Panduan Kuliah Pendidikan dan Keguruan di Singapura

Tidak bisa dipungkiri bila pendidikan bermutu tinggi di Singapura memengaruhi para pelajar untuk memilih kuliah pendidikan dan keguruan di Singapura!
Share on Facebook Twitter WhatsApp

profesi mengajar di bidang pendidikan
Sumber: Pixabay

Apakah Anda merasa memiliki panggilan jiwa untuk berkontribusi pada dunia pendidikan? Punya impian menjadi pendidik dan ingin meningkatkan mutu pendidikan baik secara nasional maupun internasional? Cinta terhadap dunia pendidikan dan memiliki kemampuan untuk mengajar? 

Banyak pelajar Internasional termasuk pelajar asal Indonesia yang melirik Singapura untuk dijadikan tujuan kuliah Pendidikan dan Keguruan. Hal ini dikarenakan Singapura adalah negara yang maju dalam hal pendidikan. Tak bisa dielakkan jika banyak pelajar di sekitar Singapura yang memilih melanjutkan kuliah Pendidikan dan Keguruan di Singapura. Apabila Anda berminat kuliah Pendidikan dan Keguruan di Singapura maka panduan ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan informasi terkait.

Apa itu ilmu pendidikan dan keguruan?

Ilmu pendidikan dan keguruan adalah ilmu yang mempelajari segala hal yang terkait dengan proses belajar dan mengajar suatu ilmu pengetahuan dan keterampilan tertentu untuk dibagikan kepada para peserta didik. Para pelajar yang mengambil kuliah pendidikan dan keguruan akan memiliki kecakapan dalam hal mengajar dan hal-hal lainnya yang terkait dengan dunia pendidikan.

Ada satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa jenjang program pendidikan yang Anda sangat terkait dengan tingkat pendidikan peserta didik yang nantinya Anda ajarkan. Contohnya, jika Anda adalah lulusan S1 Pendidikan dan Keguruan maka Anda hanya bisa mengajar siswa Kelompok Bermain hingga SMA. Namun, Anda perlu memperhatikan peminatan dan spesialisasi jurusan yang Anda ambil.

Jika Anda ingin menjadi guru atau kepala sekolah di lembaga pendidikan tingkat pra-sekolah (PAUD dan TK) maka Anda perlu memilih jurusan Early Childhood Education (Pendidikan Anak Usia Dini). Jurusan Primary Education (Pendidikan Dasar) untuk yang ingin mengajar anak-anak SD, Secondary Education (Pendidikan Menengah) bagi yang ingin mengajar anak SMP dan SMA. Apabila Anda ingin menjadi dosen yang mengajar pelajar di perguruan tinggi maka Anda harus memilih program pascasarjana.

Mengapa kuliah pendidikan dan keguruan di Singapura?

Keinginan Anda memilih Singapura untuk melanjutkan kuliah pada bidang Pendidikan dan Keguruan adalah hal yang tepat. Pasalnya, Singapura memiliki beberapa alasan yang kuat di mata para calon pelajar yang ingin memilih kuliah di bidang pendidikan dan keguruan. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa memilih kuliah pendidikan dan keguruan di Singapura:

1. Mendapatkan dukungan dari pemerintah Singapura

Singapura merupakan sebuah negara yang sangat memperhatikan dunia pendidikan. Sadar akan sumber daya alamnya yang tidak sebanyak negara tetangga seperti Indonesia dan Malaysia, Pemerintah Singapura telah melakukan investasi pada sumber daya manusia. Sektor pendidikan adalah sektor yang sangat diperhatikan dan sangat didukung untuk terus melakukan peningkatan mutu.

Jadi, kuliah di Singapura memang merupakan keputusan yang tepat. Terlebih lagi, programs studi yang Anda inginkan juga sangat terkait dengan dunia pendidikan yaitu jurusan Pendidikan dan Keguruan. Tak ayal lagi jika Anda akan menerima ilmu dan keterampilan belajar dan mengajar yang sudah sejak lama dikembangkan dan diterapkan oleh para pendidik di negeri Singa ini.

