Kuliah Jurusan Informatika dan Komputer di Australia

Jurusan teknologi informasi dan komputer di Australia dan apa saja yang perlu diketahui tentang kuliah IT untuk kamu yang berminat kuliah di Australia.
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Kuliah di Australia

Apa itu Jurusan Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

Teknologi Informasi identik dengan penggunaan komputer, sebagai point utama untuk mengatasi suatu masalah dalam bidang tertentu, terutama dalam bidang bisnis. Banyak ahli IT yang memiliki skill mumpuni, lebih memfokuskan pembelajaran untuk memahami prinsip serta teknik dalam dunia IT termasuk dalam hal pemeliharaan komputer, desain, analysis dan lainya, yang berkaitan dengan lingkungan bisnis.

Teknologi Informasi merupakan hal yang berkaitan dengan komputer, software,  proses dan transmit data. Tetapi seiring berkembangnya teknologi, banyak aspek lainya yang juga membutuhkan teknologi informasi. Hal-hal yang sering kita temukan saat ini dan berkaitan dengan teknologi informasi seperti desain games, komputer yang berinteraksi dengan manusia, forensic cyber, informasi keamanan dan manajemen perusahaan, hingga media digital, semuanya dapat berjalan dengan adanya sistem informasi.

Subjek yang Dipelajari Untuk Kuliah Jurusan IT

Ilmu komputer dan teknologi informasi, memiliki perbedaan, namun keduanya akan dipelajari sebagai suatu kesatuan dalam jurusan sistem informasi atau jurusan informatika ini. Dalam ilmu komputer, kita mempelajari bagaimana mendesain, perakitan komputer dan penggunaan komputer itu sendiri serta bagaimana sistem komputer bisa berjalan.

Para siswa di jurusan IT di luar negeri, kebanyakan akan belajar mengenai seluk beluk komputer secara rinci, pengetahuan ilmiah tentang komputer serta kemampuan untuk mengerti matematika komputer seperti mendesain dan membuat web hingga mengembangkan software. Sementara untuk sisi teknologi informasinya, akan dipelajari mengenai:

  • Software bisnis
  • Sistem analis dan desain bisnis
  • Informasi keamanan
  • Project manajemen
  • Bagian bisnis yang berhubungan dengan SIM (Sistem Informasi Manajemen)

Alasan Kuliah Ilmu komputer dan IT di Australia

Bagi kamu yang sedang mempertimbangkan untuk kuliah di luar negeri, mengambil jurusan sistem informasi atau jurusan IT, maka dibutuhkan informasi lebih lanjut mengenai jurusan tersebut, agar kamu lebih yakin untuk mengambil gelar sarjana S1 komputer di luar negeri, seperti di Australia misalnya. Kaum pria biasanya memiliki minat yang cukup tinggi terhadap jurusan IT ini.

Kabar baiknya, beberapa universitas di Australia menawarkan program pendidikan untuk pelajar dari berbagai Negara, mengenai jurusan teknologi informasi yang memiliki prospek kerja yang menjanjikan di masa depan. Ini adalah  keuntungan yang bisa kamu dapatkan, jika  kuliah di jurusan IT di Australia :

Era Digital Membutuhkan Ilmu Komputer

Saat ini, sudah zamanya serba digital.  Program –program komputer sepertinya menyusup dalam kehidupan kita saat ini. Ilmu komputer, baik itu mengenai desain, pengembangan dan pembuatan software serta hardware, semuanya diperlukan dan digunakan untuk mempermudah kehidupan sehari-hari. Komponen tersebut terdengar sangat penting untuk kita. Sebab itu, ilmu komputer dan IT diperlukan.

Lulusan Jurusan IT Punya Prospek Kerja yang Baik

Tidak usah diragukan lagi, lulusan dari jurusan system informasi dan ilmu komputer dari Australia,  akan memiliki prospek kerja lulusan sistem informasi, di perusahaan IT terbaik dan terkenal seperti Microsoft dan Google misalnya. Rata-rata lulusan jurusan IT ini dapat mulai bekerja setelah 6 bulan lulus dari universitas. Saat ini, banyak usaha startup di tanah air maupun di luar negeri yang bergerak di bidang IT. Hal tersebut tentunya bisa jadi kesempatan karir yang bagus untuk kamu yang telah lulus jurusan IT.

