Kuliah Ilmu Humaniora & Sosial di Australia

Tergantung jurusan apa yang Anda ambil, ilmu humaniora sosial menyediakan banyak peluang pekerjaan yang bisa Anda tekuni!
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Bisa dikatakan jika ilmu humaniora dan sosial merupakan bidang studi yang menyenangkan karena berkaitan erat dengan berbagai ilmu sosial yang berhubungan dengan manusia.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), humaniora merupakan ilmu pengetahuan yang dianggap membuat manusia lebih manusiawi atau lebih berbudaya.

Bidang ilmu yang termasuk dalam ilmu humaniora ada banyak, seperti misalnya filsafat, seni, agama dan juga sejarah.

Sementara itu, ilmu sosial meliputi seluruh aspek kehidupan manusia, mulai dari sifat pribadi individu, interaksi antar individu maupun kelompok dan sebagainya. Intinya, ilmu ini mempelajari berbagai masalah sosial di masyarakat.

Bidang ilmu yang termasuk di dalamnya meliputi antroplogi, psikologi, sosiologi, sejarah dan masih banyak lainnya.

Tak terbatas hanya di situ, ilmu humaniora sosial juga akan membahas banyak hal, termasuk bidang politik, hukum, kriminologi hingga psikologi.

kuliah ilmu sosial di australia sebagai pilihan yang tepat

Sumber: Pixabay

Kuliah ilmu humaniora sosial ke luar negeri banyak dipilih pelajar asal Indonesia dan Australia termasuk salah satu negara favorit untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, terutama jika mengambil jurusan ilmu humaniora sosial.

Negara yang letaknya tak begitu jauh dari Indonesia ini memiliki banyak sekali universitas terbaik kelas dunia yang menawarkan perkuliahan di bidang ini.

Selain itu, Australia juga termasuk dalam negara ramah terhadap mahasiswa asing dalam berbagai aspek yang membuat pelajar Indonesia betah kuliah di negara kangguru ini, baik untuk jenjang S1 maupun S2.

Mengapa Pilih Kuliah Ilmu Humaniora Sosial di Australia?

Ada banyak alasan yang bisa mendasari mengapa banyak pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di Australia dan mengambil jurusan ilmu humaniora sosial.

Berikut 5 alasan yang seringkali diutarakan dan jadi pertimbangan mengapa memilih kuliah di Australia.

1. Universitas Terbaik Dunia

Australia dikenal memiliki banyak universitas terbaik kelas dunia yang membuka kuliah di jurusan ilmu humaniora sosial.

Sistem pendidikan di Australia pun sudah diakui dunia sehingga mahasiswa asing yang belajar di negara ini akan mendapat kualitas pendidikan terbaik dengan dukungan fasilitas seperti perpustakaan memadai, dukungan pelajar hingga pengajar profesional.

2. Karir Global

Tak sedikit universitas di Australia yang memiliki peringkat sebagai universitas terbaik dalam menempatkan lulusannya di berbagai perusahaan besar di Australia maupun dunia.

Hal ini membuka jalan bagi mahasiswa asing yang ingin berkarir secara global di perusahaan kelas dunia.

3. Dekat dengan Indonesia

Australia juga tak begitu jauh dari Indonesia yang memudahkan baik mahasiswa maupun orang tua untuk mengunjungi anaknya yang sedang belajar di Australia.

Selain itu, ada banyak maskapai penerbangan nasional maupun internasional yang membuka penerbangan ke Australia.

4. Kesempatan Kerja Sambil Kuliah

Australia memiliki aturan bagi mahasiswa asing yang ingin bekerja sampingan di sela waktu belajarnya di universitas di Australia.

Hal ini tentu menguntungkan dari segi pendapatan tambahan dan pengalaman kerja serta memahami budaya kerja dan masyarakat Australia secara keseluruhan yang pastinya berguna saat lulus kuliah kelak.

Universitas Terbaik di Australia untuk Kuliah Ilmu Humaniora Sosial

Memilih universitas terbaik merupakan langkah utama yang penting saat memutuskan untuk kuliah di luar negeri agar mendapat pendidikan terbaik, sesuai dengan biaya yang akan dikeluarkan.

Australia memiliki banyak universitas bergengsi yang menawarkan kuliah di jurusan ilmu humaniora sosial, lho!

