Kuliah Jurusan Psikologi di Singapura

Menjadi Psikolog yang sukses tidak hanya sekedar impian. Wujudkanlah dengan memilih kuliah jurusan Psikologi di Singapura!
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

kuliah jurusan psikologi

Perkenalan
Apa itu jurusan Psikologi?
Alasan kuliah jurusan Psikologi
Yang dipelajari dalam jurusan Psikologi
Durasi kuliah jurusan Psikologi
Syarat masuk universitas jurusan Psikologi
Prospek kerja lulusan Psikologi
Prospek gaji lulusan Psikologi
Biaya kuliah di Singapura jurusan Psikologi
Karakter yang cocok untuk jurusan Psikologi
Spesialisasi jurusan Psikologi
Universitas terbaik di Singapura jurusan Psikologi
FAQ atau Pertanyaan Umum

 

Seringkah Anda mendengar banyak kasus terjadi karena terkait kondisi mental dan pikiran yang buruk? Hal tersebut bisa menimpa anak-anak, remaja, orang dewasa bahkan lansia. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah depresi, frustrasi, putus asa, dan lainnya.

Orang-orang yang mengalami kondisi demikian masih memiliki harapan untuk kembali kepada kondisi normal dan sehat batinnya. Mereka membutuhkan ‘obat jiwa’ yaitu konsultasi atau bimbingan dari seorang Psikolog.

Apakah Anda ingin mengambil peran Psikolog yang bisa membantu kesehatan mental banyak orang? Anda perlu melanjutkan pendidikan tinggi pada jurusan Psikologi. Salah satu negara terdekat yang patut dijadikan tujuan adalah Singapura. 

Jika Anda berniat untuk kuliah Psikologi di Singapura, maka simaklah panduan berikut ini. Di dalam panduan ini terdapat beberapa informasi penting seperti keunggulan Singapura, biaya kuliah, tempat kuliah, spesialisasi jurusan, persyaratan masuk kuliah, dan lainnya.

 

Apa Itu Ilmu Psikologi?

tentang ilmu psikologi

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari pola berpikir, tingkah laku, mental, emosi, motivasi diri, dan kepribadian manusia. Permasalahan yang umumnya meliputi manusia kerap kali mengganggu kesehatan mental dan berdampak pada kepribadian diri.

Ilmu-ilmu yang dipelajari di dalam jurusan Psikologi bisa mengatasi gangguan kejiwaan dan kepribadian yang terjadi pada manusia. Para pelajar jurusan Psikolog dapat memahami pola pikir, mental, tingkah laku, dan emosi pasien. 

Selain untuk mengatasi masalah mental atau kejiwaan, ilmu Psikologi juga sering digunakan oleh perusahaan atau lembaga untuk merekrut karyawan. Tentunya, setiap perusahaan memiliki syarat tertentu (terkait karakter dan kepribadian) yang harus dimiliki oleh para karyawannya.

Ilmu Psikologi memang termasuk ilmu yang memiliki penerapan cukup luas di berbagai bidang. Beberapa bidang yang sering menerapkan ilmu Psikologi diantaranya adalah  pendidikan, hukum, kesehatan, seni, bisnis dan lainnya. 

Baca juga: Panduan lengkap jurusan Psikologi

 

Mengapa Kuliah Psikologi di Singapura?

kuliah di singapura

Apabila Anda mencari tempat kuliah Psikologi di luar negeri yang berkualitas tetapi enggan jauh dari ibu pertiwi, maka negeri tetangga Singapura cocok dipilih. Sudah cukup banyak pelajar asal Indonesia yang memilih kuliah di Singapura termasuk pada jurusan Psikologi. 

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa pilihan kuliah Psikologi di Singapura merupakan pilihan tepat:

1. Ketersediaan program pendidikan berjenjang

Negara yang dijuluki negeri kota Singa ini menyediakan jenjang program pendidikan Psikologi yang cukup lengkap dan terpadu. Mulai dari tingkat prasarjana hingga pascasarjana telah tersedia di Singapura.

Jadi, jika Anda berencana kuliah Psikologi di luar negeri hingga tuntas, maka Singapura memang cocok dipilih. Pasalnya, Anda bisa menuntaskan pendidikan Psikologi hingga jenjang tertinggi tanpa harus repot mengurus pendidikan di negara lain.

Para pelajar yang kuliah di Singapura pada jurusan Psikologi juga bisa mengambil program pendidikan double-major. Program pendidikan tersebut memberikan kesempatan kepada pelajar untuk mempelajari Psikologi bersama disiplin ilmu lain yang terkait seperti Manajemen, Bisnis, Ekonomi, dan Komunikasi.

