Kuliah Jurusan Seni Kreatif dan Desain di Australia

Kerapnya kepentingan bidang kreatif secara global memberi alasan untuk mengambil jurusan ini di universitas yang diakui secara internasional!
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Kuliah Jurusan Seni Kreatif dan Desain di Australia
Sumber: Pixabay

Seni Kreatif dan desain merupakan perkuliahan yang berhubungan dengan visual (penglihatan), audio (pendengeran), dan kinestetik (gerak tubuh), yang akan menghasilkan suatu karya yang bernilai tinggi. Jurusan ini bertujuan untuk menggembangkan penggabungan antara teknologi, perspektif budaya, konseptual dalam industri kreatif.

Beberapa orang ingin mengembangkan minat mereka dalam bidang ini dengan berkuliah di Luar Negeri. Australia merupakan salah satu negara yang menawarkan banyak universitas dengan jurusan ini.

Iklim pendidikan yang mendukung dengan segala fasilitas memadai dan juga memiliki peluang kerja yang luas. Hal ini didukung dengan sebagaimana negaranya merupakan salah satu dengan tingkat konsumsi kesenian tertinggi di dunia. 

Orang yang memilih kuliah di luar negeri dan memilih jurusan seni kreatif dan desain, biasanya merupakan orang yang memang memiliki hobi atau suka dengan hal-hal yang unik dan kreatif. Mereka ingin lebih mengembangkan passion tersebut dengan berkuliah di luar negeri, seperti Australia.

Dengan iklim pendidikan tinggi yang memadai, serta peralatan pendukung yang lengkap dan peluang kerja yang terbuka luas nantinya, jurusan seni kreatif dan desain ini banyak ditawarkan berbagai universitas di Australia.

Apa yang dipelajari di Jurusan Seni Kreatif dan Desain di Australia?

Dalam jurusan Seni Kreatif dan Desain, ada beberapa subjek yang akan Anda pelajari sesuai konsens yang Anda pilih, yaitu:

  • Seni murni

  • Tarian

  • Sinematologi dan Fotografi

  • Drama

  • Craft

  • Musik

  • Penulisan kreatif

  • Seni dan desain visual

Mengapa Kuliah Jurusan Seni Kreatif dan Desain di Australia?

ambil jurusan kreativitas dan seni
Sumber: Pexels

Jurusan art dan design rupanya selalu diminati oleh mahasiswa internasional, termasuk Indonesia, karena memiliki beberapa alasan tertentu.

Salah satunya adalah mempermudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bayaran yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, mereka yang memang memiliki bakat di bidang seni dan desain kreatif, dapat mengasah kemampuan kreatifnya tanpa batas, untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai seni tinggi dan berharga tentunya.

Bagi kamu yang masih ragu-ragu, tapi sudah memiliki rencana untuk kuliah di institut seni di Australia, dengan mengambil jurusan seni kreatif dan desain, berikut ini beberapa alasan yang dapat kamu pertimbangkan:

  • Fasilitas perlindungan untuk mahasiswa Internasional untuk kualitas dan biaya pendidikan selama berkuliah
  • Berkesempatan untuk terjun langsung membangun proyek.

Anda akan belajar dengan seniman profesional, aktor, desainer dan penulis yang karyanya sudah diterbitkan yang akan menjadi mentor Anda. Mentor Anda akan mendorong Anda sebuah untuk lebih kreatif dalam berkarya. Karya kalian akan membuka pintu karir.

  • Kamu Akan Mencintai Apa saja yang Dilakukan

Jika kamu adalah orang yang memiliki pemikiran yang kreatif dan kamu bisa mengekspresikanya dalam kuliahmu, Maka itu sangat luar biasa. Kamu akan senang ketika mengerjakan berbagai tugas kampus setiap harinya, kamu juga akan mudah dalam mengerjakan semua tantangan belajar ketika kuliah dijurusan ini. Kamu akan mencintai apa saja yang kamu lakukan.

  • Seni Kreatif dan Desain Membuat Kamu Senang

Program kesenian kreatif yang sering ditampilkan, sebenarnya mengasah kemampuan visual (penglihatan) dan kemampuan pendengaran (suara) untuk setiap mahasiswa dan mahasiswinya. Mereka akan banyak berkomunikasi dengan warna, bentuk dan jenis imaginasi lainya, yang membuat mereka mengerti bahwa melihat hal-hal tersebut adalah hal yang menyenangkan.