2. Mutu pendidikan yang berkualitas tinggi

Sudah sejak lama pemerintah Singapura melakukan perbaikan pada mutu pendidikan dalam rangka mengupgrade kualitas sumber daya manusianya. Mutu pendidikan di Singapura sudah diakui oleh berbagai negara akan kualitasnya yang baik. Para akademisi telah bekerjasama merancang kurikulum yang relevan, efektif, dan koheren terhadap dunia karir.

Konten kurikulum di Singapura pun memiliki kualitas tinggi sehingga ilmu-ilmu yang disampaikan kepada para peserta didik ibarat ‘daging’ semua. Selain itu, tidak puas hanya memiliki kurikulum dan isi pelajaran yang bermutu, program studi Pendidikan dan Keguruan  di Singapura diberikan oleh para pengajar berkualitas dan berdedikasi tinggi. Setiap pelajar di bidang Pendidikan dan Keguruan di Singapura pastinya akan mendapatkan falsafah pendidikan yang sangat kuat sebagai fondasi saat bekerja nanti.

3. Adanya kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan

Sudah disinggung sebelumnya jika Singapura memiliki perhatian penuh terhadap sektor pendidikan. Hal ini bisa Anda lihat pada program-program sebagai hasil kerjasama antara insitusi kuliah dengan lembaga pendidikan atau lembaga lainnya yang terkait. Para pelajar yang kuliah di bidang Pendidikan dan Keguruan di Singapura dengan mudahnya akan mendapatkan kesempatan magang di lembaga-lembaga pendidikan terkait di Singapura.

Kerjasama ini ternyata tidak hanya terbatas pada lembaga pendidikan di Singapura. Ada pula program yang bekerja sama dengan kampus ternama di luar Singapura. Program ini biasanya berbentuk program pertukaran pelajar atau kuliah di luar negeri. Di samping itu, alasan para pelajar yang memilih kuliah di Singapura pada bidang ini dikarenakan mereka bisa mendapatkan pelatihan-pelatihan dan program sertifikasi profesional.

4. Peluang profesi yang cukup luas dan bervariasi

Sektor pendidikan merupakan sektor yang sangat luas. Bagaimana tidak? Semakin hari semakin banyak orang-orang yang sadar akan pentingnya pendidikan baik secara formal maupun informal. Hal ini pun memicu hadirnya lembaga-lembaga pendidikan formal, informal, dan nonformal. Biasanya, peluang profesi yang dimiliki adalah guru tetapi semakin hari peluang profesi yang bisa Anda miliki semakin luas dan variatif.

Selain itu, Anda juga perlu tahu bahwa banyak perusahaan di bidang manufaktur atau industri yang membutuhkan kehadiran pengajar dengan tujuan untuk mengajari para insiyurnya bila ada teori-teori dasar yang terlupa. Anda pun juga bisa menjadi penulis di sebuah perusahaan digital marketing di bidang pendidikan untuk menulis konten akademis. Informasi peluang profesi ini akan semakin luas lagi bila Anda telah bergabung di dalam jaringan alumni kampus di Singapura.

5. Kesempatan bekerja di Singapura dengan penghasilan yang tinggi

Sebagai negara yang sangat maju pada bidang pendidikan, tentu saja para pengajar atau profesi terkait lainnya di dunia pendidikan dihargai cukup tinggi. Hal ini dikarenakan sebagai bentuk penghargaan terhadap para guru dan investasi sumberdaya manusia agar bisa menghasilkan lebih banyak lagi sumberdaya berkualitas yang bisa memajukan negeri.

Proses seleksi para akademisi di Singapura merupakan seleksi yang ketat. Mengapa? Ini karena pemerintah Singapura betul-betul ingin memberikan pengajar yang ahli dan cakap untuk para pelajar di Singapura. Jika Anda adalah lulusan kuliah Pendidikan dan Keguruan maka Anda telah mengantongi peluang yang lebih besar untuk bisa bekerja di Singapura.

