Kuliah Kesehatan dan Kedokteran di Singapura

Kualitas manajemen kesehatan di Singapura yang menjadi rujukan Internasional membuat kuliah kesehatan dan kedokteran di Singapura semakin diincar!
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

spesialisasi di ilmu kedokteran dan kesehatan
Sumber: Pixabay.com

Berminat kuliah di bidang kesehatan dan kedokteran? Anda termasuk orang yang ingin mendedikasikan diri pada bidang kesehatan dan kedokteran?

Anda bisa memilih kuliah kesehatan dan kedokteran di Singapura. Hal ini dikarenakan Singapura memiliki mutu pelayanan dan sumberdaya di bidang kesehatan yang telah diakui oleh dunia.

Panduan ini berisi informasi bermanfaat yang akan membantu Anda untuk mengetahui beberapa hal penting sebelum memutuskan kuliah kesehatan dan kedokteran di Singapura.

Beberapa informasi yang disajikan seperti alasan kuliah di Singapura pada jurusan kesehatan dan kedokteran, karakter yang perlu dimiliki, jenjang pendidikan yang tersedia, spesialisasi jurusan, daftar mata kuliah, prospek kerja, peluang profesi, persyaratan kuliah, biaya kuliah, dan institusi kuliah terbaik di Singapura pada jurusan ini.

Apa itu ilmu kesehatan dan kedokteran?

Ilmu kesehatan dan kedokteran adalah ilmu yang mempelajari hal-hal yang memiliki kaitan erat dengan kesehatan manusia ataupun hewan. Baik ilmu kesehatan maupun ilmu kedokteran, keduanya termasuk ke dalam ilmu terapan yang sangat terkait dengan ilmu murni biologi dan kimia.

Tujuan dari adanya ilmu kesehatan dan kedokteran adalah untuk memberikan solusi atas berbagai masalah kesehatan manusia ataupun hewan.

Meskipun memiliki persamaan, sebenarnya ada perbedaan di antara ilmu kesehatan dan kedokteran.

Perbedaannya adalah ilmu kesehatan memiliki fokus pada hal-hal tentang bagaimana cara menjaga dan meningkatkan kesehatan. Sementara, fokus ilmu kedokteran adalah mencari tahu masalah medis yang sedang dialami oleh seseorang (diagnosa) dan memberikan rekomendasi cara untuk mengobatinya baik berupa saran medis, resep obat, tindakan medis, dan sebagainya.

Mengapa kuliah kesehatan dan kedokteran di Singapura?

Singapura adalah negara tetangga yang memang layak untuk dijadikan destinasi kuliah bidang kesehatan dan kedokteran.

Tak hanya pelajar asal Indonesia namun para pelajar Internasional dari mancanegara pun juga tertarik untuk memilih kuliah kesehatan dan kedokteran di Singapura dengan alasan sebagai berikut:

1. Bisa memberikan manfaat besar

Tak pelak bahwa kuliah di bidang kesehatan dan kedokteran memberikan manfaat yang cukup besar bagi kesehatan manusia. Manfaat ini bahkan juga erat hubungannya dengan keselamatan nyawa orang banyak.

2. Memiliki institusi kuliah yang bagus tingkat sedunia

Singapura memiliki institusi kuliah terbaik dan masuk ke dalam 30 besar menurut peringkat dari World University Rankings. Institusi kuliah di Singapura ini secara khusus telah menyediakan beberapa kampus terpisah untuk program pendidikan bidang kesehatan dan kedokteran.

Kampus-kampus kesehatan dan kedokteran di Singapura memiliki lingkungan belajar yang kritis dan menarik sehingga para pelajar bisa menggali ilmu secara mendalam.

Kampus-kampus atau sekolah-sekolah kesehatan dan kedokteran yang terpisah ini memiliki visi dan misi masing-masing. Hal ini membuat kampus bidang kesehatan dan kedokteran di Singapura memiliki fokus tertentu sehingga para pelajar bisa mendapatkan ilmu dan keterampilan yang mendalam.

Selain itu, para pengajar berkualitas juga turut melengkapi mutu pendidikan kesehatan dan kedokteran di Singapura.

