Cover Image

Kuliah Jurusan Ekonomi di Australia

Ingin menjadi lulusan sarjana dan pascasarjana jurusan ekonomi di Australia serta karir di bidang ekonomi?

Find your university


Sumber: Pixabay

Jurusan ekonomi merupakan salah satu jurusan kuliah yang dipercaya sebagian besar orang, bisa mengantarkan kita pada karir yang sukses dengan pendapatan yang maksimal.

Untuk mendapatkan pendidikan ekonomi terbaik, kuliah di luar negeri seperti di Australia, bisa menjadi langkah awal untuk menjadi profesional di bidang ekonomi yang berkualitas.

Kuliah jurusan ekonomi di Australia bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Lulusan ekonomi di luar negeri bahkan disebut sebagai profesi yang memiliki pendapatan tinggi per tahunnya.

Apa Itu Kuliah Ekonomi?

Ekonomi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana kita bisa mengalokasikan sumber daya yang ada dengan semaksimal mungkin. Disamping itu, ekonomi juga dapat memberikan wawasan baru mengenai isu pembangunan sosial ekonomi yang sedang terjadi saat ini.

Kuliah ekonomi memiliki cakupan yang luas, yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan. Mempelajari ekonomi, kita bisa belajar untuk membandingkan ide serta teori-teori ekonomi lama dengan kondisi ekonomi saat ini, baik secara lokal maupun global.

Baca juga: Serba-serbi jurusan ekonomi

Seperti kita ketahui, kondisi ekonomi saat ini akan terus mengalami perkembangan serta pergerakan yang dinamis. Perubahan di berbagai bidang akan banyak terjadi, khususnya dalam bidang keuangan dan kebijakan ekonomi di suatu Negara.

Era Globalisasi juga ikut memberikan dampak pada setiap perubahan tersebut, untuk itu beberapa orang yang memahami ekonomi tentunya harus lebih tepat dalam membuat kebijakan ekonomi tersebut.

Kuliah ekonomi di Australia, diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk menghasilkan para profesional di bidang ekonomi, yang memahami ekonomi secara spesifik untuk bekerja di sektor ekonomi dan bisnis.

Mengapa Kuliah Ekonomi di Australia?

Kuliah ekonomi di Australia dianggap memiliki keunggulan dibandingkan lokasi kuliah lainya di beberapa kawasan mancanegara.

Australia menawarkan program kuliah ekonomi untuk gelar sarjana ekonomi (S1) dan pascasarjana (S2) dengan kualifikasi yang tinggi secara akademis dan praktis.

Lokasi Negeri kangguru ini juga menjadi tujuan kuliah favorit bagi sebagian warga Negara Indonesia, mengingat lokasinya yang tidak terlalu jauh seperti Eropa dan Amerika.

Apa Alasan Kuliah Ekonomi di Australia?

Kuliah ekonomi di Australia merupakan salah satu jurusan yang lulusanya bisa memiliki pendapatan mencapai Rp. 900 juta per tahun.

Hal ini tentu sangat luar biasa, dan menjadi salah satu alasan mengapa banyak mahasiswa dan mahasiswi ingin kuliah ekonomi di Australia.

Adapun beberapa alasan lain yang membuat sebagian mahasiswa dan mahasiswi internasional ingin kuliah ekonomi di Australia, sebagai berikut:

  • Kesempatan Magang Kerja di Australia

Menjelang semester akhir nanti, jika jurusan ekonomi yang Anda pilih memiliki program kuliah magang, maka magang di beberapa perusahaan besar di Australia bisa jadi pengalaman yang tidak terlupakan. Selain mendapatkan ilmu tentang bekerja di bidang ekonomi, kita juga bisa mendapat rekomendasi untuk kesempatan kerja setelah lulus kuliah nanti.

  • Banyaknya Spesialisasi Ekonomi

Kuliah ekonomi di Australia memiliki cakupan yang luas dengan beberapa spesialisasi jurusan yang dapat membuat Anda lebih focus untuk mengejar karir yang sesuai. Beberapa spesialisasi seperti keuangan, manajemen dan bisnis merupakan spesialisasi yang tersedia dan jurusan terbaik dalam kuliah ekonomi di Australia.

  • Lulusanya Mudah Bekerja di Mana Saja

Baik di luar negeri seperti Australia, maupun di dalam negeri, pekerjaan untuk para lulusan ekonomi akan selalu tersedia di berbagai perusahaan. Sektor perbankan, pajak, hingga perusahaan ritel akan selalu membutuhkan lulusan jurusan ekonomi untuk menjadi tenaga keuangan, hingga tenaga akuntan di beberapa perusahaan tersebut.

