Kuliah Kesehatan dan Kedokteran di Luar Negeri

Banyak orang yang menyadari pentingnya kesehatan membuat ilmu kesehatan dan kedokteran semakin banyak dibutuhkan!
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Apakah Anda seorang pelajar yang mempunyai cita-cita menjadi dokter atau profesi lainnya di bidang kesehatan dan kedokteran?  Jika iya, pastinya kamu harus ambil jurusan di bidang kedokteran setelah jenjang SMA. Sering kali, tes masuk kuliah pada bidang ini di dalam negeri begitu sarat akan persaingan. Anda bisa mempertimbangkan untuk kuliah kesehatan dan kedokteran di luar negeri sebagai alternatif yang pas.

Tidak hanya rendah kompetisi, kuliah di luar negeri pada bidang ini juga bisa membuat Anda memiliki beberapa keunggulan dalam hal bahasa dan teknologi. Baca terus panduan kuliah kesehatan dan kedokteran di luar negeri ini untuk mendapatkan beberapa hal penting untuk Anda ketahui sebelum memulai perkuliahan.

yang dipelajari di jurusan kedokteran dan kesehatan
Sumber: Negarra Kudumu

Apa itu ilmu kesehatan dan kedokteran?

Ilmu kesehatan dan kedokteran adalah ilmu-ilmu yang mempelajari segala hal yang berkaitan dengan kesehatan manusia dan hewan. Sebenarnya memang ada sedikit perbedaan antara ilmu kesehatan dan ilmu kedokteran meskipun keduanya termasuk ilmu terapan. Inilah mengapa ada program studi yang masuk ilmu kesehatan dan program studi lainnya masuk ilmu kedokteran. Ilmu kesehatan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara menjaga kesehatan, cara mencegah sakit, dan cara mengobatinya.

Jika menilik dari pengertian ilmu kesehatan, maka ilmu kedokteran adalah bagian dari ilmu kesehatan yang mempelajari tentang penyakit dan cara mengobatinya. Oleh karena itu Anda akan melihat bahwa jurusan-jurusan yang termasuk ilmu kedokteran sangat berkaitan dengan penyakit dan pengobatannya dan jurusan-jurusan yang termasuk ilmu kesehatan terkait dengan pencegahan penyakit dan pemeliharaan kesehatan seperti ilmu gizi.

Mengapa kuliah kesehatan dan kedokteran di luar negeri?

alasan memilih jurusan kesehatan dan kedokteran

Tidak terbatas hanya di dalam negeri, Anda dan pelajar yang lain juga memiliki opsi untuk kuliah kesehatan dan kedokteran di luar negeri. Banyak pelajar asal Indonesia yang memilih melanjutkan pendidikan tingkat sarjana atau magister pada bidang ilmu kesehatan dan kedokteran di luar negeri. Hal ini dilatarbelakangi oleh beberapa alasan yang sebaiknya Anda perlu ketahui juga. Simaklah beberapa alasan mengapa memilih program studi kesehatan dan kedokteran di luar negeri melalui penjelasan di bawah ini!

Di bawah ini adalah beberapa alasan memilih kuliah kesehatan dan kedokteran di luar negeri:

1. Bidang yang dihormati dan disegani

Tidak bisa dipungkiri bahwa ilmu kesehatan dan kedokteran merupakan bidang yang cukup dihormati dan disegani oleh masyarakat. Orang-orang yang bergelut di bidang kedokteran dan kesehatan adalah orang-orang yang terpandang dan memiliki status sosial tertentu setelah kelulusannya. Sejak zaman dahulu, profesi ahli kesehatan dan kedokteran menjadi profesi yang bermanfaat bagi banyak orang. Terlebih lagi, ini sangat berkaitan dengan penyakit yang mematikan. Inilah mengapa para lulusan di bidang kesehatan dan kedokteran mendapatkan posisi terhormat bagi masyarakat berbagai kelas.

2. Banyak pilihan tempat kuliah

Setiap pelajar tentunya ingin melanjutkan pendidikan di institusi kuliah ternama. Akan tetapi, jumlah kampus terkemuka di dalam negeri yang menawarkan bidang kesehatan dan kedokteran masih sedikit. Hal ini menjadi semakin tipis jika mempertimbangkan betapa ketat persaingan ujian tes masuk. Kuliah kesehatan dan kedokteran di luar negeri memiliki lebih banyak pilihan tempat kuliah. Ada berbagai institusi kuliah ternama di bidang kedokteran dan kesehatan. Jadi, Anda tidak perlu cemas jika tidak mendapatkan kursi.

