Kuliah Jurusan Perikanan dan Kelautan di Australia

Sejak 2005, pendapatan APBN dari perikanan telah meningkat amat pesat. Hal ini mencirikan masa depan dalam jurusan kelautan dan perikanan!
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Kuliah Jurusan Perikanan dan Kelautan di Australia

Sumber daya perikanan dan kelautan merupakan salah satu jenis sumber daya alam yang terbatas.

Karena jumlah penggunaannya oleh manusia yang semakin meningkat, dibutuhkan pengelolaan secara berkelanjutan.

Oleh karena itu, lulusan dari jurusan Perikanan dan Kelautan semakin dibutuhkan seiring dengan kemajuan teknologi untuk memanfaatkan jenis sumber daya tersebut.

Jurusan Perikanan dan Kelautan menyediakan ruang untuk berkembang bagi anda yang memiliki minat dalam bidang pengembangan sumber daya perairan berkelanjutan.

Dalam jurusan-jurusan kuliah yang terkait dengan bidang Perikanan dan Kelautan, anda akan menemukan bahwa lautan kita sangatlah kaya akan berbagai jenis flora dan fauna sehingga dibutuhkan tangan yang yang bijak untuk mengelola kekayaan tersebut.

Apabila anda menyukai sains, khususnya kimia dan biologi, maka jurusan Perikanan dan Kelautan adalah pilihan yang tepat.

jurusan perikanan yang melibatkan terjun menyelam
Sumber: edynamiclearning.com

Sebagai salah satu negara dengan sumber daya perikanan dan kelautan yang kaya dan didukung dengan teknologi terkini di dunia dalam bidang tersebut, Australia adalah salah satu negara tujuan yang tepat jika anda hendak melanjutkan kuliah di bidang Perikanan dan Kelautan. Lulusan jurusan Perikanan dan Kelautan dari Australia akan memperoleh banyak ilmu dan keahlian mengenai pengelolaan sumber daya perikanan dan kelautan secara berkelanjutan.

Mengapa Kuliah di Jurusan Perikanan dan Kelautan di Australia?

Sebagai salah satu negara yang sangat memperhatikan sumber daya perikanan dan kelautannya, Australia merupakan contoh yang baik bagi negara-negara lain dalam pengelolaan sumber daya tersebut.

Berikut beberapa alasan mengapa banyak mahasiswa internasional memutuskan untuk menjalani perkuliahan pada jurusan Perikanan dan Kelautan di Australia:

Kemajuan yang Sangat Pesat di Bidang Perikanan dan Kelautan

Sebagai negara dengan kesadaran teknologi yang tinggi, Australia telah menerapkan berbagai teknologi mutakhir pada berbagai bidang, salah satunya perikanan dan kelautan. Hal ini membuat Australia mampu memajukan sektor perikanan dan kelautannya dengan pesat tanpa mengabaikan faktor lingkungan.

Jika anda memutuskan untuk melanjutkan kuliah jurusan Perikanan dan Kelautan di Australia, anda akan banyak mempelajari tentang teknologi terkini di bidang Perikanan dan Kelautan.

stok perikanan dalam jurusan kelautan
Sumber: unuftp.is

Peminatan di Bidang Perikanan dan Kelautan yang Beragam

Australia merupakan salah satu negara yang terdepan dalam pengelolaan sumber daya perikanan dan kelautan.

Berbagai peminatan jurusan kuliah yang terkait dengan bidang perikanan dan kelautan dapat anda temukan di Australia, seperti biologi kelautan, ekonomi perikanan dan kelautan, manajemen lingkungan kelautan, hokum dan kebijakan perikanan dan kelautan, dan masih banyak lagi.

Pendidikan yang Berorientasi pada Riset Lapangan

Tidak sulit bagi universitas-universitas terbaik di Australia untuk menyajikan kurikulum yang terfokus pada studi dan riset lapangan di bidang perikanan dan kelautan karena kemajuan teknologinya pada bidang tersebut.

