Kuliah Teknik Pertambangan Minyak dan Gas di Malaysia

Sebagai rumah tamu kekayaan bumi alam yang banyak, peminatan jurusan pertambangan & perminyakan tak akan pernah habis di Indonesia…
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Pilihan jurusan teknik pertambangan dan perminyakan
Sumber: Bandtechgroup

Pertambangan, minyak dan gas merupakan sumber daya alam yang terus dimanfaatkan dan dikembangkan oleh beberapa negara, sebagai sumber kehidupan yang harus dikelola agar tetap bermanfaat untuk negara. Sesuai dengan analisa dari Deloitte, harga minyak dunia yang terus fluktuatif di pasar internasional tidak menutup kemungkinan ladang pekerjaan yang ada di tanah air.

Baik Indonesia dan Malaysia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam berlimpah, termasuk pertambangan, minyak dan gas nya. Untuk itu, diperlukan sumber daya manusia yang mampu untuk mempertahankan dan mengolah komoditas penting ini sepanjang tahun.

Mengenai Teknik Pertambangan Minyak dan Gas di Malaysia


yang dihadapi siswa jurusan pertambangan dan perminyakan
Sumber: Pixabay

Untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu mengolah sumber daya alam bidang pertambangan minyak dan gas ini, maka kuliah jurusan teknik pertambangan minyak dan gas banyak ditawarkan di negeri jiran.

Cabang ilmu teknik yang juga banyak diminati ini, mempelajari tentang cara mengestrak berbagai barang tambang, juga minyak dan gas. Mereka akan melakukan pengeboran, pengolahan hingga produksi untuk kepentingan ekonomi.

Mengapa Kuliah Teknik Pertambangan Minyak dan Gas di Malaysia?

alasan jurusan perminyakan dan pertambangan menarik
Sumber: BendTech

Malaysia merupakan salah satu negara tujuan yang ditempuh untuk menjalani pendidikan tinggi jurusan teknik pertambangan minyak dan gas oleh berbagai siswa dari mancanegara termasuk dari Indonesia.

Salah satu alasannya karena Malaysia juga memiliki potensi besar dalam sektor ini dan akan merekrut banyak pekerja di bidang ini, dengan tawaran gaji yang tinggi. Berikut ini beberapa alasan mengapa kuliah teknik pertambangan, minyak dan gas di Malaysia:

  1. Negara Penghasil Minyak dan Gas

Selain Brunei dan Indonesia, Malaysia merupakan salah satu negara yang dikenal sebagai penghasil minyak dan gas di wilayah Asia. Hal tersebut tentunya dapat memberikan kesempatan kepada para mahasiswa dan mahasiswi di jurusan teknik pertambangan, minyak dan gas di Malaysia untuk belajar mengeksplorasi pertambangan secara langsung.

  1. Pendidikan yang Berkualitas

Negara Malaysia juga dikenal sebagai salah satu penghasil lulusan terbaik dari universitasnya dan memiliki pendidikan yang berkualitas. Pemerintah Malaysia sendiri sangat ketat dalam memonitor pendidikan di negeri jiran ini.

  1. Mendapatkan Kesempatan Magang

Bagi para mahasiswa dan mahasiswi yang sedang menempuh semester akhir di universitas Malaysia dan mengambil jurusan teknik pertambangan, minyak dan gas ini, dapat berkesempatan untuk magang di industri terkait yang juga memberikan pengalaman kerja yang tidak akan terlupakan

  1. Tawaran Gaji Tinggi

Banyak yang menyebutkan bahwa bekerja di sektor pertambangan, minyak dan gas ini adalah kesempatan untuk bekerja dan mendapatkan banyak penghasilan. Maklum saja, karena tawaran gaji di bidang ini terbilang sangat tinggi, dibandingkan jurusan teknik lainya.

  1. Kesempatan Bekerja di Luar negeri

Tidak hanya di Malaysia atau Indonesia, lulusan teknik pertambangan, minyak dan gas ini bisa bekerja di semua sektor tambang dan minyak yang ada di seluruh dunia.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Pertambangan Minyak dan Gas di Malaysia?

apa yang dipelajari di teknik perminyakan dan pertambangan
Sumber: 123RF

Memasuki semester pertama kuliah pertambangan, minyak dan gas di Malaysia, akan mengantarkan Anda untuk mempelajari beberapa mata kuliah yang memang diperlukan dalam sektor ini.

