Kuliah Culinary Arts di Australia

Setiap kali anda melihat timeline instagram dan facebook anda, pastinya anda akan menemukan beberapa foto atau video mengenai makanan. Meski hal ini hanya beberapa komponen dari seni kuliner, tapi sudah tampak betapa berpengaruhnya hal ini terhadap pribadi kita.
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Culinary arts sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Mungkin Anda mengenal dunia ini dari acara kompetisi masak seperti Master Chef. Tetapi di dunia nyata, culinary arts merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari, terutama di industri hospitality. Seperti yang mungkin bisa Anda lihat, dunia travel dan tourism terus bertumbuh dan berkembang. Maka tidak heran jika ada banyak orang yang semakin tertarik untuk mempelajari dunia culinary arts. Tetapi mungkin masih ada dari Anda yang tidak familiar dengan istilah culinary arts. Berikut penjelasannya.

Apa itu Culinary Arts?

chef juna yang terkenal dari master chef indonesia
Sumber: Kompas

Bagi Anda yang tidak familiar dengan istilah ini, culinary arts adalah seni menyiapkan, memasak, dan menyusun makanan. Orang-orang yang bekerja di bidang ini biasa dikenal dengan istilah chef atau cook. Selain itu, mereka juga sering disebut dengan istilah culinarian.

Mereka yang mempelajari culinary arts dituntut untuk memiliki pengetahuan tentang food science, nutrisi, dan gizi. Selain itu, mereka juga memiliki tanggung jawab dalam menyiapkan makanan serta membuat makanan tersebut memiliki tampilan yang indah ketika disajikan.

Dengan perubahan yang terjadi dalam cara kita memasak serta bidang seni kuliner sendiri, sekarang ilmu kuliner banyak yang sudah dijadikan satu. Universitas di seluruh dunia mulai menawarkan pendidikan culinary arts yang lebih dalam; dimana mata kuliahnya sudah tergabung dengan culinary science untuk memberi murid-muridnya pengetahuan yang lebih lengkap. Salah satu negara yang menawarkan pendidikan culinary arts adalah Australia.

Kenapa Belajar Culinary Arts di Australia?

Dengan belajar culinary arts di Australia, Anda bisa mendapat lebih banyak pengalaman dengan makanan dari berbagai negara. Di Australia, Anda akan menemukan fusion yang cukup kuat dimana ada pengaruh Asia, Spanyol, dan Italia pada makanannya.

Selain itu, universitas Australia juga menawarkan culinary arts di tingkat sarjana dan pascasarjana. Setiap tahunnya, ribuan mahasiswa dari luar Australia memilih untuk mengambil program diploma, sertifikat, dan sarjana culinary arts di universitas dan perguruan tinggi Australia. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan pengalaman multikultural serta pelatihan langsung di beberapa hotel dan restoran terbaik di dunia.

Bagaimana Dengan Dunia Culinary di Australia?

Kalau Anda berada di negara dengan industri pariwisata yang kuat, Anda tidak perlu khawatir tentang kesempatan bekerja di bidang culinary. Australia merupakan salah satu tujuan liburan paling populer di dunia. Selain itu, kota-kota besar Australia seperti Sydney, Brisbane, dan Melbourne memiliki industri bisnis yang kuat dimana banyak orang datang untuk keperluan berbisnis. Selain itu, makanan di Australia kebanyakan memiliki pengaruh dari negara lain sehingga ada beragam kuliner tersedia di Australia untuk para turis.

Dengan sibuknya negara ini di industri pariwisata, Anda akan memiliki kesempatan untuk bekerja di berbagai tempat seperti hotel, restoran, resort, spa, pusat konferensi, atau bahkan kapal pesiar. Selain itu, industri catering dan koki pribadi sendiri sedang meningkat di Australia.

Titik masuk Anda ke dunia kuliner bisa dibilang bervariasi. Semua dihitung berdasarkan pengalaman, tingkat pendidikan, jenis restoran, dan berbagai faktor pasar lainnya. Dengan pendidikan culinary arts, Anda dijamin akan memiliki karir yang sukses di industri makanan. Anda mungkin tidak akan langsung masuk ke posisi manajer setelah selesai sekolah, tetapi sekolah culinary arts di Australia dijamin sudah membekali Anda dengan skill dan keahlian yang diperlukan seseorang untuk bisa sukses di dunia culinary.

Ada Spesialisi Apa Saja di Culinary Arts?