3. Mendapatkan bekal ilmu dan keterampilan yang sangat baik

Banyak universitas di Singapura yang berdedikasi untuk memberikan bekal yang sangat baik kepada semua pelajarnya. Institusi menitik beratkan penanganan pasien, dan tak hanya penyakitnya.

Standar profesionalisme yang tinggi juga akan dimiliki oleh para pelajar. Para pelajar akan menguasai teori dan praktik yang terpadu dan terkini.

Tidak hanya ilmu dan keterampilan terkait medis saja, universitas di Singapura juga akan memberikan bekal di luar akademis seperti keterampilan berkomunikasi yang efektif kepada pasien dan keluarga pasien. Ini merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap tenaga medis dan kesehatan di mana pun berada.

Selain itu, Anda juga akan ditempa untuk memiliki kepedulian dan integritas yang tinggi saat menjalani tugas di bidang kesehatan dan kedokteran.

4. Memberikan dukungan berupa pelatihan-pelatihan berkualitas

Ternyata, Singapura tidak merasa cukup dengan hanya memberikan pendidikan dalam kelas yang berkualitas tinggi kepada para pelajarnya yang kuliah di bidang kesehatan dan kedokteran. Ini terlihat dari adanya berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak universitas di luar jam kuliah.

Berbagai pelatihan akan didapatkan oleh para pelajar jurusan kesehatan dan kedokteran dalam rangka meningkatkan kemampuan secara praktikal.

5. Banyak menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga terkait

Para pelajar yang kuliah kesehatan dan kedokteran di Singapura akan mendapatkan banyak manfaat melalui hubungan kerjasama antara universitas dengan berbagai lembaga terkait.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh para pelajar di antaranya adalah bisa berada di dalam jaringan para profesional, kesempatan ikut program magang atau pertukaran pelajar, peluang turut serta dalam penelitian mutakhir, dan lainnya.

6. Peluang memiliki karir bidang kesehatan dan kedokteran tingkat Internasional

Kuliah jurusan kesehatan dan kedokteran di Singapura bisa mewujudkan impian para pelajar yang ingin berkarir secara global. Hal ini dikarenakan mutu pendidikan kesehatan dan kedokteran di Singapura telah diakui keunggulannya oleh dunia. Jadi, jika Anda juga termasuk orang yang memiliki impian ini maka impian Anda bisa terwujud.

Inilah alasan kuat mengapa kuliah kesehatan dan kedokteran di Singapura adalah keputusan yang bagus.

Karakter seperti apa yang perlu dimiliki jika ingin kuliah Kesehatan dan Kedokteran?

Para pelajar yang ingin kuliah pada bidang kesehatan dan kedokteran di Singapura sebaiknya mengetahui bahwa ada beberapa karakter penting yang perlu dimiliki. Jadi, pastikan apakah Anda memiliki beberapa karakter ini karena penting demi kelancaran dan prestasi akademis Anda kelak.

Berikut ini adalah beberapa karakter penting yang perlu dimiliki oleh para pelajar bidang kesehatan dan keuangan:

  • suka pelajaran Biologi dan Kimia

  • menguasai pelajaran Biologi dan Kimia dengan baik

  • mampu menghafal

  • memiliki kecermatan dan ketelitian terhadap detail

  • berdedikasi dan punya rasa tanggung jawab penuh

  • menjunjung tinggi profesionalisme

  • memiliki kesabaran dan kepedulian yang tinggi

Apa saja jenjang program pendidikan yang tersedia pada jurusan Kesehatan dan Kedokteran?

Program pendidikan bidang kesehatan dan kedokteran di Singapura menyediakan berbagai jenjang pendidikan. Mulai dari diploma hingga program doktor pada jurusan kesehatan dan kedokteran tersedia di universitas-universitas Singapura.

Berikut ini adalah beberapa jenjang program pendidikan jurusan Kesehatan dan Kedokteran di Singapura:

  • Diploma

  • Advanced Diploma

  • Sarjana (S1)

  • Magister (S2)

  • Doktoral (S3)

  • Dan lainnya

Apa saja spesialisasi jurusan atau peminatan yang ada pada bidang Kesehatan dan Kedokteran di Singapura?