3. Tersedia banyak pilihan program pendidikan

Alasan memilih kuliah kesehatan dan kedokteran di luar negeri ternyata tidak hanya memberikan kelebihan pada ragam pilihan insitusi kuliah saja melainkan juga pilihan program pendidikan. Di luar negeri, berbagai universitas menyediakan program pendidikan yang beragam seperti: program foundation atau pra-universitas, program diploma, program sarjana, program pascasarjana, program doktoral, dan program penelitian. Gelar sarjana jurusan kesehatan atau kedokteran di luar negeri adalah gelar internasional dan begitupun dengan gelar magister dan doktor.

4. Diajarkan oleh para ahli

Para pelajar jurusan kesehatan dan kedokteran yang menempuh pendidikan baik tingkat foundation atau pra-universitas, sarjana, dan lainnya akan mendapatkan berbagai pengetahuan dan keterampilan dari para dosen yang merupakan para ahli pada bidangnya masing-masing. Para pengajar tersebut juga merupakan para peneliti yang akan memberikan pengetahuan ilmiah terkini agar lebih relevan. Pengajaran dari para ahli ini juga didukung dengan fasilitas berteknologi tinggi sehingga Anda pun tidak ketinggalan zaman.

5. Kesempatan memiliki karir bidang kesehatan dan kedokteran tingkat Internasional

Apabila Anda memilih kuliah kedokteran dan kesehatan di luar negeri maka keterampilan bahasa Inggris Anda akan terlatih secara profesional. Selain itu, pengalaman global dan jaringan alumni dari mancanegara memungkinkan Anda untuk mendapatkan kesempatan berkarir di bidang kesehatan dan kedokteran pada tingkat Internasional. Berbagai perusahan dan lembaga global terkemuka tentunya akan tertarik untuk merekrut Anda setelah mengetahui adanya ijazah S1 atau S2 atau S3 dari universitas terbaik di luar negeri pada CV Anda.

Karakter seperti apa yang cocok kuliah kesehatan dan kedokteran?

karakter yang dibutuhkan dalam bidang kedokteran

Apakah Anda termasuk orang yang cocok untuk kuliah di bidang kesehatan dan kedokteran? Mungkin hampir setiap calon pelajar bertanya demikian dan memiliki sedikit keraguan. Apabila Anda adalah seseorang yang memiliki prestasi yang baik di bidang ilmu murni khususnya Biologi dan Kimia maka Anda cocok memilih kuliah di bidang kedokteran dan kesehatan. Ini dikarenakan Anda telah memiliki bekal akademik yang mumpuni dan menandakan Anda memiliki kemampuan menghafal dan analisa yang baik.

Selain itu, karakter orang yang tekun, teliti, dan cermat juga sangat cocok untuk memilih kuliah kesehatan dan kedokteran. Kuliah pada bidang kesehatan dan kedokteran seperti dokter, apoteker, dan lainnya menuntut ketelitian dan kecermatan karena jika tidak berhati-hati bisa berakibat fatal bagi keselamatan pasien. Para pelajar yang ingin kuliah kesehatan dan kedokteran juga perlu memilki rasa tenggang rasa, kesabaran, kepedulian, tanggung jawab, dan dedikasi tinggi. Sekali lagi, kesehatan dan kedokteran ini adalah bidang yang memiliki tanggung jawab profesional terhadap kondisi jiwa raga mahluk bernyawa.

Apa saja program studi yang tersedia pada bidang kesehatan dan kedokteran?

Ada banyak pilihan program akademik pada bidang kesehatan dan kedokteran di luar negeri. Program-program akademik tersebut cukup lengkap. Daftar program akademik yang tersedia mulai dari tingkat foundation atau pra-universitas yang merupakan tingkat persiapan sebelum kuliah S1 di luar negeri. Setelah itu, ada juga pilihan kuliah untuk program sarjana, program pascasarjana, program doktoral, dan penelitian. Berdasarkan informasi kuliah yang ada, setiap program memiliki durasi kuliah yang berbeda.

