Kuliah Jurusan Kewirausahaan di Luar Negeri

Bukan rahasia lagi jika banyak anak yang saat ini memilih menjadi pengusaha ketimbang bekerja di kantor.
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Mulai dari membuka usaha sederhana secara online hingga mendirikan perusahaan yang mempekerjakan sejumlah karyawan.

Terlebih lagi dengan perkembangan ekonomi dan juga teknologi, berbagai model bisnis baru terus bermunculan yang menjadi prospek bisnis menarik di masa depan.

Jika Anda tertarik untuk membuat usaha sendiri dan mengembangkannya, kuliah di jurusan kewirausahaan merupakan pilihan tepat.

Hal ini karena di jurusan ini Anda akan belajar banyak hal seputar ekonomi, bisnis, pendanaan, marketing dan hal-hal lain yang berhubungan dengan bisnis.

kuliah jurusan kewirausahaan
Sumber: Pexels

Lulusan jurusan kewirausahaan juga memiliki prospek kerja yang cerah di masa depan, meski tak menjadi pengusaha.

Jadi tak heran jika semakin banyak calon mahasiswa yang memilih kuliah kewirausahaan.

Banyak pula mahasiswa asal Indonesia yang memilih untuk kuliah kewirausahaan di luar negeri. Mengapa? Cari tahu alasannya di bawah ini!

Apa itu Jurusan Kewirausahaan?

Secara umum, jurusan kewirausahaan akan mengajarkan mahasiswa tentang cara mengidentifikasi ide bisnis, konsep hingga strategi untuk mendirikan maupun mengembangkan sebuah usaha maupun bisnis. Dalam jurusan ini mahasiswa akan belajar:

  1. Bagaimana mengelola sebuah bisnis/usaha, berinovasi untuk mengembangkan bisnis,

  2. Mengembangkan kreativitas saat memilih jenis usaha maupun saat menjalankan usaha,

  3. Menemukan hingga menjalankan sebuah bisnis baru hingga menemukan strategi pengembangan usaha terbaik.

Jurusan yang satu ini biasanya melahirkan lulusan yang tak hanya menguasai model bisnis, tetapi juga mampu menemukan ide, merancang hingga menjalankan dan mengembangkan sebuah bisnis baru.

Tak melulu harus menjadi pengusaha, namun ilmu yang dipelajari di jurusan ini bisa diaplikasikan di bidang lainnya.

Menjadi entrepreneur atau pengusaha merupakan pekerjaan mulia karena selain mampu membuka lapangan kerja, tetapi juga membantu menggerakkan roda perekonomian negara.

Peluang sukses menjadi seorang wirausaha juga semakin terbuka lebar di masa depan seiring dengan perkembangan zaman dan juga tren bisnis.

Tak heran jika banyak calon mahasiswa melirik jurusan yang satu ini saat memilih kuliah ke luar negeri.

Mata Kuliah yang Akan Dipelajari di Jurusan Kewirausahaan?

Setiap universitas yang menawarkan perkuliahan di bidang kewirausahaan tentu memiliki kurikulum masing-masing, apalagi jika Anda memilih kuliah kewirausahaan di luar negeri.

Beda negara, bisa jadi memiliki fokus pengembangan bisnis yang berbeda sehingga juga berpengaruh pada mata kuliah yang akan dipelajari mahasiswa.

Namun umumnya jurusan kewirausahaan akan mempelajari hal yang sama.

Sebagai referensi, mata kuliah yang akan dipelajari jika Anda mengambil kuliah jurusan arsitektur adalah sebagai berikut.

  • Teori Ekonomi Dasar

  • Ilmu Dasar Kewirausahaan

  • Akuntansi

  • Ekonomi Makro

  • Ekonomi Mikro

  • Akuntansi Bisnis

  • Manajemen Dasar

  • Model Bisnis

  • Sistem Informasi Bisnis

  • Bisnis Internasional

  • Manajemen Sumber Daya Manusia

  • Kewirausahaan

  • Pengelolaan Inovasi

  • Manajemen Organisasi

  • Kreativitas dan Inovasi

  • Perencanaan Bisnis Wirausaha

  • Perancangan Organisasi

  • Analisis Bisnis

  • Manajemen Pemasaran

  • Perpajakan

  • Advertising

  • Branding

  • Komunikasi Bisnis

  • Perilaku Konsumen

  • Investasi dan Pendanaan

  • Pengembangan Bisnis

  • Hukum Bisnis

  • Manajemen Operasi

  • Online Marketing

  • Venture Capital

Spesialisasi Jurusan Kewirausahaan

Di beberapa universitas di luar negeri tersedia pilihan spesialisasi jurusan kewirausahaan yang bisa dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan minat dan karir yang diinginkan.

Hal ini karena jurusan kewirausahaan memiliki cakupan yang luas dan berhubungan dengan banyak model bisnis.

Bagi Anda yang kuliah kewirausahaan di luar negeri, tergantung universitas mana yang Anda pilih, ada beberapa spesialisasi di jurusan kewirausahaan yang bisa dipilih.

