Panduan Kuliah Ilmu Aktuaria (Actuarial Sciences) di Singapura

Terbatasnya pilihan universitas jurusan Ilmu Aktuaria di dalam negeri membuat kuliah Actuarial Sciences di Singapura diminati!
Share on Facebook Twitter WhatsApp

ilmu aktuaria jurusan yang paling dicari perusahaan
Sumber: TheActuary.com

Suka Matematika tetapi tidak mau pilih jurusan Matematika? Tak masalah, Anda bisa memiliki pilihan kuliah pada program studi Ilmu Aktuaria. Program studi ini semakin tepat jika Anda juga menyukai Ekonomi dan Bisnis.

Apabila Anda tertarik memilih Singapura untuk kuliah pada jurusan ini maka panduan Kuliah Ilmu Aktuaria di Singapura ini bisa membantu untuk mendapatkan informasi penting dan berguna.

Panduan kuliah Ilmu Aktuaria di Singapura ini bisa membantu Anda untuk memahami apa itu Ilmu Aktuaria, karakter apa yang cocok untuk jurusan ini, prospek kerja dan peluang profesi lulusan kuliah Ilmu Aktuaria, spesialisasi jurusan, mata kuliah, biaya kuliah Ilmu Aktuaria di Singapura, tempat kuliah terbaik di Singapura, dan informasi lainnya.

Apa itu ilmu aktuaria?

Ilmu Aktuaria adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara menghitung dan menganalisis hal-hal yang terkait dengan risiko keuangan sebuah lembaga atau perusahaan. Jurusan Ilmu Aktuaria ini termasuk ke dalam ilmu terapan.

Ada beberapa ilmu terapan dan murni yang terkait dengan Ilmu Aktuaria, di antaranya adalah matematika dan statistika, ekonomi, dan bisnis.

Selain risiko keuangan, program studi Ilmu Aktuaria juga akan mempelajari bagaimana cara menentukan harga jual atau tarif dari suatu produk atau jasa.

Penentuan harga atau tarif ini menggunakan metode matematika dan statistika dengan menganalisis aspek ekonomi dan bisnis untuk lembaga tersebut.

Anda juga akan mempelajari bagaimana cara mengatur keuangan perusahaan atau lembaga agar tetap bertahan dan bertumbuh.

Mengapa kuliah Ilmu Aktuaria di Singapura?

universitas di singapura dengan jurusan aktuaria
Sumber: National University of Singapore

Tidak mengherankan jika banyak para pelajar dari Indonesia yang memilih untuk melanjutkan kuliah di Singapura. Singapura memang memiliki banyak keunggulan di dunia pendidikan tinggi termasuk untuk jurusan Ilmu Aktuaria. Ada banyak alasan yang membuat para pelajar dari berbagai negara memilih kuliah Ilmu Aktuaria di Singapura. Apa sajakah alasan-alasan tersebut?

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa memilih kuliah Ilmu Aktuaria di Singapura:

1. Jurusan yang menantang dan memiliki kepuasan tersendiri

Bagi para pelajar yang masih bergelut dengan pelajaran Matematika atau Ekonomi tentunya bisa memahami bahwa kedua pelajaran tersebut memiliki tantangan yang memicu rasa ingin tahu apalagi jika Anda sangat menyukainya.

Tantangannya adalah bagaimana bisa menjawab pertanyaan dan mendapatkan jawabannya. Hal ini pun serupa dengan tantangan yang akan dihadapi saat kuliah dan bekerja di bidang Ilmu Akturia.

Anda akan memiliki tantangan bagaimana menilai dan menganalisis risiko keuangan, menentukan kebijakan harga atau tarif, mengatur keuangan perusahaan, dan lainnya. Tantangan ini pastinya Akan meningkatkan kualitas intelektual Anda.

Setelah Anda menuntaskannya maka akan ada kepuasan yang menyeliputi diri dan ingat…, ini dihargai dengan nominal yang tinggi. Semakin puas bukan?

