Kuliah Ilmu Pendidikan dan Keguruan di Luar Negeri

Persaingan karir yang semakin ketat membuat banyak orang tersadar akan pentingnya kualitas pendidikan dan keguruan!
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Apakah Anda tertarik untuk kuliah pendidikan dan keguruan di luar negeri? Apabila tertarik maka kemungkinan besar Anda adalah seseorang yang menyukai dunia pendidikan dan suka berbagi ilmu atau mengajar. Ya, ini adalah hal yang sangat baik dan bermanfaat untuk kehidupan manusia masa kini dan masa depan.

ambil jurusan kuliah pendidikan dan ilmu keguruan
Sumber: 123RF
Bagi Anda yang memang memiliki minat dan bakat dalam dunia pendidikan, jadilah bagian penting di dalamnya dan berilah manfaat sebesar-besarnya kepada anak didik Anda kelak. Jasa Anda akan selalu terkenang dan berperan besar bagi mereka kelak.

Dengan melanjutkan kuliah pada program studi pendidikan dan keguruan di luar negeri, maka Anda bisa berkontribusi terhadap dunia pendidikan dan keguruan yang merupakan ujung tombak kemajuan peradaban manusia.

Apa itu ilmu pendidikan dan keguruan?

Ilmu pendidikan dan keguruan adalah sebuah cabang ilmu yang mempelajari bagaimana cara berbagi atau mengajarkan ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada para peserta didik. Anda akan memiliki pengetahuan dan skill yang baik untuk mengajar para siswa Anda sehingga mereka bisa menyerap berbagai ilmu dan keterampilan dengan baik. Ada pun jenjang program studi pada bidang pendidikan dan keguruan ini memengaruhi jenjang pendidikan siswa yang diajar.

Sebagai contoh lulusan sarjana bisa mengajar peserta didik mulai kelompok bermain hingga sekolah menengah atas, sedangkan jika ingin mengajar peserta didik tingkat sarjana maka Anda harus lulus program pascasarjana. Konsentrasi terhadap pilihan jurusan yang Anda pilih juga ikut menentukan karir Anda kelak, seperti kuliah tentang jurusan Early Childhood Education (Pendidikan Anak Usia Dini) yang memungkinkan karir pendidikan untuk digeluti sebagai seorang guru atau kepala sekolah di lembaga pendidikan pra-sekolah.

Mengapa kuliah pendidikan dan keguruan di luar negeri?

Dikutip dari Guardian, keguruan dan ilmu pendidikan dianggap sebagai salah satu pekerjaan yang tidak akan berkurang tingkat peminatannya. Beberapa alasan memilih kuliah pendidikan dan keguruan di luar negeri bisa Anda lihat di bawah ini:

1. Program studi yang sangat bermanfaat untuk peradaban manusia

Tidak bisa dipungkiri bahwa peradaban manusia terus berkembang dikarenakan orang-orang yang telah mempelajari ilmu dan keterampilan tertentu. Orang-orang tersebut lalu menemukan sebuah teori atau karya tertentu. Namun, usia peradaban manusia jauh lebih panjang daripada usia manusia itu sendiri. Hal ini pun mendorong berbagai ilmu dan keterampilan harus diwariskan dari generasi ke generasi dengan cara mengajarkannya.

Sebanyak apa pun pilihan program studi yang ada di dunia ini, itu semua tidak akan sampai pada generasi selanjutnya jika tidak diajarkan. Sayangnya, sering kali saat seorang guru mencoba untuk berbagi ilmu atau keterampilan, ada hal-hal yang hilang atau terdistorsi.

Salah satu penyebabnya adalah kepiawaian guru dalam menyampaikan ilmu tersebut. Oleh karena itu, dengan memilih kuliah pendidikan dan keguruan di luar negeri, Anda akan dilatih dan diajarkan cara mengajar yang benar sehingga murid-murid lebih besar untuk menangkap ilmu tersebut. Hal ini berdampak luas untuk ‘estafet ilmu’ untuk generasi berikutnya.

