Kuliah Ilmu dan Manajemen Olahraga di Malaysia

Kamu gila olahraga? Pernah kepikiran untuk menjadikannya sebagai pekerjaan?

Find your university

Apakah Anda suka olahraga sebanyak yang Anda lakukan sains? Apakah Anda selalu tertarik dengan rezim kesehatan dan pelatihan para atlet top dunia yang telah membentuk semua prestasi mereka? Kamu lakukan? Maka mungkin Ilmu Olah Raga adalah cara untuk melangkah dalam langkah Anda selanjutnya ke pendidikan Anda!

Jika salah satu dari pertanyaan ini memicu minat Anda pada dunia Ilmu Olah Raga, maka Anda mungkin ingin terus membaca!

Periksa beberapa fakta ini yang mungkin ingin Anda pertimbangkan tentang program ini dan biarkan kami meyakinkan Anda bahwa sangat layak untuk mendaftar:

  • Tentang apa Ilmu Olah Raga?
  • Mata pelajaran apa yang akan saya pelajari?
  • Apa 5 keterampilan penting yang saya butuhkan di bidang ini?
  • Berapa lama saya akan belajar di program ini?
  • Apa persyaratan dan kualifikasi entri?
  • Berapa biaya kuliah rata-rata?
  • Apa peluang kerjanya?
  • Apa universitas terkemuka untuk studi Ilmu Olah Raga di Malaysia?
  • Semua yang perlu Anda ketahui tentang Ilmu Olah Raga
  • Tentang apa Ilmu Olah Raga?

Sederhananya, ilmu olahraga adalah studi yang berpusat pada tubuh manusia dan memahami bagaimana meningkatkan potensinya selama latihan. Ini melibatkan empat jenis ilmu penting: fisiologi (anatomi manusia), psikologi (pikiran dan perilaku manusia), pembelajaran, dan biokimia yang dipertimbangkan pada setiap tingkat pemahaman antara olahraga dan orang.

Untuk Ilmu Olah Raga yang lebih berpihak pada industri hiburan olahraga, mereka bertanggung jawab untuk memahami dan merancang modul pelatihan terbaik bagi para atlet untuk mencapai kinerja terbaik mereka di bidang olahraga masing-masing.

Namun, sebagai siswa dalam Ilmu Olah Raga, Anda akan fokus pada disiplin ilmu penting yang berkaitan dengan olahraga, tubuh manusia serta membangun fondasi untuk profesionalisme untuk membantu Anda berjuang dalam karir Anda nanti.

Mata pelajaran apa yang akan saya pelajari?

Dalam Ilmu Olah Raga, tergantung pada institusi pilihan Anda, Anda akan mengambil mata pelajaran yang mungkin Anda minati. Bahkan, ada beberapa yang sudah Anda kenal di sekolah!

Berikut adalah beberapa contoh yang dapat Anda temui dalam program pilihan Anda:

  • Pendidikan Jasmani
  • Matematika
  • Psikologi
  • Ilmu Pengetahuan Terapan
  • Pengantar Anatomi
  • Pendidikan Luar Ruang

Tentu saja, struktur program masing-masing universitas dapat sangat berbeda satu sama lain. Anda juga dapat mencatat bahwa sebagian besar program Ilmu Olah Raga memiliki modul inti dan elektif untuk siswa mereka. Tidak hanya itu, sering ada pelatihan industri yang disertakan untuk para siswanya juga. Sedangkan untuk mahasiswa pascasarjana, mereka harus menghasilkan disertasi tesis atau proyek penelitian (mode kursus).

Apa 5 keterampilan penting yang saya butuhkan di bidang ini?


Seorang siswa atau lulusan yang berhasil dari setiap spesialisasi dalam Ilmu Olah Raga melihat bahwa ada lebih dari sekedar menguasai kursus akademik dan keterampilan. Sebagai seorang spesialis atau profesional dalam bidang Ilmu Olah Raga apa pun, penting untuk memiliki dasar yang kuat dari keterampilan lunak yang dapat diandalkan untuk membantu Anda dalam karier Anda dan menjadikan diri Anda lebih mudah didekati orang lain.

Berikut adalah beberapa keterampilan yang perlu Anda kembangkan:

1. Profesional dan berfokus pada pelanggan

Ini termasuk memiliki hubungan profesional yang erat dengan klien untuk memantau kemajuan mereka secara rinci dan mempertimbangkan kebutuhan mereka.
2. Keterampilan memecahkan masalah yang kuat

Anda dapat menilai masalah dari semua perspektif dan memberikan solusi dalam membantu klien / pasien Anda mencapai tujuan mereka.
3. Terkini dengan inovasi teknologi

Menyadari teknologi yang lebih baru, Anda memiliki keuntungan untuk memahami klien / pasien Anda dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka dengan lebih efisien.
4. Memiliki keterampilan komunikasi dan interpersonal yang sangat baik

Memiliki komunikasi yang tajam dan keterampilan mendengarkan aktif membantu Anda memahami klien / pasien Anda, serta membawa masalah dan kebutuhan mereka menjadi terang.

