Kuliah Jurusan Bisnis dan Manajemen di Singapura

Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai kuliah Bisnis dan Manajemen di Singapura yang perlu kamu ketahui.
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Jurusan bisnis dan manajemen merupakan salah satu pilihan untuk melanjutkan pendidikan yang makin populer dan menjanjikan saat ini. Tak heran karena mempelajari bisnis dan manajemen berarti belajar tentang banyak hal terkait tata cara usaha, pengelolaan dan pengembangan bisnis, juga pengetahuan-pengetahuan penting lain yang akan sangat berguna di dunia kerja.

Mengapa Melanjutkan Kuliah dengan Jurusan Bisnis dan Manajemen di Singapura?

Singapura memiliki banyak pilihan kampus unggulan sehingga cocok menjadi negara tujuan untuk melanjutkan kuliah, terutama untuk jurusan bisnis dan manajenem. Selain lokasi geografisnya yang cukup dekat dengan Indonesia, Singapura juga merupakan negara maju dengan kualitas pendidikan tinggi yang unggul. Untuk urusan keamanan, negara tetangga kita ini juga terkenal sebagai negara yang sangat ketat menjaga stabilitas keamanan dalam negerinya.

Meskipun biaya hidup di Singapura tergolong tinggi jika dibandingkan negara Asia lainnya, Singapura masih lebih terjangkau dibandingkan dengan negara-negara di Eropa. Dengan kualitas pendidikan yang bisa diadu dengan negara-negara Eropa, tentu Singapura layak menjadi pilihan untuk melanjutkan kuliah. Belum lagi kebijakan pemerintah Singapura yang memberikan potongan harga atau diskon khusus untuk mahasiswa untuk biaya biaya transportasi dan subsidi pendidikan yang jumlahnya cukup menggiurkan.

Kualitas pendidikan di negara ini terbukti dengan masuknya dua universitas unggulan Singapura dalam 15 besar peringkat dunia menurut “QS Best Student Cities 2017”. Tidak sedikit pula universitas-universitas si SIngapura yang bekerja sama dengan perusahaan besar berskala internasional untuk memastikan kesempatan kerja bagi lulusannya. Perusahaan-perusahaan tersebut berkomitmen untuk merekrut mahasiswa lulusan universitas tertentu, sesuai dengan kualifikasi dan kebutuhan perusahaan.

Saat tidak sibuk belajar atau mengikuti kegiatan perkuliahan, mahasiswa di Singapura bisa menikmati beragam hiburan yang tersedia di negara tersebut. Misalnya mencicipi kuliner khas yang beragam, hiburan malam yang semarak, serta berbagai lokasi wisata belanja yang bisa dipilih sesuai dengan budget. Singapura juga kerap kali menjadi lokasi acara bertaraf internasional, seperti Formula One serta konser artis-artis internasional.

Universitas dengan Jurusan Bisnis dan Manajemen Terbaik di Singapura

Menurut daftar QS World University Rankings terbaru, berikut ini merupakan universitas dengan jurusan bisnis dan manajemen terbaik di Singapura.

National University of Singapore

Universitas tertua di Singapura ini memiliki lebih dari 370 jurusan di 16 fakultas dan tiga lokasi kampus untuk program gelar sarjana, magister, dan doktoral. Jurusan bisnis dan manajemen adalah salah satu jurusan unggulan di National University of Singapore. Universitas ini menempati urutan kelima belas di peringkat dunia menurut QS World University Rankings 2018. Pada tahun sebelumnya, National University of Singapore pernah menempati posisi pertama menurut “Times Higher Education Asia University Rankings 2017”.

Pencapaian peringkat tersebut tentu tidak diraih dengan mudah. Pihak universitas menjamin kualitas pendidikan di kampus, termasuk untuk jurusan akuntasi dan keuangan. Perkuliahan di National University of Singapore berfokus pada perkembangan pendidikan individu dan mendukung kemampuan entrepreneur mahasiswanya. National University of Singapore juga memfasilitasi penuh kegiatan penelitian yang dilakukan akademisinya, sehingga menjadikan universitas ini unggul secara akademik.

Untuk mendukung kegiatan perkuliaha, National University of Singapore memiliki fasilitas penunjang yang lengkap. Salah satunya adalah perpustakaan dengan koleksi lebih dari 1,5 juta judul buku, serta gedung perkuliahan modern dan nyaman untuk belajar mahasiswanya. National University of Singapore juga memiliki program pertukaran mahasiswa luar negeri sehingga selain menempuh pendidikan di kampus tersebut, mahasiswa juga bisa merasakan pengalaman kuliah di negara lain. Selain itu, National University of Singapore sebagai kampus multikultural karena memiliki mahasiswa dan staf yang berasal dari sekitar 100 negara lain.

Nanyang Technological University

Nanyang Technological University (NTU) menempati peringkat 11 sebagai universitas terbaik dunia menurut QS Global World Ranking 2018. Sehingga tidak mengherankan jika jurusan-jurusan perkuliahan yang dimiliki universitas ini juga terkenal dengan kualitasnya. Salah satu jurusan unggulan di Nanyang Technological University adalah jurusan bisnis dan manajemen.

