Cover Image

Kuliah Jurusan Teknik Sipil di Singapura

Informasi lengkap mengenai kuliah Teknik Sipil di Singapura persyaratan masuk dan pilihan universitas terbaik

Find your university

apa masa depan yang dihadapi teknik sipil

Apa itu jurusan Teknik Sipil?
Alasan kuliah di Amerika
Yang dipelajari dalam jurusan Teknik Sipil
Keterampilan yang diperlukan
Universitas terbaik di Amerika
Prospek kerja lulusan Teknik Sipil
Durasi kuliah jurusan Teknik Sipil
Syarat masuk kuliah Teknik Sipil
Biaya kuliah di Singapura
FAQ atau Pertanyaan Umum

 

Apa itu jurusan Teknik Sipil?

pekerjaan teknik sipil

Teknik sipil merupakan salah satu bidang teknik yang terfokus pada rekayasa konstruksi dan infrastruktur. Bidang pekerjaan seorang insinyur sipil umumnya berada di sekitar bidang pekerjaan umum, konstruksi, dan infrastruktur skala besar.

Teknik sipil bukanlah disiplin ilmu yang baru. Ribuan tahun sebelum masehi, manusia telah mengenal rekayasa konstruksi untuk pembangunan berbagai jenis infrastruktur skala besar. Beberapa di antaranya piramida yang dibangun bangsa Mesir kuno dan bendungan yang dibangun bangsa Romawi kuno.

Dalam perkembangannya, disiplin ilmu teknik sipil telah memberikan banyak kontribusi bagi kemajuan peradaban manusia. Hasil karya dari disiplin ilmu tersebut, seperti jalan dan jembatan, bendungan, pencakar langit, dan sebagainya telah mempermudah kehidupan manusia selama ratusan hingga ribuan tahun.

Di Indonesia, disiplin ilmu teknik sipil merupakan salah satu yang telah lama berkembang. Sejak zaman kolonial Belanda, ahli rekayasa konstruksi Belanda telah banyak membuat bangunan dan infrastruktur yang sebagian besar masih dimanfaatkan hingga saat ini, seperti jembatan, rel kereta api, dan banyak lainnya.

Hal ini membuat lulusan jurusan teknik sipil telah diakui di Indonesia sejak lama dan banyak dibutuhkan oleh berbagai bidang, seperti pemerintah, BUMN, atau swasta. Sebagai negara berkembang, Indonesia akan terus membutuhkan konstruksi dan infrastruktur untuk mendorong pertumbuhannya.

Apabila anda berkeinginan untuk melanjutkan studi ke jurusan teknik sipil, Singapura merupakan salah satu pilihan yang dapat dijadikan pertimbangan. Singapura memiliki beberapa pilihan universitas yang menyediakan jurusan teknik kelas dunia, khususnya teknik sipil.

Lulusan jurusan teknik sipil dari Singapura akan memiliki keahlian yang cukup untuk dapat berkarir dalam bidang keteknikan, khususnya rekayasa konstruksi dan infrastruktur. Melalui karir di bidang tersebut, anda akan mendapat banyak keuntungan baik secara personal maupun profesional.

Baca juga: Panduan jurusan Teknik Sipil di luar negeri

 

Mengapa Kuliah di Jurusan Teknik Sipil di Singapura?

pekerjaan teknik sipil di luar negeri

Berikut beberapa alasan untuk melanjutkan kuliah jurusan teknik sipil di Singapura:

1. Konsentrasi Jurusan Teknik Sipil yang Beragam

Sebagai disiplin ilmu yang telah lama berkembang, teknik sipil memiliki berbagai macam konsentrasi jurusan. Konsentrasi jurusan teknik sipil di antaranya rekayasa struktur, geoteknik, sumber daya air, transportasi, dan beberapa konsentrasi yang terkait dengan teknik lingkungan.

Apabila anda memutuskan untuk melanjutkan studi pada jurusan teknik sipil di Singapura, anda akan dapat memilih berbagai konsentrasi tersebut yang sesuai dengan minat dan keahlian anda. Anda akan dapat mengembangkan bakat keteknikan anda, khususnya teknik sipil, pada bidang yang anda inginkan.

Baca juga: Kenapa kuliah di Singapura?

2. Berbagai Studi Kasus Rekayasa Konstruksi dan Infrastruktur

Singapura merupakan negara yang didukung oleh berbagai rekayasa konstruksi dan infrastruktur. Salah satu contohnya adalah pengembangan lahan di Singapura yang berbasis pada reklamasi. Selain itu, Singapura merupakan salah satu negara terbaik di dunia dalam pengelolaan infrastruktur sumber daya air.

