Cover Image

Kuliah ACCA (Professional Accounting) di Singapura

Mungkin masih ada yang ragu untuk kuliah akuntansi. Kan sudah banyak lulusan jurusan ini? Nah, sebenarnya ada satu hal yang bisa membantu Anda untuk menonjol dibanding lulusan akuntansi lainnya, yaitu ACCA.

Find your university

Bagi Anda yang memutuskan untuk memilih bidang akuntansi, ACCA adalah salah satu sertifikasi yang bisa membantu karir Anda. ACCA sendiri adalah Association of Charatered Certified Accounts. Bagi Anda yang tidak familiar dengan ACCA, sertifikasi ini adalah sebuah organisasi global untuk pekerja profesional di bidang akuntansi dan finance.

acca kuliah akuntansi profesional

Sampai saat ini, organisasi ini memiliki lebih dari 208 ribu member dan 503 murid di 180 negara di seluruh dunia. Salah satu alasan mengapa ACCA banyak diminati mereka yang ingin bekerja di bidang akuntansi adalah karena pekerja profesional yang memiliki sertifikasi ini banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar.

Kenapa? Karena sertifikat ini merepresentasikan kemampuan bisnis yang dalam dan pengetahuan dalam tentang akuntansi dan finance.

Perusahaan mana yang tidak mau pekerja dengan kualifikasi seperti ini? ACCA juga diakui oleh Uni Eropa (European Union/EU) dan PBB (United Nations).

Jadi, kalau Anda tertarik untuk bekerja di luar negeri, ACCA bisa menjadi salah satu batu loncatan untuk Anda.

Walaupun Anda bisa langsung mendaftar dan mengambil ujiannya, tidak ada salahnya untuk mengikuti kelas yang bisa membantu Anda untuk meraih nilai tinggi di ujiannya. Salah satu negara di mana Anda bisa belajar ACCA adalah Singapura.

Faktor Memilih ACCA Preparatory Course di Singapura

Di Singapura ada beberapa institusi yang menawarkan kelas persiapan ACCA untuk membantu Anda mempersiapkan diri sebelum ujiannya. Sebelum kita membahas institusi mana saja yang menawarkan ACCA Preparatory Course di Singapura, mari kita lihat dulu apa yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih sekolah.

Diakui oleh ACCA

ACCA memiliki sebuah program yang disebut Approved Learning Partner (APL) - dimana institusi yang menjadi bagian dari program ini adalah institusi yang dinilai memiliki kualitas pendidikan dan dukungan yang sesuai untuk siswa yang ingin mengambil ACCA.

APL sendiri dibagi menjadi tiga kategori oleh ACCA: Platinum, Gold, and Silver. Sekolah yang diakui sebagai Platinum Approved Learning Partner tentunya adalah lembaga terbaik yang terus menunjukkan peningkatan dan inovasi. Untuk saat ini, hanya ada dua institusi di Singapura yang mendapat pengakuan ini yaitu LSBF dan Kaplan. Jadi, dengan belajar di salah satu institusi ini Anda dapat belajar dan berkembang banyak dalam hal akuntansi.

Memiliki Reputasi Yang Baik

Salah satu cara untuk menilai sekolah mana yang terbaik adalah melalui reputasi sekolah tersebut di publik. Sekarang Anda bisa dengan mudah mencari informasi tentang pengalaman seseorang dalam belajar di sebuah sekolah. Coba cari review dan blog yang membahas sekolah yang Anda pertimbangkan. Siapa tahu dari situ Anda bisa belajar tentang bagaimana keseharian di sekolah dan apakah setelah lulus dari situ Anda bisa mendapat pekerjaan dengan mudah.

