Kuliah Jurusan Akuntansi dan Keuangan di Singapura

Hal-hal yang kamu perlu tahu sebelum kuliah jurusan Akuntansi dan Keuangan di Singapura
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Menjadi ahli akuntansi dan keuangan tergolong profesi yang makin populer belakangan ini. Salah satu negara yang terkenal dengan universitas kelas dunia yang memiliki jurusan akuntansi dan keuangan adalah Singapura. Sebagai negara yang modern, Singapura terkenal sebagai negara dengan kondisi keamanan yang sangat baik, tingkat polusi yang terkendali, serta lingkungan yang sehat dan bersih, sehingga cocok menjadi tempat melanjutkan pendidikan.

Mengapa Melanjutkan Kuliah dengan Jurusan Akuntansi dan Keuangan di Singapura?

Kuliah Jurusan Akuntansi dan Keuangan di Singapura

Dengan berbagai pilihan kampus unggulan, melanjutkan kuliah untuk jurusan akuntansi dan keuangan di Singapura tentu sangat menguntungkan. Kualitas pendidikan di negara ini terbukti dengan masuknya dua universitas unggulan Singapura dalam 15 besar peringkat dunia menurut “QS Best Student Cities 2017”. Tidak sedikit pula universitas-universitas si SIngapura yang bekerja sama dengan perusahaan besar berskala internasional untuk memastikan kesempatan kerja bagi lulusannya. Perusahaan-perusahaan tersebut berkomitmen untuk merekrut mahasiswa lulusan universitas tertentu, sesuai dengan kualifikasi dan kebutuhan perusahaan.

Singapura tak disangkal lagi, merupakan negara maju dengan kualitas pendidikan tinggi yang unggul. Lokasinya juga tidak jauh dari Indonesia, sehingga menghemat biaya transportasi. Meskipun biaya hidup di Singapura tergolong tinggi jika dibandingkan negara Asia lainnya, Singapura masih lebih terjangkau dibandingkan dengan negara-negara di Eropa tergantung kebutuhan dan gaya hidup mahasiswa. Untuk biaya transportasi selama kuliah, tak perlu khawatir karena akan ada potongan harga atau diskon khusus untuk mahasiswa.

Negara tersebut juga memiliki pilihan hiburan serta memungkinkan mahasiswa melakukan beragam aktivitas untuk mengisi waktu luang. Misalnya mencicipi kuliner khas yang beragam, hiburan malam yang semarak, serta berbagai lokasi wisata belanja yang bisa dipilih sesuai dengan budget. Singapura juga kerap kali menjadi lokasi acara bertaraf internasional, seperti Formula One serta konser artis-artis internasional. Negara mungil ini dipilih karena infrastukturnya pendukungnya yang memadai dan kondisi keamanannya yang terjaga ketat.

Universitas dengan Jurusan Akuntansi dan Keuangan Terbaik di Singapura

Menurut daftar QS World University Rankings terbaru, berikut ini merupakan universitas dengan jurusan akuntansi dan keuangan terbaik di Singapura.

National University of Singapore

Universitas tertua di Singapura ini memiliki lebih dari 370 jurusan di 16 fakultas dan tiga lokasi kampus untuk program gelar sarjana, magister, dan doktoral. Jurusan akuntansi dan keuangan adalah salah satu jurusan unggulan di National University of Singapore. Jurusan akuntansi dan keuangan National University of Singapore menempati urutan kedua sebagai yang terbaik di Asia, sekaligus menduduki posisi kelima belas di peringkat dunia menurut QS World University Rankings 2018.

NUS Singapore

National University of Singapore pernah menempati posisi pertama menurut “Times Higher Education Asia University Rankings 2017”. Peringkat tersebut tentu tidak diraih dengan mudah. Pihak universitas mejamin kualitas pendidikan di kampus, termasuk untuk jurusan akuntasi dan keuangan. Perkuliahan di National University of Singapore berfokus pada perkembangan pendidikan individu dan mendukung kemampuan entrepreneur mahasiswanya. National University of Singapore juga memfasilitasi penuh kegiatan penelitian yang dilakukan akademisinya, sehingga menjadikan universitas ini unggul secara akademik.

National University of Singapore juga terkenal dengan fasilitas penunjang pendidikan yang lengkap. Universitas ini memiliki perpustakaan dengan koleksi lebih dari 1,5 juta judul buku, serta gedung perkuliahan modern dan nyaman untuk belajar mahasiswanya. National University of Singapore juga memiliki program pertukaran mahasiswa luar negeri sehingga selain menempuh pendidikan di kampus tersebut, mahasiswa juga bisa merasakan pengalaman kuliah di negara lain. Selain itu, National University of Singapore sebagai kampus multikultural karena memiliki mahasiswa dan staf yang berasal dari sekitar 100 negara lain.

Nanyang Technological University

Nanyang Technological University (NTU) menempati peringkat 11 sebagai universitas terbaik dunia menurut QS Global World Ranking 2018. Sehingga tidak mengherankan jika jurusan-jurusan perkuliahan yang dimiliki universitas ini juga terkenal dengan kualitasnya. Salah satu jurusan unggulan di Nanyang Technological University adalah jurusan akuntansi dan keuangan.