Apabila anda memutuskan untuk melanjutkan kuliah di jurusan teknik sipil di Singapura, anda akan berkesempatan untuk mempelajari lebih dekat mengenai berbagai studi kasus di bidang rekayasa konstruksi dan infrastruktur tersebut.

3. Tidak Akan Kesulitan dalam Mencari Pekerjaan

Apabila anda memutuskan untuk melanjutkan kuliah di jurusan teknik, anda tidak akan menemukan banyak kesulitan dalam mencari pekerjaan. Lulusan jurusan teknik sangat dibutuhkan oleh berbagai sektor, baik pemerintahan maupun swasta.

Secara khusus, kebutuhan lulusan teknik sipil di Singapura sangatlah tinggi. Oleh karena itu anda tidak perlu kebingungan mencari pekerjaan setelah lulus dari jurusan teknik sipil.

4. Kesempatan untuk Menapaki Karir Internasional

Universitas-universitas terbaik di luar negeri telah diakui oleh berbagai akreditor dari banyak negara di dunia maupun internasional.

Lulusan jurusan teknik sipil dari Singapura telah diakui oleh berbagai perusahaan dan institusi di bidang rekayasa konstruksi dan infrastruktur dengan jenjang karir internasional.

Baca juga: 11 Negara Ini Memberi Lulusannya Kesempatan Kerja Setelah Lulus!

 

Apa Saja yang Akan Dipelajari di Jurusan Teknik Sipil di Singapura?

parsons school of design di amerika serikat

Di jurusan teknik sipil, anda akan mempelajari berbagai hal terkait dengan perancangan konstruksi, infrastruktur, rekayasa struktur dan geoteknik, sumber daya air, serta transportasi. Mata kuliah yang akan anda ambil umumnya membutuhkan kemampuan matematika dan fisika yang cukup.

Sebagai contoh, berikut beberapa mata kuliah yang akan anda pelajari pada jurusan teknik sipil yang dapat anda temukan di National University of Singapore di antaranya:

Tahun pertama: 

  • Profesionalisme Keteknikan
  • Praktek dan Prinsip Teknik Sipil
  • Praktek dan Prinsip Infrastruktur dan Lingkungan
  • Matematika
  • Pemrograman
  • Berpikir Sistem dan Dinamika

Tahun kedua:

  • Mekanika Tanah
  • Hidrolik
  • Mekanika Struktur dan Material
  • Manajemen Proyek Konstruksi
  • Analisis Teknik dan Ketidakpastian
  • Rekayasa Kualitas Air
  • Geoteknik
  • Rekayasa Fondasi
  • Rekayasa Transportasi
  • Rekayasa Sumber Daya Air
  • Analisis Struktur
  • Rancangan Struktur Beton
  • Rancangan Struktur Baja

 

Bagaimana Karakter yang Sesuai untuk Kuliah di Jurusan Teknik Sipil?

Berikut adalah karakteristik ideal mahasiswa jurusan teknik sipil:

1. Memiliki Kemampuan untuk Berpikir Kritis

Karir di bidang teknik sipil akan menuntut anda untuk mengevaluasi masalah dengan cepat untuk kemudian mengambil keputusan dengan tepat.

Kemampuan berpikir kritis akan membantu anda mengambil keputusan yang tepat serta fleksibel terhadap keadaan. Hal ini penting karena lingkungan kerja di bidang konstruksi dan infrastruktur biasanya sangat dinamis dan cepat berubah-ubah.

2. Menyukai Matematika dan Fisika

Jika anda memutuskan untuk menempuh perkuliahan di bidang teknik sipil, anda akan banyak menemukan permasalahan matematika dan fisika.

Jurusan teknik umumnya dirancang agar lulusannya memiliki kemampuan nalar dan pemecahan masalah yang baik. Pada jurusan teknik sipil, latihan-latihan matematika banyak digunakan sebagai pengukur kemampuan tersebut.

3. Dinamis dan Aktif

Berbeda dengan perkuliahan di bidang sains murni yang fokus pada teori-teori, perkuliahan di bidang teknik akan banyak melibatkan studi kasus dan praktek lapangan. Jika anda memutuskan untuk terjun di bidang teknik, anda akan berurusan langsung dengan kasus nyata.

Kepribadian yang dinamis dan aktif akan membantu anda dalam mengatasi masalah-masalah yang anda temukan di lapangan.

