Cover Image

Kuliah Jurusan Farmasi di Australia

Daftar program Farmasi dan studi terbaik di Australia

Find your university

kuliah jurusan farmasi

Perkenalan
Apa itu jurusan Farmasi?
Yang dipelajari dalam jurusan Farmasi
Alasan kuliah jurusan Farmasi
Biaya kuliah di Australia jurusan Farmasi
Universitas terbaik di Australia jurusan Farmasi
Persyaratan masuk universitas Australia jurusan Farmasi
Prospek kerja dan gaji lulusan Farmasi
FAQ atau Pertanyaan Umum

 

Apakah Anda termasuk yang tertarik dengan ide membantu orang banyak melalui obat-obatan yang sesuai dengan penyakit yang diderita? Atau Anda memiliki pandangan visioner untuk menciptakan obat baru untuk mengatasi wabah penyakit berbahaya mematikan di dunia?

Jika ya, jurusan farmasi bisa jadi pilihan jurusan kuliah yang sempurna untuk Anda.

Jurusan di bidang kesehatan ini tak hanya akan mempelajari struktur obat, tetapi Anda juga akan mendapat kesempatan ikut program penelitian obat-obatan yang dapat membantu jutaan orang lain yang sedang menderita penyakit tersebut. Keren kan?

Tertarik untuk kuliah farmasi di luar negeri? Australia bisa jadi pilihan negara yang menarik dan juga potensial lho! Berikut EasyUni kumpulkan informasi penting seputar kuliah farmasi di Australia yang bisa jadi referensi Anda.

 

Apa itu Jurusan Farmasi?

apa itu jurusan farmasi

Farmasi merupakan program studi dalam ilmu kesehatan yang berfokus pada obat-obatan, baik yang alami maupun sintetis. Jurusan farmasi ini merupakan ilmu interdisipliner karena berhubungan dengan ilmu lain, seperti biologi, kimia hingga manajemen.

Meski tak sepopuler jurusan kedokteran, namun farmasi juga tetap ramai peminatnya karena potensi karir menjanjikan di masa depan.

Selama perkuliahan, mahasiswa akan mempelajari berbagai hal mengenai obat-obatan, mulai dari riset untuk membuat obat baru, keamanan obat, mempelajari hubungan obat-obatan dengan tubuh dan juga nutrisi makanan hingga bagaimana memasarkan produk obat kepada masyarakat.

Selain itu mahasiswa juga akan belajar cara mengidentifikasi obat yang sesuai dengan penyakit yang diderita dan bagaimana penggunaan obat tersebut secara aman. Sisi bisnis dan hukum untuk industri obat-obatan juga akan dipelajari lho. Menarik, bukan!

Baca juga jurusan terkait: Apa Saja yang Dipelajari Dalam Jurusan Farmasi? 

 

Mata Kuliah apa saja yang Dipelajari pada Jurusan Farmasi?

apa yang dipelajari ilmu farmasi

Setiap universitas di Australia yang menawarkan jurusan farmasi tentunya memiliki kurikulum masing-masing yang bisa berbeda satu sama lain.

Oleh karena itu Anda sangat disarankan untuk mencari sebanyak mungkin informasi / referensi sebelum memilih universitas di Australia yang menawarkan jurusan ini.

Sebagai gambaran, berikut mata kuliah yang ditawarkan oleh jurusan farmasi di  Monash University untuk program S1 farmasi. 

Tahun

Semester 1

Semester 2

1

Professional Practise 1

How medicine work 1

How the body works

Professional practice II

How medicine work II

2

Professional Practice III

How medicine work III

Respiratory & gastrointestinal

Endocrinology & renal

Professional Practice IV

Cardiovascular

Dermatology & Pain

3

Professional Practice V

Mental Health

Microbiology & Infection

Neurology & ophthalmology

Critical Care

Inquiry & innovation

4

Inquiry & Innovation II

Professional Experiential placements

Haematology & Oncology

Transplants

Integrated Care

5

Applied pharmacy practice 1

Foundation practice 1

Applied pharmacy practice 2

Foundation practice 2

 

Mengapa Pilih Kuliah Farmasi di Australia?

kuliah farmasi di australia`

Calon mahasiswa asal Indonesia yang memilih untuk melanjutkan kuliah jurusan farmasi ke Australia memiliki alasan masing-masing mengapa memilih negara ini sebagai tujuan kuliah di luar negeri.