2.  Sistem pendidikan yang bermutu

Berbagai universitas di luar negeri yang menawarkan program studi pendidikan dan keguruan baik untuk program gelar sarjana maupun program pascasarjana memiliki dedikasi dalam hal mutu sistem pendidikan. Di luar negeri, mulai pendidikan tingkat sarjana hingga tingkat doktor, semuanya memiliki sistem pendidikan yang bermutu. Dibimbing oleh keahlian dari para pengajar, metode pengajaran, jam terbang institusi kuiliahnya, jumlah pelajar yang tidak banyak di tiap kelas, fasilitas inovasi, dan beberapa hal lainnya yang menjadikan pedoman unsur-unsur sistem pendidikan yang bermutu.

Anda pun bisa menjadi sarjana jurusan pendidikan yang cakap, ahli, dan memiliki reputasi yang sangat baik. Sistem pendidikan di luar negeri untuk bidang pendidikan dan keguruan juga dilengkapi dengan adanya pilihan program studi di negara lain yang telah menjalin kerja sama sehingga para murid bisa mendapatkan wawasan dan pengalaman yang lebih luas. Selain itu, para pelajar juga akan terlatih belajar mengajar di dunia nyata sebagai persiapan setelah lulus kuliah.

3. Tersedia berbagai institusi kuliah dengan kampus yang memukau

Di luar negeri, tersedia berbagai institusi kuliah terkemuka tingkat global yang memiliki kampus yang memukau. Kampus-kampus di luar negeri yang menyediakan program studi pendidikan dan keguruan sering dianggap sebagai tempat kuliah yang sangat nyaman oleh para pelajarnya. Lingkungan yang asri, tertata, berteknologi tinggi, keragaman asal pelajar, dan fasilitas kampus telah menarik banyak pelajar asal Indonesia untuk kuliah di luar negeri.

4. Suasana menyenangkan jika memiliki karir bidang pendidikan dan keguruan

Banyak orang yang bilang bahwa memiliki karir bidang pendidikan dan keguruan memiliki beberapa keunggulan. Salah satu keunggulan berkarir di bidang pendidikan dan keguruan adalah memiliki suasana tempat kerja yang menyenangkan. Tidak hanya menyenangkan tetapi juga beragam. Anda akan bekerja untuk mengajar orang-orang dengan berbagai usia. Selain itu, Anda juga bisa menikmati jumlah libur sebagaimana liburnya anak sekolah. Asik bukan?

5. Peluang untuk memiliki penghasilan yang tinggi

Apabila Anda memilih kuliah pendidikan dan keguruan di luar negeri maka Anda memiliki peluang untuk memiliki penghasilan tinggi. Lulusan luar negeri biasanya cenderung mudah bekerja di lembaga pendidikan Internasional yang siap membayar tinggi para pengajarnya. Selain itu, Anda juga bisa memiliki karir bidang pendidikan dan keguruan di luar negeri. Dengan itu, sistem honornya juga akan mengikuti standar gaji guru di luar negeri yang dikenal cukup tinggi, terutama di negara maju seperti Korea Selatan.

Karakter seperti apa yang cocok kuliah pendidikan dan keguruan?

Menjadi sebuah hal yang wajar jika Anda masih memiliki sebuah keraguan untuk melanjutkan kuliah di bidang pendidikan dan keguruan. Namun, Anda akan segera memiliki kemantapan untuk memutuskan kuliah di bidang ini setelah mengetahui beberapa karakter yang cocok untuk kuliah pendidikan dan keguruan.

karakter yang diperlukan seorang guru dan pengajar

Karakter suka mengajar atau memberikan bimbingan adalah karakter yang cocok untuk memilih kuliah di bidang pendidikan dan keguruan apalagi jika banyak yang senang dengan cara Anda mengajar. Anda juga harus termasuk orang yang sabar dalam menyampaikan ilmu atau memberikan pelatihan keterampilan karena tidak semua peserta didik memiliki daya serap dan daya pikir yang sama. Mulai dari kemampuan intelektual, memori, dan tingkat pemahaman yang berbeda-beda.

