Cover Image

Kuliah Jurusan Software Engineering di Australia

Informasi lengkap mengenai kuliah Rekayasa Perangkat Lunak di Australia: persyaratan masuk dan pilihan universitas terbaik

Find your university

Tentang Software Engineering
Alasan kuliah Software Engineering di Australia
Karakter yang cocok
Peminatan atau spesialisasi jurusan
Apa yang dipelajari Software Engineering
Syarat kuliah jurusan Software Engineering di Australia
Universitas terbaik jurusan Software Engineering di Australia
Prospek kerja
Prospek gaji
FAQ atau Pertanyaan Umum

Ingin berkarir di Industri yang terus berubah dan mengalami perkembangan? Atau Anda ingin membawa teknologi yang terus berganti lini ke tingkat selanjutnya? Kuliah jurusan Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak) di Australia adalah langkah awal untuk meraih cita-cita Anda.

 

Apa Itu Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak?

kuliah software engineering

Dilansir dari Wikipedia, Software Engineering (Rekayasa Perangkat lunak) merupakan Sebuah aplikasi yang sistematis dari pendekatan teknik untuk pengembangan perangkat lunak. 

Pada umumnya, perangkat lunak itu sendiri terbagi menjadi rekayasa perangkat lunak aplikasi dan rekayasa perangkat lunak sistem. Namun, rekayasa perangkat lunak berbasis aplikasi kini paling banyak menjadi tujuan karir sebagian besar orang.

Seorang insinyur perangkat lunak, akan merancang, mengembangkan , menguji serta mengevaluasi perangkat lunak, agar suatu komputer berfungsi dengan baik.

Ada banyak rekayasa perangkat lunak yang kini dibangun oleh banyak Engineer, seperti aplikasi game komputer, aplikasi pengolah kata, hingga aplikasi bisnis.

Anda yang kuliah di jurusan rekayasa perangkat lunak di luar negeri, dapat berkarir di perusahaan terkemuka yang fokus di bidang pengembangan software, bahkan Anda bisa membuka perusahaan sendiri dengan menjadi seorang entrepreneur atau freelance software engineering.

Kuliah jurusan Rekayasa Perangkat lunak akan membantu Anda dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan praktis untuk kemajuan karir di bidang IT Anda di masa depan.

Insinyur lulusan dari jurusan rekayasa perangkat lunak juga harus mengetahui cara membuat dan memelihara arsitektur TI, penyimpanan data skala besar hingga berbasis cloud.

Jurusan rekayasa perangkat lunak di Australia, nantinya akan sering terhubung dan berkolaborasi dengan IT, operasi dan pengembangan perangkat lunak itu sendiri.

Baca panduan lengkap tentang jurusan ini: Semua tentang Software Engineering.

 

Apa Alasan Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak di Australia?

jurusan software engineering

Alasan para calon mahasiswa dan mahasiswi Indonesia memilih kuliah Rekayasa Perangkat lunak di Australia adalah agar mendapatkan pengalaman baru yang penuh tantangan.

Selain itu, umumnya sebagian besar mahasiswi dan mahasiswa yang memilih jurusan ini adalah mereka yang memiliki minat dan kesukaan terhadap bidang IT dan komputer.

Adapun alasan lainnya yang membuat para mahasiswa dan mahasiswi mancanegara ingin kuliah jurusan Rekayasa Perangkat lunak, sebagai berikut:

1. Banyak Dibutuhkan

Seiring berkembangnya teknologi pada smartphone seperti sekarang ini, pekerjaan untuk menjadi insinyur rekayasa perangkat lunak, ternyata banyak dibutuhkan.

Dari mulai perusahaan Startup hingga perusahaan besar yang sudah dikenal sekalipun, akan selalu membutuhkan seorang Software Engineering. Profesi ini memang banyak dibutuhkan, khususnya oleh para pria.

2. Kesempatan Memperkaya Bidang Teknik di Indonesia

Salah satu keunggulan kuliah di luar negeri, tentunya untuk dapat mengembangkan ilmu yang telah didapatkan, untuk negara asal (Indonesia). Dengan begitu, kita bisa memberikan kontribusi yang positif ke masyarakat.

