Kuliah Komunikasi Masa di Luar Negeri

Luasnya cakupan dan pesatnya kemajuan komunikasi massa pada zaman sekarang membuat kuliah Komunikasi Massa di luar negeri semakin banyak diminati!
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Apakah Anda memiliki ketertarikan untuk kuliah komunikasi massa di luar negeri? Program studi komunikasi massa di luar negeri memang semakin banyak diminati oleh para pelajar asal Indonesia.

Hal ini dikarenakan pilihan kuliah komunikasi massa di luar negeri bisa memberikan kesempatan berkontribusi yang lebih luas lagi. Anda akan memiliki peluang untuk menyebarkan informasi dengan baik kepada masyarakat dunia.

Selain manfaatnya yang luas terkait penyebaran informasi penting dan bermanfaat untuk banyak orang, jurusan ini juga sering kali dianggap sebagai jurusan yang cukup menyenangkan dan ringan untuk didalami.

Kuliah jurusan komunikasi massa seolah sedang melatih diri berkomunikasi dengan baik. Simak panduan ini hingga tuntas untuk mengetahui beberapa hal penting terkait kuliah komunikasi massa di luar negeri.

Apa itu ilmu Komunikasi massa?

ilmu komunikasi massa adalah jurusan yang populer

Ilmu komunikasi massa adalah ilmu yang mempelajari segala hal tentang bagaimana cara mengkomunikasikan hal-hal penting dan bermanfaat kepada banyak orang dengan baik dan efektif melalui media massa.

Selain itu, ilmu komunikasi massa juga mempelajari cara melakukan komunikasi dengan tujuan pemasaran, yaitu periklanan.

Komunikasi massa juga mempelajari bagaimana cara kerja media massa untuk memberi pengaruh kepada banyak orang pada berbagai sektor kehidupan.

Program studi ini juga mempelajari psikologi para pembaca, penonton atau penerima pesan media. Anda pun harus belajar beberapa hal terkait peraturan dan kebijakan penyiaran konten melalui media massa.

Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya penyelewengan informasi atau kesalahan yang berdampak pada kerugian material maupun nonmaterial. Praktik penyebaran informasi melalui media pun bisa berjalan dengan lancar.

Mengapa kuliah Komunikasi massa di luar negeri?

Jurusan komunikasi massa cukup diminati di kalangan pelajar terutama yang berasal dari penjurusan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Tak sedikit para pelajar Indonesia yang memutuskan untuk kuliah komunikasi massa di luar negeri.

Para pelajar tersebut memiliki masing-masing alasan mengapa memiliki kuliah jurusan komunikasi massa di luar negeri. Namun, dari keberagaman alasan tersebut ada beberapa alasan umum yang mendasarinya.

Inilah beberapa alasan umum mengapa memilih kuliah komunikasi massa di luar negeri yang bisa dilihat di bawah ini:

1. Bisa melatih keterampilan berkomunikasi

Komunikasi adalah suatu hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Sebagai mahluk sosial, tentunya komunikasi menjadi sebuah kebutuhan dan keharusan.

Jika Anda menjadi pelajar jurusan komunikasi massa maka Anda akan banyak mempelajari cara, metode, dan gaya berkomunikasi dengan baik dan efektif sehingga menghasilan umpan balik atau respons yang baik pula.

Tidak hanya untuk urusan pekerjaan, Anda bisa memanfaatkan ilmu komunikasi yang Anda dapatkan untuk kehidupan pribadi Anda.

Anda bisa menggunakannya untuk mengembangkan hal lain seperti minat, hobi, pertemanan, urusan keluarga, urusan kemasyarakatan, dan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan keterampilan berkomunikasi ini pada tingkat global. 

2.  Mendapatkan sistem pengajaran yang berkualitas

Para pelajar yang memilih kuliah di luar negeri untuk melanjutkan pendidikan pada jurusan komunikasi massa memiliki banyak pilihan universitas. Banyak universitas jurusan komunikasi massa di luar negeri yang berkualitas.

Universitas-universitas terbaik di luar negeri akan menyediakan sistem pengajaran yang bermutu tinggi sehingga Anda akan mendapatkan bekal ilmu yang baik pula.

3. Memiliki banyak pilihan spesialisasi jurusan

Selain tersedianya banyak pilihan tempat kuliah, Anda juga akan memiliki banyak pilihan spesialisasi jurusan jika memilih kuliah di luar negeri. Program studi Komunikasi massa termasuk program studi yang memiliki banyak spesialisasi jurusan.