Dilansir dari QS World University Rankings 2018 berikut ini adalah 5 universitas terbaik di Australia untuk jurusan ilmu humaniora ilmu sosial yang bisa jadi pilihan ketika ingin kuliah di Australia.

1. University of Melbourne

Universitas nomor 1 di Australia ini merupakan universitas swasta yang terletak di Melbourne, Australia. Berdiri sejak tahun 1853, University of Melbourne juga menyandang status sebagai universitas kedua tertua di Australia.

Kampus utama universitas ini berada di Parkville dan kampus-kampus lainnya terletak di daerah lain di wilayah Victoria.

University of Melbourne memiliki total 10 asrama dengan asrama tertua dibangun pada tahun 1872 dan masih kokoh hingga kini.

Tujuan diantara asrama tersebut berada di area University of Melbourne, sedangkan tiga lainnya berada di luar wilayah kampus.

Tersedianya asrama berfasilitas lengkap ini memberikan pengalaman belajar yang menyeluruh bagi semua mahasiswa.

Universitas ini juga memiliki banyak pusat penelitian untuk menunjang proses belajar mahasiswa dari berbagai jurusan.

Sebut saja ada Walter and Eliza Hall Institute of Medical Research, Florey institute of Neuroscience and Mental Health, Grattan Institute dan Melbourne Institute of Applied Economic and Social Research.

Selain menyandang status sebagai universitas nomor 1 di Australia, University of Melbourne juga berada di posisi ke-6 2019 QS Graduate Employability Rankings yang menunjukkan jika lulusan universitas ini sudah siap menghadapi dunia kerja dengan kompetensi terbaik.

2. Australian National University

Universitas negeri yang berfokus pada penelitian ini terletak di Canberra, ibukota Australia.

Berdiri sejak tahun 1946, fakultas seni dan ilmu sosialnya begitu populer dan termasuk fakultas dengan posisi terbaik di universitas dunia.

Fakultas sosial ini membawahi beberapa jurusan, termasuk di dalamnya politik, hubungan internasional, social policy dan geografi.

Australian National University ini dikenal memiliki alumni yang menduduki banyak posisi penting di Australia. Selain itu, enam pemenang penghargaan nobel dunia juga merupakan alumni universitas ini.

College of Arts and Social Sciences di Australian National University ini dibagi dalam dua bagian, yaitu Research School of Social Sciences (RSSS) dan Research School of Humanities and the Arts (RSHA). Dalam bagian RSSS di dalamnya terdapat jurusan sejarah, filosofi, sosiologi, ilmu politik dan hubungan internasional, studi Timur Tengah dan Amerika Latin.

Sedangkan di bagian RSHA terdapat jurusan antropologi, arkeologi, sejarah seni, sastra Inggris, drama, film, studi gender, bahasa, musik dan juga seni (art). Pada tahun 2017, universitas ini meraih posisi 6 untuk universitas di dunia dengan jurusan politik terbaik, posisi 8 untuk universitas di dunia dengan jurusan Social Policy Administration terbaik serta posisi ke 11 di dunia untuk jurusan Studi Pembangunan.

3. The University of Sydney

Universitas yang sering juga disebut dengan nama Sydney Uni ini merupakan universitas swasta berbasis di Sydney yang telah berdiri sejak tahun 1850. Universitas ini merupakan universitas pertama di Australia dan juga universitas bergengsi di dunia.

Universitas ini, beserta University of Melbourne masuk ke dalam kategori Sandstone University yang mengacu pada universitas tertua di Australia yang sudah ada sejak zaman kolonialisme.

Kampus utama The university of Sydney ini terpilih sebagai top 10 universitas terindah di dunia versi Daily Telegraph dan The Huffington Post.

Universitas ini memiliki 9 fakultas, salah satu diantaranya adalah ilmu humaniora sosial, baik untuk jenjang S1 hingga S3.

Sydney Uni mendapat peringkat ke-5 di dunia dalam 2019 QS Graduate Employability Rankings dan nomor 1 di Australia yang menandakan tingginya angka lulusan universitas ini yang diterima bekerja di perusahaan besar di Australia.

Selain itu universitas ini juga berada di peringkat 25 universitas paling terkemuka di dunia untuk 2018 QS World University Rangkings.

University of Sydney ini dikenal memiliki alumni yang memiliki prestasi luar biasa, tak hanya di Australia tetapi juga lingkup dunia.

Lima pemenang penghargaan Nobel dan Crafoord merupakan alumni universitas ini.