Negara Indonesia yang sedang berkembang, tentunya juga membutuhkan banyak insinyur untuk menyelesaikan proyek-proyek besar, demi kemajuan Indonesia.

Baca juga: Alasan perusahaan menyukai lulusan luar negeri

3. Pendapatan yang Tinggi

Tahukan Anda, programmer aplikasi smartphone saat ini, menjadi salah satu profesi insinyur yang berbayar tinggi dibandingkan bidang lainnya. Rata-rata lowongan pekerjaan di bidang IT memang menawarkan gaji yang tinggi. Namun, hal tersebut sebanding dengan pekerjaan yang harus dilakukan tentunya. 

4. Pekerjaan yang Menantang

Memilih bidang teknik untuk karir Anda, dapat meningkatkan kemampuan berpikir secara matang. Karir ini akan dijalani tanpa rasa bosan.

Bidang teknik selalu menantang untuk diselesaikan dengan hasil yang baik. Orang-orang teknik akan selalu memperkenalkan konsep dan ide yang baru.

5. Penuh Inovasi dan Kreatifitas

Kuliah di jurusan rekayasa perangkat lunak, umumnya sama seperti kuliah di jurusan teknik. Di dalamnya, Anda akan dituntut untuk melakukan inovasi dan kreatifitas, untuk menciptakan sebuah teknologi baru. Dengan begitu, kedepannya karir Anda akan dinilai sangat inovatif.

Baca juga: 11 Negara Ini Memberi Lulusannya Kesempatan Kerja Setelah Lulus!

 

Apa Saja Karakter yang Cocok untuk Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak di Australia?

kuliah software engineering di luar negeri

Sudah memutuskan untuk kuliah rekayasa perangkat lunak di Australia? Belum lengkap jika Anda belum mengetahui karakter pribadi Anda yang memang cocok untuk kuliah di jurusan rekayasa perangkat lunak.

Mengetahui karakter pribadi seperti ini, dapat membuat Anda lebih fokus kuliah dan mengejar karir terbaik untuk masa depan. Berikut ini beberapa karakter yang cocok untuk kuliah rekayasa perangkat lunak:

  1. Harus teliti

  2. Harus details

  3. Tekun

  4. Bersikap kritis

  5. Suka menganalisis

  6. Suka dengan berhitung

  7. Suka melakukan riset

 

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak?

yang cocok untuk kuliah software engineering

Kuliah jurusan rekayasa perangkat lunak  di Australia, merupakan subjek yang sangat penting untuk bidang teknologi informasi dan komputer serta perangkat lunak secara global. 

Program kuliah ini akan mempersiapkan para lulusannya untuk bekerja di bidang terkait dengan sangat menantang dan dinamis.

Lalu apa saja mata kuliah yang umumnya dipelajari di jurusan  rekayasa perangkat lunak di Australia, berikut ulasannya: 

Tahun pertama:

  • Foundation of Computer Engineering

  • Discrete Mathematics

  • Communication in English

  • Calculus

  • Physics

  • Programming Fundamental

  • Calculus

  • Academic English

Tahun kedua:

  • Introduction to Software Engineering

  • Linear Algebra

  • Operating Systems

  • Numerical Analysis for Engineers

  • Object oriented programming

  • Data Structure

Tahun ketiga:

  • Software Requirement Analysis and Specification

  • Security of Software Systems

  • Programming Language Design

  • Computer Network and Communication

  • Database management systems

  • Analysis of Algorithms

  • Software Design

Tahun ke-4:

  • Summer Training

  • Automata Theory

  • Software  Process and Management

  • Embedded System Design

  • Graduation Project II

Mata kuliah tersebut hanya sebagai gambaran umum kuliah di jurusan rekayasa perangkat lunak  di Australia. Adapun masing-masing universitas mungkin memiliki beberapa mata kuliah yang berbeda. Anda bisa cek melalui website universitas masing-masing yang Anda pilih.

 

Apa Saja Persyaratan Kuliah Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di Australia?

Persyaratan kuliah jurusan rekayasa perangkat lunak tentunya menjadi hal penting yang harus disiapkan oleh para calon mahasiswi dan mahasiswa dari mancanegara, termasuk dari Indonesia. 