1. Start-up

Saat ini, pertumbuhan start-up begitu pesat. Perusahaan yang identik dengan digital ini tak hanya terus bermunculan di seluruh dunia, tetapi juga di Indonesia.

Hal ini memunculkan spesialisasi kewirausahaan yang satu ini. Spesialisasi ini dikhususkan bagi mahasiswa yang tertarik mendirikan start-up atau ingin mengenal lebih jauh soal start-up saat lulus kuliah nantinya.

2. Venture Enterprise

Spesialisasi yang satu ini berhubungan dengan funding atau mencari pembiayaan untuk memulai atau mengembangkan sebuah usaha / start-up.

Funding melalui investor maupun perusahaan venture  capitalist tentu menjadi hal penting untuk mendirikan dan mengembangkan sebuah usaha, sehingga muncullah spesialisasi yang khusus di bidang ini.

3. Digital Innovation

Perkembangan teknologi dan juga dunia digital tentu berpengaruh pada bisnis secara keseluruhan. Spesialisasi yang satu ini akan berfokus pada pengembangan inovasi dalam produk / jasa yang ditawarkan, pencarian ide bisnis, menemukan peluang hingga pengembangan bisnis melalui inovasi-inovasi yang sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan konsumen dalam ranah digital.

Mengapa Pilih Kuliah Kewirausahaan di Luar Negeri?

Bagi Anda yang sedang memilih jurusan untuk melanjutkan studi ke luar negeri, kuliah di jurusan kewirausahaan bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan menjadi seorang pengusaha handal.

Tanpa merendahkan kualitas universitas dalam negeri, berikut 5 alasan yang sering jadi alasan mengapa banyak pelajar yang memilih melanjutkan studi ke luar negeri.

1. Kualitas Pendidikan

Bukan rahasia lagi jika universitas di luar negeri memiliki standar pendidikan terbaik.

Hal ini semakin sempurna dengan dukungan berbagai fasilitas lengkap, seperti laboratorium lengkap untuk praktek dilengkapi peralatan canggih.

Hal ini tentu akan semakin membantu mahasiswa untuk belajar dengan baik dan lebih siap bekerja ketika lulus kuliah.

 

kuliah jurusan kewirausahaan

Sumber: Pexels

2. Fasilitas Lengkap

Universitas luar negeri biasanya memiliki fasilitas lengkap untuk mendukung kebutuhan para mahasiswa.

Misalnya untuk jurusan kewirausahaan tersedia berbagai seminar hingga training yang berhubungan dengan kewirausahaan.

3. Kesempatan Magang & Pertukaran Mahasiswa

Universitas di luar negeri biasanya menjalin kerjasama dengan universitas-universitas di negara lain untuk saling bertukar mahasiswa hingga magang di perusahaan asing.

Selain memberi pengalaman kerja dan menambah soft skill, magang juga memungkinkan mahasiswa memiliki koneksi profesional yang berguna saat mencari pekerjaan nantinya.

4. Penggunaan Teknologi & Tren Bisnis Terkini

Bidang kewirausahaan juga harus melek teknologi terbaru dan tren bisnis yang sedang populer saat ini untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Apalagi dengan semakin berkembangnya ekonomi digital dunia yang begitu kompetitif.

Dengan belajar di luar negeri, mahasiswa akan selalu update terhadap penggunaan teknologi maupun tren bisnis yang populer, sehingga dapat menciptakan sendiri model bisnis yang sejalan dengan perkembangan jaman.

5. Banyak Lapangan Kerja

Selain mendirikan sendiri perusahaan setelah lulus kuliah, lulusan kewirausahaan juga memiliki banyak peluang kerja. Dengan kemampuan yang baik di bidang bisnis, manajerial dan keuangan, tentu ada banyak pekerjaan yang bisa ditekuni lulusan ini.

Negara Terpopuler Pelajar Indonesia untuk Kuliah Kewirausahaan

Untuk pelajar Indonesia yang memiliki rencana melanjutkan kuliah jurusan kewirausahaan di luar negeri, baik untuk jenjang S1 hingga S3, ada negara-negara populer yang jadi tujuan pelajar Indonesia lho!

Negara-negara berikut ini banyak dijadikan tujuan kuliah jurusan kewirausahaan karena menawarkan kurikulum terbaik berorientasi karir, kesempatan mengembangkan bisnis sendiri serta sertifikasi internasional.

Berikut adalah informasi tentang negara terpopuler tujuan pelajar Indonesia yang kuliah ke luar negeri dan mengambil jurusan kewirausahaan beserta universitas favoritnya.

1. Amerika Serikat

Bukan rahasia lagi jika Amerika Serikat menjadi salah satu negara favorit mahasiswa asal Indonesia untuk melanjutkan pendidikan dan tidak terkecuali bagi yang ingin mengambil jurusan bisnis maupun kewirausahaan.

Amerika memiliki banyak sekali universitas terbaik di bidang bisnis yang menjadi incaran mahasiswa di seluruh dunia.

