Kuliah MBA di Australia

Informasi lengkap mengenai kuliah MBA di Australia, bagaimana persyaratan masuk, daftar universitas terbaik serta biaya kuliah
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Negara contingental Australia menawarkan kesempatan terbaik untuk para calon mahasiswa internasional yang berminat untuk melanjutkan kuliah MBA di negeri kangguru ini.

Dengan sistem pendidikan yang berkualitas serta lingkungan pendidikan yang mendukung dalam segala bidang, kuliah MBA di sini bisa jadi jalan sukses dalam karir Anda di masa depan.

kelulusan setelah mengambil gelar S2 MBA di Australia
Sumber: Pixabay

Mengenai Kuliah MBA

Selain sebagai Negara barat yang lokasinya paling dekat dengan Indonesia, Australia merupakan suatu Negara maju yang juga mengutamakan fasilitas pendidikanya.

Negara ini siap menyambut para calon mahasiswa dan mahasiswi internasional dengan tangan terbuka. Selama kuliah di Australia, para mahasiswa dan mahasiswi dari internasional, lebih mudah dalam berbaur, sebab tinggal di negara yang multikultur.

Calon siswa yang akan melanjutkan kuliah MBA, umumnya merupakan lulusan program sarjana (S1) di bidang yang sama sebelumnya di Australia.

Menjadi seorang lulusan MBA yang baik, merupakan gerbang untuk menuju sukses.

Kuliah MBA bukan hanya untuk peningkatan karir semata, tapi juga untuk menambah keterampilan di bidang bisnis dan manajemen yang sesuai kebutuhan industri saat ini.

Mempelajari MBA, dapat menuntun kita untuk sukses dalam mengatur suatu bisnis serta mengetahui apa yang menjadi trend global dalam bisnis saat ini. Kita juga akan belajar tentang bagaimana menjalankan bisnis dalam kondisi krisis sekalipun.

Mengapa Australia adalah Tempat Terbaik untuk Kuliah MBA?

terkenalnya kuliah sambil traveling di australia
Sumber: Getty Images

Melanjutkan studi dengan memilih program MBA, biasanya banyak dilakukan oleh para lulusan sarjana (S1) yang akan melanjutkan kuliah program (S2) di jurusan tersebut.

Selain itu, mereka yang bekerja di bidang administrasi dan bisnis di sebuah perusahaan dengan bekal pengalaman kerja yang mumpuni, namun masih memerlukan pendidikan lebih lanjut agar bisa menyelesaikan pekerjaan dan mengambil keputusan dalam pekerjaan dengan tepat.

Memilih Australia sebagai tempat kuliah program MBA tentunya memiliki alasan tersendiri. Apa saja alasan kuliah MBA di Australia? Berikut ini ulasannya:

  • Negara Tujuan Pendidikan

Selain Inggris dan Amerika serikat, Australia adalah Negara favorit ke-4 yang menjadi tujuan kuliah di luar negeri oleh para siswa internasional. Australia memiliki beberapa universitas yang masuk kategori ranking teratas.

Semua pembelajaran juga dibawakan dalam bahasa inggris dengan metode pendidikan seperti di Inggris yang mengutamakan fasilitas terbaik serta kolaborasi dengan lembaga penelitian di berbagai belahan dunia.

  • Lulus dengan Kualitas Terbaik

Memilih untuk melanjutkan kuliah MBA di Australia, itu berarti Anda akan menjadi salah satu lulusan dengan kualitas terbaik, serta memenuhi standar internasional.

Hal tersebut, tentunya bisa menjadi bekal Anda dalam meningkatkan karir di masa depan.

Khusus untuk program MBA Australia bahkan sudah diakreditasi oleh lembaga resmi pemerintah Australia.

  • Perkuliahan Teori dan Praktek

Dalam menjalani kuliah, sebaiknya para mahasiswa dan mahasiswi memilih tempat kuliah yang menerapkan teori serta praktik dalam setiap pembahasanya.

Di Australia, hampir semua universitas sudah menerapkan sistem yang sama. Dimana, mahasiswa dan mahasiswi akan difokuskan dalam hal komunikasi serta kemampuan personal dan keahlian dalam kepemimpinan.

Australia sangat memperhatikan hal-hal seperti ini, agar para mahasiswa dan mahasiswinya lebih fokus dan terarah.

  • Kesempatan Bekerja di Australia

Selain kuliah di Australia, para lulusan MBA juga akan mendapatkan kesempatan untuk bisa bekerja di Australia dengan bidang terkait.