Selain itu, karakter yang sabar dibutuhkan untuk bidang ini. Selain sabar, memiliki dedikasi tinggi terhadap dunia pendidikan juga merupakan karakter yang cocok untuk dimiliki para calon pelajar bidang pendidikan dan keguruan. Ini dikarenakan dedikasi yang tinggi dan tanggung jawab yang besar sangat erat kaitannya dengan kualitas atau mutu pendidikan.

Apabila Anda berdedikasi dan bertanggung jawab terhadap setiap peserta didik, maka Anda bersungguh-sungguh untuk memberikan yang terbaik saat sedang mengajar para murid. Karakter lainnya yang cocok untuk memilih kuliah di bidang pendidikan dan keguruan adalah karakter senang belajar. Orang yang senang belajar biasanya akan mendapatkan tambahan ilmu yang bermanfaat untuk diajarkan kembali.

Apa saja program studi yang tersedia pada bidang pendidikan dan keguruan di luar negeri?

Ada beberapa pilihan program akademik bagi Anda yang ingin kuliah pada bidang pendidikan dan keguruan di luar negeri. Program-program pendidikan tersebut di dimulai dengan program diploma, gelar sarjana, sertifikat, pascasarjana, hingga gelar doktoral. Daftar program tersebut turut menyesuaikan tingkat pendidikan orang-orang yang akan diajarkan.

Durasi dari setiap jenjang berbeda-beda:

  • Diploma: 2-3 tahun

  • Sarjana (S1): 3-4 tahun

  • Magister (S2): 1-2 tahun

  • Doktoral (S3): 2-3 tahun

  • Sertifikat: 6-18 bulan

Apa saja peminatan atau jurusan pada bidang pendidikan dan keguruan di luar negeri?

Institusi kuliah di luar negeri yang menawarkan program studi pada bidang pendidikan dan keguruan memiliki peminatan atau jurusan yang cukup banyak. Anda pun akan memiliki banyak pilihan jurusan kuliah dan memilih yang tepat sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda. Tidak perlu khawatir terkait prospek kerja karena semua jurusan atau peminatan yang termasuk bidang pendidikan dan keguruan memiliki prospek kerja yang baik.

Berikut adalah pemfokusan (minor) jurusan yang bisa Anda dapatkan dalam jurusan pendidikan dan keguruan:

  • Perkembangan anak

  • Konseling sekolah

  • Kurikulum & Instruksi

  • Penilaian and Evaluasi

  • Pendidikan Usia Dini

  • Pendidikan SD

  • Pendidikan SMP

  • Pendidikan SMA

  • Pendidikan Usia Dewasa

  • Pendidikan Matematika

  • Pendidikan Ilmu Sains

  • Pendidikan Perkebutuhan Khusus

  • Dan lainnya

Silahkan menghubungi EasyUni untuk berkonsultasi dengan Penasihat profesional kami agar Anda bisa mengetahui spesialisasi yang sesuai. Konsultasi ini tidak dipungut biaya.

Apa saja daftar mata kuliah pada bidang pendidikan dan keguruan?

perpustakaan universitas jurusan pendidikan yang memukau
Sumber: Susdiv

Daftar mata kuliah adalah salah satu informasi kuliah yang penting untuk Anda ketahui. Setelah Anda memiliki minat untuk kuliah pada jurusan di universitas tertentu maka selanjutnya adalah segera melihat daftar mata kuliah yang ada. Dengan begitu, Anda akan memiliki bayangan daftar perkuliahan yang akan Anda pelajari di dalam kelas selama kurun waktu tertentu.

Sebagai contoh, mata kuliah semester satu pada program pendidikan tingkat Sarjana jurusan Early Childhood Education yang ada di University of Tasmania, Australia, di antaranya adalah:

  • Pengenalan mengenai keguruan

  • Literasi akademik

  • Pengenalan akan bahasa Inggris

  • Perhitungan secara profesional dan pribadi

Bagaimana prospek kerja lulusan bidang pendidikan dan keguruan?

Selama masih ada ilmu dan keterampilan yang harus dipelajari maka selama itu pula bidang pendidikan dan keguruan akan selalu dibutuhkan. Apalagi kini semakin ketat persaingan di dunia karir telah membuat para orang tua tersadar untuk menyekolahkan anak-anaknya di lembaga pendidikan terbaik karena tahu bahwa anak-anaknya akan diajar oleh orang-orang yang tepat.

