Pelajaran penting yang dapat kamu 'curi' dari 4 Negara ini

1. Disiplin dan pola hidup sehat di Jepang

Sumber: panduanhidupsehat.com

Jepang dikenal sebagai negara yang mempunyai nilai disiplin yang tinggi dan pola hidup paling sehat. Menurut penelitian hal yang menyebabkan kebanyakan masyarakat di jepang mempunyai jangka hidup yang lebih panjang karena mereka dianjurkan untuk mengkonsumsi gizi yang tinggi dan menu makanan tinggi akan karbohidrat. Seperti, dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan, produk yang mengandungi kedelai dan harus rendah lemak. Hal ini membuat Jepang terkenal dengan Negara dengan harapan hidup tertinggi kedua di dunia.

2. Selandia Baru suka berpetualang.

Sumber: farm1.nzstatic.com

Penduduk Selandia Baru dikenal sebagai masyarakat yang suka akan petualangan di alam terbuka. Tentu saja ini membuat Selandia Baru terkenal dengan kecantikan pemandangan alam terbukanya. Mereka suka untuk melakukan lintas alam, berkemah, memancing, berjalan menembus semak belukar dan konon lebih dari 15% penduduk Selandia Baru memiliki perahu sendiri. Mereka juga sering dikenali sebagai pakar perancang yacht (kapal wisata) tentunya membuat mereka ahli dalam kayaking, windsurfing dan mendayung. Selain itu, Kota Queenstown dijuluki sebagai ‘ibukota petualangan dunia’ dan hal ini membuat selandia baru di kenal sebagai negara yang mempunyai penduduk dengan kesehatan mental tersehat yang tinggi karena menurut penelitian, petualangan dapat mengatasi berbagai penyakit yang berkaitan dengan mental dan berpetualang membuat seorang individu merasa puas dan sejahtera

Kuliah di Selandia Baru klik disini

3. Bahagia seperti masyarakat Denmark.

Sumber: img.okezone.com

Menurut laporan, Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan (SNSD) dan Institut Bumi di Columbia University, Denmark dinobatkan sebagai negara yang paling bahagia di dunia. Kenapa!? Denmark terkenal sebagai model contoh negara kebajikan. Semua masyarakat denmark mempunyai hak yang sama rata dalam aspek keselamatan sosial dan layanan umum di Denmark diberikan secara GRATIS! Selain Jerman yang gencar menawarkan pendidikan secara percuma, Denmark juga menyediakan pendidikan tanpa biaya mulai dari sekolah dasar hingga universitas. Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) melaporkan masyarakat di Denmark menghabiskan waktu kerja yang lebih sedikit hanya 33 jam seminggu dan pekerja dapat menikmati cuti kerja selama lima minggu tapi tetap di gaji selama musim panas. Denmark juga merupakan negara yang dikenal sebagai Negara yang sehat dan aman. Masyarakat Denmark sering kali terlihat sedang melakukan kegiatan olahraga seperti bersepeda ,bersenam dan berjoging tidak kira cuaca yang mereka hadapi. Tingkat Kejahartan yang rendah ini juga membuat Denmark dikenali sebagai negara yang aman. Ini lah yang membuat masyarakat Denmark ceria, gembira dan tentunya sejahtera.

4. Kebiasaan tidur siang di Spanyol.

Sumber: cdn1-a.production.liputan6.static6.com

Siesta merupakan tradisi tidur siang singkat setelah makan siang dalam budaya Spanyol. Kata siesta berasal dari Bahasa Spanyol, hora sexta - jam keenam (artinya, jika dihitung dari fajar sampai siang, maka diistilahkan "istirahat tengah hari"). Tradisi ini telah dihormati selama berabad-abad, karena suatu alasan dan cita-cita tidak akan hilang dengan hilangnya tidur siang. Dan untuk itu, Spanyol benar! Ia berada di sisi kanan sains. Penelitian menunjukkan istirahat kerja sore hari dapat meningkatkan produktivitas dan kewaspadaan. Ps; mungkin kita bisa mengajukan tradisi ini di Indonesia? mungkin ngga yah!? *hihi

Kuliah di Spanyol klik disini

Kesimpulannya, bukan untuk memaksakan pemerintah Indonesia menjalankan hal-hal yang sudah diterapkan Negara di atas ini. Tapi kebiasaan ini harus di mulai dari kamu sebagai masyarakat Indonesia seperti, disiplin dalam kehidupan dan pola makan yang sehat seperti Jepang, Berpetualang di alam terbuka. Jangan lupa loh Indonesia kaya akan pemandangan yang indah dan tidak kalah dengan di Selandia Baru. selanjutnya, banyaklah melakukan kegiatan berolahraga dan tentunya penuhi kebutuhan tidur secukupnya supaya performa kamu seharian akan terlihat postif dan bersemangat! Coba kamu terapkan pelajaran penting dari empat Negara ini dalam kehidupan sehari-hari dan share pendapat kamu ya!

Diposting pada 09 Okt 2017
Kuliah di Luar Negeri, Tips & saran

Bagikan ini