Kuliah Jurusan Hukum di Singapura

Singapura yang memiliki banyak universitas kelas dunia yang kualitas lulusannya diakui secara internasional terutama dalam jurusan hukumnya...
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Bukan rahasia umum lagi jika banyak pelajar Indonesia yang memutuskan untuk melanjutkan pendidikan tinggi ke Singapura. Negara tetangga yang letaknya tak begitu jauh dari Indonesia ini memang dikenal sebagai negara maju di kawasan Asia dengan sistem pendidikan terbaik.

ambil jurusan hukum yang terbaik di singapura
Sumber: Negociosdelmundo.com

Meski dikenal sebagai salah satu negara dengan biaya hidup tinggi di dunia, namun Singapura sangat ramah dan terbuka terhadap mahasiswa asing. Ada banyak cara menghemat biaya hidup selama kuliah di Singapura yang bisa Anda terapkan. Selain itu, sistem transportasi di Singapura juga sangat terorganisir dengan baik sehingga akan memudahkan Anda beraktivitas sehari-hari.

Dengan semua kelebihan ini, tak heran jika banyak pelajar Indonesia yang memutuskan untuk kuliah di Singapura dan mengambil jurusan hukum, baik untuk jenjang S1 maupun S2.

Mengapa Pilih Kuliah Hukum di Singapura?

universitas terbaik di singapura untuk jurusan hukum
Sumber: Digital Senior

Ada banyak alasan yang bisa mendasari mengapa banyak pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di Singapura dan mengambil jurusan hukum. Berikut 5 alasan yang seringkali diutarakan dan jadi pertimbangan mengapa memilih kuliah di Singapura.

1. Sistem Pendidikan

Singapura dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia, bahkan dunia. Ada badan khusus yang dibentuk pemerintah untuk memastikan penyelenggara pendidikan selalu memberikan yang terbaik untuk mahasiswa.

2. Karir Global

Tak sedikit universitas di Singapura yang menjalin kerjasama dengan perusahaan besar di negara tersebut maupun perusahaan asing yang semakin memastikan kesempatan kerja bagi lulusannya. Perusahaan-perusahaan ini biasanya akan merekrut lulusan universitas rekanan sesuai dengan kualifikasi dan juga kebutuhan perusahaannya. Selain itu, lulusan hukum dari universitas di Singapura juga bisa berkarir di dalam maupun luar negeri sesuai dengan kompetensi karena ijazah dan gelar yang diakui secara global.

3. Dekat dengan Indonesia

Tidak dipungkiri, dekatnya jarak antara Indonesia dengan Singapura menjadi salah satu faktor penting bagi sebagian calon mahasiswa dalam memilih negara ini sebagai tujuan studi. Ada banyak alasan yang disebutkan. Mulai dari memudahkan orang tua untuk berkunjung selama sang anak kuliah, memudahkan mahasiswa jika ingin ‘pulang kampung’ dan tiket akomodasi (tiket pesawat maupun ferry) yang terjangkau.

4. Budaya yang Menarik

Sebagai negara tetangga, Singapura memiliki kebudayaan yangs edikit banyak mirip dengan Indonesia. Meski negara ini dikenal multikultural dan jumlah ekspat (orang asing) yang bekerja maupun wisatawan yang berlibur begitu banyak, namun kampong spirit masih bisa ditemukan di negara ini. Jadi mahasiswa tidak akan merasakan culture shock yang benar-benar mengejutkan. Selain itu, ada banyak makanan yang mirip dengan makanan Indonesia. Belum lagi juga banyak restoran menu masakan Indonesia yang bisa ditemukan. Jadi Anda dijamin tidak akan kesulitan menemukan makanan yang sesuai dengan lidah.

5. Negara yang Teratur dan Aman

Singapura dikenal sebagai salah satu negara teraman di dunia dengan tingkat kejahatan di bawah rata-rata. Hal ini didukung oleh sistem keamanan yang menyeluruh, kamera dimana-mana serta petugas keamanan yang selalu ada di tempat-tempat ramai.

Selain itu, Singapura juga dikenal dengan negara yang teratur, seperti sistem transportasinya yang baik dan masyarakatnya yang sangat membudayakan antri dan tertib di area umum. Singapura juga termasuk negara yang minim gejolak politik maupun hal lain yang menyebabkan gangguan keamanan nasional. Hal ini tentu memberikan rasa nyaman dan aman bagi mahasiswa yang kuliah di negara ini.

Apa Saja Universitas Terbaik di Singapura untuk Jurusan Hukum?

