Kegalauan yang akan dihadapi ‘Fresh Graduates’

Udah lulus nih, uda lempar toga. Terus ngapain?

Jujur aja, hampir semua yang sudah lulus kuliah hanya senang dan merasa bebas karena perjuangan mereka selama 3 - 4 tahun ini terbayar di hari wisuda. Tapi keesokan harinya, pasti terlintas di kepala kamu, ‘Sekarang mau ngapain ya?’

Selamat! kamu sekarang officially pengangguran. Para sarjana baru biasanya akan mencoba berbagai macam hal untuk menemukan pekerjaan yang selalu diimpikan. Mulai dari, laman rekruitmen seperti Jobstreet, Linkedin, JobsDB, browsing internet sampai pergi ke Job Fair. Kamu akan merasa depresi karena selain setiap orang di keluarga kamu mulai tanyain apa yang ingin kamu lakukan, kamu pun merasa kangen kehidupan mahasiswa yang nyaman dan kamu bingung mau ngapain. Menurut sebuah perusahaan rekruitmen di filipina, ada 3 dilema yang akan dialami mahasiswa yang baru saja lulus, seperti:

  • Pekerjaan Impian kamu mengharuskan kamu untuk mempunyai pengalaman kerja minimal 2 tahun. Lah gimana mau ada pengalaman kalo baru aja lulus kuliah!
  • Persaingan pencarian kerja yang ketat. Bayangkan berapa mahasiswa yang lulus setiap tahun sedangkan jumlah pekerjaan tidak sebanding dengan jumlah pengangguran.
  • Pendapatan bulanan yang jauh dibawah ekspektasi.

Mungkin karena dilema ini lah yang membuat Fresh Graduates untuk mengambil kuliah lanjut ke tingkat Master.

Emang apa gunanya kuliah S2?

Tentu berbeda, saat kamu kuliah tingkat sarjana kamu diharuskan untuk mengerti dan mengaplikasikan teori orang lain dalam tugas kamu, sedangkan mahasiswa S2 dituntut menjadi salah satu yang menghasilkan teori atau pengetahuan. Mahasiswa S2 akan didominasi dengan diskusi, dibanding mendengar ceramah dari dosen. Kamu juga diharapkan untuk aktif dan mandiri dalam kuliah. Pada akhir semester dari kuliah pascasarjana, kamu akan lebih banyak terfokus pada kegiatan riset yang akan memberikan kamu pengetahuan lebih mendalam tentang jurusan yang kamu ambil langsung di lapangan. Selain itu, kamu juga akan di haruskan untuk magang dan kamu mempunyai peluang lebih tinggi magang di organisasi maupun perusahaan ternama. Intinya, S2 memang mempersiapkan kamu untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman professional melalui riset dan pembelajaran mandiri.

Apakah akan menjamin karir dan masa depan yang lebih cerah?

Kesuksesan seseorang bukan semuanya berdasarkan pendidikan seseorang. Jangan pernah beranggapan dengan sekolah tinggi akan membawa kamu mencapai impian. Semua bergantung kepada diri kamu sendiri. Kebanyakan orang yang sudah pernah melalui stage ini selalu menganjurkan Fresh Graduates untuk memiliki pengalaman kerja terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke pendidikan S2. Pengalaman dan pendidikan ketika menjadi satu akan membuat seseorang menjadi lebih ahli dan mengerti prinsip dan menerapkannya di dunia nyata.

Menurut pendapat HRD senior di Swedia, kebanyakan lulusan master lebih dewasa dalam menghadapi dinamika dunia kerja dan lebih luwes menerjemahkan pengetahuan yang mereka miliki di dunia nyata. Perusahaan sangat tertarik untuk mendapatkan seseorang yang bekerja dengannya mempunyai passion dan ambisi yang kuat dengan tambahan mempunyai gelar master mungkin akan menjadi point tambahan. Untuk mengambil pendidikan pascasarjana tentunya bukan hal yang mudah. Dibutuhkan komitmen dan usaha yang lebih selain dari sisi finansial karena tugas S2 tentunya menantang dibanding tugas kamu sebelumnya.

‘Apakah kamu memang ingin belajar lagi?’ kamu yakinkan dan pikirkan baik-baik karena kuliah lagi bukan hal yang mudah dan dibutuhkan komitmen yang tinggi. Kalau sudah memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya, EasyUni siap membantu kamu. Untuk informasi tentang kuliah Pascasarjana silahkan klik disini

Diposting pada 09 Okt 2017
Aplikasi Kuliah, Karir, Kehidupan Mahasiswa, Magister, Tips & saran

Bagikan ini