Selain itu, jika diterima bekerja di Australia, Anda juga berkesempatan untuk tinggal di negeri kangguru ini. D

ibandingkan dengan Indonesia, tawaran gaji di Australia untuk bidang MBA tentunya lebih tinggi.

  • Multikultur di Australia

Seperti diulas sebelumnya, bahwa Australia juga termasuk Negara yang multikultur.

Artinya, Anda yang melanjutkan kuliah di Australia dapat berbaur dengan mahasiswa internasional lainya dengan mudah, serta memberikan Anda pengalaman tentang perspektif manajemen secara global.

Anda juga akan mendapatkan perbedaan wilayah timur dan barat dalam manajemen bisnis.

Apa Saja Mata Kuliah yang Dipelajari pada Program kuliah MBA?

Anda yang memutuskan untuk melanjutkan kuliah MBA, sebaiknya mengetahui tentang mata kuliah apa saja yang umumnya akan dipelajari pada program MBA di setiap semesternya.

Berikut ulasannya:

Pada Semester 1

  • Marketing Management
  • Operation Management
  • Business Economic
  • Accounting

Pada Semester 2

  • Strategic Decision Making and Negotiation
  • People in Organization
  • Finance

Pada Semester Pendek

  • Bisnis Strategy
  • Business Ethic and Law

Semester 3 Tergantung pada Peminatan

  • General MBA
  • Finance Depth
  • Marketing Depth
  • Operation Dept
  • Business Strategy Depth

Mata kuliah program MBA secara keseluruhan memang mempelajari seluk beluk tentang bisnis secara lebih detail.

Program peminatan di semester akhir akan lebih spesifik, sehingga Anda harus benar-benar mengetahui minat Anda dalam spesialisasi MBA tersebut.

Apa Saja Universitas Terbaik untuk Kuliah MBA di Australia?

Anda sudah siap untuk melihat daftar universitas di Australia yang menawarkan program kuliah MBA terbaiknya? Dilansir dari mbastudies.com, berikut ini daftar 10 universitas dengan program MBA terbaik Australia :

  1. Australian Institute of Business
  2. University of Canberra
  3. RMIT University
  4. University of Southern Queensland
  5. University of Wollongong
  6. University of South Australia
  7. Torrens University Australia
  8. Bond University
  9. University Adelaide
  10. Monash University

Jika Anda masih bingung dalam menentukan universitas mana yang sesuai dengan keinginan Anda, bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan, lingkungan pendidikan, lokasi kampus serta persyaratan kuliah yang memudahkan Anda untuk melanjutkan kuliah MBA di Australia.

Siapa Saja yang Bisa Mendaftar Kuliah Program MBA di Australia?

Program MBA di Australia ini sebetulnya memiliki cakupan yang luas dari setiap lembaga pendidikan yang menawarkanya.

Jika ditanya siapa saja yang bisa kuliah di jurusan MBA Australia, maka siswa atau calon mahasiswa dan mahasiswi tersebut adalah lulusan sarjana (S1) yang memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik dengan dibuktikan TOEFL atau IELTS.

Selain itu, calon mahasiswa atau mahasiswi sudah memenuhi syarat pendaftaran program kuliah (S2) MBA sesuai permintaan universitas masing-masing.

Berapa Biaya Kuliah Program MBA di Australia?

biaya kuliah di australia dalam dollar dan rupiah
Sumber: Pixabay

Biaya kuliah menjadi salah satu pertimbangan yang penting, saat akan memutuskan untuk melanjutkan kuliah MBA di Australia.

Biaya kuliah yang tercantum di beberapa website universitas terbaik dengan program kuliah MBA di Australia, biasanya belum termasuk dengan biaya hidup sehari-hari. Anda juga harus memperhitungkan mengenai biaya hidup, transportasi dan biaya tak terduga lainya. Untuk lebih jelasnya mengenai biaya hidup di Australia bisa dilihat disini.

Sebagai acuan biaya kuliah program MBA di Australia, Anda bisa melihat dari profil dua universitas terbaik dengan program MBA di bawah ini:

1. Australian Institute of Business

Universitas ini menawarkan program kuliah mba secara full time dengan skala internasional. Dengan program kuliah selama 1 tahun 6 bulan, Anda akan menerima banyak pelajaran penting seputar dunia manajemen dan bisnis.

Durasi kuliah

18 bulan

Pendaftaran kuliah

Januari

Estimasi biaya

AUD 2.725/ subjek

Total: AUD 32.700

2. University of Western Australia

Universitas ini juga menawarkan program kuliah MBA secara full time, dengan dukungan terhadap karir di bidang terkait secara internasional.