Semua spesialisasi jurusan atau peminatan tersebut disediakan oleh universitas-universitas yang ada di luar negeri. Ini akan memberikan Anda keleluasaan dalam memilih spesialisasi jurusan yang paling tepat.

4. Mendapatkan lingkungan kampus taraf Internasional

Program pendidikan jurusan komunikasi massa di luar negeri akan meningkatkan wawasan Anda secara global. Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa komunikasi global akan diperlukan dan penting bagi Anda.

Selain bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan pergaulan, Anda pun bisa mendapatkan dukungan karir melalui lingkungan kampus yang bersifat global.

5. Diajarkan oleh para pengajar handal

Di luar negeri banyak tersedia pengajar yang berkualitas. Anda akan diajar oleh para dosen yang ahli di bidang masing-masing terkait komunikasi massa. Selain itu, para pengajar tersebut juga akan memberikan

Anda perkembangan terkini mengenai ilmu-ilmu komunikasi massa yang penting untuk Anda ketahui. Anda juga akan diajarkan strategi dan metode yang inovatif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi

6. Memiliki peluang kerja yang luas

Jurusan komunikasi massa merupakan jurusan yang sangat luas. Ilmu yang Anda dapatkan selama belajar komunikasi massa bisa diterapkan di berbagai sektor industri. Jadi, setelah lulus nanti, Anda akan memiliki banyak peluang kerja.

Terlebih lagi, jika Anda merupakan lulusan komunikasi massa luar negeri maka Anda juga bisa memiliki kesempatan untuk kerja di luar negeri.

Karakter seperti apa yang cocok kuliah komunikasi massa?

kemampuan dan karakter cocok untuk jurusan komunikasi

Ada beberapa karakter yang perlu untuk Anda miliki jika ingin menjadi pelajar jurusan komunikasi massa. Karakter-karakter ini penting untuk dimiliki karena bisa menunjang kegiatan dan prestasi akademis Anda.

Inilah beberapa karakter yang cocok untuk kuliah komunikasi massa:

1. Memiliki rasa ingin tahu

Para pelajar yang ingin kuliah jurusan komunikasi massa perlu memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi. Hal ini penting karena informasi yang hendak disampaikan bermula dari data atau informasi yang Anda cari terlebih dahulu. Kualitas dan akurasi informasi yang Anda sampaikan pun tergantung pada informasi yang Anda gali. Jadi, jika Anda memiliki rasa ingin tahu yang tinggi maka Anda mampu mencari banyak informasi terkait dengan baik.

2. Memiliki keterampilan berkomunikasi

Dari nama jurusannya pun Anda telah mengetahui bahwa jurusan komunikasi massa memiliki karakter wajib yaitu keterampilan berkomunikasi dengan baik dan efektif. Sebagian besar pelajaran Anda selama kuliah.

Tidak hanya sebatas saat belajar saja, keterampilan berkomunikasi ini pun juga ikut menentukan kesuksesan karir Anda setelah lulus karena pekerjaan yang nanti Anda miliki sangat didominasi oleh kegiatan berkomunikasi.

3. Suka menceritakan atau memberi tahu

Apabila Anda memiliki kesukaan untuk menceritakan sebuah kisah atau memberi tahu informasi menarik maka Anda cocok untuk kuliah komunikasi massa di luar negeri. Karakter ini juga merupakan bekal dasar pendukung karir Anda setelah lulus nanti.

Setelah Anda mencari informasi yang lengkap dan akurat maka penting untuk memberi tahu kepada orang lain sehingga banyak orang mendapatkan informasi Anda.

4. Memiliki analisis dan kreativitas yang baik

Program studi komunikasi massa menuntut agar para pelajarnya memiliki kemampuan analisis yang tajam. Hal ini penting karena terkait dengan konten informasi yang akan disuguhkan. Selain sisi kreativitas juga perlu dimiliki karena ini bisa menarik para pembaca atau audiens untuk mendengar dan melihat informasi yang Anda sampaikan.

Jika konten yang disuguhkan menarik dan tepat maka komunikasi efektif yang diharapkan pun bisa terjadi.

Apa saja program studi yang tersedia pada bidang Komunikasi massa di luar negeri?

Ada berbagai jenjang pendidikan yang ditawarkan oleh universitas-universitas di luar negeri pada jurusan komunikasi massa. Anda pun memiliki kesempatan bila ingin belajar komunikasi Massa atau komunikasi massa mulai dari jenjang Foundation hingga program pascasarjana.