Baca juga: Kenapa kuliah di Singapura?

2. Jalinan kerjasama yang menguntungkan pelajar

Kampus-kampus di Singapura yang menawarkan program studi Psikologi telah menjalin hubungan erat dengan kampus di beberapa negara seperti Australia, Inggris, dan lainnya. Kerjasama tersebut telah membuahkan program pertukaran pelajar.

Anda pun memiliki kesempatan untuk meningkatkan wawasan global dan mendapatkan pengalaman profesional di negara lain. Di samping itu, Anda juga bisa memperluas jaringan profesional Psikolog. Menarik bukan?

3. Mendapatkan akreditasi dari lembaga terkemuka

Program studi Psikologi di Singapura telah mendapatkan akreditasi dari lembaga terkemuka, seperti Australian Psychology Accreditation Council (APAC). Selain itu, lulusan kuliah Psikologi di salah satu universitas Singapura bisa menjadi bagian dari Singapore Psychological Society. 

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan bila tergabung pada komunitas tersebut. Anda juga berkesempatan bergabung di dalam ikatan profesional Psikolog di negara lain. Ini dikarenakan kampus-kampus di Singapura telah menjalin kerjasama yang kuat dengan kampus di negara lain.

4. Kurikulum Psikologi yang holistik dan berkualitas

Kurikulum pendidikan tinggi jurusan Psikologi yang ada di Singapura memiliki rancangan yang holistik. Selain mempelajari secara teori, Anda juga akan dibekali kemampuan praktik.

Para pelajar juga akan mendapatkan keterampilan komunikasi, menganalisis, dan pemecahan masalah yang baik.

5. Sistem pembelajaran yang aktif

Kebanyakan kampus-kampus di Singapura yang menawarkan program studi Psikologi memiliki sistem pembelajaran yang aktif. Pada umumnya, kampus terkemuka memiliki  ruang konsultasi dan laboratorium psikologi.

Anda pun bisa berlatih mempraktikan ilmu dan skill yang dimiliki. Selain belajar di dalam kampus, para pelajar juga akan melakukan kunjungan ke rumah sakit, pusat rehabilitasi, panti yatim piatu, panti jompo, dan organisasi-organisasi non-profit.

6. Peluang karir tingkat global

Lulusan Psikologi tidak hanya dapat membantu banyak orang melainkan juga bisa memiliki penghasilan tinggi, terutama bila Anda bisa berkarir di negara maju. Peluang berkarir di kancah Internasional ini relatif mudah didapatkan bila Anda telah lulus kuliah Psikologi di Singapura.

Baca juga: 11 Negara Ini Memberi Lulusannya Kesempatan Kerja Setelah Lulus!

 

Apa Saja Mata Kuliah yang Akan Anda Pelajari pada Jurusan Psikologi?

Sebelum kuliah dimulai, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu daftar mata kuliah. Informasi perkuliahan yang satu ini cukup penting diketahui lebih dulu karena bisa membantu persiapan Anda dalam menerima ilmu.

Di bawah ini adalah contoh mata kuliah untuk program pendidikan Bachelor of Psychology Science di James Cook University, Singapura:

Level-1:

  • Exploring Psychology: From brain to practice

  • Exploring Psychology: From perception to reality

  • Critical Thinking in Psychology: How to think about

  • weird things

  • Communicating Psychology: Listening, Translating and

  • Disseminating

  • 4 subjects from the James Cook University Master Schedule of Subjects*

Level 2:

  • Describing and Analysing Behaviour

  • Experimental Investigation and Analysis of Behaviour

  • Psychological Neuroscience

  • Through the Looking Glass: Development across the Lifespan

  • Learning Processes, Behaviour and Performance

  • Memory and Cognition

Level 3:

  • Psychological Research Methods and Interpretation

  • Social Psychology in Everyday Life

  • Mining the MInd: Psychopathology

  • Psychological Assessment in Action

  • Personality Psychology: Decoding the Mysteries of Humans

 

Berapa Lama Durasi Kuliah yang Dibutuhkan?

Apakah Anda sudah mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk kuliah di Singapura? Durasi kuliah pada setiap jenjang bervariasi. Oleh karena itu, ketahuilah lama waktu yang diperlukan untuk setiap jenjang.