Mempelajari MBA di UWA ini, akan semakin meningkatkan karakter kepemimpinan Anda terhadap sumber ekonomi dan management saat ini.

Durasi kuliah

12 bulan

Pendftaran kuliah

Januari

Estimasi biaya

Total: AUD 73.500

Apa Saja Persyaratan Kuliah MBA di Australia ?

Persyaratan masuk kuliah untuk program MBA atau Pasca sarjana di jurusan Bisnis dan Administrasi pada universitas di Australia, memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Namun, pada umumnya syarat masuk kuliah paling umum adalah sudah lulus dari program sarjana (S1) dengan jurusan yang relevan dan dari universitas terkemuka.

Adapun persyaratan lainya seperti:

  • Lulusan sarjana (S1) AQF level 7 dan memiliki pengalaman kerja di bidang terkait dengan MBA minimal 2 tahun
  • Lulusan diploma (D3) AQF level 6 serta memiliki pengalaman kerja di bidang yang terkait dengan MBA minimal 3 tahun
  • Sudah mengikuti GMAT dengan minimum score 550
  • Memiliki nilai kemampuan bahasa inggris seperti TOEFl ibt minimal 79 atau IELTS minimal 6.5 dibuktikan dengan sertifikat

Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Program Kuliah MBA di Australia?

Kuliah di luar negeri, khususnya di Australia memungkinkan para lulusanya lebih mudah untuk mendapatkan kesempatan berkarir dengan lebih baik.

Menjadi lulusan program kuliah MBA akan meningkatkan karir Anda dari jenjang sebelumnya.

Setelah lulus kuliah dari program MBA beberapa peluang kerja dengan tawaran gaji yang maksimal bisa didapatkan, tergantung dari bidang yang diambil.

Berikut ini daftar profesi untuk lulusan MBA beserta rata-rata pendapatanya dalam mata uang dollar Australia :

Jenis Pekerjaan

Perkiraan Gaji Pertahun

(Dalam AUD)

Perkiraan Gaji Perbulan

(Dalam IDR)

Senior Product Manager

AUD$ 124.340

IDR 108 juta

Capital Invesment Analyst

AUD $ 76.896

IDR 66 juta

Business Development Manager

AUD $ 72.000

IDR 62 juta

Senior Consultant

AUD $ 125.000

IDR 108 juta

Entrepreneur

AUD $ 92.497

IDR 80 juta

Head of Finance

AUD $ 161.934

IDR 140 juta

*Patokkan kurs AUD ke IDR per Desember 2018

Program Beasiswa MBA di Australia

Beasiswa adalah salah satu cara yang bisa digunakan oleh calon mahasiswa dan mahasiswi untuk membantu meringankan biaya kuliah di universitas yang dipilih.

Tidak hanya untuk program kuliah (S1), beasiswa juga tersedia untuk program kuliah pasca sarjana (S2) di Australia.

Dilansir dari infobeasiswa.id, Anda yang akan mengambil mata kuliah MBA di Australia secara full time untuk durasi 1 tahun, dapat memilih beasiswa yang tersedia secara beragam, baik itu dalam bentuk beasiswa penuh, beasiswa bebas uang kuliah 100% hingga bebas uang kuliah sebagian.

Untuk bisa mendapatkan beasiswa MBA kuliah di Australia, sebaiknya Anda mengetahui beberapa persyaratan umum seperti berikut ini:

  • Menguasai bahasa inggris yang dibuktikan dengan nilai TOEFL atau IELTS yang maksimal
  • Memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang yang relevan dengan mata kuliah MBA yang akan diambil
  • Mendapatkan referensi setidaknya dari 2 orang profesional terkait dalam bidang pekerjaan yang sedang dijalani

Untuk pendaftaran beasiswa tersebut, Anda bisa melihat informasinya di universitas yang sudah dipilih untuk melanjutkan kuliah MBA di Australia.

Pengajuan beasiswa juga umumnya bisa dilakukan melalui email atau melalui bagian khusus yang mengurus masalah beasiswa di Universitas terkait.


Bagaimana, apakah Anda sudah mendapatkan gambaran mengenai kuliah pascasarjana administrasi bisnis atau MBA ini? Untuk informasi selengkapnya, Anda dapat menghubungi tim EasyUni dan bertanya seputar kuliah MBA di Australia atau kuliah di luar negeri ya, kami tunggu!

You might be interested in...