Bidang Kesehatan dan Kedokteran merupakan bidang yang memiliki spesialisasi jurusan atau peminatan yang sangat beragam. Kabar gembiranya, Singapura menawarkan semua spesialisasi jurusan pada bidang ini. Jadi, Anda memiliki pilihan spesialisasi jurusan Kesehatan dan Kedokteran yang cukup komplit jika memilih kuliah di Singapura.

Berikut ini adalah beberapa contoh jurusan ilmu kesehatan di Singapura:

  • Keperawatan

  • Kebidanan

  • Nutrisi/ Gizi

  • Psikologi

  • Kesehatan Masyarakat

  • Manajemen Kesehatan

  • Bimbingan and Konseling

  • Dan lainnya

Berikut ini adalah beberapa contoh jurusan ilmu kedokteran Singapura:

  • Kedokteran

  • Bedah Gigi

  • Pengobatan Tradisional Cina

  • Kedokteran dan Ilmu Bedah

  • Farmasi

  • Fisioterapis

  • Radiografis

  • Dan lainnya

Silahkan menghubungi EasyUni untuk berkonsultasi dengan Penasihat profesional kami agar Anda bisa mengetahui spesialisasi yang sesuai. Konsultasi ini tidak dipungut biaya lho!

Apa saja daftar mata kuliah pada jurusan Kesehatan dan Kedokteran?

apa yang ditempuh dalam bidang pembelajaran kedokteran
Sumber: Pixabay.com

Apa saja sih yang akan dipelajari saat kuliah nanti?

Sebagai calon pelajar jurusan Kesehatan dan Kedokteran maka Anda perlu mengetahui daftar mata kuliah dari spesialisasi jurusan yang hendak dipilih.

Tentukan pula universitas yang menjadi impian Anda karena biaya kemungkinan spesialisasi jurusan yang sama memiliki perbedaan daftar mata kuliah di universitas yang berbeda.

Dapat dirangkum bahwa sistem perkuliahan di Singapura mengajarkan pengenalan di awal tahunnya dan siswa akan diperkenankan untuk mengambil program studi elektif (pilihan) dimulai di tahun ke-3 hingga selanjutnya.

Di bawah ini adalah beberapa contoh mata kuliah program sarjana spesialisasi jurusan Medicine and Bachelor of Surgery (MBBS) di National University of Singapore:

Tahun Pertama

Introduction to Health & Disease

Foundations of Human Biology: The Cell

Endocrine & Reproduction Systems

Neuroscience with Head & Neck

Tahun Kedua

Genetics and Genomics

Cancer Biology

Diagnostic Radiology

Neuroscience & Musculoskeletal

Foundations in Geriatric Medicine

Clinical Skills Foundation Programme

Tahun Ketiga

Family Medicine

Medicine

Orthopaedic Surgery

Paediatrics

Surgery

Electives

Tahun Keempat

Acute Care comprising Anaesthesia and Emergency Medicine

Obstetrics and Gynaecology

Psychological Medicine

Forensic Medicine

Electives

Tahun Kelima

Internship programme

Electives

Untuk selengkapnya, Anda bisa melihatnya di sini.

Bagaimana prospek kerja lulusan kuliah Kesehatan dan Kedokteran yang telah lulus dari kampus-kampus Singapura?

Kesadaran yang kini semakin tinggi terhadap kesehatan membuat lulusan kuliah bidang Kesehatan dan Kedokteran banyak dicari. Terlebih lagi, jika Anda menuntaskan kuliah Kesehatan dan Kedokteran di Singapura.

Tentunya, lembaga kesehatan baik instansi pemerintah maupun perusahaan akan langsung tertarik untuk merekrut Anda. Tak terbatas dengan lingkup kedokteran, Anda juga bisa mempertimbangkan prospek karir dalam bidang sebagai berikut:

  • Nutrisi

  • Farmasi

  • Keperawatan

  • Kebidanan

  • Psikologi

  • Kesehatan Masyarakat

  • Health Care

  • Bimbangan and Konseling

  • Dan lainnya

Berikut ini adalah beberapa contoh jurusan ilmu kedokteran di luar negeri:

  • Kedokteran

  • Pengobatan Tradisional Cina

  • Kedokteran dan Ilmu Bedah

  • Bedah Gigi

  • Fisioterapis

  • Radiografis

  • Dan lainnya

Apa saja peluang profesi bagi lulusan kuliah Kesehatan dan Kedokteran?

profesi yang bisa diambil di bidang kesehatan dan kedokteran
Sumber: Pexels.com

Ada banyak peluang kerja yang tersedia bagi para lulusan kuliah Kesehatan dan Kedokteran. Kesehatan adalah salah satu aspek kehidupan yang memiliki cakupan luas. Hal ini pun berdampak pada kebutuhan profesi yang beragam.