Berikut ini adalah berbagai jenis jenjang pendidikan jurusan komunikasi massa yang tersedia di luar negeri:

  • Foundation
  • Diploma
  • Sarjana (S1)
  • Magister (S2)
  • Doktoral (S3)
  • Sertifikat
  • Dan lainnya

Apa saja peminatan atau jurusan pada bidang Komunikasi massa di luar negeri?

Serupa dengan jurusan Pendidikan dan Keguruan, jurusan pendidikan komunikasi massa juga memiliki peminatan atau spesialisasi jurusan yang cukup banyak. Berbagai ragam peminatan atau spesialisasi jurusan komunikasi massa ditawarkan oleh institusi kuliah di luar negeri. Anda pun memiliki pilihan yang sangat luas jika memilih kuliah komunikasi massa di luar negeri.

Berikut adalah pemfokusan (minor) jurusan yang bisa Anda dapatkan dalam jurusan komunikasi massa:

  • Ilmu Komunikasi
  • Ilmu Media
  • Komunikasi Internasional
  • Komunikasi Olahraga
  • Komunikasi Profesional
  • Komunikasi Perusahaan
  • Manajemen Komunikasi
  • Hubungan Masyarakat
  • Jurnalistik
  • Periklanan
  • Media Pemasaran
  • Desain Multimedia
  • Broadcasting
  • Dan lainnya

Silahkan menghubungi EasyUni untuk berkonsultasi dengan Penasihat profesional kami agar Anda bisa mengetahui spesialisasi yang sesuai. Konsultasi ini tidak dipungut biaya.

Apa saja daftar mata kuliah pada bidang Komunikasi massa?

apa yang dipelajari di ilmu komunikasi massaSumber: Pixabay.com

Anda telah mengetahui beberapa peminatan atau spesialisasi jurusan yang ada pada jurusan komunikasi massa. Apakah Anda telah memiliki beberapa pilihan utama?

Jika Anda telah memiliki beberapa pilihan spesialisasi jurusan tetapi masih bingung maka Anda bisa melihat daftar mata kuliah masing-masing peminatan pilihan Anda. Dengan begitu, Anda pun akan memiliki gambaran mengenai apa saja yang nanti akan Anda pelajari.

Sebagai contoh, inilah daftar mata kuliah program pendidikan tingkat Sarjana jurusan komunikasi massa (Periklanan) di Taylor’s University, Malaysia:

Tahun ke-1: 

  • Introduction to komunikasi massa
  • Intercultural Communication
  • Critical & Creative Thinking
  • Communication Theory
  • MPU (U1) - Module 1*
  • Innovative Media
  • Media Writing
  • Visual Communication
  • Elective I
  • MPU (U1) - Module 2*
  • Short Semester
  • MPU (U2)*
  • MPU (U3)*

Tahun ke-2:

  • Communication Research Fundamentals
  • Advertising Principles
  • Creative Concept & Visualising
  • Minor I
  • MPU (U4)*
  • Interactive Media
  • Creative Copywriting
  • Advertising Design & Execution
  • Minor II
  • Elective II

Short Semester

  • Internship

Tahun ke-3: 

  • Media Law & Ethics
  • Media Strategy
  • Brand Management
  • Minor III
  • Minor IV
  • Advertising Campaign
  • Professional Media Workshop
  • Minor V
  • Minor VI

Pilihan

Semester 2 (Elective I)

  • Performing Arts
  • Introduction to Management
  • Illustration & Visual Narrative

Semester 4 (Elective II)

  • Photography
  • Entrepreneurship

Catatan untuk masing-masing minor atau spesialisasi jurusan:

  • Public Relations
    • Social Psychology for Communication
    • Public Relations Principles
    • Promotional Writing
    • Publicity & Media Relations
    • Crisis Management
    • Organisational Communication
       
  • Broadcasting
    • Broadcasting Principles
    • Writing for Broadcast
    • Audience Studies
    • Radio & TV Production
    • Film Studies
    • Digital Storytelling & Production
       
  • Journalism
    • Photo Journalism
    • Social Psychology for Communication
    • Print News Reporting
    • Creative Writing
    • Reporting for New Media
    • Newspaper & Magazine Production

Bagaimana prospek kerja lulusan bidang Komunikasi massa?

Selama komunikasi masih menjadi sebuah kebutuhan dasar bagi semua orang di dunia ini maka selama itu pula sumberdaya yang menguasai ilmu komunikasi massa akan tetap dibutuhkan. Terlebih lagi, pesatnya perkembangan teknologi informasi di berbagai wilayah menuntut peningkatan lulusan komunikasi massa di banyak sektor. 