2. Sistem pendidikan yang bermutu tinggi

Kualitas pendidikan tinggi di Singapura amatlah baik. Ini merupakan alasan kuat yang membuat banyak pelajar Internasional termasuk pelajar Indonesia yang datang ke Singapura untuk kuliah.

Sistem pendidikan tingkat universitas yang ada di Singapura memiliki mutu yang baik. Meskipun terletak di Asia Tenggara tetapi kualitas pendidikan Singapura menembus tingkat global.

3. Memiliki pemisahan kurikulum yang unggul

Beberapa universitas di Singapura yang menawarkan jurusan Ilmu Aktuaria memiliki struktur program yang unggul. Universitas di Singapura dengan program studi Ilmu Aktuaria membagi kurikulumnya menjadi dua.

Kedua kurikulum tersebut yaitu kurikulum utama (Core) dan kurikulum meluas (Broadening). Pemisahan kurikulum ini memiliki tujuan baik agar para pelajar bisa mendapatkan bekal ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang luas dan spesifik.

4. Mendapatkan banyak koneksi profesional

Singapura merupakan negara di Asia Tenggara yang memiliki banyak keberagaman. Sebagai negara maju dari segi bisnis, pendidikan, teknologi, dan lainnya membuat banyak orang yang berbondong-bondong datang ke Singapura dengan banyak tujuan terutama dengan tujuan bisnis dan kuliah.

Ini merupakan keunggulan bagi para pelajar yang memilih kuliah Ilmu Aktuaria di Singapura karena Anda akan memiliki banyak koneksi profesional.

5. Mendukung kelulusan ujian sertifikasi profesional

Sama seperti program studi Ilmu Aktuaria di Malaysia, program studi Ilmu Aktuaria di Singapura juga mendukung agar para pelajar bisa lulus ujian sertifikasi profesional Ilmu Aktuaria.

Selain telah diakreditasi oleh Institute and Faculty of Actuaries (IFoA) UK, universitas di Singapura juga telah merancang kurikulum yang tepat guna agar para pelajar bisa mendapatkan sertifikasi profesional Ilmu Aktuaria dari Institute and Faculty of Actuaries (IFoA) UK sehingga menjadi Aktuaris yang memiliki kredibilitas tinggi.

6. Memiliki penghasilan yang tinggi

Lulusan kuliah Ilmu Aktuaria dari universitas di Singapura memiliki peluang yang lebih besar untuk bisa bekerja di perusahaan multinasional terkemuka. Hal ini tentunya juga didukung dengan akreditasi kualitas pendidikan dan juga bahasa Internasional yang pastinya sudah bisa dikuasai.

Para lulusan baru jurusan Ilmu Aktuaria bisa mendapatkan gaji awal berkisar Rp 35.000.000,- hingga Rp 75.000.000,- per bulan jika bekerja di negara maju. Menggiurkan bukan?

Karakter seperti apa yang cocok kuliah jurusan Ilmu Aktuaria?

Ada beberapa karakter yang cocok untuk memilih jurusan Ilmu Aktuaria. Jika Anda suka dan kuat menghitung secara matematis maka Anda memiliki karakter yang cocok untuk jurusan ini. Mampu melakukan analisis tajam dan pemecahan masalah yang tepat perlu dimiliki bila ingin kuliah jurusan Ilmu Aktuaria. Hitung-hitungan yang kuat, analisis tajam, dan pemecahan masalah yang tepat merupakan karakter yang utama untuk dimiliki.

Selain karakter utama tersebut, ada juga beberapa karakter pendukung yang tak kalah pentingnya untuk dimiliki oleh pelajar yang ingin melanjutkan kuliah pada jurusan Ilmu Aktuaria. Karakter pelajar yang rajin, tekun, cermat, teliti, dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi juga perlu dimiliki oleh Anda. Karakter bisa bekerjasama di dalam tim juga cocok untuk dimiliki pelajar jurusan ini.

Apa saja jenjang program pendidikan yang tersedia pada jurusan Ilmu Aktuaria di Singapura?

