Cover Image

Kuliah jurusan Teknologi Otomotif di Singapura

Tertarik di bidang Otomotif dan ingin menekuninya secara profesional? Pilihan kuliah jurusan Teknologi Otomotif di Singapura merupakan hal tepat. Simaklah panduan berikut!

jurusan teknik mesin di malaysia

Perkenalan
Apa itu jurusan Teknologi Otomotif
Alasan kuliah jurusan Teknologi Otomotif
Yang dipelajari dalam jurusan Teknologi Otomotif
Durasi kuliah jurusan Teknologi Otomotif
Persyaratan masuk universitas Malaysia
Prospek kerja lulusan Teknologi Otomotif
Prospek gaji lulusan Teknologi Otomotif
Biaya kuliah jurusan Teknologi Otomotif
Karakter yang cocok jurusan Teknologi Otomotif
Spesialisasi jurusan Teknologi Otomotif
Universitas terbaik di Malaysia jurusan Teknologi Otomotif
FAQ atau Pertanyaan Umum

 

Pada masa kini, transportasi darat mengalami perkembangan yang cukup pesat. Tidak hanya memiliki fungsi membantu kemudahan proses perpindahan manusia dan barang bawaan, kini kendaraan darat telah memiliki beberapa fungsi lebih.

Fungsi lebih yang masih menjadi perbincangan adalah hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Kendaraan-kendaraan yang mampu melakukan penghematan bahan bakar pastinya didukung dengan adanya mesin yang telah tersentuh teknologi.

Pun, kendaraan yang ramah lingkungan atau bebas karbon dioksida yang tak lain merupakan kendaraan listrik, pastinya memerlukan kontribusi lulusan teknologi otomotif. Apakah Anda tertarik untuk menggeluti bidang ini?

Jika ya, maka kuliah Teknologi Otomotif di Singapura bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya, negeri yang dijuluki kota Singa tersebut memiliki beberapa alasannya. Oleh karena itu, simaklah panduan di bawah ini untuk  mengetahui beberapa hal penting.

 

Apa Itu Ilmu Teknologi Otomotif?

teknologi otomotif

Ilmu Teknologi Otomotif adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara merencanakan, mendiagnosis, memperbaiki, dan merawat mesin dari kendaraan ringan di darat. Anda akan belajar tentang sistem mesin, sistem kemudi, sistem transmisi, sistem listrik, dan lainnya.

Para pelajar jurusan ini juga akan dibekali ilmu tentang desain mesin, kontrol emisi, dan injeksi bahan bakar yang tepat, sehingga kendaraan-kendaraan ringan bisa bekerja dengan lebih efisien, efektif, dan ramah lingkungan.

Selain itu, Teknologi Otomotif juga mencakup penerapan teknologi-teknologi terbaru pada mesin kendaraan ringan di darat. Dengan demikian, akan ada fitur atau kelebihan yang bisa disertakan, seperti furious cars, electric car, auto drive car, dan lainnya.

Beberapa kampus di Singapura menggunakan istilah lain untu jurusan Teknologi Otomotif dengan nama lain yaitu Automotive Engineering atau Mechanical Engineering dengan spesialisasi Vehicles. Meskipun istilahnya berbeda, tetapi jurusan Teknik Otomotif (Teknik Mesin Otomotif) di Singapura juga mempelajari hal yang sama dengan Teknologi Otomotif.

Baca juga jurusan terkait: Semua hal tentang jurusan Teknik Mesin

 

Mengapa Kuliah Teknologi Otomotif di Singapura?

teknologi otomotif di malaysia

Meskipun memiliki luas wilayah yang lebih kecil dibanding Indonesia, namun Singapura memiliki keunggulan dalam hal lain. Salah satu hal yang cukup menonjol adalah sisi teknologi. 

Hal ini pun menjadikan negeri ini layak dipilih menjadi destinasi kuliah Teknologi Otomotif di luar negeri. Simaklah uraian di bawah ini, untuk menemukan alasan-alasan yang lebih terperinci. 

Berikut merupakan alasan mengapa sebaiknya Anda memilih kuliah Teknologi Otomotif di Singapura:

1. Lingkungan kondusif

Singapura merupakan negara yang cocok untuk mendukung akademik para pelajar jurusan Teknologi Otomotif. Hal ini dikarenakan, negeri tetangga yang satu ini telah lebih dulu meluncurkan mobil listrik yang ramah lingkungan.