Apa saja peluang profesi bagi lulusan kuliah bidang Komunikasi massa?

komunikasi massa memberi peluang untuk kerja di lapangan

Sumber: Pixabay.com

Sudah disinggung sebelumnya bahwa prospek kerja lulusan komunikasi massa cukup cerah. Hal ini dikarenakan komunikasi dibutuhkan oleh banyak orang dan ilmu komunikasi juga dibutuhkan di banyak sektor.

Selain itu, spesialisasi jurusan komunikasi massa yang beragam semakin membuat peluang kerja yang dimiliki oleh lulusan komunikasi massa juga cukup bervariasi.

Berikut ini adalah beberapa pilihan peluang karir bagi para lulusan Komunikasi massa:

  • Jurnalis
  • Copywriter
  • Reporter
  • Editor
  • Presenter
  • Analis marketing
  • Manajer merk
  • PR (public relation)
  • Director
  • Penghubung komunitas
  • Penyiar radio
  • Penerjemah
  • Diplomat
  • Dan lainnya

Apa persyaratan kuliah Komunikasi massa di luar negeri?

Di mana pun universitas yang hendak dituju maka ada beberapa persyaratan kuliah yang harus Anda penuhi. Memang ada perbedaan kebijakan persyaratan kuliah di antara universitas-universita yang ada di luar negeri. Pilihan spesialisasi jurusan pun terkadang ikut menentukan persyaratan kuliah.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melihat daftar persyararatan kuliah di universitas tujuan pada spesialisasi jurusan yang Anda inginkan.

Di bawah ini adalah contoh persyaratan kuliah jurusan International Journalism di Universitas Liverpool John Moores, Inggris:

  • Ijazah SMA dengan nilai rata-rata 7 - 9 atau
  • Ijazah D3
  • Kualifikasi setara lainnya dapat diterima.
  • Nilai IELTS: 6.0

Berapa besar biaya kuliah Komunikasi massa di luar negeri?

Biaya kuliah komunikasi massa di luar negeri tidaklah sama. Hal ini dikarenakan ada beberapa faktor yang memengaruhinya. Faktor-faktor seperti lokasi universitas, jenis universitas, jenjang pendidikan, dan spesialisasi jurusan ikut menentukan besarnya biaya pendidikan yang harus dikeluarkan. Biaya kuliah komunikasi massa di luar negeri memiliki kisaran antara Rp 20.000.000,- hingga Rp 950.000.000,- per tahun.

Untuk informasi yang tepat tentang biaya kuliah silahkan menghubungi EasyUni.

Di mana universitas terbaik di luar negeri untuk kuliah Komunikasi massa?

Apabila Anda memilih kuliah komunikasi massa di luar negeri maka Anda tidak perlu pusing mengenai tempat kuliah. Hal ini dikarenakan ada banyak universitas terkemuka di luar negeri yang menawarkan program studi komunikasi massa. Jika Anda sedang cari universitas jurusan komunikasi massa di luar negeri maka Anda bisa melihat informasi di bawah ini.

Berikut ini adalah beberapa universitas terbaik di luar negeri versi World University Rankings jurusan komunikasi massa:

Amerika Serikat:

  • Stanford University
  • Massachusetts Institute of Technology
  • Harvard University
  • University of Pennsylvania
  • University of California, Berkeley

Inggris:

  • UCL
  • London School of Economics and Political Science
  • University of Edinburgh
  • King’s College London

Kanada:

  • University of Toronto
  • University of British Columbia
  • McGill University

Australia:

  • University of Melbourne
  • Australian National University
  • University of Sydney

Eropa:

  • LMU Munich (Jerman)
  • École Polytechnique Fédérale de Lausanne (Swiss)
  • Paris Sciences et Lettres – PSL Research University Paris (Perancis)
  • KU Leuven (Belgia)

Asia:

  • Tsinghua University (Cina)
  • Peking University (Cina)
  • National University of Singapore (Singapura)
  • Nanyang Technological University, Singapore (Singapura)
  • The University of Tokyo (Jepang)
  • Seoul National University (Korea Selatan)
  • Chinese University of Hong Kong (Hong Kong)

Apakah Anda semakin tertarik untuk kuliah komunikasi massa di luar negeri? Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin berkonsultasi lebih jauh mengenai kuliah di luar negeri maka jangan ragu untuk menghubungi EasyUni yang selalu siap membantu.

 

You might be interested in...