Cover Image

Kuliah Jurusan Matematika di Singapura

Baca informasi lengkap mengenai jurusan Matematika dari info perkuliahan hingga prospek kerjanya

Find your university

jurusan matematika

Perkenalan
Apa itu jurusan Matematika?
Alasan kuliah jurusan Matematika
Yang dipelajari dalam jurusan Matematika
Spesialisasi dalam jurusan Matematika
Karakter yang cocok untuk jurusan Matematika
Universitas terbaik di Singapura untuk jurusan Matematika
Prospek kerja dan gaji lulusan Matematika
Durasi kuliah jurusan Matematika
Persyaratan masuk universitas Singapura untuk jurusan Matematika
Biaya kuliah di Singapura jurusan Matematika
FAQ atau Pertanyaan Umum

 

Matematika dikenal sebagai ibu dari semua ilmu sains eksak. Banyak yang beranggapan bahwa matematika mempelajari cara berhitung, namun sesungguhnya matematika adalah ilmu mengenai cara membaca pola.

Jika anda hendak menempuh perkuliahan pada jurusan matematika, maka salah satu negara yang dapat dijadikan pilihan adalah Singapura. Singapura memiliki beberapa pilihan perguruan tinggi yang dapat anda jadikan tujuan untuk kuliah di jurusan matematika.

Lulusan jurusan matematika dari Singapura akan memiliki keahlian yang cukup untuk dapat berkarir dalam berbagai macam bidang yang cakupannya sangat luas di Singapura. Melalui peluang karir di berbagai bidang tersebut, anda akan mendapat banyak keuntungan baik secara personal maupun profesional.

Baca juga: Panduan lengkap jurusan Matematika

 

Apa itu Jurusan Matematika?

tentang jurusan matematika kuliah

Buat apa belajar matematika sampai tingkat S1?

Sarjana matematika pada dasarnya melibatkan kombinasi matematika murni dan terapan (pure vs applied mathematics). 

Apa perbedaan matematika murni dan terapan? Matematika murni berisikan teori dan abstrak sementara praktek aplikasi dalam kehidupan nyata akan dipelajari dalam ilmu terapan. 

Beberapa institusi menawarkan kedua jenis matematika ini dalam gelar yang terpisah, sehingga Anda bisa memilih untuk memfokus dalam satu bidang saja. 

Stereotipe yang masih terdapat dalam masyarakat mengenai jurusan matematika tidak sampai di situ saja. Banyak juga yang masih beranggapan bahwa lulusan jurusan Matematika hanya memiliki prospek kerja sebagai guru sekolah atau dosen saja.

Hal ini umumnya membuat murid SMP atau SMA di Indonesia enggan untuk memilih jurusan matematika, melainkan jurusan lain yang lebih bersifat praktikal seperti teknik atau manajemen.

Padahal, banyak bidang pekerjaan yang membutuhkan lulusan dari jurusan matematika. Lulusan dari jurusan matematika terkenal akan kemampuan berpikir analitis, logika, serta kemampuan pemecahan masalah.

Bidang pekerjaan yang banyak membutuhkan lulusan jurusan Matematika di antaranya bidang teknik, teknologi informasi, ekonomi, perbankan, manajerial, serta masih banyak bidang lainnya.

Meskipun lulusan jurusan teknik atau manajemen banyak memiliki keahlian praktikal, lulusan jurusan matematika banyak diandalkan untuk memecahkan masalah yang rumit dan membutuhkan kemampuan berpikir lebih tinggi.

Baca juga jurusan terkait: Semua hal tentang jurusan Ilmu Aktuaria

 

Mengapa Kuliah di Jurusan Matematika di Singapura?

alasan kuliah jurusan matematika penting

Berikut beberapa alasan untuk melanjutkan kuliah jurusan matematika di Singapura:

1. Potensi Penghasilan yang Sangat Tinggi

Lulusan jurusan matematika akan memiliki banyak kesempatan untuk berkarir di berbagai bidang dengan potensi penghasilan yang sangat tinggi. Bidang-bidang tersebut di antaranya teknik, teknologi informasi, ekonomi, keuangan, manajerial, serta berbagai bidang lainnya.

Dengan menjadi lulusan jurusan matematika, anda dapat berkarir pada satu di antara sekian banyaknya pilihan bidang-bidang tersebut tanpa perlu khawatir akan potensi penghasilan yang akan dapat anda peroleh.

Baca juga: Kenapa kuliah di Singapura?

2. Pilihan Sektor Pekerjaan yang Sangat Luas

Tidak hanya akan dapat bekerja di perusahaan swasta, apabila anda menjadi seorang lulusan jurusan matematika, anda akan dapat bekerja di berbagai jenis institusi.

