Alasan perusahaan menyukai lulusan luar negeri

By Mutiara | Last modified 28 Nov 2018
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Sebuah riset dari institusi di Eropa meneliti tentang kelayakkan pekerja dan mobilitas pelajar selama menempuh studinya. Hasilnya, lulusan yang pernah kuliah di luar negeri lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Terdapat hal-hal baru yang bisa dipelajari

Mengikuti pertukaran pelajar dari Erasmus juga bisa membantu. Menurut risetnya, kelayakkan pekerjaan untuk para siswa bertambah sebanyak 42 persen dengan mengikutinya. Selain itu, para lulusannya meningkatkan keterampilan non-teknis (soft skill) seperti kerja dalam tim, adaptasi, dan penyesuaian diri.

negosiasi dan berbicara lancar sebagai manfaat kuliah luar negeri
Sumber: Rumah Belajar Abi

Apa saja yang bisa kamu pelajari dari pengalaman hidup di luar negeri?

Pengalaman hidup di luar negeri memaksa kamu untuk keluar dari zona nyaman kamu dan menjadikannya sebagai pedoman untuk menjalani hidup kamu ke depannya. Hal itu juga membuka pintu bagi kamu untuk mendapatkan kesempatan dan pengalaman!

Kemampuan sosialisasi yang terlatih dari kehidupan perkuliahan sebagai mahasiswa asing tak hanya melancarkan kemampuan berbahasa kamu, tapi juga menaikkan sikap percaya dirimu. Dan tidak sedikit perusahaan yang ingin memiliki siswa dengan kelancaran komunikasi yang bagus. Dalam artian mampu membina relasi, baik secara profesional atau secara umum, karena hal tersebut mendukung kelancaran dan kemajuan semua proses.

Dilansir dari penasihat karir yang menganalisa opini dari sudut mata seorang majikkan, individu yang sudah tercemplung dalam pemprosesan dan struktur yang lebih maju dalam pengembangan di pasar luar negeri. Dewasa ini, ada banyak perusahaan startup yang sudah mengembangkan pasarnya di mancanegara, menjadikan para eksekutifnya mencari orang-orang yang cepat dalam berinovasi dalam tempo yang cepat.

menjadikan CV terletak di halaman atas rekruter
Sumber: Al Bawaba

Lalu bagaimana pengalaman bisa membantu karir kamu?

Anggapan dari hidup di luar negeri membuat kamu mempunyai faktor gaya hidup yang menyalurkan pemikiran yang lebih global. Hal itu menaikkan sifat tenggang rasa kamu terhadap isu-isu di dunia yang kian berlangsung.

Gaya hidup yang kamu adopsi dalam hidup di luar negeri tidaklah diremehkan. Kamu akan mendapat kesempatan untuk melihat hal-hal baru yang menaikkan level pencarian teman dan koneksi baru! Dari situ, kamu mungkin mendapatkan diri kamu mendapatkan hobi baru. Tahu kan kamu kalau itu menambah nilai di CV kamu?

Dengan adanya pasar (market) yang terus berganti dan berputar, ada kepentingan dalam peran kandidat internasional. Faktanya, banyak perusahaan yang terus ingin menaikkan penempatan kandidat asingnya yang dilandasi dengan berbagai alasan.

Apakah ada bukti nyatanya?

fasilitas umum universitas di luar negeri yang menjamin
Sumber: Pixabay

Selaku perhubungan karyawan di University Western Ontario (UWO) mengutarakan opininya bahwa rata-rata kandidat yang ia pilih merupakan kandidat yang memiliki pengalaman kuliah di luar negeri. Dewasa ini, majikkan memiliki kecenderungan yang lebih tinggi di nilai kompetensi antarbudaya dalam proses pencarian pekerjanya. Dan hal ini digambrengi dengan adanya nilai global yang perusahaan miliki.

Menjadi pusat perhatian? Lulusan luar negeri juga memiliki kompetensi ini apabila masuk di perusahaan tertentu. Otomatis, ini juga mengakibatkan lulusan luar negeri menjadi pusat perhatian dari para karyawannya. Belum lagi kalau jabatan yang di pegang merupakan jabatan penting. Maka dari itu, image perusahaan di mata masyarakat akan meningkat secara signifikan.

Itulah beberapa alasan mengapa banyak perusahaan, termasuk perusahaan negeri, sangat mempertimbangkan dan membutuhkan lulusan kuliah luar negeri untuk masuk dan mendaftar ke perusahaan mereka.

Pernahkah kamu mempunyai mimpi paling dalam untuk menjalani pekerjaan di luar negeri? Konselor EasyUni sendiri merasa bahwa rata-rata dari siswa di Indonesia yang berinteraksi dengan kita pengen banget belajar di luar negeri. Tapi keberadaan beberapa isu dan cerita mengenai kekurangan daya tarik dari lulusan luar negeri membuat banyak siswa dan orangtua memiliki pemahaman tersendiri yang tidak tentunya benar mengenai masa depan kerja kamu.

menjalankan kelancaran kuliah dengan kesenangan
Sumber: GIPHY

Bagi kamu yang mau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan membuka opsi kuliah di luar negeri, banyak negara yang bisa kamu pilih. Tak hanya pengalaman aja yang bisa didapat, tapi kamu juga bisa mendapatkan masa depan di perusahaan asing sebagai pekerja asing!

Diposting pada 21 Nov 2018
Kuliah di Luar Negeri