Sebut saja Harvard University, MIT, University of Pennsylvania, Stanford University, Yale University dan lainnya.

2. Inggris

Inggris juga menjadi salah satu negara terbaik untuk belajar bisnis dan juga kewirausahaan.

Negara Eropa yang satu ini selain memiliki kurikulum terbaik, tetapi juga universitas-universitas terbaik yang sudah memiliki reputasi global dalam menghasilkan lulusan yang sukses dalam bidang bisnis.

Sebut saja ada London Business School yang menempati urutan ketiga universitas terbaik dunia untuk jurusan bisnis versi QS World University Rankings 2019.

Ada juga University of Cambridge, University of Oxford dan masih banyak lainnya.

kuliah jurusan kewirausahaan di inggris

3. Jepang

Sebagai salah satu negara maju di kawasan Asia yang menjadi salah satu pusat inovasi teknologi dunia, Jepang juga menjadi negara populer tujuan kuliah bagi mahasiswa asal Indonesia.

Memang bukan rahasia lagi jika Jepang memiliki sistem pendidikan terbaik serta universitas-universitas yang menawarkan pendidikan terbaik untuk bisnis dan kewirausahaan.

Sebut saja ada Hitotsubashi University, The University of Tokyo, Waseda University, Kyoto university, Osaka University dan sebagainya.

4. Korea Selatan

Negara yang satu ini juga menjadi negara favorit pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan tinggi dengan mengambil jurusan kewirausahaan lho!

Sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi dan perkembangan teknologi yang modern, Korea Selatan menawarkan banyak potensi bagi Anda yang tertarik mempelajari perkembangan teknologi dan inovasi bisnis.

Universitas di Korea Selatan pun banyak yang menawarkan perkuliahan di jurusan bisnis dan manajemen yang berhubungan dengan kewirausahaan ada banyak, seperti misalnya Seoul National University, Korea University, Sungkyunkwan University (SKKU) dan KAIST (Korea Advanced Institute of Science & Technology).

5. Singapura

Terletak tak jauh dari Indonesia, Singapura juga merupakan salah satu negara favorit pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan.

Negara yang satu ini dikenal memiliki sistem pendidikan terbaik di Asia yang dapat menghasilkan lulusan terbaik sesuai jurusan yang dipilih.

Khusus untuk jurusan bisnis dan kewirausahaan, universitas terbaik di Singapura semuanya masuk dalam list top universitas di dunia di jurusan bisnis versi QS World University Rankings 2019.

Universitas-universitas tersebut adalah National University of Singapore (NUS), Singapore Management University dan Nanyang Technological University, Singapore (NTU)

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Kewirausahaan

Seperti yang sudah disebutkan di bagian atas, peluang kerja bagi lulusan kewirausahaan terbuka lebar di masa depan mengingat tidak banyak orang yang berani menjadi pengusaha setelah menyelesaikan studinya.

Beberapa contoh pekerjaan yang bisa ditekuni oleh lulusan kewirausahaan di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Entrepreneur/Pengusaha

  • Konsultan Bisnis

  • Co-Founder Start-up

  • Venture Capitalist

  • Manajer Operasional

  • Sales & Marketing

  • Investor

  • Analis Investasi

  • Analis Pemasaran

  • Analis Kredit

  • Analis Pasar & Konsumen

  • Dan lain sebagainya

Universitas Terbaik untuk Kuliah Kewirausahaan di Luar Negeri

Memiliki rencana kuliah kewirausahaan di luar negeri untuk jenjang S1 hingga S3? Ada baiknya pilihlah universitas terbaik dunia untuk kesempatan belajar dan berkarir yang lebih baik di masa depan.

Dilansir dari QS World University Rankings 2019 berikut ini adalah top 10 universitas terbaik di dunia untuk fakultas bisnis dan manajemen yang menjadi ‘induk’ dari jurusan kewirausahaan yang patut Anda ketahui.

1. Harvard University

2. INSEAD

3. London Business School

4. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

5. University of Pennsylvania

6. Stanford University

7. University of Cambridge

8. London School of Economics and Political Science (LSE)

9. Bocconi University

10.  University of Oxford

Sementara itu, dari website yang sama, berikut top 10 universitas terbaik di Asia untuk jurusan bisnis dan manajemen yang berhubungan dengan kewirausahaan di tahun 2019.

1. National University of Singapore (NUS)

2. The Hong Kong University of Science and Technology

3. Nanyang Technological University, Singapore (NTU)

4. The University of Hong Kong

5. Peking University

6. Seoul National University

7. Tsinghua University

8. Singapore Management University

9. The Chinese University of Hong Kong (CUHK)

10.  Shanghai Jiao Tong University


Sudah siap untuk kuliah kewirausahaan di luar negeri? Mulai rencanakan studi ke luar negeri dari sekarang dan jangan ragu untuk menghubungi EasyUni jika Anda memiliki pertanyaan atau butuh referensi lebih banyak mengenai jurusan ini.