NTU Singapura

Sebagai universitas kelas dunia, Nanyang Technological University bekerja sama dengan perusahaan internasional terkenal seperti BMW, Rolls-Royce dan Lockheed Martin untuk memfasilitasi pengembangan diri mahasiswanya dan membuka kesempatan kerja bagi mereka setelah menyelesaikan pendidikan.

Nanyang Technological University juga memayungi beberapa institusi nasional seperti the National Institute of Education, S Rajaratnam School of International Studies, Earth Observatory of Singapore, dan Singapore Centre for Environmental Life Sciences Engineering. Selain itu, Nanyang Technological University memiliki berbagai pusat riset seperti Nanyang Environment & Water Research Institute, Energy Research Institute, dan the Institute on Asian Consumer Insight.

Kampus Nanyang Technological University tak hanya menyediakan gedung perkuliahan, namun juga tempat tinggal bagi sekitar 14.000 mahasiswanya. Di tempat itu, mahasiswa bisa bersosialisasi dan bertukar pikiran dengan mahasiswa dari mancanegara yang juga memilih berkuliah di Nanyang Technological University.

Singapore Management University

Universitas ini tergolong baru, yakni didirikan pada tahun 2000. Meskipun berusia muda, Singapore Management University sudah terkenal kualitasnya, termasuk untuk jurusan akuntasi dan keuangan yang merupakan salah satu andalan perguruan tinggi tersebut. Keunggulan Singapore Management University adalah kurikulum yang mengacu pada kebutuhan dunia kerja terbaru, perkuliahan yang kolaboratif dan menggunakan pendekatan proyek dalam pembelajaran, serta perkuliahan interaktif dengan ukuran kelas yang kecil sehingga setiap mahasiswa mendapatkan perhatian yang dibutuhkan untuk meningkatkan keahlian dan pemahaman mereka dalam kelas.

SMU Singapura

Singapore Management University memiliki sekitar 9.300 mahasiswa, 1.200 diantaranya adalah mahasiswa internasional. Universitas ini mewadahi beberapa institusi, yakni Lee Kong Chian School of Business untuk jurusan bisnis, School of Accountancy untuk jurusan akuntansi, School of Economics untuk jurusan ekonomi, School of Social Sciences untuk jurusan sains, School of Information Systems untuk jurusan sistem informasi, dan School of Law untuk jurusan hukum.

School of Accountancy di Singapore Management University menempati urutan kelima di dunia untuk “Financial Archival Research” atau Penelitian Kearsipan Keuangan di Brigham Young University pada tahun 2016. Sedangkan Lee Kong Chian School of Business yang juga di bawah naungan Singapore Management University menempati peringkat ke-49 dari Top 100 Worldwide Business School Research Rankings oleh University of Texas, Dallas.

Biaya Pendidikan

Dana yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan tinggi pada jurusan akuntansi dan keuangan di Singapura tergantung pada universitas yang dipilih. Berikut ini merupakan perkiraan rata-rata biaya pendidikan untuk program gelar sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) jurusan akuntansi dan keuangan di Singapura bagi mahasiswa Indonesia.

Kualifikasi Biaya Pendidikan (SGD) Biaya Pendidikan (IDR)
S1 20.000 - 45.000 Rp 210 - 500 juta
S2 50.000 - 80.000 Rp 500 - 900 juta

Akomodasi dan Kebutuhan Hidup di Singapura

Biaya hidup mahasiswa di Singapura, bervariasi sesuai kebutuhan dan gaya hidup selama tinggal di negara tersebut. Pengeluaran terbesar bagi mahasiswa tentunya adalah biaya kuliah. Setelah itu diikuti dengan kebutuhan biaya tempat tinggal dan makan. Rincian biaya akomodasi dan kebutuhan selama kuliah di Singapura bisa dilihat pada halaman https://www.easyuni.co.id/singapore/.

Cara Pendaftaran

Pendaftaran kuliha di berbagai universitas dengan jurusan akuntansi dan keuangan di Singapura umumnya bisa dilakukan secara online. Caranya adalah dengan mengunduh formulir pendaftaran melalui situs resmi universitas yang dituju. Setelah diisi dan dilengkapi dengan berkas-berkas yang dipersyaratkan, pelamar bisa mengirimkan formulir pendaftaran tersebut via online. Penjelasan lebih lengkap dapat diakses di https://www.easyuni.co.id/singapore/.

Persyaratan Visa

Untuk mendapatkan visa pelajar atau “Student’s Pass”, calon mahasiswa harus terlebih dulu diterima di universitas di Singapura. Semua pelajar internasional memerlukan izin tinggal tersebut, kecuali untuk pemegang “Dependent Pass” atau “Immigration Exemption Order”. Keterangan lebih lanjut tentang “Student’s Pass” dapat dilihat pada https://www.easyuni.co.id/singapore/.