Berikut ini adalah durasi kuliah berdasarkan jenjang pendidikan pada jurusan Psikologi di Singapura:

  • Diploma : 8 bulan-15 tahun

  • Sarjana (Honours) : 1-1,5 tahun

  • Sarjana : 2-4 tahun

  • Graduate Diploma : 1-1,5 tahun

  • Magister : 2-4 tahun

  • Doktoral : 4-8 tahun

 

Apa Persyaratan Masuk Kuliah Psikologi?

Setiap calon pelajar yang hendak masuk perguruan tinggi jurusan Psikologi di Singapura harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan. Ketahuilah persyaratan masuk kuliah jurusan Psikologi di universitas impian Anda. 

Di bawah ini adalah contoh persyaratan masuk kuliah tingkat Sarjana untuk jurusan Psikologi di Singapore University of Social Sciences, Singapura:

  • Lulus UAN atau

  • Cambridge International Examinations (3 ‘A’ Level passes) atau

  • International Baccalaureate Diploma (passes in 3 HL and 3 SL subjects, including English, TOK and EE)

Komponen lain yang penting sebagai persyaratan kuliah di Irlandia adalah Paspor dan visa pelajar Irlandia yang wajib dimiliki.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proses pembuatan visa pelajar untuk kuliah di luar negeri, Silahkan mengunjungi website universitas pilihan Anda, atau bertanya langsung kepada tim EasyUni melalui aplikasi yang tersedia.

 

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Kuliah Psikologi?

Prospek masa depan karir yang dimiliki oleh lulusan kuliah bidang Psikologi termasuk cerah. Pasalnya, profesi Psikolog merupakan profesi terhormat yang semakin krusial pada masa kini. Semakin banyak orang yang memiliki masalah mental, kepribadian, dan karakter.

Terlebih, generasi muda pada masa kini juga cenderung memiliki pola pikir dan tingkah laku yang anti-mainstream karena arus social media dan teknologi informasi. Hal tersebut acapkali mengakibatkan pengaruh negatif.

Inilah yang membuat mengapa akan semakin banyak orang yang menggunakan jasa Psikolog. Lulusan Psikologi juga memiliki beberapa pilihan profesi. Sudah tahu ingin menjadi Psikolog jenis apa?

Menurut, Psychology.org, inilah beberapa pilihan profesi yang bisa ditekuni oleh lulusan Psikologi (tergantung tingkat pendidikan):

  • Human Resources Manager

  • Case Manager

  • Mental Health Counselors

  • Marriage and Family Therapists

  • School Counselors

  • Probation Officers/Correction Specialists

  • Geriatric Clinical Psychologist

  • Sports Psychologist

  • Licensed Counselor

  • Clinical Psychologist

  • Counseling Psychologist

  • Research Psychologist

  • Learning Disabilities Specialist

  • University Clinical Psychologist

  • School Psychologist

  • Forensic Psychologists

  • Human Factors/Industrial-Organizational Psychologists

  • Criminal Psychologist

  • Dan lainnya

 

Bagaimana Prospek Gaji Untuk Lulusan Psikologi?

Tidak hanya mulia dan bermartabat, profesi Psikolog juga memiliki nilai jual yang tinggi. Anda tidak perlu heran karena pekerjaan sebagai seorang Psikolog menuntut keterampilan dan kesabaran tingkat tinggi.

Berikut ini adalah rata-rata gaji untuk beberapa contoh profesi yang berkaitan dengan Psikologi jika Anda bekerja di luar negeri menurut Glassdoor.

No.

Jenis Profesi

Rata-Rata Gaji

1.

Forensic Psychologist (Trainee) 

Rp82.000.000/bulan

2.

Health Psychologist

Rp91.250.000/bulan

3.

Child Psychologist

Rp91.250.000/bulan

4.

School Psychologist

Rp92.000.000/bulan

5.

Clinical Psychologist

Rp123.000.000/bulan

 

Berapa Biaya Kuliah Psikologi di Singapura dalam Rupiah?

Biaya kuliah juga merupakan informasi perkuliahan yang tidak kalah penting dengan informasi lainnya. Namun, Anda perlu tahu bahwa biaya pendidikan jurusan Psikologi di Singapura tidaklah sama untuk semua pelajar. 

Pasalnya, ada faktor-faktor tertentu yang cenderung memengaruhinya. Beberapa faktor yang memengaruhinya seperti universitas, spesialisasi jurusan, jenjang pendidikan, lokasi, dan lainnya. Kisaran biaya kuliah Psikologi di Singapura mulai dari Rp100.000.000,- hingga lebih dari Rp 350.000.000,- per tahun.

