Kuliah Jurusan Konseling di Australia

Profesi Konselor semakin banyak dibutuhkan. Jangan ragu untuk mewujudkannya dengan memilih kuliah jurusan Konseling di Australia.
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

jurusan psikologi konseling

Apa itu jurusan Konseling?
Alasan kuliah jurusan Konseling
Yang dipelajari dalam jurusan Konseling
Durasi kuliah jurusan Konseling
Syarat masuk universitas jurusan Konseling
Prospek kerja lulusan Konseling
Biaya kuliah di Australia jurusan Konseling
Karakter yang cocok untuk jurusan Konseling
Universitas terbaik di Australia jurusan Konseling
FAQ atau Pertanyaan Umum

Apa anda senang membantu orang-orang yang kesulitan di sekitar anda? Apa anda merupakan seorang dengan rasa empati yang tinggi? Jika ya, mungkin anda orang yang sesuai untuk melanjutkan kuliah ke jurusan konseling dan terapi.

 

Apa itu jurusan Psikologi Konseling?

tentang jurusan psikologi konseling

Konseling dan terapi merupakan salah satu sub ilmu psikologi yang lebih terfokus kepada praktek. Dalam perkuliahan di jurusan konseling dan terapi, anda akan memperoleh dasar untuk menjadi seorang konselor yang profesional.

Titik berat pekerjaan seorang konselor adalah mendengarkan keluhan dan masalah yang dialami oleh klien. Apabila anda senang mendengarkan keluhan atau masalah yang dialami orang-orang yang ada di sekitar anda, mungkin anda memiliki bakat untuk menjadi seorang konselor.

Apabila anda berkeinginan untuk melanjutkan studi ke jurusan konseling dan terapi, Australia merupakan salah satu pilihan yang dapat dijadikan pertimbangan. Negeri kanguru ini memiliki beberapa pilihan universitas yang menyediakan jurusan psikologi kelas dunia, khususnya di bidang konseling dan terapi.

Lulusan jurusan konseling dan terapi dari Australia akan memiliki keahlian yang cukup untuk dapat berkarir sebagai konselor. Melalui karir di bidang tersebut, anda akan mendapat banyak keuntungan baik secara personal maupun profesional.

 

Mengapa Kuliah di Jurusan Konseling dan Terapi di Australia?

kuliah di australia

Berikut beberapa alasan untuk melanjutkan kuliah jurusan konseling dan terapi di Australia:

1. Program Konseling dan Terapi dalam Berbagai Jenjang

Australia memiliki berbagai program konseling dan terapi dalam berbagai jenjang. Jenjang program konseling dan terapi yang disediakan di antaranya diploma, sarjana, hingga magister. 

Program dalam berbagai jenjang ini disediakan oleh berbagai perguruan tinggi dan universitas yang ada di Australia. Anda dapat menyesuaikan program konseling dan terapi yang akan anda ambil dengan minat dan kemampuan anda.

 2. Membangun Rasa Percaya Diri Sejak Awal

Seorang konselor perlu memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Hal ini penting ketika anda dihadapkan oleh klien dengan berbagai latar belakang dan masalah yang berbeda-beda.

Perkuliahan di bidang konseling dan terapi di Australia akan menyiapkan anda untuk membangun rasa percaya diri sebagai seorang konselor sehingga anda akan mampu untuk memberikan konsultasi atau masukan yang baik bagi klien anda.

3. Pengalaman Profesional di Lapangan

Sebagai seorang konselor, anda akan menghadapi permasalahan nyata. Permasalahan yang dihadapi oleh klien anda harus dihadapi secara profesional dengan empati dan tanpa melibatkan emosi.

Oleh karena itu, program konseling dan terapi di Australia akan membekali anda dengan praktek lapangan untuk menyiapkan anda menghadapi klien dengan masalah yang sebenarnya.

4. Kesempatan untuk Menapaki Karir Internasional

Universitas-universitas terbaik di Australia telah diakui oleh berbagai akreditor dari banyak negara di dunia maupun internasional. 