Kesempatan Kerja Setelah Kuliah Jurusan Akuntansi dan Keuangan di Singapura

Mempelajari akuntansi dan keuangan saat kuliah tentu sangat berguna untuk mendapatkan pengetahuan dan keahlian terkait ilmu akuntansi dan keuangan. Meskipun keduanya merupakan satu kesatuan ilmu, namun ada beberapa perbedaan cabang keilmuan yang dipelajari dari akuntansi dan keuangan. Berikut ini perbedaan cabang ilmu yang dipelajari untuk jurusan akuntansi dan keuangan.

Akuntansi

  • Audit
  • Analisis keuangan
  • Strategi bisnis
  • Akuntansi keuangan
  • Laporan keuangan
  • Akuntansi forensik
  • Sistem informasi akuntansi
  • Akuntansi internasional
  • Makro dan mikro ekonomi
  • Akuntansi manajemen
  • Standar profesional dan etika
  • Analisis kuantitatif
  • Manajemen risiko
  • Akuntansi Pajak

Keuangan

  • Derivatif lanjutan
  • Pemasaran aset
  • Perilaku keuangan
  • Keuangan perusahaan
  • Ekonometrik
  • Matematika finansial
  • Manajemen finansial
  • Pasar finansial
  • Perencana finansial
  • Teknik keuangan
  • Akuntansi keuangan
  • Laporan finansial
  • Finansial internasional
  • Ekuitas privat
  • Manajemen risiko
  • Permodalan usaha

Mempelajari ilmu akuntansi dan keuangan, dahulu identik dengan masalah administrasi sehingga seorang akuntan dan ahli keuangan tidak jarang mendapat julukan admin atau administrator keuangan. Namun dalam perkembangannya, ilmu ini tidak hanya terbatas pada masalah administrasi. Ilmu akuntansi penting untuk menyajikan informasi finansial secara menyeluruh, sekaligus detail sehingga bisa dipahami oleh pihak yang berkepentingan. Misalnya oleh pemilik perusahaan, jajaran eksekutif, maupun pihak luar seperti pemegang saham atau investor. Oleh sebab itu, mempelajari akuntansi dan keuangan membutuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Selain itu, jurusan akuntansi dan keuangan juga akan mempelajari masalah komunikasi. Kemampuan komunikasi untuk menyampaikan masalah finansial yang rumit menjadi informasi yang mudah diterima berbagai pihak, penting dimiliki. Kemampuan tersebut kelak berguna untuk menyampaikan laporan terkait keuangan pada pihak-pihak yang berkepentingan. Meskipun belajar di jurusan akuntansi dianggap lebih rumit daripada mempelajari cabang ilmu ekonomi lainnya, menguasai ilmu akuntansi membuat seseorang lebih kompeten untuk melakukan banyak pekerjaan rumit pada skala ekonomi mikro maupun ekonomi makro.

Jurusan akuntansi dan keuangan memiliki banyak kemiripan. Namun kedua jurusan ini akan mengajarkan keahlian yang berbeda-beda untuk mahasiswanya. Untuk jurusan akuntasi, mahasiswa akan mempelajari keahlian penelitian kuantitatif, pengetahuan tentang beragam topik dan teknik dalam akuntansi, pemahaman tentang Generally Accepted Accounting Principles (GAAP), pengetahuan tentang regulasi akuntansi di berbagai negara, serta pemahaman yang kuat tentang bisnis.

Sedangkan jurusan keuangan, akan diajarkan pengetahuan tentan prinsip dan praktik pengaturan keuangan di dunia bisnis, dengan pemahaman yang kuat tentang pengetahuan teoritis berkaitan dengan dunia keuangan, kemampuan penelitian, kemampuan komunikasi, pemahaman tentang bursa saham, jual beli saham, dan investasi, keterampilan analisis, kemampuan memahami angka dan data statistik, dan pengetahuan terbaru tentang dunia bisnis.

Seorang ahli akuntansi dan keuangan membutuhkan kemampuan analisis tingkat tinggi dan insting manusia sehingga keahlian seorang akuntan akan sulit digantikan oleh teknologi modern. Dengan demikian, lulusan ilmu akuntansi dan keuangan umumnya akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan karena bidang keilmuan ini masih banyak dibutuhkan.

Untuk jurusan akuntansi, pilihan karir yang bisa dilakukan adalah menjadi seorang akuntan, auditor, ahli pembukuan keuangan, penganalisis anggaran, konsultan finansial, akuntan forensik, pengatur pembayaran, penasihat keuangan, konsultan pajak, atau bisa menjadi aktuaris, yakni seorang yang ahli mengumpulkan dan menganalisis statistik untuk memperkirakan risiko pembiayaan keuangan.

Sedangkan untuk jurusan keuangan, seseorang bisa memilih berbagai profesi setelah menempuh pendidikan. Misalnya bekerja di sektor perbankan, sebagai konsultan finansial, manajer finansial, trader keuangan, atau bekerja di bidang asuransi dan investasi.

You might be interested in...