Perguruan tinggi Australia juga menawarkan spesialisasi yang cukup luas bagi Anda yang ingin memperdalam ilmu culinary arts Anda. Beberapa di antaranya adalah:


  • Culinary Management. Program seperti culinary management akan membekali Anda dengan pengalaman di dapur. Anda akan mendapat lebih banyak ilmu tentang cost control, nutrisi, kebersihan dan keamanan dapur, manajemen menu, dan manajemen dapur.
  • Bar Management. Di program ini Anda akan mempelajari bagaimana Anda bisa menjadi seorang manajer di bar dan catering atau mungkin jika Anda ingin membuka bar Anda sendiri, ini bisa menjadi spesialisasi yang tepat.
  • Catering and Restaurant Management. Program Catering and Restaurant Management menyiapkan Anda dengan keterampilan profesional seperti komunikasi, leadership (kepemimpinan), human resources, teknologi, finance, accounting, cost control, marketing, dan customer relations.
  • Baking & Pastry Programmes. Banyak universitas di Australia yang menawarkan program ini. Program ini akan cocok bangi Anda yang ingin mempelajari teknik-teknik membuat pastry dan roti serta dessert, kue dan bagaimana cara menghiasnya, serta pastry arts.

Memilih Sekolah Culinary Arts di Australia

Tentunya sebelum Anda memilih sekolah mana yang paling tepat untuk Anda, Anda harus tahu dulu mimpi apa yang ingin Anda capai. Culinary Arts memberi Anda kesempatan untuk bekerja di industri dengan peluang besar. Anda bisa memilih untuk bekerja di dapur atau di posisi manajemen. Kalau Anda ingin meningkatkan keterampilan Anda di hal-hal teknis seperti membuat kue atau membuat saus dan bumbu yang sempurna, Anda perlu memilih sekolah yang fokus pada teknik dan persiapan makanan dibanding sekolah yang lebih fokus pada sisi bisnisnya.

Pilih sekolah yang memenuhi tujuan karir Anda dalam jangka pendek, tetapi juga menyediakan ruang bagi pertumbuhan dan kemajuan dalam profesi Anda. Beberapa sekolah culinary arts paling terkenal di dunia mengoperasikan banyak kampus di Australia. Selain itu, kota-kota besar Australia seperti Brisbane, Adelaide, dan Sydney juga memiliki industri makanan yang kaya dan ramai. Berikut ini adalah beberapa poin yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih sekolah mana yang paling tepat untuk Anda.

  • Apakah instruktur Anda koki professional?
  • Apakah ada peluang magang dengan para profesional yang disegani?
  • Apa ada pilihan studi untuk pergi ke luar negeri?
  • Apa mereka memiliki fasilitas yang lengkap?
  • Apa ada katering dan restoran di kampus yang dikelola oleh mahasiswa yang mungkin bisa membantu Anda mendapat pengalaman?
  • Apakah kampus Anda memiliki kerjasama untuk membantu Anda dalam penempatan kerja?
  • Apakah kampus Anda menawarkan pendidikan lanjutan seperti Master’s Degree?

Sekolah Apa Saja Yang Menawarkan Jurusan Culinary Arts di Australia?

Kita semua mungkin memiliki alasan berbeda dalam memilih sekolah culinary arts. Beberapa berusaha untuk memasak sebagai profesi mereka dan beberapa hanya ingin belajar lebih banyak dan memperluas semangat dan bakat mereka. Karena Australia kaya akan pengaruh budaya yang berbeda, berasal dari negara-negara tetangga, Australia menawarkan Pendidikan di bidang kuliner yang kaya untuk mereka yang tertarik untuk mempelajar culinary arts. Apa pun alasan Anda memilih culinary arts, penting untuk mendaftar di sekolah kuliner yang memberi kita peluang terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan kita. Berikut adalah daftar sekolah culinary arts terbaik di Australia.

Le Cordon Bleu

Le Cordon Bleu adalah sekolah culinary paling terkenal di dunia. Le Cordon Bleu selalu dianggap sebagai sekolah culinary terbaik di dunia karena sekolah ini menawarkan pendidikan yang membekali murid-muridnya untuk memiliki karir berskala global. Di Le Cordon Bleu, Anda bisa mempelajari Teknik-teknik memasak Prancis serta mempelajari berbagai makanan khas setiap negara dan bagaimana cara kerja dapur di restoran dari seluruh dunia. Le Cordon Bleu menjanjikan pendidikan yang tidak hanya membekali murid-muridnya dengan pendidikan teori yang baik, tapi mereka yang lulus dari Le Cordon Bleu dipastikan sudah siap untuk bekerja dengan baik di industry makanan.