Memilih universitas terbaik merupakan langkah utama yang penting saat memutuskan untuk kuliah di luar negeri agar mendapat pendidikan terbaik, sesuai dengan biaya yang akan dikeluarkan. Singapura memiliki 4 universitas lokal, 5 politeknik dan sejumlah Private Education Organisations (institusi swasta) serta banyak institusi pendidikan kelas dunia.

Jurusan hukum bisa ditemukan di universitas lokal Singapura. Menurut QS World University Rankings 2018, berikut ini adalah 3 universitas terbaik di Singapura yang menawarkan jurusan hukum.

1. National University of Singapore

universitas nasional singapura tempat jurusan hukum terbaik
Sumber: Strait Times

Universitas yang pertama kali berdiri pada 1905 sebagai sekolah kedokteran sederhana kini menjelma menjadi universitas negeri terbaik di Singapura yang menawarkan 70 jurusan S1!

National University of Singapore juga merupakan universitas tertua di negara ini dengan tiga kampus; Kent Ridge (kampus utama), Bukit Timah (kampus untuk fakultas hukum, Lee Kuan Yew School of Public Policy dan beberapa institut riset) dan Outram (untuk postgraduate Duke-NUS Medical School).

Universitas yang fokus pada riset ini memiliki program NUS Overseas College dimana mahasiswa NUS bisa menghabiskan 6-12 bulan di luar negeri di universitas rekanan NUS di New York, Beijing, Munich, Silicon Valley dan sebagainya. Mahasiswa NUS juga bisa mengambil program double-degree sehingga bisa lulus dengan dua titel sekaligus.

Khusus untuk fakultas hukum pertama kali terbentuk pada tahun 1956. Fakultas ini menawarkan jurusan LLB dan juga program double degree yaitu administrasi bisnis dan hukum, ekonomi dan hukum, life science dan hukum serta hukum dan public policy.

Untuk lulusan S1-nya, fakultas hukum NUS ini menawarkan kursus spesialisasi LLM, seperti Corporate and Financial Services Law, Maritime Law, International & Comparative Law,  Intellectual Property & Technology Law and Asian Legal Studies.

2. Nanyang Technological University, Singapore

suasana kampus business law di nanyang singapore
Sumber: CPGCorp

Universitas yang berfokus pada riset ini merupakan salah satu universitas terbaik di dunia dan dikenal memiliki sistem taman kampus yang menggunakan teknologi smart dan eco-friendly sehingga dijuluki salah satu universitas terindah di dunia.

Fakultas paling top di NTU adalah teknik dan juga bisnis. Fakultas teknik NTU berada di peringkat dua di Academic Ranking of World Universities dan peringkat 4 oleh QS World University Rangkings dan tentu saja predikat nomor 1 di Singapura.

Sedangkan untuk fakultas bisnisnya merupakan nomor 1 di Singapura selama 13 tahun berturut-turut dari ranking di The Economist dan peringkat 24 fakultas bisnis terbaik dunia versi Financial Times. Untuk jurusan hukum berada di fakultas bisnis dan disebut jurusan Hukum Bisnis/ Business Law.

3. Singapore Management University

singapore management university jurusan hukum
Sumber: Wikimedia

Universitas yang satu ini mengadopsi sistem pendidikan Amerika Serikat yang telah berdiri sejak tahun 2000. Singapore Management University (SMU) memiliki enam fakultas untuk S1 hingga S3, yaitu , Business Analytics, Business Administration, Accountancy, Financial Services, Economics, Information Systems Management, Social Sciences dan Law.

Universitas ini memiliki lebih dari 30 institut riset dengan berbagai program pendukung bagi mahasiswanya. SMU sudah terakreditasi AACSB International, EQUIS dan AMBA.

Fakultas hukum merupakan fakultas dengan jumlah intake terkecil per tahunnya; hanya 180 mahasiswa saja. Fakultas yang baru dibuka pada 2007 ini menawarkan program Bachelor of Laws (LLB) dengan penawaran program Juris Doctor (JD). Fakultas ini juga menawarkan program LLM dengan pilihan dual LLM dengan Queen Mary University of London.

Seperti Apa Prospek Kerja Lulusan Jurusan Hukum?

Sudah bukan rahasia umum lagi jika hukum merupakan salah satu jurusan bergengsi yang diincar pelajar di seluruh dunia. Pekerjaan bagi lulusan hukum pun banyak yang dianggap bergengsi dan bisa menaikkan status sosial seseorang.