Beberapa alasan yang paling sering diutarakan adalah sebagai berikut:

1. Sistem pendidikan

Australia dikenal sebagai salah satu negara di dunia dengan sistem pendidikan terbaik yang terstruktur.

Mahasiswa asing pun dijamin mendapatkan pengalaman belajar yang komprehensif sesuai dengan jurusan yang dipilih. Selain itu sistem pendidikannya seimbang antara teori dan praktek di lapangan yang dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa.

2. Dukungan fasilitas modern

Untuk mendukung proses belajar dan juga penelitian di bidang obat-obatan, universitas di Australia yang menawarkan perkuliahan di bidang farmasi biasanya dilengkapi dengan laboratorium dan research center dengan peralatan lengkap dan modern.

Baca juga: Apa keuntungan kuliah di Australia?

3. Magang dan penempatan

Mahasiswa jurusan farmasi akan mendapat kesempatan untuk ditempatkan maupun terjun langsung ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya yang termasuk dalam kurikulum untuk mendapatkan first hand experience dalam mempraktekkan ilmu yang didapat selama kuliah.

4. Karir global

Lulusan farmasi dari Australia telah diakui di seluruh dunia, jadi Anda bisa menggunakan gelar Anda untuk mencari pekerjaan di luar Australia. Hal ini memungkinkan Anda untuk memiliki karir global jika ingin melamar kerja di mana saja sesuai kompetensi yang dimiliki.

5. Kesempatan kerja sambil kuliah

Australia memiliki aturan memperbolehkan mahasiswa asing untuk bekerja sampingan di sela waktu belajarnya di Australia dengan persyaratan tertentu dan jam kerja yang dibatasi. Bisa bekerja sambilan tentu menguntungkan karena Anda bisa mendapat pendapatan tambahan dan pengalaman kerja.

Baca juga: 11 Negara Ini Memberi Lulusannya Kesempatan Kerja Setelah Lulus!

 

Berapa Biaya Kuliah di Australia?

Biaya kuliah yang harus dibayar untuk pendidikan di Australia tergantung pada universitas yang dipilih.

Anda disarankan untuk selalu mengecek biaya kuliah secara rinci di universitas yang diinginkan karena terkadang biaya kuliah untuk mahasiswa asing memiliki perbedaan dan ada biaya-biaya lain yang harus dibayar.

Berikut ini merupakan perkiraan rata-rata biaya pendidikan untuk program gelar sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) di Australia bagi mahasiswa asing.

Kualifikasi

Dalam AUD (per Tahun)

dalam IDR (per Tahun)

S1

AUD 15.000 - 33.000

Rp 160 juta - 350 juta

S2

AUD 20.000 - 37.000

Rp 215 juta - 400 juta

Namun perlu diperhatikan pula untuk selalu menanyakan detail biaya kuliah di universitas tujuan agar semuanya jelas.

Biaya tersebut umumnya hanya merupakan biaya kuliah dan tidak termasuk biaya hidup. Biaya hidup yang dibutuhkan untuk kuliah di Amerika Serikat bergantung dari kota tempat universitas berada.

Baca juga:

 

Universitas Terbaik di Australia untuk Kuliah Farmasi

Australia termasuk salah satu negara terpopuler pilihan mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Negara ini terkenal dengan sistem pendidikannya yang baik serta lokasinya yang tak begitu jauh dari Indonesia.

Australia juga memiliki banyak universitas terbaik yang menawarkan kuliah di jurusan farmasi.