Sebagai universitas kelas dunia, Nanyang Technological University bekerja sama dengan perusahaan internasional terkenal seperti BMW, Rolls-Royce dan Lockheed Martin untuk memfasilitasi pengembangan diri mahasiswanya dan membuka kesempatan kerja bagi mereka setelah menyelesaikan pendidikan.

Nanyang Technological University juga memayungi beberapa institusi nasional seperti the National Institute of Education, S Rajaratnam School of International Studies, Earth Observatory of Singapore, dan Singapore Centre for Environmental Life Sciences Engineering. Selain itu, Nanyang Technological University memiliki berbagai pusat riset seperti Nanyang Environment & Water Research Institute, Energy Research Institute, dan the Institute on Asian Consumer Insight.

Kampus Nanyang Technological University tak hanya menyediakan gedung perkuliahan, namun juga tempat tinggal bagi sekitar 14.000 mahasiswanya. Di tempat itu, mahasiswa bisa bersosialisasi dan bertukar pikiran dengan mahasiswa dari mancanegara yang juga memilih berkuliah di Nanyang Technological University.

Singapore Management University

Universitas ini tergolong baru, yakni didirikan pada tahun 2000. Meskipun berusia muda, Singapore Management University sudah terkenal kualitasnya, termasuk untuk jurusan bisnis dan manajemen yang merupakan salah satu andalan perguruan tinggi tersebut. Keunggulan Singapore Management University adalah kurikulum yang mengacu pada kebutuhan dunia kerja terbaru, perkuliahan yang kolaboratif dan menggunakan pendekatan proyek dalam pembelajaran. Ukuran kelas yang erlatif kecil, memungkinkan setiap mahasiswa dapat belajar lebih efektif. Singapore Management University memiliki sekitar 9.300 mahasiswa, 1.200 diantaranya adalah mahasiswa internasional. Universitas ini mewadahi beberapa institusi, yakni Lee Kong Chian School of Business untuk jurusan bisnis, School of Accountancy untuk jurusan akuntansi, School of Economics untuk jurusan ekonomi, School of Social Sciences untuk jurusan sains, School of Information Systems untuk jurusan sistem informasi, dan School of Law untuk jurusan hukum.

Management Development Institute of Singapore

Management Development Institute of Singapore (MDIS) berdiri sejak tahun 1956 sebagai institusi profesional non profit yang memfasilitasi pembelajaran pada program akademik bisnis dan manajemen. MDIS memfasilitasi perkembangan kemampuan profesional mahasiswa dengan berkolaborasi bersama universitas-universitas ternama di Inggris, Amerika Serikat, dan Australia.

Saat ini, Management Development Institute of Singapore menjadi tempat belajar bagi kurang lebih 9.000 mahasiswa dan 2.000 diantaranya adalah mahasiswa internasional dari 30 negara yang berbeda. Institut ini pernah menerima Singapore Quality Class award sebagai Private Education Organisations (PEOs) pada tahun 2003 dan pada Agustus 2005, Management Development Institute of Singapore menerima CaseTrust Accreditation for PEOs.

Singapore Institute of Management

Institut pendidikan yang tergolong berumur ini telah berdiri sejak 1964. Singapore Institute of Management memiliki dua jurusan doktoral, 14 magister, dan lebih dari 30 jurusan untuk sarjana dan program belajar tersertifikasi. Selama lebih dari 40 tahun, Singapore Institute of Management telah berkontribusi secara signifikan sebagai pelopor organisasi pengembangan sumber daya manusia di negara tersebut. Dengan pengalamannya tersebut, tentu layak jika Singapore Institute of Management dianggap sebagai salah satu tempat melanjutkan pendidikan unggulan di Singapura, terutama untuk jurusan bisnis dan manajemen.

Biaya Pendidikan

Dana yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan tinggi pada jurusan bisnis dan manajemen di Singapura tergantung pada universitas yang dipilih. Berikut ini merupakan perkiraan rata-rata biaya pendidikan untuk program gelar sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) jurusan bisnis dan manajemen di Singapura bagi mahasiswa Indonesia.

Kualifikasi Biaya Pendidikan (SGD) Biaya Pendidikan (IDR)
S1 17.900-45.000 185 - 475 juta
S2 44.940-110.000 460 juta - 1 milyar

Akomodasi dan Kebutuhan Hidup di Singapura

Akomodasi dan kebutuhan hidup di Singapura memang tergolong tinggi dibandingkan negara Asia lainnya. Namun, biaya hidup mahasiswa dapat bervariasi sesuai kebutuhan dan gaya hidup selama tinggal di negara tersebut. Pengeluaran terbesar bagi mahasiswa tentu adalah biaya kuliah. Setelah itu diikuti dengan biaya untuk tempat tinggal dan makan sehari-hari. Rincian biaya yang dibutuhkan selama tinggal dan kuliah di Singapura bisa dilihat pada halaman https://www.easyuni.co.id/singapore.

