Kuliah Jurusan Psikologi di Australia

Meski di SMA anda hanya diajari ilmu dasarnya saja, anda bisa mengambil jurusan Psikologi saat berkuliah. Menariknya, dalam jurusan ini anda akan belajar lebih dalam mengenal emosi dan perilaku manusia sehingga anda akan lebih mengerti mengenainya.
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Apa Itu Ilmu Psikologi?

kuliah jurusan ilmu psikologi di australia

Ilmu Psikologi adalah ilmu dimana anda akan mempelajari karakteristik mental dari manusia, yang umumnya mencakup pemikiran, perilaku, dan emosi.

Meski pengertiannya begitu simpel, area studi jurusan Psikologi tidaklah begitu sempit. Nyatanya, area Psikologi di dunia perkuliahan dan dunia kerja terbagi kedalam beberapa jurusan lagi, contohnya Psikologi klinikal, kesehatan, olahraga, pertumbuhan manusia, dan masih banyak lagi.

Jika anda mempelajari sejarahnya, anda akan dibawa ke 400 atau 500 tahun sebelum masehi di Yunani kuno, dimana hal ini dimulai dengan bagaimana Socrates mempengaruhi Plato dimana kemudian Aristoteles pun terpengaruh oleh Plato.

Dari sejarah yang sesimpel itu, sekarang Psikologi telah berkembang menjadi satu jurusan yang berdiri sendiri, dengan banyak sub-jurusan yang ada. Selain itu, bahasan Psikologi yang banyak didiskusikan sekarang pun adalah pertanyaan yang sudah diajukan oleh para filosofer-filosofer kuno itu, contohnya bahasan mengenai ingatan, kesukarelaan, dan atraksi.

Asosiasi Psikologi Amerika (American Psychology Association) sendiri yang merupakan salah satu organisasi paling besar Dan berpengaruh di dunia Psikologi pun sudah mengakui 5 divisi Psikologi profesional, yaitu:

  • Psikofarmakologi

  • Perawatan terhadap kelainan/konsumsi alkohol dan zat psikoaktif lainnya

  • Psikologi olahraga

  • Penilaian dan perawatan terhadap gangguan mental akut

  • Penilaian kepribadian

Meski hanya 5 bidang Psikologi yang diakui secara profesional, bukan berarti hanya 5 divisi itu saja yang ada di dunia psikologi.

Buktinya masih ada lebih dari 54 divisi Psikologi yang diminati banyak anggota asosiasi tersebut, contohnya saja autisme, bipolar, kelainan terhadap pola makan, hak asasi manusia, dan banyak lagi.

Beberapa Alasan untuk Berkuliah di Australia

Meski anda sudah yakin dengan kemauan anda untuk berkuliah jurusan psikologi, tidak bisa dipungkiri bahwa ada banyak universitas dalam negeri yang menawarkan program ini. Namun tidak ada salahnya jugakan, jika anda ingin berkuliah ke luar negeri?

Anak muda tanah air biasanya memiliki keinginan untuk berkuliah di negara maju yang bahasa umumnya adalah bahasa inggris, dan Australia adalah salah satu destinasi yang terdekat dengan Indonesia.

Namun apa cuma itu alasan anda untuk berkuliah di Australia? Kami sudah mempersiapkan beberapa fakta menarik mengenai Australia sebagai destinasi pendidikan anda yang selanjutnya!

Destinasi berkembang untuk pendidikan

Sebagai salah satu negara yang berbahasa inggris, Australia telah menjadi destinasi pendidikan dari banyak remaja di seluruh dunia.

Biaya hidup yang terbilang cukup rendah (dibandingkan dengan negara berbahasa inggris lainnya)

Dibandingkan dengan negara-negara lain dengan bahasa inggris sebagai bahasa sehari-hari, biaya hidup di Australia bisa dikatakan cukup rendah ketimbang biaya hidup di negara berbahasa inggris lainnya, seperti Amerika dan Inggris.

Baca juga: Infografis “Biaya Hidup Mahasiswa di Australia”

Kesempatan untuk bekerja sampai dengan 20 jam per minggu dengan visa pelajar

Sedikit berbeda dengan beberapa negara, bekerja hingga 20 jam per minggunya dengan visa pelajar adalah hal yang legal di Australia. Jadi ini sangat berguna untuk mendapatkan uang tambahan atau sekedar pengalaman tambahan.

Sistem pendidikan yang berkualitas tinggi

Australia memiliki sistem dan standar pendidikan yang terbilang tinggi, dan ini dapat dibuktikan dengan 8 dari universitas teratas di Australia menduduki posisi 100 teratas berdasarkan sistem QS ranking untuk universitas di seluruh dunia.  

Hal Unik yang Akan Dipelajari di Jurusan Psikologi

berkuliah psikologi di australia
Sumber: Very Well Mind

Jika anda masih disini untuk fakta-fakta unik mengenai psikologi agar anda makin yakin dengan pilihan anda, maka anda tidak perlu takut karena kami pun sudah mempersiapkan 5 poin mengenai hal unik yang akan anda pelajari di jurusan ini loh!

Kesempatan mempelajari manusia melalui tidak-tanduk perilaku bahkan bahasa tubuhnya

Dalam jurusan psikologi, anda akan dihadapkan dengan banyak topik mengenai manusia dan tingkah lakunya.

Jadi dengan begini, anda pun memiliki kesempatan untuk bisa tahu proses pembuatan keputusan, tingkah laku secara mental dan tujuan berpikir mereka bahkan sebelum mereka melakukan/mengatakannya.