Dilansir dari QS World University Rankings 2019 berikut ini adalah 5 universitas terbaik di Australia yang menawarkan perkuliahan farmasi yang bisa jadi pilihan Anda ketika ingin kuliah di Australia. 

1. Monash University

monash university di australia

Monash University merupakan universitas swasta berbasis di Melbourne yang berdiri sejak 1958. Universitas ini merupakan universitas tertua kedua di negara bagian Victoria. Universitas ini memiliki banyak kampus, empat diantaranya berada di area Victoria (Clayton, Peninsula, Caulfield dan Parkville) dan satu kampus berada di Malaysia.

Monash juga memiliki pusat penelitian dan pembelajaran di Prato, Italia, graduate research school di Mumbai, India dan graduate school di Suzhou, China.

Universitas ini menawarkan perkuliahan di jurusan farmasi untuk level S1-S3 dan riset. Monash juga memiliki program kombinasi bachelor dan master of pharmacy yang pertama di Australia.

Untuk S1 terdapat pilihan program Pharmaceutical Science (Bachelor of Pharmaceutical Science/ Bachelor of Pharmaceutical Science (Advanced Honours)/ Bachelor of Pharmaceutical Science / Bachelor of Engineering) dan Pharmacy (Bachelor of Pharmacy (Honours) / Master of Pharmacy /Bachelor of Pharmacy (Honours) – untuk mahasiswa asing).

2. The University of Sydney

university of sydney di australia

Universitas ini yang telah berdiri sejak tahun 1850 ini merupakan universitas pertama di Australia dan juga universitas bergengsi di dunia. Universitas ini, beserta University of Melbourne masuk ke dalam kategori Sandstone University yang mengacu pada universitas tertua di Australia yang sudah ada sejak jaman kolonialisme.

Universitas ini menawarkan jurusan farmasi untuk semua level, yaitu Bachelor of Pharmacy and Management, Graduate Certificate in Pharmacy Practice, Master of Pharmacy, Master of Philosophy (Pharmacy) dan Doctor of Philosophy (Pharmacy).

3. The University of Queensland

university of queensland

Universitas negeri yang terletak di Queensland ini telah berdiri sejak tahun 1909 dan termasuk salah satu universitas Sandstone, sama seperti University of Sydney dan University of Melbourne.

Universitas yang juga masuk dalam kategori universitas terbaik dan bergengsi di Australia ini menawarkan perkuliahan di jurusan farmasi untuk jenjang S1 dengan program Bachelor of Pharmacy (Honours) dan S2 dengan program Master of Pharmaceutical Industry Practice. 

Berdasarkan Performance Ranking of Scientific Papers for World Universities, The University of Queensland menempati ranking pertama universitas di Australia untuk program S1 farmasi-nya.

4. The University of Melbourne

university of melbourne

Universitas nomor 1 di Australia ini terletak di Melbourne dan telah berdiri sejak tahun 1853. University of Melbourne juga menyandang status sebagai universitas kedua tertua di Australia. Kampus utama universitas ini berada di Parkville dan kampus-kampus lainnya terletak di daerah lain di wilayah Victoria.

Jurusan farmasi di universitas ini menawarkan program riset yang dapat berkontribusi terhadap pengobatan lanjutan berbagai penyakit, seperti diabetes, serangan jantung, asma, kanker dan sebagainya.

Tersedia dua gelar jurusan farmasi yang bisa dipilih di The University of Melbourne ini, yaitu Bachelor of Biomedicine dan Bachelor of Science.

5. The University of New South Wales (UNSW Sydney)

unsw di australia

Universitas swasta yang telah berdiri sejak tahun 1949 dan menempati urutan ke-4 universitas terbaik di Australia, urutan 45 di dunia dan urutan ke-2 di New South Wales berdasarkan penilaian 2018 QS World University Rankings.

UNSW ini merupakan pendiri Group of Eight, koalisi universitas di Australia yang berfokus pada penelitian dan Universitas 21, jaringan universitas penelitian di seluruh dunia. UNSW Sydney menawarkan program Master of Pharmaceutical Medicine bagi mahasiswa yang tertarik pada industri obat-obatan dan bioteknologi.