Jenjang program pendidikan jurusan Ilmu Aktuaria di Singapura memang tidak sebanyak jenjang pendidikan yang ada di Malaysia. Program studi Ilmu Aktuaria di Singapura tersedia untuk jenjang pendidikan tingkat sarjana (S1) dan program pascasarjana (S2). Jadi, para sarjana jurusan ilmu Aktuaria juga masih bisa melanjutkan program magister Ilmu Aktuaria dan Finansial di Singapura.

Sama seperti kebanyakan durasi kuliah tingkat sarjana, program sarjana jurusan Ilmu Aktuaria di Singapura memiliki durasi kuliah selama 3 tahun.

Anda bisa melakukan konsultasi dengan penasihat profesional EasyUni bila ingin mengetahui informasi lebih rinci terkait program-program pendidikan jurusan Ilmu Aktuaria di Singapura.

Apa saja spesialisasi jurusan atau peminatan Ilmu Aktuaria di Singapura?

jurusan aktuaria untuk kamu yang suka main sama angka
Sumber: Pixabay

Program studi Ilmu Aktuaria di Singapura masuk ke dalam bidang Bisnis atau Social Science. Namun, tidak seperti program studi fakultas Bisnis atau Sosial lainnya yang memiliki banyak spesialisasi jurusan, program studi Ilmu Aktuaria di Singapura terlebih untuk pendidikan tingkat sarjana tidaklah memiliki spesialisasi tertentu.

Pada jenjang pendidikan pascasarjana, spesialisasi jurusan Ilmu Aktuaria akan mengarah kepaa Finansial dan Ekonomi.

Apa saja daftar mata kuliah pada jurusan Ilmu Aktuaria?

Pastinya Anda juga memiliki rasa ingin tahu tentang mata kuliah yang nanti akan dipelajari selama kuliah di Singapura pada jurusan Ilmu Aktuaria. Mata kuliah memang merupakan informasi kuliah yang penting untuk diketahui para calon pelajar sebelum memutuskan untuk melakukan pendaftaran. Dengan mengetahui daftar perkuliahan atau daftar mata kuliah yang akan dipelajari maka Anda bisa memiliki bayangan tentang cakupan dan tingkat kesulitan materi kuliah.

Berikut ini adalah contoh daftar mata kuliah jurusan Ilmu Aktuaria yang ada di Nanyang Business School, NTU Singapore :

Common Core Courses

Business Enhancement Courses

Financial Accounting

Management Accounting

Financial Management

Statistics & Analysis

Organisational Behaviour

Business Law

Marketing

Information Technology

Foundational Excel

Strategic Management

English Proficiency


 

Business Operations

Management Principles

 

Optional courses:

Negotiation

International Business Environment

Innovation Marketing

Entrepreneurial Finance

Managing Organisational Change

Law of Commercial Transactions

Law of Intellectual Property

Dispute Resolution

 

Special Courses:

Specialisation Core Courses

Actuarial Economics

Mathematics of Finance

Statistical Modeling

Models

Life Contingencies

Actuarial Statistics

Actuarial Aspects of Asset Valuation

Bagaimana prospek kerja lulusan Ilmu Aktuaria?

Sudah sepatutnya bila Anda dan calon pelajar yang lain mempertanyakan tentang prospek kerja lulusan Ilmu Aktuaria. Ini merupakan hal yang normal dan memang penting untuk Anda ketahui.

Hampir semua perusahaan atau lembaga lainnya membutuhkan Aktuaris. Sesuai dengan lansiran Sindonews, Otoritas Jasa Keuangan memaksakan setiap perusahaan untuk memiliki setidaknya 1 orang aktuaris. Di sisi lain, jurusan yang berperan amat penting dalam setiap bisnis ini tidak dimiliki banyak universitas di Indonesia yang mengakibatkan krisis akan profesi.

Pertahunnya, Indonesia memerlukan 500-700 profesi aktuaris. Namun secara realita, tenaga kerja yang bisa tersuplai hanya sebesar 380.