Lulusan dari jurusan matematika dapat banyak ditemui di berbagai institusi pemerintah, perguruan tinggi, maupun lembaga penelitian independen. Apabila anda merasa tidak sesuai untuk menjadi seorang karyawan kelak, anda akan dapat berkarir sebagai akademisi atau peneliti.

3. Mengasah Kemampuan Berpikir Analitis dan Logis

Apabila anda memiliki kemampuan kognitif di atas rata-rata, jurusan matematika mungkin adalah tempat yang tepat bagi anda. Matematika tidak hanya melulu soal berhitung, namun juga mengenai cara mengenali masalah dan menemukan solusinya.

Kemampuan berpikir yang dapat anda asah di jurusan matematika tidak hanya berguna dalam karir profesional anda baik di bidang swasta, pemerintahan, maupun akademis. Anda juga akan menemui banyak kegunaan dari kemampuan berpikir analitis dan logis dalam kehidupan sehari-hari.

4. Kesempatan untuk Menapaki Karir Internasional

Universitas-universitas terbaik di Singapura telah diakui oleh berbagai akreditor dari Singapura maupun internasional.

Lulusan jurusan matematika dari Singapura telah diakui oleh berbagai perusahaan dan institusi di berbagai bidang dengan jenjang karir internasional.

Baca juga: 11 Negara Ini Memberi Lulusannya Kesempatan Kerja Setelah Lulus!

 

Apa Saja yang Akan Dipelajari di Jurusan Matematika di Singapura?

bidang jurusan matematika

Di jurusan matematika, anda akan mempelajari berbagai hal terkait dengan aspek keilmuan matematika maupun penerapan matematika pada bidang-bidang tertentu.

Secara garis besar, terdapat beberapa cabang ilmu dari matematika, di antaranya aljabar, kalkulus, kombinatorika, geometri, serta statistika.

Sebagai contoh, beberapa mata kuliah yang akan anda pelajari di jurusan matematika yang dapat anda temukan di Nanyang Technological University di antaranya:

Tahun pertama:

  • Aljabar linear
  • Kalkulus
  • Dasar matematika
  • Algoritma dan komputasi
  • Matematika diskrit
  • Probabilitas
  • Pengantar statistika
  • Persamaan diferensial

Tahun kedua hingga akhir:

  • Analisis real
  • Topologi aljabar
  • Geometri diferensial
  • Metode kontinu
  • Teori angka
  • Teori himpunan
  • Kriptografi
  • Kombinatorika
  • Metode diskrit
  • Algoritma dan teori komputasi
  • Proyek akhir

 

Bagaimana Karakter yang Sesuai untuk Kuliah di Jurusan Matematika?

skill yang diperlukan jurusan matematika

Berikut adalah karakteristik ideal mahasiswa jurusan matematika:

1. Menyukai Matematika

Jika anda menyukai mata pelajaran matematika selama SD, SMP, dan SMA, maka anda akan nyaman menempuh perkuliahan di jurusan matematika.

Tidak hanya menuntut anda untuk lihai dalam berhitung, inti dari keilmuan matematika yang sebenarnya adalah mampu memodelkan peristiwa yang terjadi di sekitar kita dalam bentuk matematis. Untuk itu, kemampuan matematika yang anda peroleh selama sekolah akan berkembang sangat pesat.

2. Kreatif

Kreativitas dalam bidang matematika diukur dalam beberapa aspek. Dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika, mahasiswa matematika yang baik dituntut untuk dapat menghasilkan penyelesaian yang unik, bervariasi, serta mampu menjelaskan hasil tersebut dengan jelas, baik secara matematis maupun verbal.

Untuk memenuhi hal tersebut tidak hanya dibutuhkan kemampuan numerik dan analitis saja. Mahasiswa matematika yang baik juga membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik atau cara menyampaikan gagasan dengan jelas.

3. Memiliki Kemampuan Khusus untuk Menyelesaikan Masalah

Berbeda dengan perkuliahan di bidang eksak lainnya, permasalahan di bidang matematika mungkin akan memiliki solusi lebih dari satu. Anda mungkin merasa sudah menemukan solusi dari suatu soal, namun bagaimana jika soal tersebut memiliki jawaban lain yang juga benar?

Perkuliahan di jurusan matematika akan melatih anda untuk melakukan pendekatan terhadap suatu masalah melalui berbagai cara dan dalam prosesnya, anda mungkin akan menemukan lebih dari satu solusi untuk satu masalah.

4. Mampu Memahami Konsep yang Rumit

Kebanyakan konsep dalam keilmuan matematika tidak mudah untuk dipahami. Untuk memahami konsep yang rumit tersebut, dibutuhkan kemampuan serta wawasan yang luas.