Berasal dari Prancis, Le Cordon Bleu memiliki lima kampus di Australia yang terletak di kota Adelaide, Sydney, Melbourne, Perth, dan Brisbane. Untuk jurusan culinary arts di Le Cordon Bleu, Anda bisa mengambil Advanced Diploma of Hospitality Management – Commercial Cookery. Jurusan ini tersedia di tiga kampus yaitu Adelaide, Melbourne, dan Sydney dengan durasi sekolah 24 bulan atau 2 tahun. Untuk saat ini biaya program advanced diploma ini adalah 59,667 AUD atau sekitar 614,000,000 IDR untuk 2 tahun. Lalu bagaimana cara daftar ke Le Cordon Bleu Australia? Untuk daftar ke Le Cordon Bleu, Anda membutuhkan ijazah SMA serta IELTS dengan nilai minimal 5.5 dan tidak ada nilai per-band di bawah 5.

Selain program di atas, Le Cordon Bleu juga menawarkan sertifikasi culinary arts. Programnya disebut Certificate III in Commercial Cookery. Program dari Le Cordon Bleu ini dirancang untuk memberikan siswa pengetahuan dan keterampilan dasar dalam teknik kuliner Prancis klasik dalam memasak makanan kontemporer. Selain kelas, Anda juga akan mendapatkan penempatan industri dimana Anda berkesempatan untuk menguji keterampilan Anda di dunia nyata.

Untuk program ini, Anda bisa memilih diantara tiga kampus Le Cordon Bleu di Australia, Adelaide, Melbourne, dan Sydney. Program ini berdurasi 12 bulan atau 1 tahun dengan biaya 36,163 AUD atau sekitar 363,315,260 IDR.

Sama dengan program advanced diplomanya, Anda perlu mempersiapkan ijazah SMA dan hasil test IELTS dengan nilai minimal 5.5 dengan tidak ada nilai per-band yang di bawah 5.

William Angliss Institute

William Angliss Institute menawarkan program Bachelor of Culinary Management bagi Anda yang tertarik untuk belajar culinary arts di Australia. Program ini menawarkan teori yang mendalam serta praktik langsung dalam mempelajari aspek management dan bisnis kuliner. Durasi program ini adalah 4 tahun dimana Anda akan mendapat pelajaran akademis serta pengalaman kerja agar Anda memiliki pengertian mendalam tentang dunia kuliner.

Tidak hanya memasak, Anda juga akan mempelajari sisi bisnis dunia kuliner melalui mata pelajaran seperti human resource management, leadership, innovation, and strategy agar Anda juga bisa mengelola restaurant dengan baik. Di tahun ketiga, Anda akan menjalani program paid placement atau magang selama setahun yang memberi Anda pengalaman langsung di dunia kuliner. Program Bachelor of Culinary Management dari William Angliss Institute sendiri tersedia di Melbourne.

Jika Anda tertarik untuk belajar di William Angliss Institute, Anda perlu mempersiapkan biaya sebesar AUD 61,750 atau sekitar IDR 616,808,400 untuk program kuliah 4 tahun. Untuk mendaftar, Anda perlu menyiapkan ijazah SMA dan tes kompetensi bahasa Inggris. Anda bisa memilih untuk mengambil IELTS atau TOEFL. Untuk IELTS, Anda perlu memiliki nilai minimal 6 dengan tidak ada nilai per band di bawah 5.5. Untuk TOEFL, Anda perlu memiliki nilai 79-80 untuk TOEFL IBT dan 550 untuk TOEFL paper-based.

Box Hill Institute of TAFE

Box Hill Institute adalah sekolah culinary arts yang masih menjadi bagian dari TAFE. TAFE sendiri adalah singkatan dari Technical and Further Education, sebuah institusi yang disediakan oleh pemerintah Australia agar orang-orang bisa mendapat pendidikan tertier dengan biaya yang terjangkau. Box Hill Institute merupakan bagian dari TAFE yang fokus pada culinary arts.

Box Hill Insitute terletak di pusat kota Melbourne dan memiliki 3 kampus. Tergantung dari jurusan yang Anda ambil, biaya kuliah di TAFE berkisar antara AUD 8,000/6 bulan sampai AUD 17,000/tahun, tergantung program culinary arts (di bawah Hospitality) yang Anda ambil. Untuk bersekolah di sini, Anda perlu score IELTS minimal 5.5 dan ijazah SMA.


Bagaimana? Sudah tertarik untuk sekolah culinary arts di Australia? Jika iya, jangan sungkan untuk menghubungi easyuni karena kami bisa membantu Anda mencapai mimpi Anda bersekolah di luar negeri!

You might be interested in...