Cara Pendaftaran

Untuk masuk ke suatu perguruan tinggi di Singapura, calon mahasiswa bisa melakukan pendaftaran secara online melalui situs resmi universitas. Caranya adalah dengan mengunduh formulir pendaftaran melalui situs resmi universitas yang dituju. Setelah diisi dan dilengkapi dengan berkas-berkas yang dipersyaratkan, pelamar bisa mengirimkan formulir pendaftaran tersebut via online. Penjelasan lebih lengkap dapat diakses di https://www.easyuni.co.id/singapore.

Persyaratan Visa

Untuk mendapatkan visa pelajar atau “Student’s Pass”, calon mahasiswa harus terlebih dulu diterima di universitas di Singapura. Semua pelajar internasional memerlukan izin tinggal tersebut, kecuali untuk pemegang “Dependent Pass” atau “Immigration Exemption Order”. Keterangan lebih lanjut tentang “Student’s Pass” dapat dilihat pada https://www.easyuni.co.id/singapore.

Kesempatan Kerja Setelah Kuliah Jurusan Bisnis dan Manajemen di Singapura

Mempelajari ilmu bisnis dan manajemen saat kuliah tentu sangat berguna untuk mengetahui berbagai hal terkait tata cara usaha, pengelolaan dan pengembangan bisnis, juga pengetahuan dan keahlian terkait ilmu pengelolaan usaha yang penting untuk menjalankan suatu perusahaan atau organisasi. Kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, mengoordinasikan, dan mengontrol sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien adalah bagian dari manajemen bisnis. Oleh sebab itu, penerapan manajemen bisnis yang tepat akan memudahkan tercapainya tujuan perusahaan.

Lulusan jurusan bisnis dan manajeman akan sangat diperlukan sebagai manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen pemasaran. Keterampilan manajemen keuangan penting untuk mengatur keuangan perusahaan agar berjalan stabil. Salah satu cara memastikannya adalah dengan mengatur pengeluaran dan memaksimalkannya untuk memperoleh keuntungan usaha. Selain itu, pencatatan keuangan yang baik juga termasuk dalam keterampilan manajemen yang penting dikuasai. Dengan pencatatan yang baik, akan mudah melakukan analisis bisnis untuk pengambilan keputusan yang lebih tepat.

Manajemen operasional bertugas untuk mendapatkan keterampilan pengorganisasian kegiatan operasional agar berjalan sesuai rencana. Operasional perusahaan juga harus dipastikan agar sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Unsur penting dalam kesuksesan usaha yang juga harus dimanajemeni dengan baik adalah sumber daya manusia. Sebagai pemegang kontrol dalam berbagai kegiatan perusahaan, unsur manusia harus ditangani secara profesional agar bisa saling bekerja sama dengan baik agar tujuan perusahaan tercapai.

Selanjutnya adalah manajemen pemasaran yang penting untuk memastikan produk bisa sukses di pasaran. Kesuksesan suatu produk akan sangat bergantung pada promosi dan inovasi dari personel pemasaran. Oleh sebab itu, manajemen pemasaran penting untuk merumuskan strategi yang paling efektif untuk mencapai target pencapaian perusahaan.

Tak hanya mempersiapkan lulusannya untuk bergabung dengan perusahaan-perusahaan sebagai karyawan, perkuliahan bisnis dan manajemen juga mengajarkan seseorang untuk memulai usahanya sendiri. Lulusan ilmu bisnis dan manajemen akan dibekali dengan kemampuan memimpin dan mengorganisasikan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan membangun bisnis.

Ada banyak universitas atau perguruan tinggi di Singapura yang siap mencetak lulusan terbaik di bidang bisnis dan manajemen. Kebanyakan perguruan tinggi di Singapura yang menyediakan perkuliahan untuk jurusan ilmu bisnis dan manajemen, memfasilitasi mahasiswanya dengan dosen berkualifikasi minimal doktor dalam bidang terkait. Selain memberikan perkuliahan teori, universitas-universitas di Singapura juga memfasilitasi penelitian mahasiswa dengan fasilitas yang lengkap. Mahasiswa juga diberi kesempatan untuk berpartisipasi untuk program pertukaran mahasiswa untuk memperluas pengalaman dan jaringan.

Selain fasilitas yang memadai, lingkungan akademik Singapura diisi dengan orang-orang dari berbagai kultur dan latar belakang budaya yang berbeda-beda. Dengan lingkungan yang memiliki kultur beragam, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar yang kaya. Pengalaman menghadapi orang-orang dengan latar belakang budaya yang berbeda juga akan membantu mahasiswa kelak saat bekerja di perusahaan multinasional atau mengembangkan bisnis ke berbagai negara. Tak heran jika lulusan perguruan tinggi dari program gelar sarjana untuk ilmu bisnis dan manajemen di Singapura banyak diperhitungkan di kancah internasional.

You might be interested in...