Kehadiran mobil listrik di negeri tersebut tentunya menjadi bukti bahwa pemerintah, pengusaha dan para ahli di Singapura memberikan perhatian dan dukungan dalam hal Teknologi di bidang Otomotif. 

Jadi, para pelaku Automotive Engineering di Singapura (baik pelajar maupun pekerja) pun akan berkembang dengan lebih baik karena dukungan yang didapatkan dari pihak-pihak terkait.

Baca juga: Kenapa kuliah di Singapura?

2. Kurikulum berbasis industri

Kurikulum Teknik Mesin Otomotif yang dirancang oleh kampus-kampus yang ada di Singapura tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Pasalnya, sebagian besar universitas di Singapura telah menerapkan kurikulum berbasis industri.

Ini mengartikan bahwa semua ilmu dan keterampilan yang Anda pelajari selama perkuliahan sesuai yang kebutuhan industri di dunia nyata. Anda pun cenderung mendapatkan kemudahan ketika mulai memasuki dunia karir.

3. Tersedia fasilitas pendukung

Selain kurikulum bermutu dan relevan, Anda juga akan memiliki akses ke berbagai fasilitas pendukung yang ada di tempat kuliah. Fasilitas pendukung yang sangat penting bagi pelajar jurusan Teknik Mesin Otomotif (Teknologi Otomotif) adalah laboratorium.

Fasilitas berupa laboratorium penting bagi para pelajar karena dengan begitu Anda bisa mengeksplorasi penelitian-penelitian yang terkait dengan mesin otomotif. Anda memiliki kesempatan untuk menggunakan alat-alat laboratorium canggih dan lengkap guna mendukung akademik.

4. Kesempatan belajar di negara lain

Universitas-universitas di Singapura termasuk aktif dalam melakukan kerjasama dengan lembaga pendidikan dan industri-industri baik lokal maupun global. Salah satu bentuk jalinan kerjasama yang telah terjalin berbentuk pertukaran pelajar. 

Anda memiliki kesempatan untuk menimba ilmu di negara selain Singapura. Temukanlah keunggulan pendidikan di lebih dari satu negara. Peluang bergabung dengan jaringan profesional yang lebih luas pun bisa didapatkan.

5. Mendapatkan pengalaman kerja

Kerjasama kampus-kampus di Singapura juga terjalin dengan beberapa pihak dari kalangan industri di dunia nyata. Para pelajar akan mendapatkan kesempatan berupa penempatan kerja di industri otomotif. 

Penempatan kerja di sebuah industri biasanya berlangsung pada tahun terakhir pendidikan. Para pelajar akan mendapatkan pengalaman kerja yang bermanfaat di masa depan. Tidak menutup kemungkinan adanya peluang untuk bekerja di industri tempat magangnya setelah lulus.

6. Dukungan terhadap karir

Sebagaimana kita ketahui bahwa Singapura merupakan negara yang menuturkan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-harinya. Selain itu, negeri kota Singa ini juga memiliki latar belakang pendidikan Teknologi di bidang Otomotif yang kuat.

Kurikulum pendidikan yang diberikan kepada para peserta didiknya juga relevan dan terkini. Alasan-alasan tersebut bisa menjadi bekal bagi Anda untuk mencapai kesuksesan karir pada bidang Teknologi Otomotif.

Baca juga: 11 Negara Ini Memberi Lulusannya Kesempatan Kerja Setelah Lulus!

 

Apa Saja Mata Kuliah yang Akan Anda Pelajari pada Jurusan Teknologi Otomotif?

Selama perkuliahan, apa sajakah yang akan Anda pelajari? Pada umumnya, jurusan Teknik Mesin Otomotif akan mempelajari sistem permesinan, sistem keamanan, kontrol emisi, injeksi bahan bakar, sistem listrik, dan lainnya.

Sebaiknya Anda mengetahui daftar mata kuliah jurusan Teknologi Otomotif (Teknik Mesin Otomotif) di universitas yang menjadi pilihan Anda. Ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas.