4. Mampu Fokus Terhadap Suatu Hal

Bidang teknik memiliki banyak cabang. Khususnya pada jurusan teknik sipil anda akan diarahkan untuk mempelajari suatu disiplin terapan tertentu.

Setelah lulus, karir di bidang teknik sipil akan menuntut anda untuk memiliki kemampuan khusus di pada bidang yang lebih detil. Untuk itu, dibutuhkan kemampuan untuk fokus terhadap suatu hal.

Jika anda merasa memiliki seluruh karakter yang disebutkan di atas, anda adalah orang yang tepat untuk menjalani perkuliahan di jurusan teknik sipil.

Anda memiliki potensi untuk dapat diterima oleh jurusan teknik sipil serta dapat lulus dengan hasil yang memuaskan.

 

Universitas Terbaik Mana Saja di Singapura yang Menawarkan Jurusan Teknik Sipil?

ntu di singapura

Meskipun tidak sebanyak negara lainnya, jurusan teknik sipil di Singapura berasal dari universitas dengan peringkat dunia yang sangat tinggi. Beberapa di antaranya adalah Nanyang Technological University (NTU) dan National University of Singapore (NUS).

Berikut daftar beberapa universitas terbaik di Singapura yang menyediakan jurusan teknik sipil:

  1. Nanyang Technological University (NTU)
  2. National University of Singapore (NUS)
  3. Singapore Institute of Technology
  4. Ngee Ann Polytechnic
  5. Singapore Polytechnic
  6. Singapore University of Technology and Design

 

Bagaimana Prospek Karir Lulusan Jurusan Teknik Sipil di Singapura?

teknik sipil di luar negeri

Prospek karir utama lulusan jurusan teknik sipil terletak di bidang terkait perancangan konstruksi, struktur, dan infrastruktur. Selain itu, banyak lulusan teknik sipil yang bekerja pada bidang terkait perkotaan seperti manajemen sumber daya air atau transportasi. Setelah lulus, anda dapat memilih berbagai jenis karir profesional di bidang tersebut.

Beberapa prospek karir yang dimungkinkan bagi lulusan jurusan teknik sipil di antaranya:

  • Teknisi CAD
  • Konsultan rekayasa sipil
  • Kontraktor
  • Perekayasa desain
  • Estimator
  • Perekayasa struktur
  • Perekayasa sumber daya air
  • Perekayasa transportasi

Gaji yang dapat anda peroleh sebagai lulusan jurusan teknik sipil di luar negeri umumnya sangat tinggi, bergantung pada bidang pekerjaannya.

Berikut merupakan bidang pekerjaan yang umum ditempuh oleh lulusan jurusan teknik sipil di Singapura beserta kisaran gajinya menurut PayScale:

Pekerjaan

Kisaran Gaji

Perekayasa sipil

23,000 - 93,000 SGD per tahun

Perekayasa konstruksi

20,000 - 59,000 SGD per tahun

Perekayasa sumber daya air

15,000 - 136,000 SGD per tahun

 

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Kuliah di Jurusan Teknik Sipil di Singapura?

Pada umumnya, waktu yang akan anda perlukan untuk kuliah di jurusan teknik sipil di Singapura tidak jauh berbeda dengan waktu kuliah di Indonesia. Waktu kuliah ditentukan oleh jenjang kuliah dan jurusan yang anda ambil.

Sarjana (S1)

3 tahun

Magister (S2)

1-2 tahun

 

Bagaimana Persyaratan untuk Dapat Diterima di Jurusan Teknik Sipil di Singapura?

Masing-masing universitas di Singapura memiliki persyaratan yang berbeda-beda untuk dapat menerima mahasiswa baru di jurusan teknik sipil. Persyaratan ini bergantung kepada kebijakan masing-masing universitas.

Sarjana (S1)

Ujian Nasional

Lulus (jurusan IPA)

IELTS

Minimal 5.5 - 6.0 (overall band)

TOEFL

Minimal 550 (paper based) atau 80 (internet based)

Magister (S2)

Ijazah S1

IPK minimum 2.5 - 3.0

IELTS

Minimal 6.0 - 7.0 (overall band)

TOEFL

Minimal 575 (paper based) atau 85 (internet based)

Komponen lain yang penting sebagai persyaratan kuliah di Singapura  adalah Paspor dan visa pelajar Singapura yang wajib dimiliki.

 

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Kuliah Jurusan Teknik Sipil di Singapura?

