10 Universitas Terbaik di Asia 2016

Sumber: www.kcl.ac.uk

Selama tiga tahun berturut-turut, National University of Singapore (NUS) menjadi nomor satu di hasil riset Peringkat QS di Asia 2016 yang disusul oleh University of Hong Kong - yang juga selama dua tahun berturut-turut merebut peringkat kedua di Asia. Nanyang Technological University Singapura (NTU) juga telah menggantikan posisi KAIST tahun lalu di peringkat ke-3, dan sebaliknya peringkat KAIST telah jatuh secara drastis menjadi peringkat ke 6. Tahun ini, Universitas Tsinghua China juga secara drastis meningkat dan masuk dalam peringkat sepuluh besar Asia.

Hong Kong University of Science and Technology dan City University of Hong Kong masing-masing berhasil merebut peringkat ke 4 dan 7 tahun ini, Sementara The Chinese University of Hong Kong (CUHK) jatuh kembali, dari peringkat ke 6 di tahun 2015 menjadi peringkat ke 8 di tahun 2016. Sekali lagi, universitas di Hong Kong telah mendominasi hasil riset peringkat QS tahun ini.

Sumber magic.wizards.com

Peringkat diantara peringkat 11-50, Jepang lebih mendominasi dibandingkan China baik dalam jumlah dan peringkat, dan di susul oleh tujuh universitas Korea Selatan menyusul dari belakang. Taiwan National University (NTU) meraih posisi ke 21 tahun ini, sementara Universiti Malaya (UM) menempati posisi ke 27. Selain itu, Universiti Putra Malaysia (UPM) berhasil masuk ke peringkat 50 besar tahun ini.  Sedangkan, Universiti Sains Malaysia (USM) tidak lagi termasuk dalam peringkat 50 besar.

Universitas di India berhasil masuk ke peringkat 50 besar dibandingkan tahun lalu, Indian Institute of Science (IISc) Bangalore, India Institute of Technology Delhi (IITD) dan Indian Institute of Technology Bombay (IITB) masing-masing meraih peringkat ke 33 , 35 dan 36 dan Indian Institute of Technology Madras (IITM) di posisi ke 43 dan pendatang baru yang berhasil tercatat dalam QS tahun ini,  Indian Institute of Technology Kanpur (IITK) merebut posisi ke 48.

Jadi apa negara pilihan kamu?

Untuk hasil riset QS, kamu bisa mengunjungi, Top Universitas dan hasil riset QS tahun lalu disini

Diposting pada 09 Okt 2017
Aplikasi Kuliah, Kuliah di Luar Negeri

Bagikan ini