  • Banyak Variasi Topik yang Dipelajari

Seni kreatif dan desain ternyata tidak hanya seputar menggambar atau mewarnai saja. Terdapat banyak topic yang dibahas dalam jurusan seni kreatif dan desain yang bisa dipilih dari sisi sejarah seni , pertunjukan seni, fashion seni dan lain sebagainya. Perbedaan topic tersebut, justru dapat membantu kamu untuk lebih meningkatkan sisi kreatif dan menciptakan ide baru yang lebih segar dalam dunia seni kreatif dan desain itu sendiri.

  • Kesempatan Kerja yang Luas Hingga Menjadi Freelancer

Kuliah di jurusan seni kreatif dan desain akan mengantarkan kamu untuk masuk ke industri kreatif yang bersaing. Jika kamu memiliki keahlian dan bakat dalam seni kreatif desain itu sendiri, maka kamu akan sangat dibutuhkan dalam industri kreatif tersebut. beberapa perusahaan Majalah fashion terkenal, perusahaan periklanan, hingga menjadi freelancer dapat menjadi pilihan terbaik untuk karir masa depan kamu.

  • Pendapatan yang Tinggi

Bidang pekerjaan dengan bayaran tinggi, salah satunya adalah untuk bidang seni kreatif dan desain. Tidak hanya sebagai karyawan di bidang seni kreatif, kamu akan dibayar tinggi juga jika kamu memilih bekerja sebagai freelance dalam bidang tersebut. Dilansir dari payscale.com untuk Australia, sebagai contoh gaji seorang Graphic designer saja memiliki gaji rata-rata sekitar AUD$ 50.662 atau jika dirupiahkan mencapai Rp. 539 juta pertahun atau Rp. 44 juta per bulan. Apa kamu berminat?

  • Belajar Seni dan Desain Meningkatkan Kemampuan dalam Bidang Lain

Tidak dipungkiri, dengan belajar seni kreatif dan desain, kemampuan kita dalam bidang lainya juga ikut meningkat. Seorang professor dari UCLA Graduate School of Education and Information Studies, bernama James Caterall, telah melakukan riset selama lebih dari 12 tahun kepada pelajar yang terlibat dalam materi visual art dan performing art.

  • Mempelajari berbagai jenis seni kreatif dengan kemampuan dasar yang lengkap seperti bernyanyi, menulis, desain grafis, seni visual dan lain sebagainya.

Professor Caterall mencatat bahwa, mempelajari seni kreatif desain dapat memberikan efek positif pada siswa tentang kemampuan sosial lainya, seperti kemampuan bertindak cepat, pemecahan masalah, analisis yang komplek, pemikiran kritis serta koordinasi antara anggota tubuh dari para siswa-siswi itu sendiri. Jadi, karir apapun yang akan dipilih nanti, akan selalu diuntungkan karena telah belajar seni kreatif dan desain terlebih dulu.

Bagaimana Spesialisasi Jurusan Seni Kreatif dan Desain di Australia?

jurusan kesenian di australia belajar tentang mural
Sumber: Pexel

Jurusan seni kreatif dan desain di Australia, ternyata memiliki banyak spesialisasi di dalamnya. Penting bagi kamu untuk mengetahui spesialisasi ini, agar kamu dapat menentukan minat dan bakat apa dalam bidang seni kreatif serta desain yang cocok dengan karakterisitik kamu. Berdasarkan dari data beberapa universitas di Australia yang membuka program jurusan seni kreatif dan desain, berikut ini spesialisasi yang ditawarkan:

  • Desain grafis
  • Visual grafis
  • Produksi film
  • Sejarah Seni
  • Fashion design
  • Seni dan Arsitektur
  • Fotografi
  • Animasi
  • Desain Game
  • Kesenian dan Kebudayaan
  • Musik
  • Penulis kreatif
  • Seni Sejarah dan Kurator
  • Desain interior

Sebagian besar dari spesialisasi jurusan seni kreatif dan desain ini adalah untuk program sarjana (S1). Sementara untuk program pascasarjana (S2) hanya jurusan seni kreatif dan desain secara umum.