Salah satu cara paling mudah untuk memahami suatu konsep yang rumit adalah melalui contoh atau studi kasus. Apabila anda senang banyak membaca tentang berbagai hal, anda mungkin memiliki kemampuan untuk memahami konsep yang rumit melalui contoh-contoh yang pernah anda baca.

Jika anda merasa memiliki seluruh karakter yang disebutkan di atas, anda adalah orang yang tepat untuk menjalani perkuliahan di jurusan matematika.

Anda memiliki potensi untuk dapat diterima oleh jurusan matematika serta dapat lulus dengan hasil yang memuaskan.

 

Universitas Terbaik Mana Saja di Singapura yang Menawarkan Jurusan Matematika?

universitas terbaik asia jurusan matematika

Meskipun tidak sebanyak negara lainnya, jurusan matematika di Singapura berasal dari universitas dengan peringkat dunia yang sangat tinggi. Berikut daftar beberapa universitas terbaik di Singapura di bidang matematika menurut QS Universities:

Universitas

Peringkat Dunia
Per-jurusan

Nanyang Technological University (NTU)

11

National University of Singapore (NUS)

15

 

Bagaimana Prospek Karir Lulusan Jurusan Matematika di Singapura?

Prospek karir lulusan jurusan matematika terletak di berbagai bidang.

Apabila anda mengambil jurusan matematika murni, prospek karir anda terletak di bidang akademis atau penelitian. Sedangkan jika anda mengambil jurusan matematika terapan, kemungkinan bidang yang terkait dengan prospek karir anda sangatlah luas.

Beberapa prospek karir yang dimungkinkan bagi lulusan jurusan matematika di antaranya:

  • Ahli matematika
  • Aktuaris
  • Perencana keuangan
  • Analis investasi
  • Ahli statistika
  • Programmer perangkat lunak
  • Analis riset operasi
  • Akuntan
  • Dosen
  • Guru sekolah
  • Peneliti
  • Estimator biaya
  • Analis data
  • Perekayasa sistem informasi

Gaji yang dapat anda peroleh sebagai lulusan jurusan matematika di Singapura umumnya sangat tinggi, bergantung pada bidang pekerjaannya.

Berikut merupakan bidang pekerjaan yang umum ditempuh oleh lulusan jurusan matematika di Singapura beserta kisaran gajinya menurut PayScale:

Pekerjaan

Kisaran Gaji

Aktuaris

30,000 - 172,000 SGD per tahun

Analis keuangan

34,000 - 96,000 SGD per tahun

Analis data

10,000 - 96,000 SGD per tahun

Programmer perangkat lunak

29,000 - 91,000 SGD per tahun

Analis riset operasi

30,000 - 122,000 SGD per tahun

Guru sekolah

10,000 - 97,000 SGD per tahun

Dosen

20,000 - 101,000 EUR per tahun

 

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Kuliah di Jurusan Matematika di Singapura?

Pada umumnya, waktu yang akan anda perlukan untuk kuliah di jurusan matematika di Singapura tidak jauh berbeda dengan waktu kuliah di Indonesia. Waktu kuliah ditentukan oleh jenjang kuliah dan jurusan yang anda ambil.

Sarjana (S1)

3-4 tahun

Magister (S2)

1-2 tahun

 

Bagaimana Persyaratan untuk Dapat Diterima di Jurusan Matematika di Singapura?

Masing-masing universitas di Singapura memiliki persyaratan yang berbeda-beda untuk dapat menerima mahasiswa baru di jurusan matematika. Persyaratan ini bergantung kepada kebijakan masing-masing universitas.

Sarjana (S1)

Ujian Nasional

Lulus (jurusan IPA)

IELTS

Minimal 5.5 - 6.0 (overall band)

TOEFL

Minimal 550 (paper based) atau 80 (internet based)

Magister (S2)

Ijazah S1

IPK minimum 2.5 - 3.0

IELTS

Minimal 6.0 - 7.0 (overall band)

TOEFL

Minimal 575 (paper based) atau 85 (internet based)

Komponen lain yang penting sebagai persyaratan kuliah di luar negeri adalah Paspor dan visa pelajar yang wajib dimiliki.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proses pembuatan visa pelajar untuk kuliah di luar negeri, Silahkan mengunjungi website universitas pilihan Anda, atau bertanya langsung kepada tim EasyUni melalui aplikasi yang tersedia.

 

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Kuliah Jurusan Matematika di Singapura?