6. Berkontribusi untuk memajukan mutu pendidikan bangsa

Bagi Anda yang tidak berminat bekerja di luar negeri dan ingin berbakti kepada bangsa maka kuliah Pendidikan dan Keguruan di Singapura juga merupakan keputusan yang tepat. Pasalnya, ilmu dan keterampilan yang Anda dapatkan selama kuliah di Singapura pada bidang Pendidikan dan Keguruan adalah ilmu-ilmu yang berkualitas. Anda pun telah dilatih untuk memiliki metode dan cara mengajar yang ahli.

Selain itu, Anda juga akan tahu bagaimana membuat kurikulum yang baik. Intinya, semua bekal ilmu yang telah Anda dapatkan di Singapura pada program studi pendidikan dan keguruan sangat bermanfaat untuk pendidikan bangsa di dalam negeri. Anda juga bisa melihat dengan jelas negara-negara yang melakukan studi banding di Singapura untuk mendapatkan ilmu bermanfaat terkait sistem pendidikan di Singapura yang berkualitas.

Ilmu yang nantinya Anda miliki lebih dalam dan luas lagi karena durasi kuliah tiga tahun yang lebih lama dari studi banding. Jika Anda memiliki dedikasi yang tinggi terhadap dunia pendidikan dalam negeri maka ini bisa menjadi jalan atau cara untuk mewujudkan semuanya. Meskipun belum tentu mendapatkan tanda jasa namun jasa Anda nantinya pasti memiliki kepuasan tersendiri.

Karakter seperti apa yang perlu dimiliki jika ingin kuliah Pendidikan dan Keguruan?

Apakah Anda masih belum yakin dan percaya diri sepenuhnya untuk melanjutkan kuliah bidang Pendidikan dan Keguruan? Jangan panik ataupun gelisah! Sebaiknya Anda mencari tahu apakah Anda memiliki beberapa karakter yang cocok menjadi pelajar bidang Pendidikan dan Keguruan.

Berikut ini adalah beberapa karakter yang perlu dimiliki oleh para pelajar bidang Pendidikan dan Keguruan:

  • senang mengajar

  • memiliki kemampuan mengajar dengan baik

  • senang dan ingin terus belajar

  • memiliki sikap sabar

  • memiliki dedikasi tinggi terhadap dunia pendidikan

  • bertanggung jawab

  • bisa bersikap mengayomi dan bijaksana

Apa saja jenjang program pendidikan yang tersedia pada jurusan Pendidikan dan Keguruan?

Singapura memiliki jenjang program pendidikan yang cukup komplit pada bidang Pendidikan dan Keguruan. Tentunya hal ini tidaklah terlepas dari perhatian dan komitmen Singapura untuk memajukan dunia pendidikan di negaranya.

Berbagai jenjang program pendidikan pada bidang Pendidikan dan Keguruan di Singapura yang tersedia bisa dilihat pada informasi di bawah ini:

  • Diploma: durasi 8-18 bulan

  • Advance Diploma: durasi 1 tahun

  • Sarjana (S1): durasi 1-3 tahun

  • Magister (S2): 1-2 tahun

  • Doktoral (S3): 2-3 tahun

  • Sertifikat: 2-8 bulan

  • Pengembangan profesional dan vokasional

  • Program kepemimpinan

  • Dan lainnya

Apa saja spesialisasi jurusan atau peminatan yang ada pada bidang Pendidikan dan Keguruan di Singapura?

Institusi kuliah di Singapura yang mempunyai program studi bidang pendidikan dan keguruan menawarkan aneka peminatan atau jurusan yang cukup bervariasi. Anda bisa memiliki banyak pilihan spesialisasi jurusan kuliah. Spesialisasi jurusan kuliah pada bidang Pendidikan dan Keguruan di Singapura terbilang cukup lengkap. Anda bisa mempertimbangkan jurusan yang tepat dari sekarang.