Apa Saja Universitas Dengan Jurusan Seni Kreatif dan Desain Terbaik?

Australia menjadi Negara tujuan para calon mahasiswa dan mahasiswi internasional, termasuk dari Indonesia, untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Tujuanya, agar mendapatkan masa depan yang lebih baik sesuai dengan skill yang dimilikinya. Untuk itu, beberapa universitas terbaik di Australia tentunya sudah menerapkan standar yang tinggi, baik untuk program sarjana (S1) maupun pascasarjana (S2).

Berikut 10 Universitas terbaik untuk jurusan tersebut, di antaranya:

Berapa Biaya Kuliah di Jurusan Seni Kreatif dan Desain di Australia?

Biaya kuliah di Australia memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kuliah di Indonesia. Hal tersebut tergantung dari jurusan kuliah di Australia, yang kamu pilih. Untuk jurusan seni kreatif dan desain, kamu yang kuliah secara langsung, akan membayar biaya kuliah di Australia dalam rupiah sekitar Rp. 250 juta hingga Rp. 350 juta setiap tahunya. Biaya hidup di Australia juga tinggi, namun itu semua tergantung dari cara kamu menjalankan gaya hidup saat tinggal dan kuliah di Australia.

Berikut ini daftar biaya pendidikan di beberapa Universitas pada jurusan Seni dan Design di Australia per tahunnya.

Universitas

Biaya
Per tahun

Keterangan

Monash University

AUD $ 35,000 -38,0009,187.50 - 12,250
IDR 360 - 400 juta

Tergantung jurusan spesifik dan jumlah kredit yang diambil

Melbourne University

AUD $ 42,600
IDR 400 - 450 juta

Untuk semua jurusan Seni kreatif dan Desain

University of New South Wales

AUD $ 36,190 - 41, 680
IDR 370 - 440 juta

Tergantung jurusan spesifik dan jumlah kredit yang diambil

University of South Australia

AUD $ 31,000
IDR 320 - 330 juta

Untuk semua jurusan Seni kreatif dan Desain

University of Technology Sydney

AUD $ 18,130-19,960
IDR 190 - 200 juta

Tergantung jurusan spesifik dan jumlah kredit yang diambil

University of Sydney

AUD $ 35,000 - 40,0006,444
IDR 366 - 420 juta

Untuk semua jurusan Seni kreatif dan Desain

Bagaimana Persyaratan Masuk Kuliah Jurusan Seni Kreatif dan Desain di Australia?

Syarat masuk kuliah merupakan kunci utama bagi para calon mahasiswa dan mahasiswi, agar bisa kuliah di jurusan seni kreatif dan desain di Australia.

Secara umum, baik untuk program sarjana (bachelor degree) atau pascasarjana (master degree), memiliki syarat masuk yang hampir sama, terutama dalam nilai kemampuan bahasa inggris.

Namun, dalam jurusan seni kreatif dan desain di Australia, kamu yang akan memilih spesialisasi jurusan seperti musik, drama, fashion desaigner dan lainya, biasanya perlu untuk menyertakan portofolio khusus, terkait dengan spesialisasi jurusan yang dipilih tersebut. untuk lebih jelasnya, berikut syarat masuk kuliah jurusan art dan design di Australia:

Program Sarjana (S1)

Syarat masuk program sarjana untuk jurusan seni kreatif dan desain di Australia, kamu harus memiliki nilai akademi dan nilai kemampuan bahasa inggris yang maksimal, dengan nilai A. Untuk usia, siswa yang mendaftar kuliah di Australia harus sudah memasuki usia dewasa atau minimal berusia 18 tahun. kemampuan bahasa inggris IELTS yang diminta, minimal nilai 6.0 atau 6.5. Jangan lupa, jika memiliki portofolio yang sesuai dengan spesialisasi jurusan maka harus disertakan.

Program Pascasarjana (S2)

Kita ambil contoh di Universitas Griffith Australia, untuk program Master of Art kamu harus memiliki syarat masuk seperti:

  • Sudah lulus sarjana (S1) dari berbagai jurusan di Universitas yang ada di Australia atau universitas di Indonesia yang bekerja sama dengan universitas di Australia, dengan nilai GPA 4.0 (Scale 7.0).
  • Memiliki nilai kemampuan bahasa inggris IELTS dengan nilai minimum 6.5 atau sekurang-kurangnya bernilai 6.0.
  • Jika mengikuti TOEFL, maka nilai yang harus diperoleh adalah 575 untuk TOEFL PBT.