Selain itu tujuh perdana menteri Australia, dua gubernur jenderal, sembilan gubernur negara bagian dan administrator wilayah serta 24 hakim agung pengadilan tinggi Australia juga merupakan alumni universitas ini

4. University of New South Wales

Universitas swasta yang terletak di Sydney ini telah berdiri sejak tahun 1949 dan menempati urutan ke-4 universitas terbaik di Australia, urutan 45 di dunia dan urutan ke-2 di New South Wales berdasarkan penilaian 2018 QS World University Rangkings.

University of New South Wales (UNSW) memiliki sembilan fakultas yang menawarkan jenjang pendidikan S1 hingga S3.

Kampus utamanya berada di daerah pinggiran Sydney bernama Kensington di area seluas 38 hektar. Selain itu universitas ini juga memiliki beberapa kampus yang terletak di area lain.

UNSW ini merupakan pendiri Group of Eight, koalisi universitas di Australia yang berfokus pada penelitian dan universitas 21, jaringan universitas penelitian di seluruh dunia.

UNSW juga menyediakan fasilitas pertukaran pelajar dunia dan kerjasama penelitian dengan lebih dari 200 universitas di seluruh dunia.

5. Monash University

Monash University merupakan universitas swasta berbasis di Melbourne yang berdiri sejak 1958. Universitas ini merupakan universitas tertua kedua di negara bagian Victoria.

Universitas ini memiliki banyak kampus, empat diantaranya berada di area Victoria (Clayton, Peninsula, Caulfield dan Parkville) dan satu kampus berada di Malaysia.

Monash juga memiliki pusat penelitian dan pembelajaran di Prato, Italia, graduate research school di Mumbai, India dan graduate school di Suzhou, China.

Monash merupakan salah satu lokasi penelitian terbaik di Australia, termasuk Australian Synchrotron, Monash Science Technology Research and Innovation Precinct (STRIP), Australian Stem Cell Center dan juga 100 pusat penelitian dan 17 pusat penelitian yang bekerja sama dengan pihak lain.

Monash University juga merupakan anggota Group of Eight, ASAIHL dan satu-satunya anggota dari Australia di M8 Alliance of Academic Health Centers, Universities and National Academies.

Monash juga mendapat peringkat di École des Mines de Paris berdasarkan banyaknya jumlah alumni yang berprofesi sebagai CEO di 500 perusahaan terbesar di dunia.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Humaniora Sosial

Bidang ilmu humaniora sosial mencakup banyak jurusan sehingga prospek pekerjaan bagi lulusan jurusan ini pun ada begitu banyak. Tergantung jurusan apa yang Anda ambil, ilmu humaniora sosial menyediakan banyak peluang pekerjaan yang bisa Anda tekuni.

Beberapa contoh pekerjaan yang bisa dipilih oleh lulusan ilmu humaniora sosial diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Psikologi
  • Paralegal
  • Guru/ dosen
  • Diplomat
  • Politikus
  • Arkeolog
  • Seniman
  • Ahli Sosiologi Antropologi/ Peneliti Sosial
  • Lembaga Pemerintah maupun internasional
  • Human Resources

Biaya Kuliah di Australia

Biaya yang harus dibayar untuk menempuh pendidikan S1 hingga S3 di Australia untuk jurusan ilmu humaniora sosial tergantung pada universitas yang dipilih.

Disarankan untuk selalu mengecek biaya kuliah secara terperinci di universitas yang dituju. Hal ini karena terkadang biaya kuliah di setiap universitas bisa berbeda-beda, terutama untuk mahasiswa asing.

Berikut ini merupakan perkiraan rata-rata biaya pendidikan untuk program gelar sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) jurusan ilmu humaniora sosial di Australia bagi mahasiswa asing.

Kualifikasi

AUD

(per Tahun)

IDR

(per Tahun)

S1

AUD 15.000 - 33.000

Rp 160 juta - 350 juta

S2

AUD 20.000 - 37.000

Rp 215 juta - 400 juta


Sudah siap untuk kuliah ilmu humaniora sosial di Australia? Atau masih ingin tahu lebih lanjut mengenai serba serbi kuliah di Australia? Jangan ragu untuk menghubungi EasyUni jika Anda memiliki pertanyaan atau butuh referensi lebih banyak mengenai kuliah di luar negeri, ya!

You might be interested in...