Pada umumnya, jika ingin melanjutkan kuliah meraih gelar sarjana (S1) dan (S2) di Australia akan memerlukan:

  • Sertifikat kemampuan Bahasa inggris seperti IELTS atau TOEFL

  • Ijazah sekolah menengah atas (SMA) dengan nilai rata-rata keseluruhan minimal 80% dengan bukti lulus ujian nasional pastinya

Adapun informasi syarat-syarat masuk atau pendaftaran kuliah di Australia seperti berikut:

Gelar Sarjana (S1)

Ujian Nasional (UN)

Lulus ujian nasional SMA dengan nilai maksimal, A- Level

IELTS

Skor Minimal  6.0- 6.5

TOEFL

PBT   minimal 550

Gelar Magister (S2)

Program kuliah (S1) 

Lulus dari gelar sarjana (S1) jurusan yang sama

IELTS

Skor Minimal  6.0- 6.5

TOEFL 

PBT Minimal 550

lainya

Pengalaman kerja minimal 2 tahun dan surat rekomendasi dari profesional atau atasan tempat bekerja

Komponen lain yang penting sebagai persyaratan kuliah di Australia  adalah Paspor dan visa pelajar Australia yang wajib dimiliki.

 

Apa Saja Rekomendasi Universitas untuk Kuliah Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di Australia?

Selain memiliki pemahaman terhadap mata kuliah rekayasa perangkat lunak  yang akan dipelajari, Anda juga sebaiknya mempertimbangkan hal penting lainya seperti lokasi kuliah.

Lokasi kuliah yang terbaik dengan fasilitas yang maksimal, nantinya akan mendukung perkuliahan Anda, agar bisa lulus dengan cepat.

Memilih universitas terbaik untuk kuliah rekayasa perangkat lunak  di luar negeri, tentunya akan berdampak terhadap pencapaian karir Anda di masa depan nanti. 

Adapun beberapa universitas terbaik yang direkomendasikan untuk kuliah rekayasa perangkat lunak di Australia, dilansir dari  Hotcourses sebagai berikut:

1. The University of Sydney

Salah satu kampus favorit di Australia adalah The University of Sydney. Kampus ini menawarkan program kuliah terbaiknya, di bidang software engineering, yaitu Bachelor of Science. 

Durasi Kuliah

Rata-rata 4 Tahun

In take

Februari

Estimasi biaya kuliah 

AUD$ 26.760

2. The University of Adelaide

Untuk jurusan rekayasa perangkat lunak, university of Adelaide rupanya banyak diminati. Program kuliah yang ditawarkan kampus ini adalah untuk program pasca sarjana, yaitu Master of Software Engineering.

Durasi Kuliah

2 Tahun

In take

Maret

Estimasi biaya kuliah 

AUD $42.000

3. Edith Cowan University

Anda juga memilih kuliah jurusan software engineering, dengan memilih universitas Edith Cowan. Kampus ini menawarkan program kuliah bersama untuk gelar Bachelor Of Computer Science. 

Durasi Kuliah

Rata-rata 3 Tahun

In take

Februari

Estimasi biaya kuliah 

AUD $ 32.650

4. University of Technology Sydney

Kampus ini menawarkan program kuliah untuk gelar PhD in information Systems Software Engineering Analytics

Durasi Kuliah

Rata-rata 4 Tahun

In take

Januari

Estimasi biaya kuliah 

AUD$ 35.880

5.  University of Wollongong

University of Wollongong

Kampus ini juga menawarkan program kuliah gelar sarjana (S1) Bachelor of Computer Science dan dan gelar magister (S2) Master of Computer Science. 

Durasi Kuliah

Rata-rata 3 Tahun

In take

Maret

Estimasi biaya kuliah 

AUD$ 34.840

 

Karir dan Pekerjaan Apa Saja yang Ditawarkan untuk Lulusan Rekayasa Perangkat Lunak?

yang dipelajari dalam programming

Umumnya, pekerjaan yang berkaitan dengan software engineer, selalu berkaitan dengan desain dan pengembangan perangkat lunak, serta teknologi komputasi seperti desain jaringan, prosesor dan lain sebagainya.