Bagaimana Biaya Hidup dan Akomodasi di Australia?

Biaya hidup dan akomodasi selama kuliah di Australia juga menjadi hal penting yang harus kamu persiapkan, jika memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Biaya –biaya ini biasanya meliputi biaya makan sehari-hari, biaya perjalanan, pulsa internet dan telepon, biaya listrik (jika memilih untuk kost) dan lainya. Perhitungkan juga jika selama masa libur kuliah, kamu memilih tinggal di Australia, maka akan membutuhkan budget extra yang lebih besar. Selengkapnya tentang biaya hidup dan akomodasi kuliah di Australia disini.

Apakah Perlu Visa Untuk Kuliah di Australia?

Selain memiliki passport, untuk kuliahkuliha di Luar Negeri, Anda harus memiliki visa ke Negara yang Anda tuju.

Sesuai dengan kebijakan Pemerintah Australia untuk mahasiswa Internasional diperlukan visa pelajar untuk kuliah di Negeri Kangguru tersebut. Ketika Anda sudah siap untuk kuliah di Australia, maka ini saatnya Anda untuk mengurus visa ke kedutaan besar Australia.

Anda harus menyerahkan semua dokumen pengajuan dalam bentuk bahasa Inggris, agar permohonan Anda bisa diproses. Berikut adalah dokumen yang harus Anda sediakan:

  • Surat penerimaan dari Universitas untuk berkuliah yang terdaftar di Commonwealth Register of Institutions of Courses (CRICOS) di Australia.

  • Stabilitas keuangan dalam jumlah tertentu, biasanya sekitar 200 juta rupiah sebagai bukti bahwa Anda mampu membayar biaya hidup untuk satu tahun pertama perkuliahan.

  • Membayar asuransi kesehatan siswa asing sebagai asuransi kesehatan, yang mana diharuskan untuk melengkapi saat melakukan medical check up.

  • Memiliki sertifikat IELTS.

  • Surat kelakuan baik dari kepolisian.

  • Format 157.

  • Pasfoto paspor sebanyak empat buah

Selengkapnya tentang visa pelajar ke Australia disini.

Adakah Kesempatan Untuk Kerja Setelah Lulus?

Mendapatkan gelar sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) dari jurusan seni kreatif dan desain di Australia, tentunya membuka kesempatan untuk bekerja di Australia maupun di Indonesia secara maksimal. Para lulusan arts and design ini bisa memiliki karir yang professional di bidang yang berhubungan dengan seni dan kreatifitas tentunya.

Sebagian besar dari lulusan internasional seni kreatif dan desain dari universitas di Australia, umumnya bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang seni dan kreatif, seperti museum dan galeri khusus. Selain itu, mereka juga banyak yang bekerja di perusahaan media yang populer, periklanan serta perusahaan yang mendukung seni dan desain lainya di Australia.

Berikut ini beberapa pekerjaan yang cocok untuk lulusan art dan design dari Australia :

  • Pekerjaan di bidang komunikasi, periklanan dan pertunjukan kesenian
  • Administrasi untuk kesenian dan budaya
  • Tenaga pendidik bidang kesenian dan pelatihan kesenian
  • Fotografi untuk periklanan dan jurnalis
  • Menulis kreatif, menulis kritik dan bekerja di penerbitan
  • Kurator dalam pengaturan festival atau museums
  • Industri entertain, teknologi dan multimedia
  • Pertunjukan teater, film dan produksi televisi
  • Ilustrator
  • Animator
  • Fashion Designer
  • Desainer interior
  • Bisnis di bidang clothing dan arts atau Food dan art

Apakah Anda merasa terbantu dengan panduan ini dan menjadi semakin tertarik untuk memilih kuliah Kreatif dan Kesenian di Australia? Jika Anda ingin berkonsultasi lebih jauh mengenai kuliah di luar negeri, jangan ragu untuk menghubungi EasyUni ya!

You might be interested in...