Cover Image

Kuliah Jurusan E-commerce di Australia

Find your university

jurusan ecommerce

Dewasa ini kehidupan manusia tidak dapat terlepaskan dari teknologi informasi dan komunikasi. Berbagai aspek kehidupan manusia telah dipermudah oleh adanya teknologi informasi dan komunikasi.

Tidak hanya pada tingkat industri saja, teknologi informasi dan komunikasi telah mempermudah kehidupan manusia pada tingkat individu atau konsumen. Hal ini ditunjukkan oleh penggunaan smartphone yang saat ini telah menjangkau masyarakat luas.

Salah satu hal penting dalam kehidupan sehari-hari yang telah dipermudah oleh peran smartphone adalah berbagai transaksi ekonomi seperti perbankan dan jual beli. Berbagai model bisnis digital baru muncul, seperti aplikasi jual beli online, mall online, dan toko online di media sosial.

Di Indonesia, beberapa aplikasi jual beli online telah menjadi kepercayaan masyarakat, di antaranya Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain sebagainya. Beberapa penjual juga memanfaatkan aplikasi sosial media sebagai sarana jual beli, di antaranya Facebook atau Instagram.

Berkembangnya model jual beli secara online menunjukkan bahwa industri perdagangan dan keuangan digital mengalami perkembangan. Hal ini mengartikan bahwa sumber daya manusia yang memiliki keahlian di bidang ekonomi digital semakin diminati oleh bursa tenaga kerja.  

Jika anda hendak menempuh jenjang karir pada bidang ekonomi digital, anda dapat melanjutkan kuliah pada jurusan e-commerce (electronic commerce). Salah satu negara yang memiliki banyak pilihan perguruan tinggi yang dapat anda jadikan tujuan untuk kuliah di jurusan e-commerce adalah Australia.

Lulusan jurusan e-commerce dari Australia akan memiliki keahlian yang cukup untuk dapat berkarir dalam bidang ekonomi, bisnis, dan teknologi informasi di Australia. Melalui peluang karir di berbagai bidang tersebut, anda akan mendapat banyak keuntungan baik secara personal maupun profesional.

Baca juga: panduan jurusan e-commerce

Mengapa Kuliah di Jurusan E-Commerce di Australia?

Berikut beberapa alasan untuk melanjutkan kuliah jurusan e-commerce di Australia:

1. Perkembangan Sektor E-Commerce yang Sangat Pesat

Kemudahan bertransaksi yang dijanjikan oleh sektor e-commerce membuat semakin banyak industri maupun individu yang menggantungkan kebutuhannya pada e-commerce. Hal ini membuat permintaan atas penggunaan e-commerce semakin meningkat.

Dengan menjadi lulusan jurusan e-commerce, anda dapat menjadi bagian dari kemajuan sektor tersebut dengan berkarir pada perusahaan-perusahaan yang sangat membutuhkan lulusan jurusan e-commerce.

2. Nilai Bisnis yang Tinggi

Saat ini, terdapat banyak perusahaan perdagangan maupun keuangan berbasis teknologi informasi dengan nilai valuasi bisnis ratusan juta USD. Beberapa di antaranya adalah Alibaba, Amazon, dan JD.com. Di Indonesia, terdapat Gojek, Tokopedia, dan Bukalapak.

Banyaknya perusahaan e-commerce dengan nilai bisnis yang tinggi menunjukkan arah perkembangan industri digital di masa yang akan datang. Oleh karena itu, melanjutkan kuliah ke jurusan e-commerce merupakan pilihan yang tepat apabila anda menginginkan prospek karir yang maju pesat.

3. Berbagai Pilihan Prospek Karir

Dengan melanjutkan kuliah ke jurusan e-commerce, anda akan dapat memilih berbagai prospek karir, di antaranya pada bidang bisnis, keuangan, teknologi informasi, bahkan membuka usaha anda sendiri.