5. Dapat ditoleransi dan memiliki kemampuan untuk memotivasi orang lain

Memberikan konseling atau perawatan lain kepada individu dari berbagai latar belakang dan masalah tidak mudah. Kadang-kadang, Anda mungkin bekerja dengan sekelompok individu juga. Karena itu, Anda perlu memiliki tingkat kesabaran dan kemauan yang baik untuk memotivasi mereka untuk berubah dan mencapai tujuan mereka.

Berapa lama saya akan mempelajari program ini?

Study Levels Duration
Diploma 2.5 - 3 years
Foundation 1 year
Bachelor’s Degree 4 years
Master’s Degree, PhD 1 - 4 years


Sebelum Anda memutuskan untuk mendaftar dalam program apa pun dalam Ilmu Olah Raga, Anda mungkin ingin menjalani beberapa persyaratan masuk umum berdasarkan kualifikasi Anda saat ini. Memberi tanda centang pada mereka dapat memberi Anda pengaruh yang Anda butuhkan untuk diterima di lembaga pilihan Anda untuk program tersebut.

Persyaratan masuk ini dapat bervariasi dari satu institusi ke institusi lainnya. Karena itu, akan lebih bijaksana jika Anda menyisihkan waktu untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai rincian lebih lanjut yang ditetapkan oleh universitas pilihan Anda. Bersiap ekstra bisa sangat berarti!

Diploma dalam Ilmu Olah Raga

SPM

  • Minimum 3Cs dalam mata pelajaran terkait, termasuk Matematika Lulus setiap mata pelajaran sains yang relevan (Fisika, Biologi, Kimia, dll.) Dan Bahasa Inggris.
  • O-Level: Minimum 3Cs dalam mata pelajaran terkait, termasuk Matematika. Mencapai Nilai E minimum dalam mata pelajaran sains dan Bahasa Inggris yang relevan.

Gelar Sarjana dalam Ilmu Olah Raga

  • STPM: Akses penuh dalam 2 subjek yang relevan dengan CGPA 2.50 keseluruhan minimum
  • A-Level: Lulus penuh dalam 2 mata pelajaran yang relevan.
  • Foundation: Minimum CGPA 2.50 ke atas

Berapa biaya kuliah rata-rata?

Biaya kuliah rata-rata yang disediakan oleh lembaga yang menawarkan Ilmu Olah Raga di Malaysia dapat bervariasi dari universitas negeri hingga swasta. Ini juga secara khusus ketika mempertimbangkan tingkat program gelar seperti diploma, gelar sarjana dan gelar master.

Di bawah ini adalah perkiraan kasar biaya kuliah yang ditawarkan oleh lembaga publik dan swasta di Malaysia

Programme Biaya kuliah
Diploma RM10,000 - RM22,500
Bachelor’s Degree RM14,000 - RM25,000
Master’s/PhD Degree RM15,000 - RM39,000

Apa peluang kerjanya?


Jika kita melihat ke masa depan pada prospek karir dari apa yang ditawarkan Ilmu Olah Raga kepada para lulusannya, ada berbagai industri yang tersedia. Tidak seperti program lain, memiliki kualifikasi dalam Ilmu Olah Raga memungkinkan Anda untuk fleksibel dalam beradaptasi langsung ke lapangan atau bahkan di sektor kerja lainnya seperti mengajar, jurnalisme, pengembangan olahraga dan banyak lagi.

Untuk beralih ke bidang-bidang ini, akan membutuhkan lebih banyak pelatihan atau mengambil kualifikasi lain untuk lebih memperluas peluang Anda di pasar kerja.

Lihatlah beberapa pilihan karier dan taksiran penghasilan bulanan yang dapat Anda harapkan dengan gelar dalam Ilmu Olah Raga:

Pekerjaan Estimasi gaji perbulan
Sports Coach RM3, 598
Fitness Coach RM 4, 223
Sports Journalism RM 3, 692
Physiotherapist RM 2,500

Sejumlah pekerjaan terapan yang terkait dengan Ilmu Olah Raga seperti pembinaan bahkan dapat dipraktikkan selama tahun-tahun studi Anda di universitas. Semakin banyak pengalaman yang Anda dapatkan dari pembinaan dan pembelajaran dari orang lain, semakin besar jaringan koneksi berguna yang akan Anda buat sebelum lulus dan melamar pekerjaan prospektif yang lebih baik.

Peluang di bidang ini hampir tidak terbatas jika Anda tahu di mana dan kapan mulai membangun portofolio pengalaman kerja Anda!

Apa universitas terkemuka untuk studi Ilmu Olah Raga di Malaysia?

