Kuliah Hubungan Internasional di Malaysia

Seiring dengan meningkatnya hubungan antar negara di bidang perdagangan dan bisnis, jurusan Hubungan Internasional semakin menarik perhatian
Share on Facebook Twitter WhatsApp

tengok lingkungan kerja lulusan jurusan hubungan internasional
Sumber: Infoplease.com

Sebenarnya, Apa itu Jurusan International Relation?

Jurusan International Relation ini sebenarnya adalah jurusan studi yang melibatkan bidang ekonomi, politik, sains, dan topik sosial lainnya seperti hak asasi, kemiskinan, dan globalisasi.

Pada jurusan ini anda akan mempelajari tentang hubungan antarnegara, organisasi pemerintahan internasional dan non-internasional, kebijakan antarnegara, serta lainnya.

International Relation sejatinya telah ada sejak 395 sebelum masehi, namun baru ditegaskan pada awal abad ke-20.

International Relations, Studi Internasional, Ilmu Politik Internasional; Sama atau Berbeda?

Jawabannya adalah: Berbeda.

International Relation sejatinya bergantung pada bidang ekonomi, sosiologi, geografi, hukum internasional, sejarah, budaya, serta lainnya untuk mempelajari hubungan antar negara, kebijakan internasional, serta masalah sosialnya.

Sementara itu, Ilmu Politik Internasional adalah ilmu yang lebih spesifik mengenai pola tindakan suatu negara sebagai respon/reaksi terhadap negara lain.

Simpel-nya, Ilmu Politik Internasional hanya mempelajari mengenai hubungan diplomasi dan politik antarnegara.

Nah, untuk Studi Internasional sendiri bisa diartikan dengan ilmu mengenai masyarakat, budaya, serta sistem pemerintahan di dunia.

Mengapa mengambil International Relation di Malaysia?

Sebelum anda menentukan dimana anda akan berkuliah, tentunya anda sudah pasti dengan jurusan yang anda pilih, agar bisa menyesuaikan dengan pilihan tempat kuliah atau kampus terbaik untuk jurusan tersebut.

Di Malaysia, ada banyak universitas lokal dan internasional yang menawarkan jurusan ini. Namun apa yang membuat kuliah International Relation di Malaysia berbeda?

Berikut adalah alasan untuk mengambil jurusan International Relation di Malaysia:

  • Mengembangkan sudut pandang anda: Mempelajari International Relation berarti anda akan mengerti mengenai susunan hubungan antarnegara. Hal ini membuat anda berkesempatan untuk memperbesar sudut pandang anda terhadap isu-isu yang ada dengan lanskap internasional.

  • Berkesempatan mempelajari struktur pemerintahan Malaysia: Dengan berkuliah di Malaysia, tentu saja anda juga akan mempelajari hubungan internasional Malaysia, bukan Indonesia. Dengan begini, anda memiliki kesempatan untuk mempelajari secara detail mengenai hubungan antara Malaysia dengan negara-negara lainya. Sisi baiknya, anda bisa menambah wawasan mengenai international relation negara lain (Malaysia) secara detail.

  • Berkesempatan untuk menghemat 1 tahun: Berkuliah di Malaysia memberikan anda keuntungan lainnya, yakni anda bisa menghemat waktu selama 1 tahun karena kebanyakan jurusan-jurusan yang ditawarkan pada umumnya hanya memerlukan durasi 3 tahun untuk sampai ke pendidikan tingkat S1 termasuk jurusan International Relation ini.

Jika Mengambil Jurusan International Relation di Malaysia, Apa yang Akan Saya Pelajari?

Jika anda juga penasaran dengan program akademik, mari kita bicarakan soal mata kuliah yang akan diambil. Dalam jurusan International Relation, dibawah ini ialah garis besar mengenai mata kuliah apa saja yang akan dipelajari.