Lembaga pendidikan terkemuka yang memiliki komitmen terhadap mutu pendidikan tentunya menginginkan berbagai profesi terkait pendidikan yang dibutuhkan di tempatnya hanya diisi oleh lulusan kuliah di bidang pendidikan dan keguruan yang kompeten. Selain itu, lembaga tersebut sudah pasti lebih melirik lulusan luar negeri karena sudah tidak diragukan lagi untuk mengajar para murid dengan menggunakan bahasa Inggris.

Apa saja peluang profesi bagi lulusan kuliah bidang pendidikan dan keguruan?

Anda tidak perlu merasa bingung atau khawatir tentang profesi yang nanti akan Anda geluti setelah lulus kuliah. Para lulusan kuliah di bidang pendidikan dan keguruan memiliki peluang untuk mengisi banyak profesi yang ada di berbagai sektor. Peluang profesi ini semakin bertambah banyak jika Anda adalah lulusan luar negeri pada bidang pendidikan dan keguruan.

Berikut ini adalah beberapa peluang profesi bagi lulusan kuliah bidang keguruan dan pendidikan:

  • guru SD

  • guru SMP

  • guru siswa berkebutuhan khusus

  • asisten guru

  • administrasi pendidikan

  • konselor atau penasihat pendidikan

  • psikoterapis anak-anak

  • pengajar privat (online or tatap muka)

  • dan lainnya

Apa persyaratan kuliah pendidikan dan keguruan di luar negeri?

Sebelum melakukan pendaftaran kuliah, tentunya setiap calon pelajar harus memenuhi semua persyaratan kuliah yang telah ditetapkan oleh pihak universitas yang dituju. Persyaratan kuliah ini berbeda-beda tergantung kebijakkan universitas dan jurusan yang diinginkan. Jadi, pastikan Anda melihat lebih dulu daftar persyaratan kuliah yang ada di universitas impian Anda.

Di bawah ini adalah contoh persyaratan kuliah jurusan Early Childhood Studies di Universitas Liverpool John Moores, Inggris:

  • Ijazah SMA dengan nilai rata-rata 7 - 9

  • Ijazah D3

  • Kualifikasi setara lainnya dapat diterima.

  • Nilai IELTS: 6.0

Berapa besar biaya kuliah pendidikan dan keguruan di luar negeri?

Biaya kuliah pendidikan dan keguruan di luar negeri memiliki perbedaan. Perbedaan biaya pendidikan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti lokasi universitas, jenjang pendidikan, jurusan, durasi kuliah, dan lainnya. Biaya kuliah pada bidang pendidikan dan keguruan di luar negeri memiliki kisaran antara Rp 190.000.000,- hingga Rp 700.000.000,- per tahun.

Untuk informasi yang tepat tentang biaya kuliah silahkan menghubungi EasyUni.

Di mana universitas terbaik di luar negeri untuk kuliah pendidikan dan keguruan?

Pastinya Anda menginginkan institusi kuliah yang terbaik. Tidak perlu bingung karena di luar negeri terdapat banyak pilihan universitas. Pada beberapa universitas, telah mendirikan beberapa cabang kampus yang ada di negara lain dengan kualitas yang sama.

Berikut ini adalah beberapa tempat kuliah terbaik di luar negeri versi World University Rankings pada bidang pendidikan dan keguruan:

Inggris:

  • University of Cambridge

  • Staffordshire University

  • University of Chester

Amerika Serikat:

  • Stanford University

  • Harvard University

  • University of California, Berkeley

Asia:

  • National University of Singapore

  • University of Hong Kong

  • National Taiwan Normal University

  • Nanyang Technology University, Singapore

  • Korea University

Bagaimana? Sudah memutuskan ingin kuliah pendidikan dan keguruan di luar negeri? Jangan ragu untuk hubungi EasyUni jika memiliki pertanyaan seputar kuliah di luar negeri ya.

You might be interested in...