Berikut adalah beberapa universitas paling terkemuka yang menawarkan program Ilmu Olah Raga dengan perkiraan biaya kuliah termasuk:

Universitas Jurusan Biaya kuliah  
Management & Science University (MSU)

Diploma in Sports Science

Bachelor In Education (Physical Education And Health)

N/A
Infrastructure University Kuala Lumpur (IUKL) Diploma in Sports Management RM 22.600
LimKokWing University Bachelor of Arts (Hons) in Sport Management RM 52000
Tunku Abdul Rahman University College (TARC) Diploma In Sport And Exercise Science RM 14.000

Bonus: Universitas negeri top di Malaysia menawarkan Ilmu Olah Raga sesuai dengan peringkat SETARA & QS

Sebutan universitas negeri Malaysia berikut ini adalah beberapa lembaga terbaik dunia yang diakui oleh publikasi QS Global World Ranking. Tidak hanya itu, tetapi mereka juga dianugerahi 6 bintang di SETARA untuk pengalaman pendidikan yang berkualitas, fasilitas, dll yang ditawarkan. Keempat universitas juga menawarkan program berbeda yang melayani Ilmu Olah Raga!

Catatan: Untuk menerima masuk ke salah satu universitas ini, Anda perlu mendaftar melalui sistem UPU (calon siswa lokal).

1. University of Malaya (UM)

UOM LOGO

Menjadi institusi pertama yang menawarkan program Sarjana Ilmu Olah Raga pada tahun 1995, Universitas Malaya (UM) kemudian telah berhasil meluluskan lebih dari 1.000 siswa sejak tahun 1999. Saat ini, para lulusan tersebut telah mengambil posisi sebagai pemimpin dan manajer mengenai olahraga di kedua sektor publik dan swasta.

Program termasuk:

  • Sarjana Ilmu Manajemen Olahraga (perkiraan biaya: RM15.260)
  • Bachelor of Sport Science (Latihan Science) (perkiraan biaya: RM15.720)
  • Master Disertasi Ilmu Olah Raga (perkiraan biaya: RM11.273)
  • Doctor of Philosophy (PhD) - Olahraga (perkiraan biaya: RM14.805)

2. Universiti Putra Malaysia (UPM)

UPM LOGO

Jurusan Studi Olahraga Universiti Putra Malaysia (UPM) melayani pembelajaran akademis, penelitian dan pengajaran berdasarkan tiga bidang disiplin ilmu kontemporer: Pendidikan Jasmani, Pendidikan Kesehatan, dan Ilmu Olah Raga. Karena program Sains Olahraga berpusat pada pendidikan, keseluruhan pengalaman belajar meliputi penilaian kurikulum, prinsip pedagogis pendidikan jasmani, manajemen olahraga, dan banyak lagi.

Program termasuk:

  • Sarjana Pendidikan (Pendidikan Jasmani) (perkiraan biaya: RM11.904)
  • Magister Pendidikan (Pendidikan Jasmani) (perkiraan biaya: RM12.250)
  • Doctor of Philosophy (Ilmu Olah Raga) (perkiraan biaya: RM19.700)

3. Universiti Sains Malaysia (USM) 

USM LOGO

The Universiti Sains Malaysia (USM) sangat bangga dalam menghasilkan lulusan yang berpengetahuan luas dalam Latihan dan Ilmu Olahraga yang diakui sebagai spesialis di bidangnya. Pada saat yang sama, program yang ditawarkan memastikan setiap siswa menyadari permintaan untuk memenuhi harapan sektor publik dan swasta di industri ini. Selain itu, program-program berikut juga menekankan bahwa lulusan juga dapat bersaing dengan yang lain di bidang pengaturan lokal dan internasional.

Program-program meliputi:

  • Sarjana Ilmu Kesehatan (Ilmu Olah Raga Dan Olah Raga) (Perkiraan biaya: RM3,750)
  • Master of Science (Ilmu Olah Raga) (perkiraan biaya: RM8.888)
  • Doctor of Philosophy (Ilmu Olah Raga) (perkiraan biaya: RM19.700)

4. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)

UKM LOGO

Sejak pertama kali didirikan pada tahun 1971 hingga 2017, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) telah berhasil meluluskan lebih dari 185.846 lulusan yang dapat dipecah menjadi 147.228 Bujangan, 33.789 Magister dan 4.829 mahasiswa PhD. Sebagian dari siswa ini juga terdiri dari mereka yang berada di bidang studi Olahraga dan Rekreasi. Di Fakultas Pendidikan (Olahraga dan Rekreasi), siswa dilatih untuk mengasimilasi pengetahuan dan keterampilan mereka untuk menjadi profesional yang dapat diandalkan untuk lembaga pendidikan atau lembaga terkait lainnya, serta sektor olahraga dan rekreasi publik dan swasta.

Program-program meliputi:

  • Sarjana Pendidikan dengan Penghargaan (Olahraga dan Rekreasi) (Perkiraan biaya: RM7.120)
  • Magister Pendidikan (Manajemen Olahraga) (Perkiraan biaya: RM7.325)
Advertisement

Universities in Malaysia with courses in Ilmu Olah Raga

See more related universities

You might be interested in...

Advertisement

This website uses cookies to ensure you get the best experience. By using this site, you acknowledge that you have read and understand our Cookie Policy , Privacy Statement and Terms & Conditions .

Maximum 6 courses for comparison!

Courses selected for comparison

Compare