  • Hubungan Etnik

  • Kewirausahaan

  • Literasi Informasi

  • Keterlibatan Sosial

  • Ilmu sosial

  • Kemanusiaan

  • Media Massa

  • Ilmu Ekonomi

  • Ilmu Politik

Setelah mempelajari mata kuliah diatas, masih ada lagi mata kuliah lainnya yang lebih spesifik mengenai masing-masing topik. Contohnya:

  • Riset Ilmu Sosial

  • Ekonomi Politik Global dan Perkembangan Internasional

  • Peraturan Ekonomi Kontemporer

  • Media dan Komunikasi

  • Permasalahan Sosial

  • Peraturan dan Persuasi

  • Kewarganegaraan

  • Komunikasi Politik, Public Relation dan Propaganda

Mata kuliah tersebut diatas adalah program akademik yang umumnya tersedia di setiap universitas yang menyediakan program International Relation.

Sedangkan untuk urutan mata kuliah, serta mata kuliah lanjutan yang tersedia di setiap universitas biasanya berbeda di setiap universitas, tergantung dengan modul kuliah yang ditentukan.

Apa Saja Prospek Kerja Lulusan International Relation?

prospek jurusan hubungan internasional sebagai konsultan asing
Sumber: Pixabay

Setelah membaca sejauh ini, tentunya anda ingin mengetahui prospek kerja di jurusan International Relation. Dengan gambaran basic mengenai apa saja modul yang dipelajari di jurusan ini, dibawah ini adalah beberapa karir bidang International Relation:

  • Petugas Diplomat (Kedutaan besar & Kementerian Luar Negeri) yang biasanya bekerja sebagai representatif Republik Indonesia di Luar Negeri.

  • Intelligence Analyst (Analis Intelijen) yang biasanya bekerja menganalisis kondisi kasus/masalah yang ber-lanskap internasional.

  • Konsultan Humas yang biasanya bekerja sebagai jembatan komunikasi antara pemerintah serta masyarakat.

  • Pekerja International Aid (Bantuan Internasional) yang biasanya ikut membantu dalam perpindahan sumber daya dari suatu negara ke negara lain dengan sukarela.

  • Staf Kedutaan yang bertugas untuk memantau dan melaporkan iklim politik negara tujuan pada pemerintah negara asalnya sebelum bepergian ke negara tersebut.

  • Konsultan International yang bertugas untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait prospek aktivitas tersebut di skala internasional

Selain karir atau pilihan kerja diatas, masih ada lagi opsi kerja lainnya sesuai dengan pengetahuan yang sudah didapatkan saat proses belajar hubungan internasional.

Selain itu, gaji untuk setiap petugas diplomat, duta besar, dan kemenlu sendiri biasanya bervariasi sesuai dengan posisi/ jabatan masing-masing, serta lokasi penempatan kerjanya.

Universitas Apa saja di Malaysia yang Menawarkan Jurusan International Relation?

Setelah menimbang-nimbang serta mengetahui pengertian dari International Relation, apa saja yang akan dipelajari di jurusan ini, dan beberapa karir bidang International Relation inilah saatnya anda mengetahui beberapa universitas terbaik yang menawarkan jurusan tersebut:

Jumlah universitas yang menawarkan jurusan ini tidaklah sebanyak di Indonesia. Sebagai alternatif, anda bisa mempertimbangkan jurusan seperti Human Sciences yang juga mengerucutkan ilmu tersebut di pilihan tahun terakhirnya.

Semua kampus di atas ini merupakan campuran universitas negeri dan swasta yang berlokasi di Malaysia Barat yang terletak dekat dengan pulau Sumatra.

Beberapa universitas tersebut mengajar dalam bahasa inggris dan beberapa lainnya dengan bahasa melayu. Dan jangan lupa juga untuk memastikan universitas terbaik pilihan anda memang menerima international student!

Gampangnya, kamu bisa menghubungi EasyUni untuk bertanya-tanya.

Berapa Biaya Kuliah yang Harus Dipersiapkan untuk Berkuliah di Malaysia?

Nah, setelah anda mantap untuk berkuliah International Relation di Malaysia, tentunya anda juga ingin mengetahui berapa sih biaya yang harus anda siapkan untuk menyelesaikan kuliah anda di Malaysia.

Meskipun biaya kuliah di Malaysia lebih mahal jika dibandingkan dengan universitas pada umumnya di Indonesia, tentunya kualitas serta kuantitas pengetahuan yang akan anda dapatkan akan setara dengan harga yang anda bayar.

Selain itu anda juga dapat mempercepat setahun durasi kuliah anda dibandingkan dengan 4 tahun yang harus anda tempuh saat berkuliah di Indonesia untuk sampai di jenjang sarjana.