Selain itu, kesehatan juga menjadi kebutuhan semua bangsa. Jadi, tidak hanya di dalam negeri atau di Singapura, Anda bisa mengisi beberapa peluang profesi di berbagai negara sesuai spesialisasi jurusan Anda.

Berikut ini adalah beberapa contoh peluang profesi bagi lulusan kuliah ilmu kedokteran dan kesehatan Singapura:

  • Dokter (umum atau spesialis)

  • Dokter hewan

  • Dokter gigi

  • Ahli gizi

  • Apoteker

  • Perawat

  • Bidan

  • Radiografer

  • Konselor kesehatan

  • Pakar psikologi

  • Peneliti

  • Dan lainnya

Apa persyaratan kuliah jurusan Kesehatan dan Kedokteran di Singapura?

Ada sebuah aturan yang harus Anda penuhi di mana pun Anda ingin mendaftar kuliah. Aturan tersebut adalah persyaratan kuliah. Semua universitas memiliki daftar persyaratan kuliah bagi semua calon pelajarnya. Persyaratan kuliah ini memang berbeda tergantung pada spesialisasi jurusan yang hendak diambil, asal negara, karakteristik jalur masuk, dan universitas yang dipilih.

Sebagai gambaran, Anda bisa melihat contoh persyaratan kuliah jurusan Keperawatan di Curtin University, Singapura di bawah ini:

  • Lulusan Diploma 3 jurusan Keperawatan yang telah diakui oleh Curtin

  • IELTS dengan nilai Overall Band: 7.0

Berapa besar biaya kuliah Kesehatan dan Kedokteran di Singapura?

Biaya kuliah bidang Kesehatan dan Kedokteran di Singapura tidak bisa dipukul rata. Hal ini disebabkan biaya pendidikan Kesehatan dan Kedokteran di Singapura memiliki rentang yang cukup jauh. Biaya kuliah jurusan kesehatan dan kedokteran di Singapura memiliki kisaran antara Rp 185.000.000,- hingga Rp 800.000.000,- per tahun. Ini tergantung pada spesialisasi jurusan dan universitas yang Anda pilih. Lokasi universitas dan jenis universitas (negeri dan swasta) juga bisa memengaruhi biaya kuliah.

Untuk informasi yang tepat tentang biaya kuliah silahkan menghubungi EasyUni.

Di mana universitas terbaik di Singapura untuk kuliah jurusan Kesehatan dan Kedokteran?

Tentunya, dengan mudah Anda bisa menemukan beberapa institusi kuliah terbaik di Singapura untuk jurusan Kesehatan dan Kedokteran. Ini dikarenakan dedikasi Singapura terhadap standar layanan kesehatan yang tinggi. Dampak positifnya, mutu pendidikan bidang Kesehatan dan Kedokteran di Singapura didorong untuk mencapai kualitas yang sangat baik sehingga banyak melahirkan tempat kuliah yang bermutu tinggi di bidang ini.

Berikut ini adalah beberapa institusi kuliah jurusan Kesehatan dan Kedokteran di Singapura:

No

Nama Universitas

Jenis Universitas

1

National University of Singapore

Negeri

2

Nanyang Technological University

Negeri

3

Saw Swee Hock School of Public Health

Negeri

4

Duke-NUS Medical School

Negeri

5

Curtin University Singapore

Swasta

6

Management Development Institute of Singapore (School of Health & Life Sciences)

Swasta

7

Kaplan

Swasta


Apakah Anda merasa terbantu dengan panduan ini dan menjadi semakin tertarik untuk memilih kuliah Kesehatan dan Kedokteran di Singapura? Jika Anda ingin berkonsultasi lebih jauh mengenai kuliah di luar negeri, jangan ragu untuk menghubungi EasyUni ya!

You might be interested in...