Hal ini dimungkinkan bagi lulusan jurusan e-commerce karena jurusan tersebut umumnya menggabungkan keahlian bisnis, ekonomi, dan keuangan dengan pengetahuan mengenai teknologi informasi.

4. Kesempatan untuk Menapaki Karir Internasional

Universitas-universitas terbaik di Australia telah diakui oleh berbagai akreditor dari berbagai negara maupun internasional.

Lulusan jurusan e-commerce dari Australia telah diakui oleh berbagai perusahaan dan institusi di berbagai bidang dengan jenjang karir internasional. 

 Apa Saja yang Akan Dipelajari di Jurusan E-Commerce di Australia?

Mata kuliah yang terdapat pada jurusan e-commerce umumnya merupakan gabungan antara mata kuliah-mata kuliah pada bidang ekonomi, manajemen, dan pemasaran, serta mata kuliah teknologi informasi.

Sebagai contoh, beberapa mata kuliah yang akan anda pelajari di jurusan bisnis digital yang dapat anda temukan di University of Wollongong di antaranya:

  • Manajemen basis data
  • Pemrograman
  • Analisis dan desain sistem informasi
  • Komunikasi dan jaringan
  • Bisnis digital
  • Manajemen proyek
  • Teknologi berbasis web
  • Praktek profesional bisnis digital

Bagaimana Karakter yang Sesuai untuk Kuliah di Jurusan E-Commerce?

Berikut adalah karakteristik ideal mahasiswa jurusan e-commerce:

1. Memahami Keinginan dan Kebutuhan Konsumen

Sebagai penyedia jasa e-commerce, anda akan berurusan secara tidak langsung dengan konsumen melalui aplikasi atau web e-commerce yang anda rancang. Aplikasi tersebut harus mampu menjelaskan produk atau jasa e-commerce yang anda tawarkan dengan baik.

Selain itu, konsumen anda perlu memahami antarmuka pengguna (user interface) yang anda susun. Lebih baik lagi jika konsumen merasa nyaman dan betah saat mengunjungi aplikasi atau web yang anda rancang.

2. Kreatif dan Inovatif

Bidang e-commerce adalah bidang yang sangat dinamis dan berkembang cepat. Hal ini dikarenakan oleh banyaknya permintaan konsumen sehingga penyedia jasa e-commerce juga harus beradaptasi dengan kebutuhan-kebutuhan konsumen yang berubah-ubah dengan cepat.

Untuk itu, diperlukan sifat kreatif dan inovatif untuk menjawab kebutuhan konsumen dengan solusi maupun jenis produk baru.

3. Teliti dan Mampu Perhatian Terhadap Detil

E-commerce dan banyak bidang teknologi informasi lainnya merupakan bidang yang tidak mudah untuk ditekuni. Berbagai pekerjaan di bidang teknologi informasi seperti perancangan aplikasi dan web membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi.

Selain itu, banyak kesalahan di dalam pekerjaan teknologi informasi terjadi pada tingkat yang sangat detil sehingga anda perlu memiliki kemampuan untuk bekerja dengan hal-hal detil.

4. Tidak Mudah Menyerah

Untuk bekerja di bidang e-commerce atau bidang bisnis lainnya, anda akan seringkali menemui ketidakpastian dari konsumen. Hal ini umumnya membuat para pelaku bisnis enggan melanjutkan bisnisnya.

Apabila anda hendak membangun karir di bidang e-commerce, anda perlu terbiasa dengan penolakan dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi kondisi ketidakpastian dari konsumen tersebut.

Jika anda merasa memiliki seluruh karakter yang disebutkan di atas, anda adalah orang yang tepat untuk menjalani perkuliahan di jurusan e-commerce.

Anda memiliki potensi untuk dapat diterima oleh jurusan e-commerce serta dapat lulus dengan hasil yang memuaskan.

Universitas Terbaik Mana Saja di Australia yang Menawarkan Jurusan E-Commerce?