Lulusan jurusan konseling dan terapi dari Australia telah diakui oleh berbagai perusahaan dan institusi di bidang psikologi, konseling, dan terapi dengan jenjang karir internasional.

 

Apa Saja yang Akan Dipelajari di Jurusan Konseling dan Terapi di Australia?

bidang jurusan psikologi konseling

Di jurusan konseling dan terapi, anda akan mempelajari berbagai hal terkait dengan psikologi, emosi manusia, dan kesehatan mental.

Sebagai contoh, berikut beberapa mata kuliah yang akan anda pelajari pada jurusan konseling yang dapat anda temukan di Griffith University di antaranya:

Tahun Pertama

  • Psikologi dalam Konteks Profesional
  • Pengantar Psikologi
  • Statistika Psikologi
  • Kemampuan Interpersonal
  • Psikologi dan Konseling Karir

Tahun Kedua hingga Akhir

  • Kemampuan Konseling
  • Psikologi Positif
  • Etika dan Praktek Profesional
  • Fasilitasi Kelompok dan Coaching
  • Psikologi Perkembangan
  • Praktek Komunitas
  • Praktek Konseling
  • Psikologi Kesehatan
  • Psikologi Abnormal
  • Psikologi Sosial dan Budaya
  • Permasalahan Sosial
  • Organisasi
  • Perkembangan Remaja
  • Kekerasan dalam Keluarga

 

Bagaimana Karakter yang Sesuai untuk Kuliah di Jurusan Konseling dan Terapi?

karakter yang diperlukan konselor

Berikut adalah karakteristik ideal mahasiswa jurusan konseling dan terapi:

1. Komunikatif

Jika anda hendak menjadi seorang konselor, anda perlu memiliki kemampuan untuk mendengarkan dan memahami orang lain. Hal ini penting apabila anda akan berhadapan langsung dengan klien. 

Tidak hanya mendengarkan, anda juga perlu memiliki kemampuan untuk memberikan saran dan masukan bagi penyelesaian masalah yang dihadapi oleh klien anda.

2. Mampu berempati

Jika anda hendak berkarir sebagai konselor, anda harus memiliki kemampuan untuk berempati. Anda perlu mengerti kesulitan yang dialami orang lain sehingga anda dapat membantu memberikan solusi atas masalah tersebut.

Anda juga perlu peka terhadap keadaan di sekitar anda. Hal ini penting karena beberapa hal kadang tidak dapat diutarakan oleh klien anda sehingga anda perlu memahami klien anda dengan baik.

3. Fleksibel

Pada umumnya, tidak seluruh masalah yang dialami klien anda dapat diselesaikan hanya dengan saran atau masukan yang anda berikan. Masalah yang dialami klien anda kadang sulit untuk hanya diselesaikan hanya dengan konseling, bahkan mungkin tidak bisa sama sekali.

Untuk itu, anda perlu memiliki fleksibilitas untuk mengubah saran atau masukan yang anda berikan pada klien apabila saran yang anda berikan sebelumnya tidak bekerja.

4. Mampu Menerima dan Tidak Menghakimi

Salah satu hal terpenting yang harus dimiliki seorang konselor adalah sifat tidak mudah menghakimi. Konselor yang baik bukanlah konselor yang menilai klien dari standar umum, namun konselor yang mampu ikut merasakan yang dirasakan oleh klien tersebut. 

Tidak jarang seorang konselor baru terkejut atas masalah yang dialami oleh kliennya karena tidak sesuai dengan norma umum yang berlaku di masyarakat. Seorang konselor yang profesional harus melihat masalah yang dihadapi klien dari sudut pandang klien tersebut, bukan sudut pandangnya sendiri.

Jika anda merasa memiliki seluruh karakter yang disebutkan di atas, anda adalah orang yang tepat untuk menjalani perkuliahan di jurusan konseling dan terapi.

Anda memiliki potensi untuk dapat diterima oleh jurusan konseling dan terapi serta dapat lulus dengan hasil yang memuaskan.