Rata-rata kuliah S1 di luar negeri pada bidang kesehatan dan kedokteran sekitar 4-6 tahun. Pada program pascasarjana, durasi yang ada sekitar 2-4 tahun. Jika Anda ingin mengetahui info program studi pada bidang kesehatan dan kedokteran lebih detail, Anda bisa bertanya pada penasihat profesional EasyUni yang siap memberi tahu Anda informasi yang lengkap. 

Apa saja peminatan atau jurusan yang ada di bidang kesehatan dan kedokteran?

Setelah mengetahui info program akademik maka selanjutnya informasi penting yang perlu Anda ketahui adalah info jurusan atau peminatan. Kesehatan dan kedokteran merupakan salah satu bidang yang memiliki cakupan cukup luas. Ada banyak peminatan atau jurusan yang ditawarkan oleh universitas-universitas di luar negeri pada bidang kesehatan dan kedokteran. Anda memiliki banyak pilihan jurusan pada bidang ini.

Berikut ini adalah beberapa contoh jurusan ilmu kesehatan di luar negeri:

  • Nutrisi

  • Farmasi

  • Keperawatan

  • Kebidanan

  • Psikologi

  • Kesehatan Masyarakat

  • Health Care

  • Bimbangan and Konseling

  • Dan lainnya

Berikut ini adalah beberapa contoh jurusan ilmu kedokteran di luar negeri:

  • Kedokteran

  • Pengobatan Tradisional Cina

  • Kedokteran dan Ilmu Bedah

  • Bedah Gigi

  • Fisioterapis

  • Radiografis

  • Dan lainnya

Silahkan menghubungi EasyUni untuk berkonsultasi dengan Penasihat profesional kami agar Anda bisa mengetahui spesialisasi yang sesuai. Konsultasi ini tidak dipungut biaya lho!

Apa saja daftar mata kuliah bidang kesehatan dan kedokteran?

mata kuliah yang diambil jurusan kedokteran dan kesehatan
Sumber: Edgewoord Health Network

Daftar perkuliahan yang tak kalah penting untuk diketahui para calon pelajar bidang kesehatan dan kedokteran adalah daftar mata kuliah. Khususnya di bidang ini, Anda akan mempelajari ilmu anatomi, sistem kerja tubuh manusia, organ manusia, kesehatan jiwa, ortopedis, dan ilmu kesehatan lainnya. Oleh karena itu tentukanlah jurusan yang ingin dipilih lalu Anda dapat memanfaatkan konsultasi gratis EasyUni untuk mendapatkan saran di negara dan universitas terbaik mana sebaiknya Anda kuliah. Setelah itu, Anda pun akan mengetahui daftar mata kuliah yang akan dipelajari selama kuliah sehingga Anda memiliki bayangan.

Bagaimana prospek kerja lulusan kesehatan dan kedokteran?

Semakin hari semakin banyak orang yang menyadari betapa pentingnya arti kesehatan. Kini, banyak orang yang berusaha untuk melakukan cara agar tetap sehat dan tidak mudah sakit. Selain itu, semakin banyak jenis penyakit yang ada di dunia ini juga berdampak pada jumlah pasien yang pastinya ingin cepat sembuh. Fenomena ini tentunya membuat para lulusan kuliah ilmu kesehatan dan kedokteran sangat banyak dibutuhkan. Ini membuat prospek kerja lulusan bidang kesehatan dan kedokteran semakin cerah. Anda perlu ingat bahwa setelah lulus, profesi terhormat dan banyak manfaat menanti Anda.

Apa saja peluang profesi bagi lulusan kuliah kesehatan dan kedokteran?

profesi lulusan jurusan kesehatan kedokteran

Lulusan kuliah ilmu kesehatan dan kedokteran nanti akan jadi apa? Hampir setiap calon pelajar yang tertarik untuk kuliah kesehatan dan kedokteran di luar negeri memiliki pertanyaan tersebut. Hal ini sangat wajar karena menyandang sebuah profesi adalah salah satu tujuan yang hendak dicapai setelah lulus kuliah. Sudah disinggung sebelumnya jika bidang kesehatan dan kedokteran adalah bidang yang cukup luas. Ada banyak peluang profesi di setiap jurusan pada bidang kedokteran dan kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa contoh peluang profesi bagi lulusan kuliah ilmu kedokteran dan kesehatan di luar negeri:

  • Dokter

  • Dokter hewan

  • Dokter gigi

  • Penasihat diet

  • Apoteker

  • Perawat

  • Bidan

  • Counsellor

  • Pakar psikologi

  • Peneliti

  • Dan lainnya

Bagaimana prospek gaji lulusan kedokteran dan kesehatan di luar negeri?

