5 Jurusan kekinian yang membuat kamu penasaran

Nanoteknologi

Nanoteknologi adalah ilmu pengetahuan dan teknologi pada skala nanometer atau sepermilyar meter. Hal ini dirancang untuk mengajarkan mahasiswa dalam memanipulasi dan memanfaatkan untuk menciptakan teknologi baru dalam pengobatan, sumber tenaga buatan, dan masih banyak lagi hal yang akan dibutuhkan pada masa yang akan datang nanti. Seperti dalam teknologi pengobatan dengan seiring nya waktu dan inovasi sekarang para ilmuwan telah berhasil menemukan teknologi mutakhir yang dapat membantu dalam mengobati kanker dan lain sebagainya. Nanoteknologi telah sering digunakan untuk lebih dari ratusan produk komersial saat ini.

menurut Peneliti Informasi Pasar Global Inc, diperkirakan bahwa pasar global tahunan untuk produk nanoteknologi bisa mencapai 3.3 triliun USD pada tahun 2018. Menurut sebuah studi yang didanai oleh National Science Foundation, 6 juta pekerja nanoteknologi akan dibutuhkan di seluruh dunia oleh 2020-2 juta di Amerika Serikat.

Sekolah yang menawarkan program ini: University of Pennsylvania, Harvard, UCSD, Penn State, North Seattle

Drone (Unmanned Aircraft Systems)

Pasti banyak dari kamu yang berfikir Drone seperti yang biasa digunakan untuk melakukan dokumentasi? Sama seperti drone yang kita lihat pada umumnya ini merupakan teknologi pesawat tak berawak dan teknologi ini telah maju secara drastis dalam beberapa tahun terakhir, dan dibutuhkan pilot yang dapat mengoperasikan Sistem Pesawat tak berawak (UAS).Selain sebagai kegunaan pribadi, drone sebenarnya pertama kali digunakan untuk keperluan militer dan sekarang kegunaan drone juga semakin meluas di bidang pertanian, pengiriman rumah tangga, dan banyak lagi. Jurusan ini mempunyai potensi yang besar di dunia kerja. Menurut Asosiasi untuk Unmanned Vehicle Systems International memprediksikan industri pesawat tak berawak akan memberikan  lebih dari 100.000 lapangan kerja pada tahun 2025. Jadi bagi kamu yang tidak bisa melewati ujian pilot pesawat bisa mempertimbangkan untukl jadi pilot Drone dan pekerjaan sebagai pilot drone dengan pemerintah menawarkan gaji yang cukup tinggi. 

Sekolah yang menawarkan ini besar: The University of North Dakota's School of Aerospace Science, Lewis University, Kansas State Polytechnic

Robotika

Robotika sebenarnya tidak terdengar asing di pendidikan Indonesia. Banyak yang melakukan ini sebagai hobi dan ternyata ada juga loh jurusan khusus untuk Robotika. Di indonesia sendiri juga terdapat sekolah yang memang mengkhususkan di untuk Robotika seperti di Binus University yang bekerja sama dengan ASO College, Jepang. Dalam program ini, mahasiswa akan mempelajari keterampilan robotika seperti menciptakan kecerdasan buatan, kendaraan otonom, teori permainan komputer, desain mekanisme, dan lain sebagainya. Lulusan Robotika mempunyai masa depan yang cerah baik dalam dunia komersial maupun pemerintah. Industri ini juga telah tumbuh secara drastis sejak tahun 2010 dan telah diaplikasikan secara komersial dan militer, dan pastinya juga akan berkembang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, hiburan, dan lain sebagainya.

Sekolah yang menawarkan ini besar: University of Michigan, Ivy Tech Community College, Washington University di St Louis, University of Pennsylvania

Bioteknologi

Sebenarnya tidak terdengar asing di telinga karena memang jurusan ini sudah banyak yang mengambilnya. Beberapa tahun belakangan, hampir semua bidang mulai mengunakan konvergensi antara teknologi dan biologi, dimana lulusan gelar di bidang bioteknologi akan semakin di butuhkan. Program ini menerapkan keterampilan teknis, penelitian, dan pengetahuan teoritis untuk mengembangkan inovasi dalam energi alternatif, pencegahan penyakit, pertanian, kedokteran, dan masih banyak lagi. Prospek pekerjaan untuk lulusan di jurusan ini cukup tinggi. Mulai dari industri farmasi untuk penelitian laboratorium untuk organisasi pertanian dan lain sebagainya. Ini yang membuka peluang bagi mereka lulusan pendidikan biotek menjadi sangat luas. Beberapa jalur karir yang mungkin termasuk insinyur biokimia, ilmuwan lingkungan, teknisi laboratorium, atau bioinformatician. Menurut Departemen Pembangunan Ketenagakerjaan negara, california adalah tuan rumah terbesar bagi perusahaan bioteknologi dan lebih dari 2.300 perusahaan biomedis yang terletak di sana pada tahun 2011, mempekerjakan hampir 153.000 pekerja.

Sekolah yang menawarkan ini besar: University of Maryland University College, Johns Hopkins University, University of Nevada, Reno, California State University San Marcos

Forensik digital dan Investigasi Cyber

Sekarang telah memasuki teknologi dimana semua menjadi digital bahkan ada juga kejahatan di dunia digital, dan untuk menangkap pencuri cyber, kita membutuhkan detektif generasi baru Dalam program ini mahasiswa diutamakan untuk mempelajari teknologi untuk keamanan data, bagaimana untuk menyelidiki dan menanggapi kejahatan cyber, serta aspek bisnis dan hukum.

Sepertinya hampir setiap hari ada lagi pelanggaran data yang besar atau hacking skandal dalam berita utama. ilmuwan forensik digital dan peneliti cyber dipanggil untuk membantu menemukan penyebab dan datang dengan solusi untuk mencegah kejahatan seperti pencurian identitas, serangan cyber, dan banyak lagi. Menurut Inc.com, forensik digital adalah "pasar miliar dolar yang tumbuh cepat." Kesempatan kerja dapat berasal dari perusahaan-perusahaan besar atau bahkan instansi pemerintah.

Sekolah yang menawarkan ini besar: University at Albany SUNY, University of Central Florida Online, St. Petersburg College, University of Maryland University College

Tidak peduli apa tujuan utama kamu dalam memilih jurusan, kamu penting untuk melakukan penelitian terlebih dahulu untuk mempelajari apa yang keperluan setiap program dan jalur karir yang bisa kamu ambil ketika lulus nanti. Memilih program yang sesuai mungkin akan membatasi pilihan sekolah kamu, tapi juga mungkin posisi kamu untuk mendapatkan peluang di lapangan kerja akan lebih luas.  

Diposting pada 09 Okt 2017
Aplikasi Kuliah, Karir, Kuliah di Luar Negeri

Bagikan ini