Secara umum, lulusan hukum baik dari universitas dalam maupun luar negeri memiliki prospek kerja yang cerah dan mencakup industri yang luas. Pekerjaan di bidang hukum sangat bervariasi dan bagi lulusan dari Singapura tentu ada peluang untuk bisa bekerja di negara tersebut atau di negara lainnya. Hal ini karena ijazah dari universitas di Singapura sudah diakui secara global dan memiliki reputasi baik dalam menghasilkan lulusan yang berkompetensi di bidangnya masing-masing.

Beberapa contoh prospek kerja bagi lulusan hukum yang bisa menjadi pilihan karir yang baik untuk masa depan adalah sebagai berikut:

  • Pengacara. Profesi yang satu ini merupakan profesi idaman lulusan hukum di mana pun. Namun dibutuhkan masa pendidikan tambahan hingga magang untuk bisa menjadi advokat secara resmi di Indonesia. Namun pekerjaan ini tetap saja diminati dan menjadi salah satu pekerjaan impian bagi lulusan jurusan ini.

  • Notaris. Sama seperti pengacara, untuk menjadi seorang notaris juga diperlukan persyaratan tambahan selain lulus S1. Anda harus mengambil kuliah Magister Kenotariatan selama 2 tahun terlebih dahulu, lalu mendaftar ke Ikatan Notaris Indonesia (INI) yang dilanjutkan dengan ikut ujian Kode Etik dan jika lulus baru akan diangkat sebagai notaris resmi. Panjang memang prosesnya, namun pekerjaan yang satu ini juga tak kalah bergengsi lho!

  • Hakim. Profesi yang sangat populer di bidang hukum ini juga bisa jadi pilihan karir cemerlang. Anda perlu mengikuti Pendidikan Hakim yang diadakan oleh Mahkamah Agung berupa pendidikan dan juga pelatihan (diklat) setelah lulus jurusan hukum jika ingin menjadi hakim di berbagai pengadilan di Indonesia.

  • Jaksa. Profesi yang satu ini juga tak kalah menariknya di bidang hukum. Menjadi jaksa di Indonesia juga harus mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) yang diselenggarakan oleh Kejaksaan.

  • Staf Legal. Pekerjaan yang ini bisa langsung dilakoni begitu lulus S1, tak perlu kuliah tambahan. Hampir semua perusahaan bahkan instansi pemerintahan membutuhkan staf legal yang mengurusi operasional kantor/instansi agar sesuai dengan hukum yang berlaku.

Bagaimana Syarat Masuk Jurusan Hukum di Singapura?

Berikut adalah informasi umum mengenai syarat masuk dan tata cara pendaftaran universitas di Singapura khusus untuk jurusan hukum di NUS:

  • STTB (Surat Tanda Tamat Belajar) di jenjang SMA kelas 12 dengan nilai yang baik di sekolah yang terakui. Perlu dicatat bahwa pengumpulan ijazah yang resminya harus diunggah dalam tempo 3 hari setelah nilainya dirilis. Namun, jika tanggalnya masih belum jelas dari pihak sekolah, siswa dapat mengumpulkan hasil prediksinya dari Surat Keterangan Kelulusan (SKL). 
  • Kelulusan dalam salah satu kurikulum ini: SAT (sebelumnya dikenal sebagai SAT I /SAT Reasoning) atau ACT (American College Test), yang termasuk test tertulis 
  • Sertifikat bahasa Inggris dengan skor minimal 7.0 (IELTS), 583 (TOEFL, PBT)/ 93 (TOEFL, iBT)
  • Lolos test interview 
  • Lolos test tertulis (untuk beberapa universitas)

Bagaimana Sistem Biaya Kuliah di Singapura?

Biaya yang harus dibayar untuk menempuh pendidikan S1 hingga S2 di Singapura untuk jurusan hukum tergantung pada universitas yang dipilih. Disarankan untuk selalu mengecek biaya kuliah secara terperinci di universitas yang dituju. Hal ini karena terkadang biaya kuliah di setiap universitas bisa berbeda-beda, terutama untuk mahasiswa asing.

Berikut ini merupakan perkiraan rata-rata biaya pendidikan untuk program gelar sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) jurusan hukum di Singapura bagi mahasiswa asing.

Kualifikasi

Biaya Kuliah
Pertahun

S1

IDR 220-660 juta

S2

IDR 330-990 juta

Sudah siap untuk kuliah hukum di Singapura? Atau masih ingin tahu lebih lanjut mengenai serba serbi kuliah di Singapura? Jangan ragu untuk menghubungi EasyUni jika Anda memiliki pertanyaan atau butuh referensi lebih banyak mengenai jurusan ini.

You might be interested in...