Lulusan Komunikasi? Aku jadi apa ya nanti?

Komunikasi adalah proses bagaimana sang Komunikator (Penyampai Pesan) menyampaikan pesan tersebut dengan baik dan benar ke Komunikan (Penerima Pesan). Jika pesan yang disampaikan tidak sama dengan maksud awal dari sang Komunikator hal ini akan menciptakan kesalahpahaman di antara kedua belah pihak dan hal ini sering terjadi seiring dengan perkembangan zaman, waktu dan teknologi yang semakin maju dan canggih.

Berikut adalah pekerjaan yang dapat dilakukan lulusan ilmu komunikasi dan kita tidak bisa seperti sekarang tanpanya,

1. Broadcasting

via pexels.com

Ini bukan hanya pekerjaan untuk para lulusan seni pertunjukan, lulusan komunikasi pun dapat berkecimpung di dunia ini. Kamu bisa bekerja menjadi produser, sutradara, copywriter dan lain-lainnya yang terlibat di dunia penyiaran. Di dunia broadcasting dibutuhkan kreativitas dan strategi yang tinggi untuk memberikan asupan masyarakat dan proses penyampaian yang berkualitas tinggi melalui televisi, radio ataupun internet supaya dapat diterima oleh masyarakat sesuai dengan segmentasinya.

2. Jurnalistik

jurnalistik

via pexels.com

Bidang ini mewajibkan kamu untuk mengemas konteks atau berita sebaik mungkin dan efektif sebelum disampaikan ke masyarakat. Jurnalis adalah pekerjaan yang didambakan banyak orang. Kamu bisa menjadi editor, copywriter, reporter, penyiar berita, wartawan baik di dunia televisi, radio, surat kabar, majalah dan media cetak. Kemampuan menulis, kemampuan menyampaikan dan memilih konteks yang layak dan sadar akan keadaan sosial menjadi hal wajib untuk kamu yang tertarik dunia Jurnalistik.

3. Periklanan/ Advertising

periklanan

Via bellapple.files.wordpress.com

Iklan-iklan yang ada di Indonesia itu hasil kerja keras anak lulusan komunikasi juga loh! Mungkin terdengar mudah tapi bidang ini memerlukan kreatifitas yang sangat tinggi untuk mengambil hati masyarakat. Iklan selalu menggunakan produk atau jasa sebagai hal utama yang ingin mereka tawarkan kepada umum. Mereka harus menciptakan ide melalui pesan dan media yang unik dan kreatif agar masyarakat tergugah dan penasaran untuk membeli, menggunakan atau mempercayainya. Dalam bidang ini, kamu bisa bekerja sebagai Ketua projek periklanan, copywriter, kameraman, media planner dan masih banyak lagi.

4. Public Relations/ Hubungan Masyarakat

public relations

via littlepenguinpublicrelations.com

Banyak dari generasi sebelum kita tidak mengerti apa itu Public Relations termasuk orang tua kita. Meskipun sudah dijelaskan berkali-kali mereka tetap tidak mengerti, apa ada yang mengalami hal yang sama? Public Relations adalah perwakilan yang menjadi muka utama sebuah perusahaan yang setiap waktu perlu menjaga nama baik dan mewujudkan hubungan harmonis antara klien. Profesi ini merupakan pekerjaan paling menjanjikan bagi lulusan komunikasi. Kamu sebagai Public Relations harus selalu memutar otak untuk menjaga dan untuk memajukan reputasi perusahaan yang dikelolanya. Jadi penting bagi kamu yang ingin menjadi Public Relations / Humas untuk selalu Up-To-Date berita dan pengetahuan terkini.

5. Marketing Komunikasi

marketing

via bankcardpayment.com

Bagi kamu yang tidak suka keluar bertemu dengan orang dan lebih memilih duduk manis di kantor? Kamu bisa memilih Marketing Komunikasi sebagai pekerjaan yang kamu inginkan. Sebagai Markom kamu perlu untuk menyusun dan merancang strategi untuk pemasaran yan sesuai bagi perusahaan atau produk kamu. Jadi jangan beranggapan anak lulusan bisnis saja yang bisa menjadi marketing, kamu juga bisa. Bidang yang paling banyak dicari-cari oleh perusahaan start-up ini, akan mengharapkan kamu untuk menciptakan strategi yang efektif dan menarik dari segi komunikasi yang mengharuskan kamu mencari cara untuk bagaimana pesan yang kamu ingin sampaikan di terima, media apa yang efektif sekarang ini dan apa “Return Of Investment (ROI)” yang akan kamu capai.

Jadi ini 5 bidang pekerjaan untuk lulusan ilmu komunikasi. Jadi jangan khawatir dengan bagaimana orang menilai lulusan komunikasi tidak akan ada prospek yang cerah. Untuk berbagai-macam info mengenai kuliah Ilmu komunikasi, kamu dapat mengirimkan pertanyaan kamu ke Kaunselor EasyUni dan cari Universitas yang tepat untuk Ilmu Komunikasi.

 
Diposting pada 09 Okt 2017
Aplikasi Kuliah, Karir, Tips & saran

Bagikan ini