Di bawah ini adalah contoh mata kuliah untuk program pendidikan Diploma in Engineering (Mechanical Technology) di Singapore Polytechnic, Singapura:

Tahun pertama:

  • Computer-Aided Drafting

  • Computer-Aided Drafting & Design

  • Machine Elements & Mechanisms Design

  • Statics & Dynamics

  • Mechanics of Materials & Machines

  • Engineering Materials

Tahun kedua:

  • CNC Turning Technology

  • CNC Milling Technology

  • Advanced Machining Processes

  • Engine Technology

  • Hydraulic System

  • Electrical & Control System

  • Thermofluid Systems

  • Thermofluid Power

  • Engineering Thermodynamics

Tahun ketiga:

  • Industrial Automation

  • Mechanical Assembly Process

  • Mechanics of Machine Elements

 

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Kuliah jurusan Teknologi Otomotif?

Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan program studi Teknik Mesin Otomotif tergantung pada jenjang pendidikan yang akan ditempuh. Hal ini dikarenakan setiap jenjang pendidikan memiliki cakupan keilmuan dan keterampilan yang berbeda.

Berikut ini adalah durasi kuliah berdasarkan jenjang pendidikan pada jurusan Teknologi Otomotif (Mechanical Engineering - Automotive Engineering) di Singapura:

  • Diploma : 2-2,5 tahun

  • Sarjana : 3-4 tahun

  • Magister : 2 tahun

  • Sertifikasi : 6 bulan-2 tahun

  • Short Course : 6 pekan

 

Apa Persyaratan Masuk Kuliah Teknologi Otomotif?

Persyaratan masuk kuliah bisa saja berbeda antar universitas. Perbedaan kebijakan yang satu ini juga dipengaruhi oleh faktor jenjang pendidikan. Oleh karena itu, simaklah persyaratan masuk kuliah pada jurusan ini di Singapura. 

Di bawah ini adalah contoh persyaratan masuk kuliah program pendidikan Diploma in Automation & Mechatronic Systems di Ngee Ann Polytechnic, Singapura:

  • Lulus GCE O-level

    • English Language : 1-7

    • Mathematics (Elementary/Additional) : 1-6

    • Science : 1-6

  • Indikator lain yang diakui oleh pihak universitas

Komponen lain yang penting sebagai persyaratan kuliah di Singapura  adalah Paspor dan visa pelajar Singapura yang wajib dimiliki.

 

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Kuliah Teknologi Otomotif?

lulusan jurusan teknologi otomotif

Prospek masa depan jurusan Teknologi Otomotif cukup cerah. Hal ini dikarenakan permintaan pasar akan kendaraan yang memiliki fitur istimewa dan beberapa keunggulan semakin meningkat. Ada beberapa pilihan profesi yang bisa Anda tekuni setelah lulus.

Inilah beberapa pilihan profesi yang bisa dipilih oleh lulusan Teknologi Otomotif (tergantung tingkat pendidikan dan area spesialisasi):.

  • Automotive Technologist

  • Automotive Technician

  • Automotive Engineer

  • Automotive Service Advisor

  • Auto Racing Sport Team

  • Sales Manager

  • Showroom Manager

  • Entrepreneur

  • Dan lainnya

 

Berapa Kisaran Gaji untuk Setiap Peluang Profesi Lulusan Teknologi Otomotif?

Penghasilan yang bisa didapatkan oleh lulusan Teknologi Otomotif terbilang cukup tinggi. Hal ini tidak lepas dari nilai ekonomi produk yang dihasilkan yang merupakan barang mewah. Ingin tahu, kira-kira berapa penghasilan yang bisa Anda dapatkan?

Berikut ini adalah rata-rata gaji untuk beberapa contoh profesi yang berkaitan dengan Teknologi Otomotif jika Anda bekerja di luar negeri menurut Glassdoor.

No.

Jenis Profesi

Rata-Rata Gaji

1.

Automotive Technician 

Rp56.000.000/bulan

2.

Automotive Service Advisor 

Rp45.000.000/bulan

3.

Automotive Sales 

Rp56.300.000/bulan

4.

Showroom Manager 

Rp68.800.000/bulan

 

Berapa Biaya Kuliah Teknologi Otomotif di Singapura dalam Rupiah?

Biaya pendidikan di Singapura cukup bervariasi. Ini tergantung pada jenjang pendidikan, spesialisasi jurusan, dan universitas yang Anda pilih. Besarnya biaya kuliah Teknologi Otomotif mulai dari Rp100.000.000,- hingga lebih dari Rp300.000.000,- per tahun. 