Biaya kuliah di Singapura bervariasi, bergantung pada universitas dan jurusan yang dipilih. Perkiraan biaya kuliah rata-rata per tahun untuk jurusan teknik dan sains secara umum di beberapa universitas terbaik di Singapura di antaranya sebagai berikut:

Nanyang Technological University (NTU)

SGD 36,830

National University of Singapore (NUS)

SGD 38,200

Biaya tersebut umumnya hanya merupakan biaya kuliah dan tidak termasuk biaya hidup. Biaya hidup yang dibutuhkan untuk kuliah di Singapura bergantung dari kebutuhan dan gaya hidup masing-masing mahasiswa.

Baca juga:


 

FAQ atau Pertanyaan Umum

1. Apakah lulusan jurusan matematika hanya memiliki prospek kerja sebagai guru atau dosen?

Tidak! Faktanya, banyak lulusan jurusan matematika, bahkan di Indonesia sekalipun, yang bekerja di berbagai bidang. Bidang-bidang tersebut di antaranya industri, keuangan, energi, konsultasi teknik dan rekayasa, penerbangan, dan masih banyak lagi.

Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan matematika sebagai analis data maupun staf manajerial.

Hal tersebut tentunya tidak menutup kemungkinan anda untuk dapat menjadi guru, dosen, atau peneliti apabila anda berkeinginan untuk menempuh karir di bidang akademik atau riset.

2. Jika saya berminat bekerja di perusahaan swasta, apakah mengambil jurusan teknik, manajemen atau ekonomi lebih baik dibandingkan jurusan matematika?

Masing-masing jurusan memiliki kekurangan dan kelemahannya sendiri-sendiri. Lulusan jurusan manajemen atau ekonomi tentu akan memiliki keahlian lebih di bidang manajerial atau analisis keuangan dan ekonomi, sementara lulusan jurusan teknik memiliki kekhususan di bidang teknologi dan rekayasa sesuai bidang keteknikan yang diambil.

Akan tetapi, banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan jurusan matematika untuk memperkuat analisis data atau membuat model matematika yang berguna untuk menjelaskan lebih detil mengenai suatu masalah atau peramalan (forecasting). Dalam hal ini lulusan jurusan matematika umumnya lebih unggul.

Jika anda masih bingung untuk menentukan jurusan yang tepat bagi anda apabila anda berminat untuk berkarir di perusahaan swasta, sebaiknya pilih jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan anda.

Anda juga dapat menghubungi EasyUni untuk dapat berkonsultasi mengenai jurusan apa yang sebaiknya anda pilih.

3. Bagaimana menyiapkan diri saya untuk kuliah di jurusan matematika?

Dalam perkuliahan di jurusan matematika, anda akan banyak menemukan persoalan-persoalan yang terkait dengan pemahaman konsep dan teori matematika maupun terkait dengan penerapan matematika.

Anda dapat menyiapkan diri anda dari sekarang dengan banyak berlatih soal-soal matematika. Tidak hanya soal terkait perhitungan, namun juga soal pemecahan masalah.

Anda juga dapat memperluas wawasan melalui buku atau artikel-artikel dan bacaan-bacaan di internet mengenai isu-isu ekonomi, industri, maupun teknologi informasi. Anda akan membutuhkan wawasan yang luas apabila anda berminat mengambil jurusan matematika terapan.

4. Bagaimana cara memilih kampus yang baik untuk kuliah di jurusan matematika?

Anda sebaiknya memilih kampus yang anda rasa cocok dengan diri anda. Beberapa faktor yang dapat anda pertimbangkan di antaranya lingkungan kampus, lokasinya, dan harganya.

Anda mungkin dapat mempertimbangkan banyak jurusan matematika di Singapura yang tidak termasuk dalam top 10.

Berbagai informasi mengenai jurusan matematika di Singapura dapat anda peroleh secara bebas di internet. Anda juga dapat menghubungi EasyUni untuk dapat berkonsultasi mengenai jurusan matematika di Singapura yang sesuai bagi anda.

5. Kapan Saya Bisa Mendaftar untuk Kuliah Jurusan Matematika di Singapura?

Jika anda berminat untuk menjalani perkuliahan di jurusan matematika di Singapura, pembukaan pendaftaran umumnya bergantung pada kebijakan masing-masing universitas. Sebagai contoh, pendaftaran jurusan matematika di Nanyang Technological University dimulai pada pertengahan Oktober setiap tahunnya.

Anda dapat mendaftar melalui portal online masing-masing universitas atau melalui jasa konsultasi pendidikan seperti EasyUni!

 

Advertisement

Universities with courses in Matematika

See more related universities

You might be interested in...

Advertisement

This website uses cookies to ensure you get the best experience. By using this site, you acknowledge that you have read and understand our Cookie Policy , Privacy Statement and Terms & Conditions .

Maximum 6 courses for comparison!

Chat on WhatsApp

Courses selected for comparison