  • Belajar Mengelola Keuangan Pribadi

Dasar yang paling penting dari kuliah ekonomi di Australia, tentunya membuat kita untuk belajar mengelola keuangan pribadi. Ilmu ekonomi juga merangkap ilmu manajemen dan akuntansi, dimana itu merupakan dasar untuk mengelola keuangan skala kecil (pribadi) dan perusahaan agar bisa dialokasikan sesuai dengan tempatnya.

  • Langkah Awal Menjadi Pebisnis

Kuliah ekonomi adalah hal yang cocok bagi Anda yang ingin menjadi seorang pebisnis. Dunia bisnis di tanah air akan terus mengalami perkembangan. Selain itu, calon konsumen di Negara kita juga selalu meningkat sehingga bisnis jenis apapun akan lebih mudah laku. Dengan bekal kuliah ekonomi di Australia, menjalankan bisnis tentu akan lebih mudah.

Apa Saja yang Dipelajari dari Kuliah Ekonomi di Australia?

Kuliah jurusan ekonomi di Australia akan mengajak Anda untuk mempelajari beberapa mata kuliah utama dan mata kuliah konsentrasi yang berkaitan dengan jurusan ekonomi.

Berikut ini beberapa mata kuliah yang umumnya dipelajari dalam jurusan ekonomi di Australia:

  • Pengantar Mikroekonomi

  • Metode kuantitatif 1

  • Laporan dan Analisis Akuntansi

  • Pengantar Makroekonomi

  • Prinsip –prinsip Keuangan

  • Dasar Organisasi

  • Mikroekonomi Lanjutan

  • Ekonometrik

  • Makroekonomi lanjutan

  • Statistik

  • Kalkulus

Beberapa mata kuliah di atas, merupakan mata kuliah umum yang akan dipelajari saat Anda sudah mulai memasuki masa kuliah ekonomi di Australia. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mengakses informasi mata kuliah di website masing-masing universitas yang Anda pilih.

Apa Saja Rekomendasi Universitas Terbaik Kuliah Ekonomi di Australia?

https://www.uts.edu.au/about/uts-business-school/economics

Australia yang sudah menjadi salah satu Negara favorit berbagai mahasiswa dan mahasiswi mancanegara untuk berkuliah, tentunya memiliki beberapa universitas terbaiknya untuk kuliah ekonomi.

Berikut ini urutan universitas terbaik di Australia untuk kuliah ekonomi, dilansir dari usnews.com :

  1. University of Melbourne, Melbourne

  2. Monash University, Victoria

  3. University of New South Wales, New South Wales

  4. University of Queensland, Queensland

  5. University of Sydney

  6. Australian National University

  7. University of Technology Sydney

  8. Deakin University

  9. Griffith University

  10. Queensland University of Technology

Apa Saja Persyaratan Masuk Kuliah Ekonomi di Australia?

Setelah Mengetahui secara umum mengenai kuliah jurusan ekonomi di Australia, saatnya Anda mengetahui tentang proses berikutnya yaitu mengetahui persyaratan masuk kuliah di jurusan ekonomi Australia.

Persyaratan masuk merupakan hal yang wajib untuk dilengkapi, sesuai dengan apa yang diberitahukan pihak kampus masing-masing yang telah Anda pilih. Apa saja syarat kuliah ekonomi di Australia, berikut uraianya

Program Sarjana (S1)

  • Minimal berusia 17 tahun dan sudah lulus dari sekolah menengah atas

  • Memiliki nilai minimal GCA Level sesuai standar universitas yang dipilih, atau nilai minimum ATAR sesuai standar Australia

  • Memiliki nilai IB (international Baccalaureate) lulusan diploma, minimal 2 point

  • Mata pelajaran Prerequisite VCE 3-4 unit (syarat ini bisa saja diminta pihak universitas)

  • Nilai kemampuan Bahasa Inggris IELTS minimal skor 6.0 atau TOEFL minimal skor di atas 577

Program Pascasarjana (S2)

  • Lulus sarjana dari jurusan ekonomi dan yang berhubungan dengan ekonomi dari universitas di Australia, dengan rata-rata nilai 75

  • Lulusan diploma jurusan ekonomi dengan rata-rata nilai 75

  • Kemampuan Bahasa inggris IELTS dengan skor minimal 6.5 atau TOEFL  minimal skor 570, jika Bahasa inggris bukan Bahasa utama

  • Memiliki pengalaman kerja di bidang ekonomi

Persyaratan kuliah untuk program sarjana (S1) maupun program pascasarjana (S2), biasanya berbeda-beda di setiap universitas. Namun, secara umum persyaratan kuliah di atas setidaknya harus dipenuhi terlebih dulu. Untuk informasi lebih lengkap mengenai persyaratan masuk kuliah ekonomi di Australia, silahkan kunjungi website universitas masing-masing.