 

Bagaimana Persyaratan untuk Universitas di Australia?

Masing-masing universitas di Australia memiliki persyaratan yang berbeda-beda untuk dapat menerima mahasiswa baru di jurusan farmasi. Persyaratan ini bergantung kepada kebijakan masing-masing universitas.

Sarjana (S1)

Ujian Nasional

Lulus (jurusan IPA)

IELTS

Minimal 5.5 - 6.0 (overall band)

TOEFL

Minimal 550 (paper based) atau 80 (internet based)

Magister (S2)

Ijazah S1

IPK minimum 2.5 - 3.0

IELTS

Minimal 6.0 - 7.0 (overall band)

TOEFL

Minimal 575 (paper based) atau 85 (internet based)

Komponen lain yang penting sebagai persyaratan kuliah di luar negeri adalah Paspor dan visa pelajar yang wajib dimiliki.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proses pembuatan visa pelajar untuk kuliah di luar negeri, Silahkan mengunjungi website universitas pilihan Anda, atau bertanya langsung kepada tim EasyUni melalui aplikasi yang tersedia.

 

Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Jurusan Farmasi?

Sebagai info, lulusan jurusan farmasi tidak akan langsung menjadi apoteker secara default. Di Australia, untuk menjadi registered pharmacist Anda harus lulus mengikuti program training yang disupervisi dan Intern Training Program.

Selain itu mahasiswa asing yang ingin mendaftar registrasi juga harus memiliki skor IELTS 7,5 atau setara.

Jika Anda sudah mendapat status sebagai registered pharmacists di Australia, ada beberapa pilihan pekerjaan menarik yang bisa dipilih, seperti:

  • Specialist pharmacist

  • Primary care pharmacist

  • Hospital pharmacist

  • Community pharmacist

  • Compounding pharmacist

  • Poisons information specialist

  • Clinical trials pharmacist

  • Research and education

  • Industry sales and marketing

  • Manufacturing and quality control

  • Regulatory affairs


 

FAQ atau Pertanyaan Umum Seputar Jurusan Farmasi

1. Apakah farmasi termasuk jurusan favorit?

Dibanding pilihan jurusan lain di bidang kesehatan, seperti kedokteran atau keperawatan, farmasi  masih tergolong tetap ramai peminatnya dan memiliki potensi karir yang menjanjikan di masa depan. Jadi jangan khawatir jika Anda punya ketertarikan untuk kuliah di jurusan ini ya!

2. Apakah lulusan farmasi bisa langsung menjadi apoteker?

Tidak bisa. Lulusan jurusan ini masih harus mengikuti berbagai proses untuk bisa menjadi apoteker teregistrasi, baik di dalam maupun luar negeri.

3. Apakah lulusan farmasi hanya bisa bekerja di industri kesehatan?

Tidak. Dengan ilmu interdisipliner yang didapatkan selama perkuliahan, ada banyak industri yang bisa jadi pilihan karir yang menarik. Seperti misalnya industri kosmetik, makanan dan minuman, perusahaan farmasi, alat-alat kesehatan hingga badan pemerintahan dan pendidikan. 

Sudah siap untuk kuliah farmasi di Australia? Atau masih ingin tahu lebih lanjut mengenai informasi lengkap kuliah di Australia? Jangan ragu untuk menghubungi EasyUni jika Anda memiliki pertanyaan atau butuh referensi lebih banyak mengenai hal ini, ya! Konsultasi ini tidak dipungut biaya lho! 

Advertisement

Universities with courses in Farmasi

See more related universities

You might be interested in...

Advertisement

This website uses cookies to ensure you get the best experience. By using this site, you acknowledge that you have read and understand our Cookie Policy , Privacy Statement and Terms & Conditions .

Maximum 6 courses for comparison!

Chat on WhatsApp

Courses selected for comparison