Secara garis besar, aspek yang dipelajari antara lain adalah teknik resevoir, produksi, pengeboran, hingga manajemen pereknonomian minyak dan gas (migas). Selebihnya, Anda juga akan mempelajari perancangan inovatif dalam bidang penemuan teknik yang lebih efisien dalam hal eksplorasi dan pengolahannya.

Yuk, cari tahu secara detail soal mata kuliah yang biasanya dipelajari di jurusan ini:

  • Kalkulus

  • Geologi dasar

  • Pengantar teknologi sumber daya

  • Matematika teknik

  • Ekonomi mineral

  • Manajemen pertambangan

  • Mekanika batuan

  • Metalurgi umum

Adapun beberapa mata kuliah yang dipelajari di semester berikutnya seperti :

  • Teknik peledakan

  • Geoteknik tambang

  • Teknik gas bumi

  • Fisika Teknik

  • Gambar teknik

  • Evaluasi Proyek Tambang

  • Geomorfologi

Beberapa mata kuliah ini biasanya dipelajari jika Anda memilih program kuliah sarjana (S1) atau program kuliah pascasarjana (S2) di universitas yang menawarkan jurusan pertambangan minyak dan gas di Malaysia.

Apa Karakter yang Cocok untuk Kuliah Pertambangan Minyak dan Gas di Malaysia?

teknisi perminyakan dan pertambangan
Sumber: Ayyildizmekanik

Memilih jurusan kuliah berdasarkan karakter siswanya sangat penting, hal ini akan mempermudah proses belajar saat kuliah telah dimulai nantinya. Adapun karakter siswa yang cocok untuk kuliah di jurusan pertambangan minyak dan gas sebagai berikut:

  • Teliti, jurusan ini memerlukan tingkat ketelitian yang sangat tinggi agar tidak menyebabkan kesalahan yang fatal khususnya ketika bekerja.

  • Detail, jurusan ini mengharuskan pekerjaanya diselesaikan dengan detail agar mendapatkan hasil yang tepat. Orang yang menyukai hal detail sangat cocok kuliah di jurusan ini.

  • Observatif, siswa yang suka dengan observasi atau penelitian terlebih dulu sebelum bekerja adalah karakter yang cocok untuk bekerja di bidang teknik pertambangan.

  • Tekun, siswa yang punya karakter tekun dalam belajar, akan berhasil saat menjalani kuliah di jurusan pertambangan ini.

  • Rasional, siswa yang cenderung lebih logis dengan pembuktian yang nyata, sangat cocok kuliah di jurusan teknik pertambangan, minyak dan gas ini.

  • Menyukai analisis, kemampuan menganalisis yang baik dalam setiap pekerjaan yang dilakukan juga merupakan karakter yang harus dimiliki calon mahasiswa dan mahasiswi di jurusan teknik ini.

  • Suka Bekerja sama dalam Tim, Anda yang suka bekerjasama dalam tim akan mudah ketika bekerja di sektor ini.

  • Senang memecahkan masalah, akan banyak sekali masalah yang perlu dipecahkan dalam waktu yang singkat dalam pekerjaan di bidang teknik ini, jadi Anda harus memiliki karakter yang mudah untuk memecahkan masalah.

  • Menyukai hitungan/angka, Anda yang suka berhitung dengan angka dan menyukai mata kuliah matematika dan ilmu pengetahuan alam sangat cocok kuliah di jurusan ini.

  • Terstruktur, calon mahasiswa dan mahasiswi jurusan teknik pertambangan, minyak dan gas ini harus berfikir dengan terstruktur agar pekerjaan bisa terselesaikan sesuai dengan tahapan yang seharusnya.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Pertambangan Minyak dan Gas di Malaysia Seperti Apa?

mahasiswa teknik perminyakan dan pertambangan dalam kelas
Sumber: Tafesa

Salah satu hal yang menjadi menarik dalam pembahasan jurusan teknik pertambangan minyak dan gas ini adalah prospek kerja di bidang tersebut. Prospek kerja untuk jurusan teknik pertambangan, minyak dan gas ini memang hanya untuk sektor yang sama di berbagai Negara. Berikut ini beberapa prospek kerja untuk jurusan ini:

Jenis pekerjaan

Penjelasan mengenai pekerjaannya

Kisaran gaji

Perbulan

Petroleum Landman

Pekerjaan ini bertugas untuk pengurusan izin pemerintah

serta negosiasi hak dari petani, peternak serta pemilik tanah.

