6 Pesan Moral dari Film Finding Dory.

Produksi film dari kolaborasi Walt Disney dan Pixar tidak perlu diragukan lagi kualitas filmnya apalagi cerita yang terkandung di film tersebut. Beberapa contoh hasil karya mereka adalah Toy Story, Monster Inc, Up, The Incredibles, dan Inside Out. Finding Dory adalah film terbaru hasil kerjasama Disney dan Pixar yang merupakan lanjutan dari film Finding Nemo (2003). Finding Dory sendiri baru dikeluarkan pada tanggal 17 Juni 2016 lalu dan sudah mendapat rating 7.9/10 di IMDb.com. Dan total pendapatan yang didapat hingga 10 Juli 2016 mencapai $644,847,192 seperti yang di jelaskan di boxofficemojo.com.

Karena ceritanya yang menyentuh dan memiliki banyak pesan moral yang bisa di terapkan kehidupan nyata, Finding Dory mendapat perhatian banyak penonton di seluruh dunia. Pensaran apa aja sih pesan-pesan yang ada di film Finding Dory, yuk kita bahas 6 pesan moral yang ada di film Finding Dory:

1. Percaya Pada Diri Sendiri.

finding dory

Sumber: magicalmouseschoolhouse.com

Dalam film Finding Dory, ada adegan yang menarik perhatian kita. Salah satunya sewaktu Dory ingin pergi ke California Bay untuk mencari orang tuanya tetapi Merlin, sahabat dekat yang melarang Dory untuk pergi kesana karena mustahil untuk Dory menemui orang tuanya. Tapia pa yang Dory lakukan? Dia tetap percaya pada dirinya sendiri dan dia memutuskan untuk tetap pergi, akhirnya Dory berhasil menemui kedua orang tuanya. Kesimpulannya, yakinlah pada dirimu sendiri walaupun orang di sekitar kamu mengatakan “Tidak Mungkin” padamu.

2. Kekurangan Menjadi Kekuatan.

nemo and dory

Sumber: www.playbuzz.com

Dory memiliki daya ingat yang lemah atau Short Term Memory dan itu membuatnya sulit untuk mengingat peristiwa yang terjadi dalam hidupnya. Tapi Dory tidak pasrah dengan keadaannya, bahkan ia berusaha untuk mengalahkan keterbatasannya itu untuk menjadikannya sebagai kekuatan walaupun itu sangat sulit dilakukan. Tapi apa Dory menyerah? Tidak, justru ia dapat memutarbalikkan kelemahannya menjadi kekuatan untuk mengalahkan keterbatasannya.

3. Bersikap Spontan.

finding dory

Sumber: www.gamefaqs.com

Sikap spontan memang sulit untuk dilakukan dan tidak semua orang mampu melakukannya tapi bukan berarti itu mustahil untuk dilakukan. Dory membuat suatu keputusan yang membuat Marlin kesal tapi hasilnya dengan keputusan yang Dory pilih membuat mereka sampai di tujuan lebih cepat dibandingkan rencana mereka sebelumnya. “Plan B” atau sikap spontan harus diambil dalam situasi tertentu dengan semua resikonya, jadi jangan takut mengambil resiko untuk suatu perubahan.

4. Faith atau Keyakinan.

finding dory

Sumber: www.amazingwallpapers.net

Saat Dory mengetahui bahwa orang tuanya menghilang, Dory sangat syok dan tak berdaya tapi satu hal yang masih Dory miliki yaitu keyakinan bahwa orang tuanya masih hidup. Melalui usahanya, Dory menemukan jejak-jejak kerang yang ia yakini itu akan membawanya bertemu orang tuanya dan akhirnya Dory pun kembali berkumpul bersama keluarganya. Keyakinan sangat penting untuk mengembalikan semangat kita yang sudah hilang, jadi jangan hilang keyakinan dan harapan kamu!

5. Friendship atau Persahabatan.

Sumber: www.books.simonandschuster.com

Keberhasilan Dory dalam mencari orang tuanya tidak ia lakukan sendiri, teman-temannya senantiasa membantu Dory saat ia susah maupun senang. Persahabatan Dory dan teman-temannya lebih dari pertemanan biasa sehingga sewaktu Dory kehilangan orang tuanya, teman-temannya datang untuk membantu Dory menemukan orang tuanya. “Berjalan bersama teman di kegelapan lebih baik daripada berjalan sendiri dalam terang – Helen Keller”

6. Just Keep Swimming (Keep Going).

finding dory

Sumber: ohmy.disney.com

Ingat cuplikan saat Dory dan Hank berada di kolam renang anak-anak, saat itu Hank sudah hilang harapan karena terlalu banyak tangan anak-anak yang ada disana, tapi Dory berhasil meyakinkan Hank untuk terus maju (Keep Going), dan akhirnya Hank berhasil keluar dari situasi yang sulit itu. Tidak penting seberapa berat masalah yang kamu hadapi, atau seberapa sulit rintanganmu, jangan pernah menyerah dan terus maju. “Selalu ada pelangi setelah hujan”

Dari film Finding Dory ini banyak yang bisa kamu pelajari mengenai nilai-nilai kehidupan seperti pentingnya persahabatan, keyakinan pada diri sendiri, jangan pernah menyerah, dll. Apapun keadaan kamu atau kesulitan yang kamu hadapi saat ini, terus maju dengan harapan yang kamu punya dan yakinlah bahwa kamu bisa dan kamu mampu!

Diposting pada 09 Okt 2017
Kehidupan Mahasiswa, Tips & saran

Bagikan ini