Biaya kuliah tersebut juga bervariasi sesuai dengan universitas yang kamu pilih. Dan juga jangan lupa bahwa akan ada perbedaan biaya kuliah antara universitas negeri dan swasta. Dibawah ini adalah kisaran biaya kuliah di bidang International Relations per tahunnya:

Tingkat Pendidikan Universitas Negeri Universitas Swasta
Diploma (D3) - 79 jt
Bachelor (S1) IDR 45 jt 146 jt
Master (S2) 51 jt 194 jt

Sumber: Monash University, University of Nottingham, University of Malaya, & UiTM Malaysia

Biaya kuliah di atas hanyalah perkiraan dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai peraturan dan kebijakan yang berlaku. Jika ingin tahu biaya pastinya untuk universitas pilihan anda, hubungi langsung EasyUni.

Dokumen-dokumen apa saja yang diperlukan untuk memenuhi syarat berkuliah di Malaysia?

Sama dengan mendaftar ke universitas-universitas di Indonesia, mendaftar kuliah di Malaysia pun harus dibarengi dengan dokumen-dokumen sebagai persyaratan kuliah. Persyaratan kuliah untuk warga asing pun berbeda dengan warga Malaysia sendiri.

Berikut persyaratan yang dibutuhkan untuk berkuliah di Malaysia:

Sarjana (S1)

  • Fotokopi paspor (identitas + semua halaman)

  • Transkrip nilai Ujian Akhir/ Ujian Nasional SMA

  • Sertifikat bahasa Inggris dengan skor min. -- IELTS: 5.5 - 6.0, TOEFL: 60-78 (iBT), 450 - 500 (PBT), 190-213 (CBT)

Magister (S2)

  • Fotokopi paspor (identitas + semua halaman)

  • Transkrip nilai hasil program S1

  • Sertifikat bahasa Inggris dengan skor min. -- IELTS: 6.5 - 7.0, TOEFL: 563 dan TOEFL minimum 550 - 613 (PBT), 79 - 103 (iBT), 213 - 240 (CBT)

Meskipun kami sudah menjelaskan dokumen persyaratan pendaftaran di atas, tentunya dokumen persyaratan di setiap universitas akan berbeda-beda. Kalau anda ingin tahu lebih lanjut mengenai persyaratannya, kamu bisa klik disini.

Bagaimana Proses pengajuan Visa untuk Berkuliah di Malaysia?

Syarat utama untuk berkuliah di Malaysia untuk warga asing adalah kepemilikan paspor. Setelah memiliki paspor tentunya langkah pertama untuk berkuliah di Malaysia sudah terpenuhi.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu juga diminta untuk memiliki Visa atau student pass yang berisi keterangan bahwa anda tinggal di Malaysia dalam jangka waktu lama sebagai student.

Langkah pertama pengajuan visa adalah dengan mendapatkan surat penerimaan dari institusi kuliah pilihanmu. Dengan begitu surat ini akan digunakan untuk pengajuan VDR (Visa Dengan Rujukan) ke kedubes Malaysia yang ada di Indonesia sebagai Single Entry Visa menuju Malaysia yang berlaku selama 3 bulan. VDR ini bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 800 ribu.

Setelah anda sampai di Malaysia, anda akan diminta untuk mengumpulkan paspor oleh pihak universitas anda, dimana mereka akan melakukan pengajuan Visa Pelajar (Student Pass) sebagai Multiple Entry Visa untuk anda. Pada saat ini anda hanya perlu mengumpulkan dokumen sesuai yang diminta.

Berapa Lama Durasi yang Diperlukan untuk Pendaftaran Mahasiswa Baru di Malaysia?

Proses pendaftaran mahasiswa baru dapat dilakukan secara online melalui situs resmi dari universitas pilihan anda. Untuk mengantisipasi situasi agar anda bisa menyelesaikan pendaftaran tepat waktu, anda bisa melakukan pendaftaran dari sekarang hingga Juni 2019. Namun jangan lupa ya, setiap universitas memiliki periode semester yang berbeda-beda.


Kalau informasi yang diinginkan tidak dapat anda temui, jangan segan-segan untuk menghubungi kami.

You might be interested in...