Ilmu Komputer dan IT memberikan Pendapatan yang Besar
Banyaknya permintaan tenaga kerja dalam bidang teknologi informasi saat ini, menjadikan pendapatan yang diterima mereka sepadan dengan permintaan tersebut. Sering kita mendengar bahwa seorang programmer yang bekerja di perusahaan startup IT saja, bisa menerima gaji diatas Rp. 10 juta, apalagi jika dia memiliki skill komputer dan IT yang baik dari universitas luar negeri, pendapatanya akan lebih tinggi.

Industri juga Membutuhkan Ilmu Komputer

Tidak hanya perusahaan yang bergerak di bidang IT saja, sektor industri saat ini juga memerlukan ilmu komputer dan komponen komputer lainya, agar tetap bisa bekerja dengan efektif dan efisien. Permasalah dalam Industri  kesehatan, teknik, transportasi, retail, fashion dapat terpecahkan dengan mudah melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Karir Global

Untuk lulusan dari jurusan teknik informatika dan jurusan IT dari Australia, mereka akan mendapatkan kesempatan karir yang bersifat global. Mereka dapat bekerja di berbagai Negara, dengan perbedaan budaya dan potensi teknologi informasi yang ada. Mereka dapat mengembangkan jaringan internasional, untuk sebuah perubahan baru di masa depan.

Mendapatkan Uang Tambahan Ketika Kuliah

Karena bidang IT adalah yang sangat dibutuhkan di era digital ini, kamu sudah bisa memulai bekerja , bahkan saat kamu masih kuliah di jurusan IT tersebut. Jadilah seorang freelance di bidang IT, karena banyak pekerjaan sampingan yang membutuhkan jasa seorang IT saat ini. Jika kamu sudah faham tentang merakit komputer dan memperbaiknya, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari memperbaiki komputer milik teman, keluarga atau disekitar tempat kuliahmu sendiri.

Orang-orang Keren Bekerja di Bidang IT

Biasanya, pekerjaan dalam bidang teknologi informasi identik dengan hal yang “keren” yang disukai anak muda saat ini. Sebut saja perangkat gadget yang lengkap dan kekinian, seperti laptop macbook, smartphone terbaru, banyak layar komputer yang digunakan, canggihnya software-software yang diciptakan, hal tersebut sangat “keren” untuk kaum muda. Itulah sebabnya, mereka berminta dengan bidang jurusan teknik informatika semacam ini.

Universitas Terbaik Jurusan Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi di Australia

Lulusan terbaik dari jurusan IT tentunya merupakan lulusan dari universitas yang juga  memiliki rating baik dan memberikan perkuliahan yang berkualitas serta berguna di masa yang akan datang. Melengkapi mahasiswa dan mahasiswinya dengan pembelajaran secara langsung dan memfasilitasi kemudahan dalam pembelajaran di jurusan IT ini. berikut ini beberapa universitas yang recommended untuk dipilih dan membuka program kuliah jurusan ilmu komputer dan IT:

  • La Trobe University
  • University Of Technology Sydney
  • Jamescook University Australia
  • Charles Sturt University
  • University Of Canberra
  • Torrens University Autralia
  • Charles Darwin University
  • Edith Cowan University
  • Western Sydney University
  • CQ University Australia
  • University Of Tasmania Australia
  • Queensland University Of Technology
  • Murdoch University
  • Deakin University
  • Curtin University

Biaya Pendidikan ProgramSarjana (S1) dan Pascasarjana (S2)

Biaya pendidikan kuliah di Australia, untuk meraih gelar  sarjana S1 ilmu komputer dan teknologi informasi memiliki dua kategori. Kategori pertama adalah biaya pendidikan (tuition fees) untuk mahasiswa yang merupakan warga asli Australia dan New Zeland. Kategori kedua adalah mahasiswa internasional dari berbagai Negara di luar Australia, seperti Indonesia. Kamu yang berminat untuk kuliah jurusan IT ini di Australia, sebaiknya perhatikan biaya pendidikan ini, agar proses kuliah dapat diselesaikan dengan baik.  