Sebagai salah satu bidang sains yang memerlukan banyak studi kasus dalam proses pembelajarannya, kuliah jurusan Perikanan dan Kelautan di Australia akan banyak membekali anda dengan pembelajaran di lapangan.

Kesempatan untuk Menapaki Karir Internasional

Universitas-universitas terbaik di Australia telah diakui oleh berbagai akreditor dari Australia maupun internasional.

Lulusan jurusan Perikanan dan Kelautan dari Australia telah diakui oleh berbagai perusahaan, institusi, dan lembaga riset dengan jenjang karir intenasional.

Apa Saja yang Akan Dipelajari di Jurusan Perikanan dan Kelautan di Australia?

Pada jenjang sarjana (S1), mata kuliah yang anda akan pelajari di jurusan Perikanan dan Kelautan di antaranya terkait dengan berbagai bidang yang berhubungan dengan Perikanan dan Kelautan maupun hal-hal yang mendukung disiplin tersebut, di antaranya:

  • Dasar-Dasar Proses Biologi
  • Flora dan Fauna Air
  • Proses Lingkungan
  • Perubahan Iklim
  • Sensor dan Penginderaan
  • Sistem Informasi Geografis
  • Oseanografi Fisik
  • Ekologi Perikanan dan Kelautan
  • Kimia Kelautan
  • Geologi Kelautan
  • Manajemen Pesisir dan Lingkungan Laut
  • Manajemen Perikanan
  • Konservasi Ekosistem Laut

Pada dasarnya, perkuliahan di bidang Perikanan dan Kelautan akan membutuhkan kemampuan yang cukup pada subyek biologi dan kimia.

Untuk itu, jika anda berminat untuk melanjutkan perkuliahan di bidang Perikanan dan Kelautan, anda dapat mulai mengasah pengetahuan anda di bidang biologi dan kimia mulai dari sekarang.

Pada jenjang magister (S2), universitas-universitas terbaik di Australia umumnya hanya menyediakan program studi di bidang Perikanan dan Kelautan yang lebih mengarah kepada bidang manajemen sumber daya perikanan dan kelautan, seperti James Cook University dan University of Technology Sydney.

Namun, terdapat banyak juga universitas lainnya di Australia yang menawarkan program studi tingkat magister yang sifatnya sains.

Bagaimana Karakter yang Sesuai untuk Kuliah di Jurusan Perikanan dan Kelautan?

Perkuliahan di jurusan Perikanan dan Kelautan tidaklah mudah dan butuh kerja keras. Selain itu, dibutuhkan juga kemampuan analisis yang cukup.

Berikut adalah daftar karakter ideal seorang mahasiswa jurusan Perikanan dan Kelautan menurut Prospects:

Memiliki Kemampuan Pemecahan Masalah

Jika anda memutuskan untuk kuliah di Jurusan Perikanan dan Kelautan, anda akan banyak menemukan masalah yang berdasarkan pada studi kasus dan temuan lapangan.

Untuk itu, anda perlu memiliki kemampuan pemecahan masalah yang kuat jika dihadapkan pada permasalahan-permasalahan ini.

Memiliki Wawasan yang Luas

Jurusan Perikanan dan Kelautan menuntut anda untuk memiliki wawasan yang luas.

Anda perlu banyak membaca dan menggali informasi mulai dari jenis-jenis hewan air dan karakteristiknya hingga kebijakan-kebijakan kelautan yang diterapkan oleh berbagai negara. Hal ini penting untuk mendukung karir anda kelak yang sebagian besar terdapat di lapangan.

keberagaman dan kekayaan hayati kelautan perairan indonesia
Sumber: oceanleadership.org

Detil dan Terstruktur

Sebagaimana jurusan lainnya yang berdasar pada subyek biologi dan kimia, jurusan Perikanan dan Kelautan menuntut anda untuk detil dan terstruktur.