Adapun karir atau pekerjaan yang cocok untuk lulusan jurusan rekayasa perangkat lunak dari Australia sebagai berikut:

  • Director of Technology, bertanggung jawab atas teknologi dalam suatu organisasi. Fokusnya adalah bekerja  secara langsung dengan alat-alat teknologi hasil pengembangan perangkat lunak

  • Software Engineering, bertugas untuk menerapkan analisis matematika dan prinsip-prinsip ilmu komputer, untuk merancang dan mengembangkan perangkat lunak komputer

  • Embedded Systems Engineer, bertugas untuk merancang sistem dan perangkat lunak komputasi untuk smartphone

  • Web Development, bertugas untuk merancang perangkat lunak atau aplikasi untuk dijalankan di browser web dan Bahasa pemrograman dengan menggunakan HTML, JavaScript dan PHP

  • Automotive Software Engineer, bertugas untuk merancang dan mengembangkan sistem dan teknologi komputasi untuk kendaraan (Mobil)

  • Applications Software Developers, bertugas untuk mendesain aplikasi komputer, seperti processors dan games untuk pengguna

Bagaimana? Sudah yakin untuk memilih kuliah rekayasa perangkat lunak diAustraliai? Jika Anda masih ragu, segera hubungi tim Easyuni yang akan selalu siap membantu Anda memberikan informasi lengkap seputar kuliah di luar negeri.

 

Berapa Ekspektasi Pendapatan Lulusan Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di Australia?

Lulusan program kuliah gelar sarjana (S1)  atau pasca sarjana (S2) dari jurusan rekayasa perangkat lunak  memiliki kesempatan untuk bisa bekerja secara global, khususnya dalam bidang IT dan komputer. Lalu berapa ekspektasi pendapatan bagi lulusan jurusan rekayasa perangkat lunak di Australia? berikut ulasannya:

Bidang Pekerjaan

Gaji /Pendapatan
Per Tahun

Gaji dalam Rupiah
Per Tahun

Software Engineering

AUD$ 92.856

Rp. 901 Juta

Web Development

AUD$ 80.392

Rp. 780 Juta

Applications Software Developers

AUD$ 92.856

Rp. 901 Juta

Automotive Software Engineer (5-9 Tahun Pengalaman)

AUD$ 76.037

Rp. 738 Juta

Embedded Systems Engineer

AUD$ 100.000

Rp. 970 Juta

*Berdasarkan kurs Rupiah Desember 2019

Bagaimana? Sudah yakin untuk memilih kuliah jurusan rekayasa perangkat lunak di Australia? Jika Anda masih ragu, segera hubungi tim Easyuni yang akan selalu siap membantu Anda memberikan informasi lengkap seputar kuliah di luar negeri.


 

FAQ Pertanyaan Umum Seputar Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di Australia

1. Berapa lama durasi kuliah untuk menjadi Insinyur Perangkat Lunak?

 Untuk karir di bidang rekayasa perangkat lunak, maka Anda harus mulai dengan kuliah program sarjana (S1) dalam waktu 4 tahun. Kemudian, beberapa dari Anda yang ingin lebih spesifik dalam rekayasa perangkat lunak, bisa melanjutkan studi untuk gelar magister (S2) di jurusan yang sama.

2. Apakah untuk Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak di Australia harus Pintar Matematika?

Ya, diusahakan Anda dapat memahami matematika dengan baik. Alasannya, karena pembelajaran dalam kuliah jurusan ini nantinya menuntut Anda untuk memahami kalkulus, aljabar linear, gradient dan lain sebagainya.

3. Dimana Para Insinyur Perangkat Lunak akan Bekerja?

Para insinyur yang sudah lulus minimal dari gelar sarjana jurusan rekayasa perangkat lunak, nantinya bisa bekerja di beberapa sektor penting. 

Beberapa perusahaan desain sistem komputer atau manufaktur produk elektronik akan banyak membutuhkan seorang software engineer. Karir di perusahaan teknologi besar seperti Twitter, LinkedIn juga bisa menjadi tujuan karir utama Anda.

Advertisement

Universities with courses in Software Engineering

See more related universities

You might be interested in...

Advertisement

This website uses cookies to ensure you get the best experience. By using this site, you acknowledge that you have read and understand our Cookie Policy , Privacy Statement and Terms & Conditions .

Maximum 6 courses for comparison!

Chat on WhatsApp

Courses selected for comparison