Banyak universitas dan akademi yang dapat anda pilih di Australia jika hendak kuliah di jurusan e-commerce. Berikut daftar beberapa universitas terbaik di Australia di bidang e-commerce atau ekonomi dan bisnis digital lainnya menurut QS Universities:

Universitas

Peringkat Dunia

The University of Melbourne

20

The University of New South Wales (UNSW Sydney)

26

Monash University

36

The University of Sydney

42

The Australian National University

51-100

The University of Queensland

51-100

Queensland University of Technology

101-150

RMIT University

101-150

The University of Western Australia

101-150

University of Technology Sydney

101-150

Bagaimana Prospek Karir Lulusan Jurusan E-Commerce di Australia?

Prospek karir utama lulusan jurusan e-commerce terletak di bidang bisnis, keuangan, dan kaitannya dengan teknologi informasi. Beberapa prospek karir yang dimungkinkan bagi lulusan jurusan e-commerce di antaranya:

  • Analis riset pasar
  • Pengembang web
  • Analis sistem komputer
  • Adminstrator web
  • Analis bisnis
  • Digital marketer
  • Manajer penjualan
  • Analis data

Gaji yang dapat anda peroleh sebagai lulusan jurusan e-commerce di Australia umumnya sangat tinggi, bergantung pada bidang pekerjaannya. Berikut merupakan bidang pekerjaan yang umum ditempuh oleh lulusan jurusan e-commerce di Australia beserta kisaran gajinya menurut PayScale:

Pekerjaan

Kisaran Gaji

Analis riset pasar

49,000 - 97,000 AUD per tahun

Pengembang web

44,000 - 92,000 AUD per tahun

Analis sistem komputer

54,000 - 110,000 AUD per tahun

Analis bisnis

57,000 - 120,000 AUD per tahun

Digital marketer

46,000 - 86,000 AUD per tahun

Manajer penjualan

53,000 - 124,000 AUD per tahun

Analis data

50,000 - 104,000 AUD per tahun

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Kuliah di Jurusan E-Commerce di Australia?

Pada umumnya, waktu yang akan anda perlukan untuk kuliah di jurusan e-commerce di Australia tidak jauh berbeda dengan waktu kuliah di Indonesia. Waktu kuliah ditentukan oleh jenjang kuliah dan jurusan yang anda ambil.

Sarjana (S1)

3-4 tahun

Magister (S2)

1-2 tahun

Bagaimana Persyaratan untuk Dapat Diterima di Jurusan E-Commerce di Australia?

Masing-masing universitas di Australia memiliki persyaratan yang berbeda-beda untuk dapat menerima mahasiswa baru di jurusan e-commerce. Persyaratan ini bergantung kepada kebijakan masing-masing universitas.

Sarjana (S1)

Ujian Nasional

Lulus (jurusan IPA)

IELTS

Minimal 5.5 - 6.0 (overall band)

TOEFL

Minimal 550 (paper based) atau 80 (internet based)

Magister (S2)

Ijazah S1

IPK minimum 2.5 - 3.0

IELTS

Minimal 6.0 - 7.0 (overall band)

TOEFL

Minimal 575 (paper based) atau 85 (internet based)

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Kuliah Jurusan E-Commerce di Australia?

Biaya kuliah di Australia bervariasi, bergantung pada universitas dan jurusan yang dipilih. Perkiraan biaya kuliah rata-rata per tahun untuk jurusan bisnis dan e-commerce di beberapa universitas terbaik di Australia di antaranya sebagai berikut:

The University of Melbourne

AUD 52,000

Australian National University

AUD 44,000

Monash University

AUD 44,000

University of South Australia

AUD 31,000

Biaya tersebut umumnya hanya merupakan biaya kuliah dan tidak termasuk biaya hidup. Biaya hidup yang dibutuhkan untuk kuliah di Australia bergantung dari kota tempat universitas berada.