Bebeberapa pemfokusan (minor) jurusan yang bisa Anda dapatkan dalam jurusan pendidikan dan keguruan:

  • Perkembangan anak

  • Pendidikan Usia Dini

  • Pendidikan SD

  • Pendidikan SMP

  • Pendidikan SMA

  • Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rohani SD

  • Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rohani SMP-SMA

  • Pendidikan Usia Dewasa

  • Pendidikan Matematika

  • Pendidikan Ilmu Sains

  • Konseling sekolah

  • Kurikulum & Instruksi

  • Penilaian and Evaluasi

  • Pendidikan Perkebutuhan Khusus

  • Dan lainnya

Silahkan menghubungi EasyUni untuk berkonsultasi dengan Penasihat profesional kami agar Anda bisa mengetahui spesialisasi yang sesuai. Konsultasi ini tidak dipungut biaya.

Apa saja daftar mata kuliah pada jurusan Pendidikan dan Keguruan?

mutu pendidikan kuliah jurusan pendidikan di singapura
Sumber: Pexels.com

Hampir semua calon pelajar memiliki rasa penasaran tentang apa saja mata kuliah yang kelak dipelajarinya saat nanti di bangku kuliah. Ini adalah hal yang wajar dan memang perlu diketahui oleh para calon pelajar. Para calon pelajar pun bisa melakukan beberapa persiapan sehingga cenderung lebih siap ketika nanti mulai belajar mata kuliah tersebut.

Daftar mata kuliah ini tentunya berbeda antara satu peminatan dengan peminatan lainnya dan perbedaan kebijakan institusi kuliah juga turut membedakannya. Di bawah ini ada contoh mata kuliah program studi suatu jurusan dengan jenjang pendidikan tertentu di sebuah universitas di Singapura.

Mata kuliah program sarjana spesialisasi jurusan Early Childhood Education di James Cook University Singapore bisa dilihat di bawah ini:

Tahun pertama:

  • Foundations of Education

  • Foundations of Language and Literacy in Education

  • Foundations of Educational Psychology

  • Foundations of Sustainability in Education

  • Foundations of Mathematics and Numeracy in Education

  • Indigenous Australian World Views: Survival, Identity and Cultural Diversity

  • Technologies for Early Childhood Education

Tahun ke-2:

  • Second Year Professional Experience

  • Teaching for Learning 1

  • Education for Cultural Diversity

  • Health and Physical Education for Early Childhood

  • Early Childhood Mathematics and Numeracy 1

  • Early Childhood Language and Literacy 1

  • Early Childhood Education and Care 1

  • Technologies Across the Early Childhood Education Curriculum

Tahun ke-3:

  • Third Year Professional Experience

  • Humanities and Social Science Education for Early Childhood

  • Science Education for Early Childhood

  • Teaching for Learning 2 (ECE)

  • Arts Education for Early Childhood

  • Inclusive Education for Special Needs

  • Early Childhood Education and Care 2

  • Teaching ESL to Indigenous Students

Tahun ke-4:

  • Fourth Year Professional Experience A*

  • Fourth Year Professional Experience B*

  • Teaching for Learning 3 (ECE)

  • Early Childhood Language and Literacy 2

  • Early Childhood Mathematics and Numeracy 2

  • Service Learning for Sustainable Futures

  • Indigenous Futures

  • Teaching for Learning 4

Setelah membaca informasi sebelumnya, apakah Anda masih memiliki keraguan terhadap prospek kerja lulusan pendidikan dan keguruan? Seharusnya Anda tidak perlu ragu lagi karena para lulusan pendidikan dan keguruan di luar negeri khususnya lulusan dari Singapura memiliki prospek yang cerah. Hal ini dikarenakan mutu pendidikan berkualitas yang dimiliki oleh Singapura pada jurusan Pendidikan dan Keguruan.

Bagaimana prospek kerja lulusan kuliah Pendidikan dan Keguruan yang telah lulus dari kampus-kampus Singapura?

Ijazah S1, S2, dan S3 yang Anda miliki akan laris dan dilirik banyak lembaga pendidikan terutama lembaga pendidikan terkemuka dan bahkan lintas negeri dan benua. Kemampuan berbahasa Inggris yang Anda miliki selama kuliah di Singapura pun ikut mendukung karir global Anda. Jadi, bagi para calon lulusan kuliah jurusan Pendidikan dan Keguruan di Singapura tidak perlu merasa khawatir dan cemas tentang prospek kerja di masa depan.