(Lulusan muda S1)

Perusahaan lokal:
IDR 12-16 juta

Perusahaan asing:

IDR 15-17 juta

Ahli Geofisika

Pekerjaan ini menggunakan komputer tiga dimensi untuk

membantu mencari cadangan minyak dan gas dengan

prinsip fisika, matematika, kimia serta fisika.

(Lulusan muda S1)

Perusahaan lokal:

IDR 10 - 12 juta

Perusahaan asing:

IDR 10 - 15 juta

Insinyur Pengeboran

Profesi ini bekerja sama dengan kontraktor pengeboran

untuk merancang prosedur yang paling efektif, untuk

memulai pengeboran minyak di lokasi tertentu.

(Pengalaman 2 tahun)

Perusahaan lokal:

IDR 25-30 juta

Perusahaan asing:

IDR 60-70 juta

Petroleum Accountant

Bertugas untuk menentukan nilai dari minyak serta

gas yang memiliki potensi agar bisa

diproduksi di masa depan untuk

menentukan aset perusahaan.

(Lulusan muda S1)

Perusahaan lokal:

IDR 10-11 juta

Perusahaan asing:

IDR 12-15 juta

Ahli Geologi

Orang yang bekerja menjadi ahli geologi bertugas

untuk mencari minyak mentah serta gas alam dengan

formasi batuan serta potongan dari situs pengeboran.

Analisis data geologi serta kondisi lapangan

juga harus mereka kuasai.

(Lulusan muda S1)

Perusahaan lokal:

IDR 15-16 juta

Perusahaan asing:

IDR 17-20 juta

Well Log Analyst

Tugas seorang WLA adalah untuk mendapatkan

sampel dari hasil analisa potensi di lapangan.

Menggunakan peralatan canggih seperti nuklir, elektronik.

Mereka juga akan menafsirkan data untuk

kepentingan perusahaan.

(Pengalaman)

Perusahaan lokal:

IDR 60 juta

Perusahaan asing:

IDR 70-80 juta

Insinyur Produksi Minyak

Bertugas untuk menentukan cara terbaik

untuk membawa minyak alam yang sudah

ditemukan ke permukaan untuk dimanfaatkan

sebagaimana mestinya.

(Lulusan Muda)

Perusahaan Lokal

IDR 7- 8,5 juta

Perusahaan Asing

IDR 7 - 9 juta

Sumber: TribunNews & Payscale

lahan pertambangan dan perminyakan di indonesia
Sumber: Merdeka

Lulusan jurusan teknik pertambangan minyak dan gas ini tentunya dapat bekerja di beberapa perusahaan minyak dan gas atau perusahaan pertambangan besar di Indonesia, Malaysia bahkan di seluruh dunia. Beberapa perusahaan besar seperti Chevron, Pertamina, Petronas, Conoco Philips, Mobil Cepu, Total E and P dan Shell Malaysia menjadi perusahaan favorit dengan tawaran gaji yang menyesuaikan dengan mata uang asing internasional.

Sekilas, kita melihat gaji yang bisa didapatkan karyawan yang bekerja di beberapa perusahaan migas internasional ini memiliki kisaran gaji yang sangat tinggi. Namun, hal tersebut disesuaikan dengan mudah atau sulitnya pekerjaan yang dilakukan. Anda bisa melihat di situs-situs survey gaji mengenai gaji lulusan teknik pertambangan minyak dan gas yang lebih lengkap.

Apa Saja Universitas Terbaik di Malaysia untuk Jurusan Teknik Pertambangan Minyak dan Gas?

Tidak banyak universitas di Malaysia yang menawarkan program kuliah jurusan teknik pertambangan minyak dan gas. Namun, beberapa universitas dibawah ini adalah rekomendasi universitas terbaik yang menawarkan pendidikan berkualitas, serta fasilitas kuliah yang memadai.