Selain mutu pendidikan yang terjamin, amatlah bijak untuk menelaah prospek pekerjaan di bidang kedokteran sebelum memilihnya. Berikut adalah rincian gajinya:

 

 

Level Awal

Level Menengah

Senior

Ahli Bedah

Per tahun

US$ 240,000

US$ 253,000

US$ 295,000

Dokter Anak


Per tahun

US$ 134,000

US$ 147,000

US$ 164,000

Dokter Mata

Per tahun

US$ 96,000

US$ 103,000

US$ 117,000

Asisten Perawat

Per tahun

US$ 22,000 US$ 24,000 US$ 27,000

Sumber: (payscale, 2016)

Apa persyaratan kuliah kedokteran dan kesehatan di luar negeri?

Sudah sewajarnya di setiap universitas yang ada di berbagai negara akan menetapkan persyaratan kuliah yang harus dipenuhi oleh semua pelajar yang ingin kuliah. Persyaratan kuliah yang ada di berbagai universitas memiliki perbedaan tersendiri. Hal ini dipengaruhi oleh karakteristik jurusan yang dipilih, negara tujuan, dan kebjikan khusus setiap universitas. Oleh karena itu, Anda perlu berkonsultasi dengan penasihat akademik profesional EasyUni untuk mengetahui persyaratan kuliah yang tepat.

Berikut ini adalah contoh persyaratan kuliah di Inggris jurusan Kebidanan khususunya bagi pelajar Indonesia:

  • Ijazah SMA dengan nilai rata-rata 8-9

  • Ijazah D3 dengan IPK min. 3,5

  • IELTS dengan skor 6.0 atau TOEFL dengan skor 79 (Tes Berbasis Internet)

Berapa besar biaya kuliah kesehatan dan kedokteran di luar negeri?

Biaya kuliah kesehatan dan kedokteran di luar negeri memiliki rentang yang sangat besar. Jadi, Anda jangan tergesa-gesa memukul rata semua biaya pendidikan bidang kesehatan dan kedokteran di luar negeri mahal. Biaya kuliah kedokteran dan kesehatan di luar negeri memiliki kisaran antara Rp 120.000.000,- hingga lebih dari Rp 3 milyar per tahun. Ada beberapa faktor yang membuatnya perbedaan pada biaya kuliah ini. Beberapa faktor tersebut seperti lokasi universitas, jenis universitas, jurusan, durasi kuliah, dan lainnya.

Untuk informasi yang tepat tentang biaya kuliah silahkan menghubungi EasyUni.

Di mana universitas terbaik untuk kuliah kedokteran dan kesehatan di luar negeri?

Ada banyak pilihan universitas terbaik untuk kuliah ilmu kesehatan dan kedokteran di luar negeri. Berbagai institusi kuliah terkemuka tersebar di berbagai negara. Jadi, Anda tidak perlu susah memikirkan tempat kuliah karena ada banyak pilihan lokasi universitas. Tidak sedikit universitas terbaik di luar negeri yang menyediakan layanan kampus yang baik dan memuaskan. Menurut World University Rankings, Inggris, AS, Irlandia, Kanada merupakan negara-negara yang mengantongi universitas top dunia untuk jurusan kedokteran. Sementara di lingkup Asia, Singapura, Jepang, dan Hong Kong juga tidak kalah saing untuk jurusan kedokteran dan kesehatannya. Bagaimana dengan pilihan universitasnya? Baca lebih lanjut untuk rinciannya yang lebih lanjut!

Amerika Serikat:

Inggris:

Irlandia:

Kanada:

Australia:

Pilihan negara Asia:


 

Bagaimana? Sudah memutuskan ingin kuliah kesehatan dan kedokteran di luar negeri? Jangan ragu untuk hubungi EasyUni jika memiliki pertanyaan seputar kuliah di luar negeri ya.

You might be interested in...