Apa susahnya buat visa pelajar di Negeri Kanguru?

Tabel berikut ini merupakan visa-visa pelajar di Australia yang memiliki subkelas yang tergantung pada jurusan kuliah kamu:

Subkelas Keterangan
Independent ELICOS Kursus bahasa Inggris secara intensif untuk mahasiswa asing.
Pendidikan dan pelatihan kejuruan Sertifikat I, II, III dan IV; diploma VET; VET advanced diploma.
Pendidikan yang lebih tinggi S1; Sarjana dengan gelar ganda; sertifikat lulus; diploma lulus; diploma HE; HE advance diploma; S2 dengan mata kuliah
Penelitian S2∕Pascasarjana S2 dengan gelar peneltian; gelar doktor
Penghargaan bebas Jurusan-jurusan yang memadai; yayasan studi yang memberikan penghargaan bebas; jurusan full-time lainnya atau bagian jurusan yang tidak mempunyai penghargaan Australia
AusAID atau Pertahanan Pemerintah Australia mensponsor semua jurusan kuliah full-time yang diambil oleh mahasiswa AusAID atau pertahanan.


Persyaratan Visa

Kamu harus menyediakan bukti yang memenuhi kriteria penilaian kamu sebelum kamu mendapatkan visa pelajar. Di Australia, visa pelajar biasanya tergantung pada jurusan kuliah kamu. Berikut ini ialah syarat-syarat yang harus kamu penuhi:

  1. Sertifikat konfirmasi pendaftaran secara online (eCoE)
  2. Memenuhi persyaratan sementara penduduk lokal
  3. Biaya yang cukup untuk tiket pesawat, biaya kuliah, dan biaya kehidupan
  4. Kemampuan dalam berbahasa Inggris
  5. Asuransi kesehatan mahasiswa asing (OSHC) yang dapat diterima

Pengajuan Online

Pemerintah Australia menawarkan pengajuan online selama 24 jam untuk visa pelajar. Oleh karena itu, untuk pengajuan online, anda harus mempunyai paspor yang sah dan konfirmasi pendaftaran dari universitas Australia yang terdaftar. 

Selain itu, anda juga harus bisa membayar pengajuan visa tersebut dengan menggunakan kartu kredit yang dapat diterima di Australia.  Konfirmasi ketentuan dan persyaratan visa akan dikirim ke email anda jika visa anda sudah disahkan. Selain itu, jika pengajuan anda telah disahkan oleh VAC, maka anda tidak akan bisa mengajukan visa anda online. 

Bagaimana jika visa saya di tolak?

Jangan khawatir, ini sering terjadi dan bukan hanya kamu yang pernah melalui hal seperti ini. kamu haru cek ulang lagi aplikasi kamu lengkap atau tidak atau apakah semua informasi telah di tuliskan secara detail dan benar. Jika visa kamu ditolak kamu dapat melakukan hal ini, 

1. Cari tahu alasan penolakan. Apakah kamu dapat memenuhi permintaan untuk pembuatan visa di Australia.

2. Jika tidak, kamu haru mempertimbangkan kembali jalan atau cara lain yang sesuai dengan kondisi kamu.

3. Browsing internet tentang pengalaman orang yang pernah mengalami hal yang sama.

4. Kamu juga bisa mencari agen untuk membantu dan mempermudah pengurusan visa kamu.

ps; Jika kamu memutuskan untuk menggunakan jasa agen, pastikan agen tersebut sudah terakreditasi untuk menghindari penipuan atau agen ilegal.

 

Diposting pada 09 Okt 2017
Aplikasi Kuliah, Kuliah di Luar Negeri, Tips & saran

Bagikan ini