Jennie Liandra: Mulai dari imajinasi hingga menjadi kenyataan.

Mulai dari imajinasi hingga menjadi hobi

Ilustrasi Jennie menggunakan kertas dan pen.

Pada awalnya saya suka menggambar karena waktu kecil orang tua saya tegas banget dan semua mainan disita dan hanya sabtu dan minggu saya diperbolehkan main. Dikarenakan tidak ada hiburan lain, saya akhirnya suka ngeggambar-gambar stickman dan ternyata saya merasa senang dapat ngeggambar sesuatu yang muncul dari imajinasi. Selain itu illustrasi saya terus berkembang mulai dari menggambar stickman dikarenakan saya mulai suka baca-baca manga dan belajar juga dari cara mereka menggambar, sering liat-liat komik di koran dan tertarik dengan style illustrasi mereka yang menurut saya keren dan gokil yang membuat saya mulai terinspirasi hingga dapat menggambar seperti sekarang ini.

Perjuangan dalam memilih pendidikan

Alasan saya dalam memutuskan jurusan Graphic Design awalnya karena bingung. Kenapa bingung!? Pada awalnya saya teringin mengambil Interior Design tapi setelah diskusi dengan teman dekat dan pendapat kakak saya mereka menyarankan saya untuk memilih Graphic Design karena menurut mereka talenta saya sesuai di jurusan ini. Tentunya saya tidak langsung memutuskan untuk mengambil jurusan tersebut, setelah saya mengumpulkan beberapa saran dan memikirkan ulang cita-cita saya lebih mengarah ke graphic daripada interior akhirnya saya memutuskan untuk mengambil jurusan Graphic Design ini.  

Orang tua saya, terutama papa saya awalnya ragu saya ambil graphic design karena menurut mereka nanti kedepannya pekerjaannya kurang menguntungkan dan lebih suka saya masuk Interior Design karena menurut mereka kedepannya lebih menguntungkan tapi setelah saya menjelaskan dengan lengkap beserta dengan alasan saya kenapa dan juga kakak saya juga cukup supportive dengan pilihan saya juga membantu menjelaskan ke kedua orang tua saya akhirnya mereka pun setuju dengan keputusan ini.

Saya memilih untuk kuliah di Taylors Lakeside Campus, Malaysia. Lingkungan sekitar kampus saya sangat menyenangkan, nyaman, dan mempunyai fasilitas yang cukup lengkap apalagi yang kita perlukan untuk buat tugas seperti, kamera, atau tablet design dan kita bisa pinjam kebutuhan itu kapan saja. Selain itu, lingkungan di kampus ini sangat bersih dan kadang banyak acara yang memang dikhususkan untuk mahasiswa seperti bazaar dan acara event dari luar kampus yang membuat kehidupan mahasiswa di Taylors tidak membosankan. Selain itu, alasan saya memilih universitas ini pertama karena kakak saya kuliah di sana jadi bisa mendapatkan sibling discount.

Mungkin banyak yang akan bertanya kenapa saya memilih Malaysia sebagai destinasi untuk kuliah. Menurut saya, Malaysia mempunyai budaya dan bahasa yang tidak terlalu berbeda dengan Indonesia. Sebagian besar masyarakat disini berkomunikasi dengan bahasa melayu yang tidak jauh berbeda dengan bahasa kita dan bahasa inggris. Dibandingkan Indonesia, Malaysia mempunyai fasilitas transportasi yang nyaman, mudah,  aman dan bersih. Jadi bagi kamu yang ingin berpetualang di Kuala Lumpur dapat browsing di internet dan informasi yang disediakan mudah dipelajari.

Tidak terasa sekarang saya sudah di semester 4 dan prestasi saya di universitas sebenarnya pas-pasan dan kadang suka stress tepatnya dikarenakan beberapa assignment yang cukup menantang dan saya merasa bersyukur saya masih dapat menjalankannya dan membuat segalanya seimbang. Yang dipelajari di graphic design ada banyak ada advertising, Branding, Product design, ada publishing juga. Sepanjang kuliah hal yang paling membanggakan adalah ketika salah satu assignment saya di puji oleh dosen dan dapat bergabung dengan Webtoon Indonesia.

Sebelum dijadikan digital, Jennie biasanya membuat sketsa gambar tersebut di kertas.

Pengalaman menjadi bagian dari Webtoon Indonesia.

Semua berawalnya karena saya lagi termenung dan akhirnya kepikiran satu ide buat bikin cerita seorang cewek yang selalu disalahin sepanjang hidupnya. Terus lagi liat-liat internet akhirnya ketemu webtoon challenge ini terus akhirnya iseng aja ikut-ikut buat mengisi waktu luang dan sempet terkejut karena mulai dari keisengan untuk mengisi waktu luang hingga akhirnya kepilih buat jadi official. Menjadi bagian dari webtoon Indonesia merupakan tanggung jawab yang cukup besar dan penting untuk kamu tahu cara mengatur waktu, jujur awal awal saya agak kewalahan karena pertama kalinya harus mengerjakan sesuatu yang harus konsisten 2 kali seminggu tapi akhirnya lama-lama ke organize dengan mengatur waktu untuk menggambar sewaktu weekend atau waktu luang waktu lagi nunggu kelas selanjutnya atau waktu istirahat. Selama saya menjadi bagian dari Webtoon Indonesia saya menemukan berbagai pengalaman yang menarik hingga ada pembaca yang DM (Direct Message) saya, “Mungkin anda tidak mengenal saya tapi saya sangat mengenal anda” pesan ini cukup membuat saya serem dan saya ada minta penjelasan. Banyak lagi pesan-pesan pembaca yang cukup membuat saya puas dan mereka sangat menyukai hasil karya saya. Menjadi bagian dari Webtoon Indonesia adalah hal yang paling membanggakan dan saya yakin pengalaman ini akan berguna ketika saya lulus nanti untuk karir kedepan.

Pesan saya untuk para calon mahasiswa, pantang menyerah, bersabarlah kalau sedang printing, jangan malas, sering minta masukan orang lain tentang design kamu, jangan juga malu bertanya dan kalau malu bertanya sering-sering liat tutorial youtube. Bye!

Lebih mengenal Jennie Liandra melalui,

Instagram: @Jenongliandra dan baca webtoon Jennie, Serba salah.

Diposting pada 09 Okt 2017
Jurusan, Karir, Kehidupan Mahasiswa, Kuliah di Luar Negeri

Bagikan ini