Maka dari itu, tidak perlu khawatir dan ragu untuk memilih kuliah Ilmu Aktuaria karena lulusan llmu Aktuaria memiliki prospek kerja yang baik di masa depan.

Apa saja peluang profesi bagi lulusan kuliah jurusan Ilmu Aktuaria?

Sumber: Pixabay.com

Anda telah mengetahui bagaimana prospek kerja yang dimiliki oleh lulusan Ilmu Aktuaria apalagi lulusan dari universitasi di luar negeri seperti Singapura yang diakui keunggulan mutu pendidikannya. Kini, sebuah pertanyaan lanjutan pun muncul.

Peluang profesi apa sajakah yang ada kalau sudah lulus program studi Ilmu Aktuaria? Berikut adalah pilihan karirnya:

  • Aktuaris

  • konsultan

  • analis keuangan

  • analis risiko

  • manajer investasi

  • pengusaha,

  • dan lainnya.

Apa persyaratan kuliah Ilmu Aktuaria di Singapura?

Sebelum Anda memasuki perkuliahan maka ada beberapa persyaratan kuliah yang harus Anda penuhi dan diketahui oleh pihak kampus pada saat mendaftar. Persyaratan kuliah yang ada di setiap institusi kuliah di Singapura memang bisa jadi berbeda karena ada kebijakan tersendiri dari masing-masing universitas. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui semua daftar persyaratan kuliah di universitas pilihan di Singapura dengan jurusan Ilmu Aktuaria.

Di bawah ini adalah beberapa persyaratan kuliah S1 jurusan Ilmu Aktuaria di Nanyang Technology University :

  • Lulus UN SMA dengan nilai baik

  • Lulus penilaian additional Mathematics di tingkat SMA atau Matematika pada level IB

  • Nilai rapor: 8.0 or 80 pada sebagian besar mata pelajaran di rapot SMA

Silahkan menghubungi EasyUni untuk berkonsultasi dengan Penasihat profesional kami agar Anda bisa mengetahui persyaratan kuliah yang tepat. Konsultasi ini tidak dipungut biaya.

Berapa besar biaya kuliah jurusan Ilmu Aktuaria di Singapura?

Biaya kuliah merupakan salah satu informasi kuliah yang juga penting untuk diketahui oleh para calon pelajar. Biaya kuliah jurusan Ilmu Aktuaria di Singapura memiliki kisaran antara Rp 185.000.000,- hingga Rp 380.000.000,- per tahun. Kisaran biaya pendidikan ini terjadi karena ada beberapa faktor yang memengaruhinya. Lokasi universitas, jenis universitas, tipe pelajar (pelajar bersubsidi atau non bersubsidi), dan lainnya.

Untuk informasi yang tepat tentang biaya kuliah silahkan menghubungi EasyUni.

Di mana universitas terbaik jurusan Ilmu Aktuaria di Singapura?

Singapura memiliki beberapa tempat kuliah atau kampus yang bagus pada jurusan Ilmu Aktuaria. Meskipun tidak sebanyak institusi kuliah yang dimiliki oleh Malaysia, namun peringkat universitas di Singapura menurut World University Rankings cukup tinggi. Ada beberapa universitas di Singapura yang telah menduduki peringkat 60 besar bahkan ada yang masuk 30 besar. Anda bisa cari universitas jurusan Ilmu Aktuaria di Singapura yang terbaik melalui tabel di bawah ini.

Beberapa universitas terbaik jurusan Ilmu Aktuaria di Singapura:

Nama Universitas

Jenis Universitas

National University of Singapore

Public (Negeri)

Nanyang Technological University, Singapore

Public (Negeri)

Singapore Management University

Public (Negeri)


Semoga panduan mengenai kuliah Ilmu Aktuaria di Singapura ini bisa membantu Anda. Jika Anda ingin bertanya lebih detail tentang program studi Ilmu Aktuaria di Singapura atau hal lain terkait kuliah di luar negeri maka segera hubungi EasyUni untuk melakukan konsultasi. Konsultasi ini tidak dipungut biaya.

You might be interested in...