Berapa Lama Durasi Kuliah Ekonomi di Australia?

Berbicara mengenai durasi kuliah ekonomi di Australia, tergantung dari program kuliah yang Anda ambil. Untuk program sarjana (S1) durasi kuliah yang ditempuh sekitar 3 tahun. Sedangkan untuk program pascasarjana (S2), durasi kuliah yang ditempuh sekitar 2 tahun.Adapun untuk biaya kuliah ekonomi di Australia, dapat Anda akses di situs universitas masing-masing, atau disini.

Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Ekonomi di Australia?

Setelah lulus dari program kuliah jurusan ekonomi di Australia, pastinya rencana para lulusan adalah bisa bekerja di bidang yang sesuai dengan pilihannya tersebut.

Penting untuk mengetahui prospek kerja lulusan ekonomi, agar Anda bisa lebih fokus dalam mengejar karir di bidang ekonomi dengan gaji yang maksimal.

Anda yang ingin menjadi pengusaha, teruslah memaksimalkan pelanggan agar setia terhadap produk dan jasa kita. Bidang pekerjaan untuk lulusan ekonomi, sebenarnya sangat luas cakupanya. Umumnya, lulusan ekonomi dari universitas di Australia bisa bekerja menjadi:

  1. Market Research Analyst, Bertugas untuk berpikir secara kritis untuk menganalisis suatu produk dan jasa serta memecahkan masalah dengan tim pemasaran di suatu perusahaan

  2. Konsultan Ekonomi, Bertugas dengan menggunakan penelitian dan analisisnya untuk bidang ekonomi secara keseluruhan, juga menolong organisasi ekonomi untuk meningkatkan kinerjanya dalam sektor ekonomi dan bisnis

  3. Ahli aktuaria, bertugas untuk menganalisis resiko di masa depan dan mempersiapkan perhitungan asuransi untuk klien

  4. Analis kredit, bertugas untuk menganalisis sektor mikro ekonomi dalam hal pinjaman kredit terhadap konsumen untuk kebutuhan bisnisnya

  5. Analis keuangan, Bertugas untuk melakukan analisis terhadap industry, stok produksi, hingga investasi yang akan berdampak pada pengambilan keputusan perusahaan

  6. Bisnis reporter, Bertugas untuk menjadi seorang penulis dan penyiar berita seputar bisnis dan ekonomi. Selain itu, juga harus paham dengan trend ekonomi, trend industry hingga pasar keuangan.

  7. Konsultan Manajemen, bertugas untuk memberikan pandangan serta nasihat terhadap berbagai kondisi perusahaan untuk membantu pihak manajemen dan melakukan tindakan yang tepat

Bagaimana Ekspektasi Gaji untuk Prospek Kerja Bidang Ekonomi?

Salah satu alasan mengapa banyak mahasiswa dan mahasiswi memilih kuliah program ekonomi di luar negeri, khususnya di Australia adalah kualitas pendidikan yang terbaik serta kesempatan karir di kancah internasional.

Anda bisa memilih untuk bekerja di Australia maupun di Negara asal, setelah lulus kuliah nanti. Lalu berapa ekspektasi gaji untuk profesi di bidang ekonomi? Dilansir dari the balance careers berikut ulasanya :

Bidang Pekerjaan

Gaji

Gaji Dalam Rupiah

Konsultan Manajemen (experience)

$ 93.440 per tahun

Rp. 110 jutaan per bulan

Reporter Bisnis (experience)

$ 70.000 per tahun

Rp. 82 jutaan per bulan

Ahli Aktuaria (experience)

$ 114.850 per tahun

Rp. 136 jutaan per bulan

Analis Keuangan (experience)

$ 99.430 per tahun

Rp. 117 jutaan per bulan

*Sesuai kurs rupiah bulan Maret 2019

Memilih kuliah jurusan ekonomi di Australia, sebaiknya berdasarkan passion Anda, bukan karena ingin kuliah di luar negeri dan mendapat gelar sarjana atau pascasarjana saja. Anda yang berminat dalam bidang bisnis, sangat cocok untuk mengambil kuliah ekonomi di Australia.



Demikian ulasan mengenai kuliah ekonomi di Australia secara umum, jika masih ada yang ingin ditanyakan, silahkan menghubungi tim kami EasyUni yang siap membantu memberikan informasi seputar kuliah di Australia serta persiapan lainya.

Advertisement

Universities with courses in Ekonomi

See more related universities

You might be interested in...

Advertisement

This website uses cookies to ensure you get the best experience. By using this site, you acknowledge that you have read and understand our Cookie Policy , Privacy Statement and Terms & Conditions .

Maximum 6 courses for comparison!

Chat on WhatsApp

Courses selected for comparison