11 Universitas Terbaik di Indonesia 2016 berdasarkan QS Ranking Asia

Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponogoro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Brawijaya dan Universitas Bina Nusantara.

Universitas Indonesia (UI), Institusi Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) telah meningkat jauh dibandingkan tahun sebelumnya. UI meningkat dari peringkat 79 di tahun 2015 menjadi 67, ITB berkembang dari 122 ke 86 dan UGM dari peringkat 137 menjadi 135.

Selain itu, terdapat 2 universitas negeri lainnya yang berhasil lompat secara drastis adalah Institusi Pertanian Bogor (IPB) dari 211 - 220 menjadi 190 dan Universitas Diponogoro (UNDIP) sebelumnya di 261 - 270 menjadi 231 - 240.

Universitas Padjadjaran mengalami penurunan yang sangat drastis dari 168 ke 199.

Berdasarkan laporan QS Ranking Asia 2016, terdapat universitas lain yang berhasil masuk peringkat tahun ini seperti, Institusi Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Brawijaya dan Universitas Bina Nusantara.

Hasil penelitian ini berdasarkan hasil riset dari Quacquarelli Symonds yang menggunakan indikator dalam menyusun peringkat yang terdiri dari, Reputasi Akademis, Karyawan, Rasio Fakultas/ Mahasiswa, Penghargaan hasil riset, Jumlah riset ilmiah per fakultas, Proporsi fakultas internasional dan mahasiswa internasional, dan yang terakhir Proposi pertukaran mahasiswa ke luar negeri dan proporsi penerimaan pertukaran mahasiswa dari luar negeri. 

11 Universitas dari Indonesia inilah yang berhasil memenuhi kriteria dari QS Ranking Asia 2016Jadi apakah pilihan kamu termasuk universitas terbaik di Asia tahun ini?

 

Diposting pada 09 Okt 2017
Aplikasi Kuliah, Infographics

Bagikan ini