 

Universitas Terbaik Apa Saja di Australia yang Menawarkan Jurusan Konseling dan Terapi?

torrens university australia

Berikut beberapa program diploma yang terdapat di berbagai perguruan tinggi di Australia yang terkait dengan konseling dan terapi:

1.       Torrens University

2.       Charles Darwin University

3.       International Career Institute

4.       Canberra Institute of Technology

5.       EQUALS International

6.       Australian College of Applied Psychology

7.       Australian Institute of Family Counselling

Untuk program sarjana di bidang konseling atau psikologi terapan, berikut beberapa rekomendasi perguruan tinggi yang menyediakan program tersebut:

curtin university di australia

1.       Griffith University

2.       Curtin University

3.       The University of Newcastle

4.       Macquarie University

5.       The University of Notre Dame Australia

6.       Edith Cowan University

7.       University of South Australia

8.       University of Southern Queensland

9.       Charles Sturt University

10.     Bond University

11.    University of the Sunshine Coast

12.    Australian College of Applied Psychology

Program magister di bidang konseling di Australia umumnya disediakan oleh perguruan tinggi dengan ranking lebih tinggi. Berikut beberapa di antaranya:

universitas di australia

1.       The University of Sydney

2.       The University of Adelaide

3.       The University of Queensland

4.       University of Technology Sydney

5.       The University of Newcastle

6.       Victoria University

7.       Queensland University of Technology

8.       University of Canberra

 

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Jurusan Konseling dan Terapi di Australia?

pekerjaan psikologi konselor

Prospek karir utama lulusan jurusan Konseling dan Terapi terletak di bidang terkait dengan konseling, psikologi, dan kejiwaan.

Beberapa prospek karir yang dimungkinkan bagi lulusan jurusan konseling dan terapi di antaranya:

  • Konselor rehabilitasi

  • Terapis klinik

  • Konselor kesehatan mental

  • Konselor sekolah

  • Konselor karir

  • Konselor krisis

  • Konselor pernikahan dan keluarga

Gaji yang dapat anda peroleh sebagai lulusan jurusan konseling dan terapi di luar negeri umumnya sangat tinggi dan sangat bergantung pada bidang psikologi terapan yang ditekuni.

Berikut merupakan bidang pekerjaan yang umum ditempuh oleh lulusan jurusan konseling dan terapi di Australia beserta kisaran gajinya menurut PayScale:

Pekerjaan

Kisaran Gaji

Konselor rehabilitasi

52,000 - 77,000 AUD per tahun

Terapis klinik

55,000 - 100,000 AUD per tahun

Konselor kesehatan mental

45,000 - 79,000 AUD per tahun

Konselor sekolah

45,000 - 82,000 AUD per tahun

Konselor krisis

43,000 - 90,000 AUD per tahun

 

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Kuliah di Jurusan Konseling dan Terapi di Australia?

Pada umumnya, waktu yang akan anda perlukan untuk kuliah di jurusan konseling dan terapi di Australia untuk program sarjana dan magister tidak jauh berbeda dengan waktu kuliah di Indonesia. Waktu kuliah ditentukan oleh jenjang kuliah dan jurusan yang anda ambil.

Diploma

6-12 bulan

Sarjana (S1)

3 tahun

Magister (S2)

1-2 tahun

 

Bagaimana Persyaratan untuk Dapat Diterima di Jurusan Konseling dan Terapi di Australia?

Masing-masing universitas di Australia memiliki persyaratan yang berbeda-beda untuk dapat menerima mahasiswa baru di jurusan konseling dan terapi. Persyaratan ini bergantung kepada kebijakan masing-masing universitas.