Substansi dasar jurusan Perikanan dan Kelautan banyak melibatkan detil sehingga anda perlu membiasakan diri anda untuk bersikap teliti dan tidak ceroboh.

Dinamis dan Aktif

Perkuliahan di bidang Perikanan dan Kelautan akan menuntut anda untuk menjadi pribadi yang dinamis dan aktif. Hal ini dikarenakan sifat dari disiplin tersebut yang lebih fokus pada kasus-kasus yang ada di lapangan dibandingan dengan teori. Untuk itu, anda perlu fleksibel dalam setiap keadaan dan aktif dalam merespon semua tantangan yang mungkin akan muncul.

Jika anda merasa memiliki seluruh karakter yang disebutkan di atas, anda adalah orang yang tepat untuk menjalani perkuliahan di jurusan Perikanan dan Kelautan. Anda memiliki potensi untuk dapat diterima oleh jurusan Perikanan dan Kelautan serta dapat lulus dengan hasil yang memuaskan.

Universitas Terbaik Mana Saja di Australia yang Menawarkan Jurusan Perikanan dan Kelautan?

Banyak universitas berkualitas internasional yang dapat anda pilih di Australia jika hendak kuliah di jurusan Perikanan dan Kelautan. Berikut daftar 10 universitas terbaik di Australia di bidang Perikanan dan Kelautan:

1. The University of Sydney

Program studi yang disediakan di antaranya:

  • Program Sarjana (S1) Sains Kelautan

2. The University of Adelaide

Program studi yang disediakan di antaranya:

  • Program Sarjana (S1) Biologi Kelautan

3. Australian National University

Program studi yang disediakan di antaranya:

  • Program Sarjana (S1) Sains Kelautan

4. Deakin University

Program studi yang disediakan di antaranya:

  • Program Sarjana (S1) Perikanan dan Akuakultur

5. University of Tasmania

Program studi yang disediakan di antaranya:

  • Program Sarjana (S1) Sains Kelautan dan Antartika
  • Program Magister (S2) Sains Kelautan dan Antartika

6. James Cook University

Program studi yang disediakan di antaranya:

  • Program Sarjana (S1) Biologi Kelautan
  • Program Sarjana (S1) Sains Kelautan
  • Program Magister (S2) Biologi Kelautan
  • Program Magister (S2) Sains dan Manajemen Perikanan

7. University of Technology Sydney

Program studi yang disediakan di antaranya:

  • Program Sarjana (S1) Biologi Kelautan
  • Program Magister (S2) Sains dan Manajemen Kelautan

8. Flinders University

Program studi yang disediakan di antaranya:

  • Program Sarjana (S1) Biologi Akuatik
  • Program Sarjana (S1) Biologi Kelautan
  • Program Sarjana (S1) Biologi Kelautan dan Akuakultur

9. University of Western Australia

Program studi yang disediakan di antaranya:

  • Program Sarjana (S1) Sains Kelautan

10. Macquarie University

Program studi yang disediakan di antaranya:

  • Program Sarjana (S1) Sains Kelautan

Bagaimana Prospek Karir Lulusan Jurusan Perikanan dan Kelautan di Australia?

Prospek karir lulusan jurusan Perikanan dan Kelautan utamanya berada di bidang yang sesuai dengan jurusan tersebut. Bidang-bidang ini dapat berada di bawah lingkup pemerintahan, swasta, maupun akademik. Bidang-bidang tersebut di antaranya:

  • Manajemen perikanan
  • Konservasi atau kebijakan kelautan dan perikanan
  • Manajemen lingkungan kelautan
  • Geosains kelautan dan hidrografi
  • Oseanografi fisik dan biologis
  • Teknologi kelautan
  • Pengambilan data dan analisis data kelautan
  • Pengukuran dampak kelautan
  • Pariwisata kelautan
  • Pendidikan di bidang perikanan dan kelautan