Biaya kuliah di Singapura bervariasi, bergantung pada universitas dan jurusan yang dipilih. Perkiraan biaya kuliah rata-rata per tahun untuk jurusan teknik sipil secara umum di beberapa universitas terbaik di Singapura di antaranya sebagai berikut:

Nanyang Technological University (NTU)

SGD 36,830

National University of Singapore (NUS)

SGD 38,200

Singapore Institute of Technology

SGD 27,720

Singapore University of Technology and Design

SGD 50,950

Biaya tersebut umumnya hanya merupakan biaya kuliah dan tidak termasuk biaya hidup. Biaya hidup yang dibutuhkan untuk kuliah di Singapura bergantung dari kebutuhan dan gaya hidup masing-masing mahasiswa.


 

FAQ atau Pertanyaan Umum

1. Apakah perbedaan antara jurusan arsitektur dan teknik sipil?

Jurusan arsitektur terfokus pada metode dan teknik perancangan bangunan, sementara jurusan teknik sipil lebih terfokus pada struktur bangunan. Pada jurusan teknik sipil, perancangan bangunan tidak diajarkan.

Selain itu, arsitektur lebih terfokus pada kegunaan bangunan bagi manusia atau aspek interaksi sosial dari bangunan atau lingkungan binaan.

Apabila anda menyenangi matematika dan fisika, mungkin jurusan teknik sipil lebih sesuai bagi anda. Namun apabila anda lebih menyenangi perancangan dan estetika, jurusan arsitektur mungkin lebih sesuai.

2. Apakah saya harus menguasai mata pelajaran fisika untuk menempuh perkuliahan di jurusan teknik sipil?

Oleh karena kurikulum pada jurusan teknik sipil yang umumnya banyak mengandung mata kuliah fisika murni dan fisika terapan, anda harus menguasai hamper sebagian besar mata pelajaran bidang fisika, mulai dari mekanika dasar, mekanika fluida, serta termodinamika.

Tidak hanya fisika, anda juga harus menguasai mata pelajaran matematika karena perkuliahan di jurusan teknik sipil akan mengantarkan anda pada banyak mata kuliah aljabar dan kalkulus.

3. Apa perbedaan antara kuliah sains murni dan teknik?

Dalam perkuliahan sains murni, mahasiswa akan mempelajari fakta hasil observasi dan hasil pengujian yang berulang-ulang. Hal ini akan menghasilkan teori mengenai alam yang dapat dikomunikasikan kepada masyarakat.

Perkuliahan teknik akan mempelajari mengenai bagaimana teori-teori tersebut dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

4. Bagaimana menyiapkan diri saya untuk kuliah di jurusan teknik sipil?

Anda dapat mempersiapkan diri untuk menempuh perkuliahan di jurusan teknik sipil dengan melatih kemampuan anda dalam bidang matematika dan fisika.

Selain itu, anda dapat juga memperluas wawasan mengenai konstruksi dan infrastruktur. Hal ini dapat anda lakukan dengan mencari informasi mengenai rekayasa konstruksi yang terdapat di Indonesia dan berbagai belahan dunia.

5. Bagaimana cara memilih kampus yang baik untuk kuliah di jurusan teknik sipil?

Anda sebaiknya memilih kampus yang anda rasa cocok dengan diri anda. Beberapa faktor yang dapat anda pertimbangkan di antaranya lingkungan kampus, lokasinya, dan harganya.

Berbagai informasi mengenai sekolah teknik sipil di luar negeri dapat anda peroleh secara bebas di internet. Anda juga dapat menghubungi EasyUni untuk dapat berkonsultasi mengenai jurusan teknik di luar negeri yang sesuai bagi anda.

6. Kapan Saya Bisa Mendaftar untuk Kuliah Jurusan Teknik Sipil di Singapura?

Jika anda berminat untuk menjalani perkuliahan di jurusan teknik sipil di Singapura, pembukaan pendaftaran umumnya bergantung pada kebijakan masing-masing universitas. Sebagai contoh, program teknik sipil di Nanyang Technological University dimulai pada pertengahan Oktober setiap tahunnya.

Anda dapat mendaftar melalui portal online masing-masing universitas atau melalui jasa konsultasi pendidikan seperti EasyUni!

Advertisement

Universities with courses in Teknik Sipil

See more related universities

You might be interested in...

Advertisement

This website uses cookies to ensure you get the best experience. By using this site, you acknowledge that you have read and understand our Cookie Policy , Privacy Statement and Terms & Conditions .

Maximum 6 courses for comparison!

Chat on WhatsApp

Courses selected for comparison