Menyediakan Resources Untuk Persiapan Ujian

Salah satu yang penting dalam memilih ACCA Preparatory Course adalah memastikan bahwa sekolah yang Anda pilih menyediakan resources atau sumber daya yang lengkap untuk membantu Anda mempersiapkan diri sebelum mengambil ujian. Karena untuk lulus ACCA, Anda perlu melewati sembilan ujian di level Fundamental dan paling tidak lima ujian di level Professional. Jadi, Anda perlu memilih sekolah yang bisa memberi Anda banyak bantuan seperti misalnya soal-soal ujian di tahun sebelumnya untuk membantu persiapan ujian Anda.

Sekolah yang Memberi Support

Untuk bisa menghasilkan murid yang sukses, sekolah harus mendukung kebutuhan murid-muridnya. Setiap murid juga memiliki kebutuhan yang berbeda-beda - jadi penting bagi Anda sebagai murid untuk memikirkan apa yang Anda butuhkan dan harapkan dari sebuah sekolah dan apakah sekolah yang Anda pertimbangkan bisa memberi dukungan di area tersebut. Misalnya, Anda sekolah sambil bekerja jadi mungkin datang ke kelas setiap hari belum tentu bisa dilakukan. Coba periksa apakah sekolah Anda menawarkan kelas online atau resource dalam bentuk video agar Anda bisa belajar di rumah. Selain itu, mungkin juga profesor di sekolah yang Anda pertimbangkan bisa bertemu Anda di luar jam sekolah.

Coba perhatikan faktor-faktor di atas sebelum Anda memutuskan institusi mana yang akan menjadi pilihan Anda. Sekarang, kami akan membahas berbagai institusi yang menawarkan ACCA di Singapura.

Institusi yang menawarkan ACCA di Singapura

Berikut ini adalah berbagai institusi yang menawarkan program ACCA di Singapura.

Kaplan

Kaplan adalah salah satu universitas swasta di Singapura yang terkenal. Bagi Anda yang ingin mempersiapkan diri untuk tes ACCA di Singapura, Kaplan menawarkan program ACCA Course. Untuk program ini, Anda akan mendapat mata pelajaran sesuai dengan ujian yang harus Anda lakukan di ACCA. Tidak hanya untuk persiapan ujian, kalau Anda mengambil kelas di Kaplan, Anda berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan sampai mendapat gelar sarjana dari Oxford Brookes University yang merupakan salah satu universitas ternama di UK. Kaplan adalah sekolah pertama di Singapura yang menawarkan program dari Oxford Brookes University. Anda bisa mendapat gelar BSc (Honours) in Applied Accounting setelah Anda lulus ujian ACCA di level Fundamental.

Ada beberapa alasan mengapa Anda boleh mencoba belajar di Kaplan. Kaplan adalah partner platinum ACCA dan sudah diakui oleh ACCA. Selain itu, banyak orang yang belajar persiapan ACCA di Kaplan mendapatkan nilai yang memuaskan. Bahkan tidak sedikit yang menjadi ACCA winners. Sebagai institusi, Kapalan juga pernah mendapat penghargaan sebagai provider training corporate terbaik untuk computer science, IT, Finance Management, dan Senior Management & Leardership.

Apa yang harus dipersiapkan untuk pendaftaran?

Untuk mendaftarkan diri ke program ACCA di Kaplan, Anda perlu:

  • Berusia 18 tahun ke atas

  • Memiliki diploma di bidang akuntansi dan bisnis atau sudah lulus S1

Untuk mendaftar, Anda bisa langsung mendaftar di website resmi ACCA. Dengan mendaftar langsung di website resmi ACCA, Anda nantinya bisa melakukan tracking aplikasi Anda melalui fitur myACCA. Anda juga perlu mempersiapkan biaya membership ACCA sebesar:

  • Registrasi pertama £79

  • Biaya membership tahunan £97

  • Biaya daftar ulang £79

Bagi murid internasional yang mengikuti preparatory course ini, Anda harus menyediakan SGD 672.00 sebagai biaya pendaftaran ke Kaplan. Selain itu, Anda juga harus membayar biaya medical insurance atau asuransi kesehatan sebesar SGD 46.00 dan biaya tambahan sebesar SGD 180.00 per term.

