penyakit)
  1. University of South Australia

Program studi yang disediakan di antaranya:

  • Program Sarjana (S1) Fisika Terapan
  1. University of Canberra

Program studi yang disediakan di antaranya:

  • Program Sarjana (S1) Sains Terapan (Studi Forensik)
  • Program Magister (S2) Sains Terapan
  1. Victoria University

Program studi yang disediakan di antaranya:

  • Program Magister (S2) Sains Terapan

Bagaimana Prospek Karir Lulusan Jurusan Sains Terapan di Australia?

Prospek karir lulusan jurusan Sains Terapan sangat beragam dan sangat tergantung dari bidang sains terapan yang diambil saat kuliah. Setelah lulus, anda dapat memilih untuk menempuh karir profesional sebagai praktisi bidang terapan yang anda tekuni di perusahaan swasta maupun di institusi pemerintah. Anda juga dapat memilih untuk berkarir sebagai peneliti. Beberapa prospek karir yang dimungkinkan bagi lulusan jurusan Sains Terapan di antaranya:

  • Analis, bidangnya bergantung pada bidang yang anda tempuh saat kuliah
  • Teknisi, umumnya bagi lulusan jurusan Fisika Terapan atau Kimia Terapan
  • Terapis, umumnya bagi lulusan Sains Terapan di bidang kesehatan
  • Insinyur, bergantung pada bidang Sains Terapan yang anda tempuh saat kuliah
  • Peneliti, umumnya bagi seluruh disiplin Sains Terapan pada bidangnya masing-masing

Gaji yang dapat anda peroleh sebagai lulusan jurusan Sains Terapan di Australia sangat bervariasi, bergantung pada bidang pekerjaannya. Berikut merupakan bidang pekerjaan yang umum ditempuh oleh lulusan jurusan Sains Terapan di Australia beserta kisaran gajinya:

Bidang Pekerjaan

Kisaran Gaji

Kesehatan

58,000 - 90,000 AUD per tahun

Konstruksi

60,000 - 95,000 AUD per tahun

Lingkungan

73,000 - 135,000 AUD per tahun

Teknologi Informasi

118,000 - 127,000 AUD per tahun

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Kuliah di Jurusan Sains Terapan di Australia?

Pada umumnya, waktu yang akan anda perlukan untuk kuliah di jurusan Sains Terapan di Australia tidak jauh berbeda dengan waktu kuliah di Indonesia. Waktu kuliah ditentukan oleh jenjang kuliah yang anda ambil. Untuk program studi sarjana (S1), diperlukan waktu kuliah sekitar 3 - 4 tahun, sedangkan untuk program studi magister (S2), umumnya diperlukan waktu 1 - 2 tahun untuk program penuh waktu.

Bagaimana Persyaratan untuk Dapat Diterima di Jurusan Sains Terapan di Australia?

Masing-masing universitas di Australia memiliki persyaratan yang berbeda-beda untuk dapat menerima mahasiswa baru di jurusan Sains Terapan.

Persyaratan ini bergantung kepada kebijakan masing-masing universitas.

Umumnya, untuk jenjang sarjana (S1) dibutuhkan Diploma International Baccalaureate dengan nilai A+C serta sertifikat IELTS dengan skor antara 6,0 - 6,5 atau TOEFL IBT dengan skor 60 - 85. Untuk jenjang magister (S2), diperlukan ijazah tingkat sarjana dan sertifikat IELTS dengan skor 6,5 atau TOEFL IBT dengan skor 79 - 85.

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Kuliah Jurusan Sains Terapan di Australia?

Biaya kuliah di Australia bervariasi, bergantung pada universitas dan jurusan yang dipilih. Perkiraan biaya kuliah rata-rata untuk jurusan Sains Terapan di beberapa universitas terbaik di Australia di antaranya sebagai berikut:

Universitas

Biaya Jenjang S1 Per Tahun

Biaya Jenjang S2 Per Tahun

RMIT University

AUD 32,000

AUD 33,000

University of Tasmania

AUD 31,500

AUD 29,000

University of New South Wales

-

AUD 44,600

Curtin University

AUD 32,000

-

University of South Australia

AUD 32,000

-

Biaya tersebut hanya merupakan biaya kuliah dan tidak termasuk biaya hidup. Biaya hidup yang dibutuhkan untuk kuliah di Australia bergantung dari kota tempat universitas berada. Sebagai contoh, di Sydney biaya hidup per tahun diperkirakan sekitar AUD 28,500 ditambah akomodasi kampus diperkirakan sekitar AUD 19,600. Di Perth, biaya hidup per tahun diperkirakan sekitar AUD 26,200 ditambah akomodasi kampus diperkirakan sekitar AUD 11,300. Di Adelaide, biaya hidup per tahun diperkirakan sekitar AUD 18,600 ditambah akomodasi kampus diperkirakan sekitar AUD 9,600.

Kapan Saya Bisa Mendaftar untuk Kuliah Jurusan Sains Terapan di Australia?

Jika anda berminat untuk menjalani perkuliahan di jurusan Sains Terapan di Australia, pembukaan pendaftaran umumnya bergantung pada kebijakan masing-masing universitas. Sebagai contoh, program sarjana (S1) di The University of Sydney dimulai pada akhir Februari, sedangkan program sarjana (S1) di University of South Australia dimulai pada pertengahan Januari dan awal Juli. Anda dapat mendaftar melalui portal online masing-masing universitas atau melalui jasa konsultasi pendidikan yang bekerja sama dengan universitas-universitas di Australia.

You might be interested in...