Umumnya, gaji yang dapat anda peroleh sebagai lulusan jurusan Perikanan dan Kelautan di Australia cukup tinggi. Bergantung pada bidang pekerjaannya, berikut kisaran gaji beberapa bidang pekerjaan yang ditekuni lulusan jurusan Perikanan dan Kelautan di Australia berdasarkan Payscale:

Bidang Pekerjaan Kisaran Gaji
Insinyur Kelautan 100,000 AUD per tahun
Ahli Biologi Kelautan 57,000 AUD per tahun
Surveyor Kelautan 86,000 AUD per tahun
Dosen Sains Kelautan/Perikanan 80,000 AUD per tahun


Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Kuliah di Jurusan Perikanan dan Kelautan di Australia?

Pada umumnya, waktu yang akan anda perlukan untuk kuliah di jurusan Perikanan dan Kelautan di Australia tidak jauh berbeda dengan waktu kuliah di Indonesia.

Waktu kuliah ditentukan oleh jenjang kuliah yang anda ambil. Untuk program studi sarjana (S1), diperlukan waktu kuliah sekitar 3 - 4 tahun, sedangkan untuk program studi magister (S2), umumnya diperlukan waktu 1,5 - 2 tahun untuk program penuh waktu.

Bagaimana Persyaratan untuk Dapat Diterima di Jurusan Perikanan dan Kelautan di Australia?

Masing-masing universitas di Australia memiliki persyaratan yang berbeda-beda untuk dapat menerima mahasiswa baru di jurusan Perikanan dan Kelautan.

Persyaratan ini bergantung kepada kebijakan masing-masing universitas.

Umumnya, untuk jenjang sarjana (S1) dibutuhkan Diploma International Baccalaureate dengan nilai A+C serta sertifikat IELTS dengan skor antara 6,0 - 6,5 atau TOEFL IBT dengan skor 60 - 85.

Untuk jenjang magister (S2), diperlukan ijazah tingkat sarjana dan sertifikat IELTS dengan skor 6,5 atau TOEFL IBT dengan skor 79 - 85.

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Kuliah Jurusan Perikanan dan Kelautan di Australia?

Biaya kuliah di Australia bervariasi, bergantung pada universitas dan jurusan yang dipilih. Perkiraan biaya kuliah rata-rata untuk jurusan Perikanan dan Kelautan di beberapa universitas terbaik di Australia di antaranya sebagai berikut:

Universitas Jenjang S1 (Per Tahun) Jenjang S2 (Per Tahun)
University of Sydney AUD 46,500 -
Australian National University AUD 43,680 -
James Cook University AUD 36,000 AUD 37,600
University of Technology Sydney AUD 37,650 AUD 38,000
University of Western Australia AUD 37,800 -

Biaya tersebut hanya merupakan biaya kuliah dan tidak termasuk biaya hidup. Biaya hidup yang dibutuhkan untuk kuliah di Australia bergantung dari kota tempat universitas berada. Sebagai contoh, di Sydney biaya hidup per tahun diperkirakan sekitar AUD 28,500 ditambah akomodasi kampus diperkirakan sekitar AUD 19,600, sementara di Adelaide biaya hidup per tahun diperkirakan sekitar AUD 18,600 ditambah akomodasi kampus diperkirakan sekitar AUD 9,600.

Kapan Saya Bisa Mendaftar untuk Kuliah Jurusan Perikanan dan Kelautan di Australia?

Jika anda berminat untuk menjalani perkuliahan di jurusan Perikanan dan Kelautan di Australia, pembukaan pendaftaran umumnya bergantung pada kebijakan masing-masing universitas. Sebagai contoh, program sarjana (S1) di The University of Adelaide dimulai pada awal Maret dan akhir Juli, sedangkan program sarjana (S1) di James Cook University dimulai pada akhir Februari dan akhir Juli.

Anda dapat mendaftar melalui EasyUni dan menghubungi kami untuk jasa konsultasi pendidikan yang bekerja sama dengan universitas-universitas di Australia.

You might be interested in...