Biaya tersebut belum termasuk biaya akomodasi dan biaya hidup selama kuliah di Singapura. Untuk informasi yang tepat tentang biaya kuliah silahkan menghubungi EasyUni.

 

Karakter Seperti Apa yang Cocok Kuliah Jurusan Teknologi Otomotif?

karakter cocok teknik otomotif

Ada beberapa karakter yang perlu Anda miliki guna mendukung kelancaran akademis. Sebaiknya, pastikan Anda memiliki beberapa karakter tersebut. 

Berikut ini adalah beberapa karakter yang perlu dimiliki oleh pelajar jurusan Teknologi Otomotif:

  1. Menyukai mesin dan otomotif

  2. Mampu menganalisis

  3. Kuat dalam perencanaan dan pengawasan

  4. Mampu bekerja secara tim

  5. Kemampuan memecahkan masalah

  6. Berpikir kreatif dan kritis

  7. Pantang menyerah

  8. Menyukai hal-hal baru dan bersifat tantangan

  9. Suka belajar tiada henti

  10. Memiliki keterampilan komunikasi

 

Apa Saja Peminatan atau Spesialisasi Jurusan pada Bidang Teknologi Otomotif di Singapura?

Walaupun tidak terlalu banyak, namun program studi Teknologi Otomotif di Singapura memiliki beberapa peminatan. Sudah tahu ingin pilih spesialisasi jurusan yang mana?

Berikut adalah pemfokusan (minor) jurusan yang bisa Anda dapatkan dalam jurusan Teknologi Otomotif di Singapura:

  • Mechanical-Auto

  • Automation and Control

  • Automotive Maintenance

  • Mechatronics

  • Manufacturing

  • Transport and Logistics

  • Dan lainnya

Silahkan menghubungi EasyUni untuk berkonsultasi dengan Penasihat profesional kami agar Anda bisa mengetahui spesialisasi yang sesuai. Konsultasi ini tidak dipungut biaya lho!

 

Di mana Universitas Terbaik di Singapura untuk Kuliah Teknologi Otomotif?

Ada beberapa tempat kuliah atau lembaga pendidikan yang menawarkan program studi Automotive Technology atau Automotive Engineering di Singapura. 

Berikut ini adalah daftar universitas di Singapura untuk jurusan Teknologi Otomotif:

  1. Singapore Polytechnic

  2. Ngee Ann Polytechnic

  3. Institute of Technical Education

  4. Technische Universität München Asia (TUM Asia)

  5. Boxhill Institute


 

FAQ atau Pertanyaan Umum

1. Berapa biaya hidup di Singapura?

Biaya hidup di Singapura bervariasi yakni berkisar dimulai dari Rp7.000.000,- hingga Rp12.000.000. Dengan biaya sebesar itu sudah mencakup biaya akomodasi, utilitas (listrik dan air), transportasi, komunikasi, internet, makan, dan laundry.

2. Bagaimana cara membuat visa pelajar Singapura?

Visa pelajar bisa didapatkan setelah Anda diterima oleh universitas di Singapura. Penerimaan tersebut ditandai dengan Letter of Acceptance yang nantinya bisa digunakan untuk membuat visa pelajar Singapura.

3. Seperti apakah kehidupan di Singapura?

Kehidupan di Singapura bisa dikatakan cukup majemuk secara ras, etnis, dan agama. Namun, Anda tidak perlu cemas terkait hal tersebut. Pasalnya, ada banyak hal di Indonesia yang juga terdapat di negeri kota Singa ini. Jadi, tidak terlalu asing!

Semoga panduan kuliah Teknologi Otomotif di Singapura ini bisa membantu Anda dalam menggali informasi yang dibutuhkan. Namun, jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait kuliah di luar negeri, maka segeralah menghubungi tim EasyUni!

Advertisement

Universities with courses in Teknologi Otomotif

See more related universities

You might be interested in...

Advertisement

This website uses cookies to ensure you get the best experience. By using this site, you acknowledge that you have read and understand our Cookie Policy , Privacy Statement and Terms & Conditions .

Maximum 6 courses for comparison!

Chat on WhatsApp

Courses selected for comparison