6 Kegiatan Extrakurikuler yang Bisa Anda Ikuti Tahun Ini


Entah anda berada di sekolah, perguruan tinggi, atau universitas, kegiatan ekstrakurikuler sangat bermanfaat untuk profil kerja anda dan pertumbuhan pribadi anda. Kegiatan ekstrakurikuler bisa mencakup intensif secara akademik, berat secara fisik, atau memperkaya secara budaya. Kebanyakan sekolah dan universitas menawarkan beranekaragam kegiatan sepanjang tahun akademik. Banyak juga yang menawarkan kelas-kelas khusus disaat liburan. Mahasiswa juga memiliki pilihan untuk bergabung dengan aktivitas yang ditawarkan oleh organisasi lain, seperti kelas musik dan dansa, tim olahraga, dan bahkan aktivitas yang berhubungan dengan komunitas.


Jadi, dengan dimulainya sekolah dan universitas di tahun akademis ini, ini merupakan kesempatan yang bagus untuk memilih hobi ekstrakurikuler baru. Terdapat 6 daftar kegiatan ekstrakurikuler yang kami rekomendasikan kepada semua mahasiswa, dan daftarnya adalah sebagai berikut,


1. Debat

Berargumentasi merupakan cara yang bagus bagi mahasiswa untuk mengembangkan keahlian persuasif, meningkatkan bahasa perintah mereka dan kepercayaan diri mereka. Kegiatan ini juga menyediakan kesempatan bagi mahasiswa untuk memperluas jaringan pertemanan mereka. Banyak kompetisi prestisius yang diselenggarakan oleh perusahaan dan organisasi yang menawarkan magang dan hadiah besar bagi para pemenang. Ada beberapa jenis kompetisi argumen seperti internasional, antar sekolah, antar universitas, nasional yang diselenggarakan di satu tahun tersebut. Kompetisi-kompetisi dan konfrensi-konfrensi yang mirip diselenggarakan oleh universitas, sekolah dan perguruan tinggi secara mengglobal, seperti Harvard World Model United Nations dan Taylor’s Model United Nations.


2. Olahraga

Bergabung dengan tim olahraga memberi anda banyak manfaat. Olahraga membantu anda untuk tetap fit dan aktif. Mereka juga terkenal dalam membantu anda meningkatkan jam tidur anda dan daya konsentrasi anda; dan ini sangat bagus untuk mahasiswa universitas yang sedang beradaptasi untuk hidup mandiri dan mengatur rutinitas mereka. Berolahraga di tim sekolah atau nasional juga memberikan anda keuntungan tambahan ketika mendaftar di universitas, apalagi jika anda merupakan kapten tim tersebut. Ada beberapa beasiswa juga yang tersedia dari universitas dan yayasan untuk atlet.


3. Sukarelawan

Memberi atau menolong sebuah komunitas akan selalu member suatu kepuasan di dalam diri anda. Jika anda memanfaatkan harga diri komunitas anda dan peduli untuk membantu orang lain, anda bisa selalu melihat perubahan yang anda buat. Anda bisa berkembang menjadi lebih besar dan memulai organisasi yang tidak mengambil keuntungan atau pergerakan sosial, atau memulaidari kecil dan menjadi sukarelawan di sebuah dapur atau membantu mengajar anak dari sekolah lokal. Ini sangat dilihat olehuniversitas dan perusahaan. Setiap orang ingin mempunyai penduduk yang baik hati dan berkomitmen.


4. Bahasa

Meskipun mempelajari sebuah bahasa tidak pernah mudah, akan tetapi ini memberikan anda manfaat, terutama jika anda ingin bekerja atau belajar di luar negeri. Dua bahasa sangat popular di seluruh dunia, mencakup: bahasa mandarin, bahasa prancis, bahasa inggris, dan bahasa jerman, merupakan bahasa-bahasa yang sangat dicari oleh universitas dan perusahaan, terutama perusahaan atau perusahaan baru yang mengembangkan perusahaan mereka ke wilayah dan lingkungan budaya baru.


5. Bermain Game

Video game dapat membantu mengembangkan keahlian motorik dan pikiran strategis. Jika anda ingin masuk ke industri game, pengalaman dari sisi pengguna sangatlah penting dan bermanfaat. Mahasiswa bisa juga bekerja paruh waktu sebagai pengetes video game atau mengetes keahlian mereka dan masuk ke beberapa kompetisi. Jika hadiah uangnya dan popularitasnya tidak cukup untuk memotivasi, maka mereka bisa menjadi topik yang menarik sebagai tugas kampus.


6. Memulai klub anda sendiri

Banyak mahasiwa sudah memiliki hobi atau kesukaan yang mereka nikmati disaat mereka memiliki waktu senggang. Mengambil langkah untuk mengubah hobi anda menjadi sebuah aktivitas bagi orang lain atau bisnis membuktikan sisi dan kemampuan kepemimpinan anda. Semua hal dari aktivitas luar seperti panjat gunung atau sepatu roda ke ketertarikan intensif secara matemaika dan keuangan seperti pasar saham dan robot. Banyak orang telah mengubak ketertarikan mereka di menyulam, memasak dan dansa menjadi bisnis yang menguntungkan atau video popular di youtube. Ini menunjukan universitas bahwa anda memiliki ketertarikan, komitmen, inisiatif, dan keberanian untuk mengambil resiko.

Diposting pada 09 Okt 2017
Kehidupan Mahasiswa, Tips & saran

Bagikan ini