Program Sarjana (S1)

Jumlah nominal yang dibayarkan, untuk siswa internasional bisa lebih rendah, dibandingkan  siswa yang merupakan penduduk asli Australia, Namun biasanya disesuaikan dengan keadaan ekonomi masing-masing negara. Syarat untuk dapat membayar uang pendidikan ini adalah telah menyelesaikan 80 credit point, atau 80 SKS. Seperti yang diberlakukan oleh salah satu universitas di Australia yaitu Charles Darwin University.

Kampus ini akan mengenakan biaya pendidikan kepada mahasiswa internasional, setiap tahunya, setelah mahasiswa tersebut menyelesaikan perkuliahan sebanyak 80 SKS (credit point). Biaya pendidikan yang dikenakan untuk program S1 jurusan IT di universitas ini sekitar AUD$ 21.032 per tahun, atau setara dengan Rp. 224 juta.

Program Pascasarjana (S2)

Biaya pendidikan untuk melanjutkan kuliah di jurusan S2 ilmu komputer dan teknologi informasi, juga diperhitungkan setiap tahunya. Mengambil contoh dari program master (S2) yang ditawarkan Queensland University Australia, biaya pendidikan untuk program pascasarjana jurusan IT ini pertahunya AUD$ 36.688 hingga AUD $56.133 atau setara dengan  Rp. 390 juta hingga Rp. 597 juta (tergantung SKS yang diambil).

Biaya pendidikan ini memiliki perbedaan rate  dari setiap negara. Biaya pendidikan tersebut umumnya belum termasuk biaya visa, asuransi kesehatan, buku-buku panduan kuliah, kursus  dan lainya.

Syarat Masuk Jurusan Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi di Australia

Untuk dapat menempuh pendidikan di jurusan IT atau jurusan informatika di salah universitas di Australia, maka ada beberapa syarat standar yang wajib dipenuhi oleh calon mahasiswa baru untuk program sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2). Masing-masing universitas yang membuka program jurusan IT ini mungkin memiliki persyaratan yang berbeda, namun umumnya syarat wajib ini seperti:

Program Sarjana (S1)

  • Lulus kelas 12 atau sekolah menengah atas (Indonesia), dengan nilai matematika B.
  • Memenuhi nilai masuk universitas terkait (tergantung kebijakan pihak universitas)
  • Nilai kemampuan bahasa IELTS keseluruhan 6.5, atau nilai tes kemampuan bahasa inggris lainya yang berlaku dengan nilai terbaik
  • Visa pelajar yang sudah disahkan oleh pemerintah Australia untuk siswa internasional

Program Pascasarjana (S2)

  • Untuk melanjutkan kuliah jurusan sistem informasi dan meraih gelar master di Australia, syarat utamanya adalah :
  • Lulus dari salah satu universitas di Australia dengan jurusan yang sama (Ilmu komputer dan IT) dengan nilai H2B atau 80
  • Nilai kemampuan bahasa inggris IELTS dengan score keseluruhan 6.5

Biaya Hidup dan Akomodasi Kuliah Jurusan IT di Australia

Kamu sudah melihat mengenai biaya pendidikan yang diperlukan untuk masuk dan kuliah di jurusan sistem informasi atau jurusan IT di Australia. Perlu diperhatikan bahwa biaya pendidikan yang sudah dibahas sebelumya, belum termasuk dengan biaya hidup sehari-hari, transportasi dan akomodasi lainya yang diperlukan. Yang pasti, biaya sehari-hari untuk menjalani kuliah di Australia tergantung pada gaya hidup kamu. Jika ingin berhemat maka kamu bisa melakukanya. Simak selengkapnya disini.

Proses Visa Pelajar Untuk Kuliah di Australia

Visa merupakan salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa dari luar Negara Australia, termasuk dari Indonesia. Agar proses kuliah di Australia menjadi lancar, sebaiknya kamu pastikan sudah mendapatkan surat pemberitahuan atau surat elektronik dari pihak universitas terkait di Australia, yang sudah meloloskan kamu dan memberitahu agar melakukan registrasi secepatnya dalam kurun waktu tertentu. Selengkapnya tentang visa pelajar simak disini: Kuliah di Australia.

Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi di Australia

Salah satu hal yang sering ditanyakan oleh calon mahasiswa, yang akan melanjutkan kuliah ke luar negeri dan mengambil jurusan IT adalah prospek kerja lulusan sistem informasi dan ilmu komputer. Jika prospek kerjanya menjanjikan, mereka biasanya tidak akan ragu lagi dalam memilih jurusan informatika dan ilmu komputer untuk tahap pertamanya.

Berikut ini adalah beberapa prospek kerja untuk lulusan sistem informasi atau IT dari Australia:

  • Programmer. Menjadi programmer dengan rating gaji yang tinggi, rupanya banyak diminati oleh para lulusan jurusan IT di Australia. Programmer adalah pembuat program yang merupakan perangkat lunak dari sebuah komputer. Selain itu, program yang diciptakan harus memudahkan fungsi atau pekerjaan tertentu. Programmer dibutuhkan di banyak sektor, seperti industri, perbankan, media, bisnis dan lainya.
  • Konsultan IT. Lulus dari jurusan sistem informasi, jurusan informatika atau jurusan IT seharusnya sudah mendalami bidang-bidang tersebut. Jika sudah ahli dan memahami teori-teori dan membuat program yang berbasis komputer dan mudah untuk dijalankan. Kamu bisa memilih menjadi seorang IT Konsultan. Kamu dapat membantu perusahaan startup yang banyak sekali muncul di tanah air saat ini, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan berbasis teknologi informasi dalam perusahaan terkait.
  • Game Developer. Seorang ahli teknik informatika dari lulusan ilmu komputer dan IT, biasanya sudah memiliki pengetahuan mengenai komputer grafis. Game developer adalah pekerjaan yang cocok dan mendatangkan penghasilan yang cukup tinggi, bagi kamu yang memahami seluk beluk komputer grafis dan dunia IT ini.
  • Computer Network. Seorang computer network juga banyak dipilih oleh para lulusan IT dari jurusan informatika. Tugas seorang CN adalah merakit jaringan komputer pada suatu lembaga atau organisasi. Mereka juga bertugas untuk melakukan maintance atau perawatan pada jaringan komputer yang dibuat. Pendapatan dari seorang CN tentunya cukup menggiurkan juga, sepadan dengan tugasnya yang cukup rumit.
  • Web Administrator. Jurusan sistem informasi identik dengan website. Website merupakan karya dari teknologi informatika dengan komputer grafis yang ternyat banyak manfaatnya untuk para pengguna. Website juga menjadi media penghubung antar market dan penjuanya di dunia bisnis. Website yang baik adalah yang dirancang secantik mungkin dan serumit mungkin, untuk tampil beda dan berhasil mengajak pengunjung website lebih banyak. menjadi web administrator tentunya pekerjaan yang membutuhkan ketelitian tinggi, kreatif dan pantang menyerah.
  • Software Engineer. Tidak jauh berbeda dengan seorang programmer, Software engineer  ternyata pekerjaan yang cukup menjanjikan, mengingat saat ini semua sektor dalam kehidupan memerlukan program ini untuk mempermudah aktifitas mereka. Software engineer bertugas membuat dan mengembangkan perangkat lunak, sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat dalam bidang tertentu. Pekerjaan seperti ini tentu memiliki penghasilan yang tinggi juga.

Menjadi seorang ahli dalam bidang teknologi dan informasi lulusan luar negeri, tentunya memberikan kebanggaan tersendiri untuk kamu dan orang tua.  Ilmu yang didapatkan juga akan lebih bermanfaat ketika kamu bisa terjun langsung dalam dunia pekerjaan yang berhubungan dengan jurusan sistem informasi atau jurusan informatika di masa yang akan datang.

Persiapkan dengan sungguh-sungguh dari sekarang, jika kamu ingin kuliah ilmu komputer dan teknologi informasi di Australia. Silahkan menghubungi tim EasyUni jika ada hal penting lainya yang ingin ditanyakan. Kami siap membantu!

Hubungi kami sekarang!

m.me/easyuni
halo@easyuni.co.id
02129264124
0812-80472845

You might be interested in...