Diploma

Ujian Nasional

Lulus (jurusan IPA/IPS)

IELTS

Minimal 5.5 - 6.0 (overall band)

TOEFL

Minimal 550 (paper based) atau 80 (internet based)

Sarjana (S1)

Ujian Nasional

Lulus (jurusan IPA/IPS)

IELTS

Minimal 5.5 - 6.0 (overall band)

TOEFL

Minimal 550 (paper based) atau 80 (internet based)

Magister (S2)

Ijazah S1

IPK minimum 2.5 - 3.0

IELTS

Minimal 6.0 - 7.0 (overall band)

TOEFL

Minimal 575 (paper based) atau 85 (internet based)

Komponen lain yang penting sebagai persyaratan kuliah di Australia adalah Paspor dan visa pelajar Australia yang wajib dimiliki.

Baca panduan ini untuk mengerti lebih lanjut soal persyaratan visa pelajar di Australia bagi orang Indonesia.

 

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Kuliah Jurusan Konseling dan Terapi di Australia?

Biaya kuliah di Australia bervariasi, bergantung pada universitas dan jurusan yang dipilih. Perkiraan biaya kuliah rata-rata per tahun untuk jurusan konseling dan terapi secara umum di beberapa universitas terbaik di Australia di antaranya sebagai berikut:

Diploma

Australian College of Applied Psychology

AUD 21,536

Charles Darwin University

AUD 24,120

EQUALS International

AUD 12,950

Canberra Institute of Technology

AUD 14,100

Sarjana

Griffith University

AUD 26,500

Curtin University

AUD 37,600

Edith Cowan University

AUD 32,300

Macquarie University

AUD 34,800

Magister

Victoria University

AUD 28,100

The University of Adelaide

AUD 36,500

The University of Queensland

AUD 33,070

University of Technology Sydney

AUD 46,420

 Biaya tersebut umumnya hanya merupakan biaya kuliah dan tidak termasuk biaya hidup. Biaya hidup yang dibutuhkan untuk kuliah di Australia bergantung dari kebutuhan dan gaya hidup masing-masing mahasiswa.


 

FAQ atau Pertanyaan Umum

1.   Apakah perbedaan antara jurusan konseling dan terapi dan psikologi?

Jurusan psikologi mempelajari mengenai perilaku manusia dan kaitannya dengan kejiwaannya, sementara konseling dan terapi merupakan sub keilmuan dari psikologi.

Konseling dan terapi lebih terfokus pada praktek untuk menangani klien, sementara pada jurusan psikologi di tingkat sarjana perkuliahan lebih dititikberatkan pada teori.

2.   Bagaimana menyiapkan diri saya untuk kuliah di jurusan konseling dan terapi?

Anda perlu mengasah kemampuan anda untuk berempati. Latihan yang bagus untuk menyiapkan diri anda adalah mendengarkan masalah orang lain dan mencoba memberikan saran yang baik atas masalah tersebut.

Anda juga perlu terbiasa untuk lebih banyak mendengarkan dibandingkan berbicara karena informasi yang anda perlukan untuk menyelesaikan pekerjaan anda lebih banyak terdapat pada klien anda dibandingkan pada diri anda sendiri.

3.   Bagaimana cara memilih kampus yang baik untuk kuliah di jurusan konseling dan terapi?

Anda sebaiknya memilih kampus yang anda rasa cocok dengan diri anda. Beberapa faktor yang dapat anda pertimbangkan di antaranya lingkungan kampus, lokasinya, dan harganya.

Berbagai informasi mengenai sekolah konseling dan terapi di luar negeri dapat anda peroleh secara bebas di internet. Anda juga dapat menghubungi EasyUni untuk dapat berkonsultasi mengenai jurusan konseling dan terapi di luar negeri yang sesuai bagi anda.

4. Kapan Saya Bisa Mendaftar untuk Kuliah Jurusan Konseling dan Terapi di Australia?

Jika anda berminat untuk menjalani perkuliahan di jurusan Konseling dan Terapi di Australia, pembukaan pendaftaran umumnya bergantung pada kebijakan masing-masing universitas. Sebagai contoh, program sarjana konseling di Edith Cowan University dimulai pada akhir Februari dan akhir Juli setiap tahunnya.

Anda dapat mendaftar melalui portal online masing-masing universitas atau melalui jasa konsultasi pendidikan seperti EasyUni!

 

You might be interested in...