Apa saja peluang profesi bagi lulusan kuliah Pendidikan dan Keguruan?

Tidak hanya menghadirkan ketenangan pada sisi prospek karir, peluang profesi yang dimiliki oleh para lulusan jurusan Pendidikan dan Keguruan juga mencakup profesi yang luas dan bervariasi. Peluang profesi yang luas dan bervariasi ini akan membuat kelulusan Anda banyak dinanti dan dibutuhkan oleh lembaga terkait.

Berikut ini adalah beberapa peluang profesi bagi lulusan kuliah bidang keguruan dan pendidikan:

  • guru SD

  • guru SMP-SMA

  • dosen perguruan tinggi

  • administrasi pendidikan

  • kepala sekolah

  • konselor atau penasihat pendidikan

  • psikoterapis anak-anak

  • guru siswa berkebutuhan khusus

  • pengajar privat (online or tatap muka)

  • dan lainnya

Apa persyaratan kuliah jurusan Pendidikan dan Keguruan di Singapura?

Para calon pelajar yang ingin melakukan pendaftaran kuliah jurusan Pendidikan dan Keguruan di Singapura harus memenuhi semua persyaratan kuliah yang telah ditetapkan oleh universitas yang dituju. Daftar persyaratan kuliah bisa jadi berbeda tergantung kebijakan kampus, spesialisasi jurusan yang dipilih, dan karateristik pelajar tertentu.

Di bawah ini adalah contoh persyaratan kuliah jurusan Early Childhood Education di Asian International College, Singapura:

  • Ijazah SMA dengan nilai rata-rata 7 - 9

  • Ijazah D3 dengan IPK minimal 2,5 - 3,0

  • Persyaratan Bahasa Inggris, pilih salah satu:

    • IELTS 6.0 atau

    • GCE ‘O' level English grade C5 atau

    • GCE ‘A' level General Paper grade C6 atau

    • kualifikasi setara lainnya

Berapa besar biaya kuliah Pendidikan dan Keguruan di Singapura?

Biaya kuliah pada bidang pendidikan dan keguruan di luar negeri memiliki kisaran antara Rp 185.000.000,- hingga Rp 650.000.000,- per tahun. Sama seperti biaya kuliah pendidikan dan keguruan yang ada di luar negeri, biaya kuliah di Singapura untuk jurusan Pendidikan dan Keguruan juga memiliki rentang yang cukup jauh. Ada beberapa faktor yang memengaruhi biaya pendidikan ini, di antaranya adalah lokasi universitas, jenjang pendidikan, jurusan, durasi kuliah, dan lainnya.

Untuk informasi yang tepat tentang biaya kuliah silahkan menghubungi EasyUni.

Di mana universitas terbaik di Singapura untuk kuliah jurusan Pendidikan dan Keguruan?

Singapura memiliki beberapa institusi kuliah yang menawarkan berbagai jenjang program pendidikan pada jurusan Pendidikan dan Keguruan. Jadi, jika Anda sedang cari universitas jurusan Pendidikan dan Keguruan di Singapura maka informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda. Anda bisa memutuskan satu di antara beberapa pilihan tempat kuliah terbaik pada jurusan Pendidikan dan Keguruan di Singapura ini.

Berikut ini adalah beberapa institusi kuliah jurusan Pendidikan dan Keguruan di Singapura:

No

Nama Universitas

Jenis Universitas

1

Nanyang Institute of Education

Negeri

2

James Cook University

Swasta

3

Asian International College

Swasta

4

Informatics Academy

Swasta

5

Nanyang Institute of Management

Swasta

6

City Metropolitan College

Swasta

7

Seed Institute

Swasta



Nah, sekarang Anda telah mengetahui beberapa hal penting terkait kuliah jurusan Pendidikan dan Keguruan di Singapura. Bagaimana? Apakah Anda semakin tertarik untuk kuliah Pendidikan dan Keguruan di Singapura? Jika ada pertanyaan terkait kuliah di luar negeri, jangan ragu untuk menghubungi EasyUni yah!

You might be interested in...