London School of Business and Finance Singapore

Salah satu perguruan tinggi Singapura yang menawarkan program persiapan ACCA adalah London School of Business and Finance Singapore (LSBF). LSBF Singapore sendiri juga merupakan salah satu pilihan banyak orang yang ingin mengambil ujian ACCA. LSBF menyediakan tutor yang berpengalaman, materi pelajaran yang berbasis ujiannya, serta jadwal pelajaran yang fleksibel.

LSBF juga merupakan partner platinum ACCA. Mereka mendapat penghargaan Platinum Approved Learning Partner Status langsung dari Association of Chartered Certified Accountants (ACCA). Sekolah yang menerima status ini berarti sudah mendapat pengakuan dari ACCA sebagai provider pelajaran yang berkualitas tinggi dan memiliki tingkat kesuksesan tinggi dalam membantu murid-muridnya lulus ACCA.

Karena jadwal belajar yang fleksibel, jika Anda ingin belajar sambil bekerja, Anda bisa mengatur waktu dengan tutornya agar kehidupan professional dan personal Anda tidak terganggu. Preparatory course ACCA dari LSBF dijamin memberi murid-murid skill akuntansi dan membantu mereka untuk sukses di dunia finance. Bagi mereka yang belajar ACCA di LSBF, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan gelar BSc (Hons) in Applied Accounting dari Oxford Brookes University.

Apa yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar ke LSBF?

Mirip-mirip dengan institusi sebelumnya, Anda perlu:

  • Berusia 18 tahun ke atas

  • Memiliki diploma atau gelar sarjana dari universitas ternama

  • Score IELTS 5.5 ke atas atau

  • Score TOEFL IBT 74 ke atas atau

  • Memiliki pendidikan berbahasa Inggris selama 12 tahun

Kalau bahasa Inggris Anda dianggap belum mencukupi, LSBF menawarkan program Bahasa Inggris untuk membantu Anda.

Preparatory course ACCA di LSBF Singapore menyediakan kelas full-time dan part-time. Kedua-duanya memiliki durasi 36 bulan.

FTMSGlobal Singapore

Selain kedua sekolah di atas, FTMSGlobal Singapore juga menawarkan program ACCA Preparatory Course. FTMSGlobal Singapore sudah menawarkan preparatory course ACCA sejak tahun 1986. Saat ini, FTMSGlobal bisa dibilang memiliki tim lecturer yang sangat expert dalam mempersiapkan murid-murid untuk mengambil ujian ACCA. FTMSGlobal menerima murid full-time dan part-time. FTMSGlobal sendiri juga sudah menyediakan struktur pelajaran yang memang fokus untuk membantu murid meraih nilai setinggi mungkin di ujian ACCA.

Apa yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar ke FTMSGlobal?

Mirip-mirip dengan dua institusi sebelumnya:

  • Berusia 18 tahun ke atas

  • Memiliki diploma atau gelar sarjana dari universitas ternama

  • Score IELTS 5.5 ke atas atau

  • Score TOEFL IBT 74 ke atas atau

  • Mendaftar ACCA Membership di website resmi ACCA

Kalau Anda ingin belajar langsung di kampus FTMSGlobal Singapore, Anda perlu mempersiapkan biaya kurang lebih SGD 9,272 untuk durasi 36 bulan.

Bagaimana? Sudah tertarik untuk mengambil preparatory course ACCA di Singapura? Jika iya, jangan sungkan untuk menghubungi easyuni karena kami bisa membantu Anda mencapai mimpi Anda bersekolah di luar negeri!

Advertisement

Universities with courses in ACCA

See more related universities

You might be interested in...

Advertisement

This website uses cookies to ensure you get the best experience. By using this site, you acknowledge that you have read and understand our Cookie Policy , Privacy Statement and Terms & Conditions .

Maximum 6 courses for comparison!

Chat on WhatsApp

Courses selected for comparison