Contohnya saja jika anda menjual sesuatu dan menambahkan kata “laku keras dengan stok tinggal 10 biji”, pastinya ini akan menjadi tekanan psikologis untuk membuat orang tersebut mempertimbangkan untuk membeli barang yang anda jual.

Selain itu juga masih banyak contoh lainnya yang lebih menarik.

Kesempatan untuk menemukan jawaban mengenai pertanyaan menarik

Pada jurusan ini, anda tidak hanya akan mempelajari tingkah laku, namun juga aspek-aspek saraf, serta sedikit aspek biologi dan kimia.

Meskipun mempelajari saraf terdengar membosankan, namun hal ini memperbolehkan anda untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan menarik.

Contohnya saja mengenai mimpi dan proses pembentukannya. Menarik bukan?

Beberapa kata yang terlihat sama, namun artinya berbeda

Dalam jurusan psikologi, kamu akan mempelajari banyak istilah istilah psikologis yang kebanyakan terlihat sama namun memiliki arti yang jauh berbeda.

Contohnya saja psikolog dan psikiater. Psikolog adalah orang-orang yang melakukan tes-tes psikologi dan seringnya menggunakan pendekatan terapi untuk mengobati pasien, dimana psikiater adalah dokter medis yang mendiagnosa gangguan mental dan pengobatannya.

Selain itu kata simpel seperti anti-sosial dan introvert juga memiliki pengertian berbeda loh!

Introvert bisa diartikan sebagai seseorang yang “lebih memilih” untuk privasi/dunia sendiri dimana anti-sosial dapat diartikan sebagai kelainan kepribadian yang sangat jauh dari introvert atau “malu”.

Jadi tiap-tiap istilah ini memiliki arti yang berbeda loh!

Apa Saja Mata Kuliah yang Akan Dipelajari pada Jurusan Psikologi?

Jika kamu penasaran dengan mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan psikologi, kami juga sudah mempersiapkan informasi bersangkutan untuk anda.

Berikut ini adalah beberapa mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan psikologi di tahun awal:

  • Pengenalan Psikologi

  • Metodologi Riset Psikologi

  • Ilmu Berkomunikasi (Lisan dan tulisan)

  • Ilmu Saraf

  • Psikologi Pengembangan

  • Psikologi Sosial dan Organisasi

  • Social & Organisational Psychology

  • Pembelajaran Kognitif

  • Pendekatan psikologi terhadap permasalahan

Jika kamu sudah memasuki tahun kedua atau ketiga, maka berikut mata kuliah yang kira-kira akan kamu pelajari:

  • Psikologi Terapan

  • Riset Psikologi: Interpretasi & Evaluasi

  • Psikopatologi

  • Kode Etik Psikolog

  • Teori-teori praktikal

Selain itu, anda juga akan diharuskan untuk memilih dari beberapa mata kuliah dibawah:

  • Pngembangan gangguan pada anak-anak

  • Psikologi mengenai Kriminal

  • Ilmu mengenai pemikiran sehari-hari

  • Psikologi Positif

  • Dan masih banyak lagi

Tapi ingat ya, mata kuliah yang akan dipelajari umumnya berbeda-beda di setiap universitas. Jadi jika anda ingin tahu pasti, jangan lupa untuk mengkonfirmasi mata kuliah di situs resmi universitas pilihan anda, atau anda juga bisa menghubungi kami untuk informasi selengkapnya.

Universitas Terbaik di Australia yang Menawarkan Jurusan Psikologi

Jika anda sampai saat ini sudah yakin untuk berkuliah di Australia, kami juga sudah mempersiapkan daftar universitas terbaik di seluruh Australia yang menawarkan jurusan psikologi, masing-masing universitas ini menduduki top 100 berdasarkan QS world university rankings tahun 2019.

Apa Saja yang Diperlukan untuk Proses Pengajuan Visa Pelajar Australia?

Seperti yang kita tahu, untuk berkuliah di negara lain kita membutuhkan visa pelajar sebagai international student. Namun dokumen-dokumen yang diperlukan untuk proses pengajuannya tentu saja berbeda di setiap negara.

Nah di Australia sendiri, dokumen yang harus dikumpulkan sedikit berbeda dengan negara lainnya.

Beberapa dokumen yang diperlukan untuk pengajuan visa yakni:

  • Surat penerimaan dari universitas pilihan anda

  • File medical check-up

  • Konfirmasi kemampuan finansial

  • Surat sertifikat tes bahasa inggris sesuai persyaratan:

    • IELTS — overall score of 6.0 to 6.5 (no band less than 5.5 to 6.0)

    • TOEFL (internet-based test) — overall score of 60 to 90

    • CAE — overall score of 169 to 176 (no less than 169 in any category)

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kriteria visa pelajar Australia, baca di sini.

Meskipun begitu, anda sebaiknya mengkonfirmasi lagi syarat-syarat pengajuan visa sesuai dengan universitas pilihan masing-masing karena beberapa universitas bisa saja meminta dokumen tambahan atau menetapkan syarat tes bahasa inggris yang lebih tinggi ataupun lebih rendah. Jangan segan-segan juga jika anda ingin menghubungi kami disini.

Kapan Periode Pendaftaran untuk Berkuliah di Australia?

Setiap universitas tentunya memiliki periode semester yang berbeda-beda, namun Januari adalah periode pergantian semester yang paling umum.

Jika anda ingin mendaftar kuliah di Australia, tentunya anda boleh memulai riset anda dari sekarang, melalui situs resmi universitas pilihan ataupun  menanyakan konselor kami.

Tentunya mendaftar lebih cepat lebih baik agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan, sebab proses pengajuan visa juga bisa memakan waktu yang cukup lama tanpa termasuk proses medical check-up dan tes bahasa inggris.

You might be interested in...