Untuk informasi yang tepat tentang biaya kuliah silahkan menghubungi EasyUni.

Biaya tersebut umumnya hanya merupakan biaya kuliah dan tidak termasuk biaya hidup. Biaya hidup yang dibutuhkan untuk kuliah di Australia bergantung dari kota tempat universitas berada.

Baca juga:

 

Karakter Seperti Apa yang Cocok Kuliah Jurusan Psikologi?

karakter yang diperlukan setiap psikolog

Apakah Anda sudah mantap dan yakin bahwa jurusan bergengsi dan mulia ini merupakan jurusan yang tepat? Salah satu cara untuk mengetahui hal ini adalah dengan mencari tahu apakah Anda memiliki beberapa karakter yang seharusnya dimiliki pelajar jurusan Psikologi.

Berikut ini adalah beberapa karakter yang perlu dimiliki oleh pelajar jurusan Psikologi:

  1. Teliti terhadap detail

  2. Kritis

  3. Mandiri

  4. Peduli

  5. Memiliki keterampilan komunikasi

  6. Menjadi pendengar yang baik

  7. Terampil menganalisis

  8. Suka membantu orang menemukan solusi

 

Apa Saja Peminatan atau Spesialisasi Jurusan pada Bidang Psikologi di Singapura?

spesialisasi jurusan psikologi

Program studi Psikologi termasuk program studi yang mencakup peminatan yang beragam. Anda tidak perlu khawatir dengan spesialisasi jurusan yang hendak dipilih karena hampir semua peminatan tersebut tersedia di kampus-kampus yang ada di Singapura.

Berikut adalah pemfokusan (minor) jurusan yang bisa Anda dapatkan dalam jurusan Psikologi di Singapura:

  • Social and Cognitive Neuroscience

  • Clinical Psychology

  • Health Psychology

  • Developmental Psychology

  • Counselling Psychology

  • Educational Psychology

  • Social Psychology

  • Personality Psychology

  • Industry-Organizational Psychology

  • Psychology with Biological Sciences

  • Psychology with Business Management

  • Psychology Life Sciences

  • Psychology with Communication and Media

  • Psychology with Social Work

  • Dan lainnya

Silahkan menghubungi EasyUni untuk berkonsultasi dengan Penasihat profesional kami agar Anda bisa mengetahui spesialisasi yang sesuai. Konsultasi ini tidak dipungut biaya lho!

 

Di mana Universitas Terbaik di Singapura untuk Kuliah Psikologi?

Singapura memiliki beberapa universitas terkemuka yang menawarkan program studi Psikologi. Jadi, Anda memiliki beberapa pilihan untuk bisa mewujudkan keinganan Anda sebagai seorang Psikolog.

Berikut ini adalah daftar universitas terbaik di Singapura jurusan Psikologi:

  1. National University of Singapore

  2. Nanyang Technological University

  3. James Cook University

  4. Singapore University of Social Sciences

  5. Management Developmental Institute of Singapore

  6. Kaplan Higher Education Academy

  7. Singapore Management University

  8. Singapore Institute of Management


 

FAQ atau Pertanyaan Umum

1. Bagaimanakah cara memilih universitas jurusan Psikologi yang tepat?

Cara efektif dalam memilih peminatan jurusan Psikologi yang tepat adalah dengan mengetahui terlebih dahulu informasi pada setiap spesialisasi jurusan. Setelah itu, Anda bisa mengetahui mana peminatan yang paling sesuai terhadap bakat dan minat Anda. 

2. Berapa biaya hidup di Singapura?

Meskipun dekat dengan Indonesia, ternyata biaya hidup dan biaya akomodasi selama kuliah di Singapura cukup jauh berbeda. Biaya hidup di Singapura (di luar biaya kuliah) berkisar antara Rp10.000.000 hingga Rp22.000.000,-.

3. Bagaimana cara mengurus visa pelajar di Singapura?

Para pelajar baru bisa mendapatkan visa pelajar bila sudah diterima di salah satu universitas di Singapura. Hal ini dikarenakan, pengajuan visa pelajar bisa dilakukan setelah Anda mendapatkan surat penerimaan masuk (Letter of Acceptance) dari universitas. 

Semoga panduan kuliah Psikologi di Singapura ini bisa membantu Anda.Jangan ragu untuk menghubungi EasyUni jika Anda  masih memiliki pertanyaan lain atau hal yang ingin dikonsultasikan.

You might be interested in...