FAQ atau Pertanyaan Umum

1. Apakah perbedaan antara jurusan e-commerce dengan jurusan bisnis konvensional?

Jurusan bisnis konvensional tidak hanya memberikan ilmu dan wawasan mengenai ekonomi, bisnis, dan keuangan, namun juga mengenai tata cara menghadapi konsumen, mengenali kebutuhan dan keinginan konsumen, serta berbagai hal mengenai penjualan secara konvensional.

Jurusan e-commerce menggabungkan ilmu bisnis dan keuangan konvensional dengan teknologi informasi sehingga apabila anda memutuskan untuk melanjutkan kuliah pada jurusan e-commerce, anda akan lebih banyak memperoleh mata kuliah terkait rancangan aplikasi atau web dibandingkan cara berurusan dengan konsumen secara langsung.

2. Dalam jurusan e-commerce, manakah bidang yang lebih harus difokuskan? Ekonomi digital dan bisnis atau teknologi informasi?

Di antara kedua hal tersebut, bidang yang perlu difokuskan adalah bidang yang sesuai dengan minat dan bakat anda.

Umumnya pada sekolah-sekolah bisnis di dunia, di tahun pertama anda akan memperoleh pengetahuan dasar mengenai ekonomi, bisnis, dan teknologi informasi. Mulai dari tahun pertama ini anda dapat menduga-duga perkiraan bidang e-commerce yang sesuai dengan kemampuan anda.

3. Bagaimana menyiapkan diri saya untuk kuliah di jurusan e-commerce?

Dalam perkuliahan di jurusan e-commerce, anda akan banyak menemukan mata kuliah yang bersifat gabungan antara ekonomi, bisnis, dan teknologi informasi

Anda dapat menyiapkan diri anda dari sekarang dengan banyak melatih kemampuan ekonomi, bisnis, dan teknologi informasi, serta pemecahan masalah di bidang tersebut.

Anda juga dapat memperluas wawasan melalui buku atau artikel-artikel dan bacaan-bacaan di internet mengenai isu-isu ekonomi, keuangan, bisnis, maupun teknologi informasi. Anda akan membutuhkan wawasan yang luas apabila anda berminat mengambil jurusan e-commerce.

4. Bagaimana cara memilih kampus yang baik untuk kuliah di jurusan e-commerce?

Anda sebaiknya memilih kampus yang anda rasa cocok dengan diri anda. Beberapa faktor yang dapat anda pertimbangkan di antaranya lingkungan kampus, lokasinya, dan harganya.

Anda mungkin dapat mempertimbangkan banyak jurusan e-commerce di Australia yang tidak termasuk dalam top 10.

Berbagai informasi mengenai jurusan e-commerce di Australia dapat anda peroleh secara bebas di internet. Anda juga dapat menghubungi EasyUni untuk dapat berkonsultasi mengenai jurusan e-commerce di Australia yang sesuai bagi anda.

5. Kapan Saya Bisa Mendaftar untuk Kuliah Jurusan E-Commerce di Australia?

Jika anda berminat untuk menjalani perkuliahan di jurusan e-commerce di Australia, pembukaan pendaftaran umumnya bergantung pada kebijakan masing-masing universitas.

Umumnya, program terkait bisnis dan e-commerce pada universitas-universitas di Australia dimulai pada bulan Juli setiap tahunnya, di antaranya The University of Melbourne dan Monash University.   Anda dapat mendaftar melalui portal online masing-masing universitas atau melalui jasa konsultasi pendidikan seperti EasyUni!

Advertisement

Universities with courses in E-Commerce

See more related universities

You might be interested in...

Advertisement

This website uses cookies to ensure you get the best experience. By using this site, you acknowledge that you have read and understand our Cookie Policy , Privacy Statement and Terms & Conditions .

Maximum 6 courses for comparison!

Chat on WhatsApp

Courses selected for comparison