Berikut ini beberapa rekomendasi universitas terbaik untuk jurusan teknik pertambangan minyak dan gas di Malaysia :

  1. University Teknologi Malaysia

  2. UCSI University Malaysia

  3. University Malaysia Sabah

  4. University Teknologi Petronas Malaysia

  5. Heriot Watt University Putrajaya Malaysia

Informasi seputar universitas dengan jurusan teknik pertambangan minyak dan gas lebih lengkap, bisa Anda tanyakan pada tim EasyUni.


Berapa Lama Kuliah Teknik Pertambangan, Minyak dan Gas di Malaysia?

Untuk mengetahui seberapa lama durasi waktu yang dihabiskan selama kuliah di jurusan teknik kimia di Malaysia ini, Anda bisa tentukan dari program kuliah yang Anda ambil. Jika memilih program studi sarjana (S1) maka waktu kuliah yang dihabiskan sekitar 4 tahun. Untuk yang mengambil program pasca sarjana (S2), masa kuliah bisa dihabiskan sekitar 2 - 3 tahun

Bagaimana Persyaratan Kuliah Jurusan Teknik Pertambangan, Minyak dan Gas di Malaysia?

Persyaratan masuk kuliah adalah suatu hal yang wajib dipenuhi oleh calon mahasiswa dan mahasiswi yang akan mendaftar kuliah di universitas yang sudah dipilih. Umumnya, persyaratan masing-masing universitas di Malaysia bisa berbeda-beda tergantung dari kebijakan universitas masing-masing. Namun, umumnya, persyaratan masuk kuliah setiap program kuliah jurusan pertambangan minyak dan gas di universitas Malaysia sebagai berikut:

Program Sarjana (S1)

  • Jurusan IPA dengan nilai rata-rata UN di atas 7,5 dan berkewajiban untuk mengambil mata pelajaran Fisika.

  • Memiliki kondisi fisik yang sehat dan normal, sehingga mudah ketika bekerja praktik di lapangan

  • Sertifikat bahasa Inggris dengan skor minimal 6.0 (IELTS) atau 550 (TOEFL, PBT)

  • Menyerahkan fotokopi identitas (paspor) serta fotokopi dokumen pendidikan sebelumnya, seperti Ijazah dan raport untuk lulusan SMA di Indonesia

Program Pascasarjana (S2)

  • Menyertakan CV (curriculum vitae) atau resume untuk melanjutkan kuliah di universitas terkait

  • Sudah memiliki pengalaman kerja dalam bidang pertambangan minyak dan gas sebelumnya, minimal hingga 5 tahun pengalaman kerja

  • Membuat esai sepanjang 2 - 3 halaman yang menjabarkan: pendapat pribadi mengenai hubungan program kuliah teknik pertambangan minyak dan gas dengan tujuan dalam karir Anda kedepannya (tidak berlaku untuk semua universitas)

  • Sertifikat bahasa Inggris dengan skor minimal 6.5 (IELTS) atau 600 (TOEFL, PBT)

  • Sehat jasmani dan rohani

  • Sudah lulus sarjana (S1) dalam bidang teknik pertambangan minyak dan gas atau jurusan yang ada kaitanya dengan program kuliah ini, IPK min. 3,0

Untuk informasi lebih lengkap mengenai jurusan teknik di luar negeri, bisa dilihat disini.

Berapa Biaya Kuliah Jurusan Teknik Pertambangan, Minyak dan Gas di Malaysia?

Perlu Anda ketahui, bahwa kuliah di jurusan teknik memiliki biaya kuliah yang lebih mahal dibandingkan jurusan kuliah lainnya, termasuk jurusan teknik pertambangan minyak dan gas di Malaysia. Umumnya, biaya kuliah ini belum termasuk biaya hidup sehari-hari.

Biaya kuliah akan dibedakan berdasarkan program kuliah yang dipilih, seperti berikut ini:

Program Sarjana (S1)

(Total) IDR 300 - 320 juta

Program Magister (S2)

(Total) IDR 160 - 180 juta

Program Doktoral (S3)

(Semester) IDR 20 juta


Informasi mengenai biaya kuliah, biaya sehari-hari selama menetap dan kuliah di Malaysia, bisa Anda lihat selengkapnya disini.

You might be interested in...