Cover Image

Kuliah Hukum Kriminal di Singapura

Kamu suka serial TV berbau kriminal seperti CSI, Criminal Minds, ataupun Sergap yang ada di RCTI?

Find your university

jurusan hukum kriminal di luar negeri

Perkenalan
Apa itu Jurusan Hukum Kriminal
Alasan kuliah jurusan Hukum Kriminal
Yang dipelajari dalam jurusan Hukum Kriminal
Keterampilan yang diperlukan
Universitas terbaik di Singapura
Prospek kerja lulusan jurusan Hukum Kriminal
Durasi kuliah jurusan Hukum Kriminal
Persyaratan kuliah jurusan Hukum Kriminal
Biaya kuliah di Singapura jurusan Hukum Kriminal

 

Apakah anda merupakan seorang yang memiliki sifat kreatif dan analitis? Apakah anda memiliki minat di bidang hukum dan perundangan?

Apakah anda menyukai serial televisi tentang kriminalitas seperti CSI atau Criminal Minds?

Jika ya, mungkin anda memiliki karakter yang sesuai untuk menempuh perkuliahan di jurusan Hukum Kriminal.

 

Apa itu Jurusan Hukum Kriminal?

jurusan hukum kriminal

Dalam jurusan Hukum Kriminal, anda akan mempelajari sistem hukum khusus bagi pelaku tindak pidana.

Tidak seperti jurusan terkait hukum pada umumnya, jurusan Hukum Kriminal akan mengajak anda untuk mempelajari tidak hanya hukum dan aturan perundangan.

Anda akan mempelajari juga lebih dalam mengenai kriminologi, sosiologi, psikologi, kebijakan publik, perilaku kriminal, dan ilmu forensik.

Jurusan Hukum Kriminal tidak hanya memiliki kurikulum yang menarik untuk dipelajari. Anda juga memiliki peluang untuk memperoleh kesempatan kerja yang besar setelah lulus.

Permintaan akan lulusan jurusan Hukum Kriminal sangatlah tinggi, mulai dari lembaga hukum pemerintah hingga firma hukum swasta.

Selain itu, banyak manfaat lain yang dapat anda peroleh melalui proses perkuliahan di jurusan Hukum Kriminal, baik secara personal maupun profesional.

Baca juga: Panduan lengkap jurusan Hukum Kriminal

Jika anda memiliki minat untuk melanjutkan kuliah ke jurusan Hukum Kriminal, anda akan memiliki prospek kerja yang sangat cemerlang.

Softskill yang anda akan peroleh selama perkuliahan di jurusan Hukum Kriminal tidak hanya akan menyiapkan anda untuk bekerja di bidang Hukum Kriminal saja.

Lulusan jurusan Hukum Kriminal dari luar negeri akan mampu bersaing pada bursa karir internasional di bidang hukum dan keadilan terhadap tindak kriminalitas.

Baca juga jurusan terkait: Kuliah jurusan Hukum di Singapura

 

Mengapa Kuliah di Jurusan Hukum Kriminal di Singapura?

alasaan untuk berkuliah jurusan hukum kriminal

Seiring dengan meningkatnya tingkat kriminalitas, khususnya kriminalitas cyber, di berbagai belahan dunia, kuliah di jurusan Hukum Kriminal memiliki tantangannya sendiri.

Berikut merupakan beberapa alasan yang menjelaskan mengapa kami merekomendasikan anda untuk melanjutkan kuliah di jurusan Hukum Kriminal:

1. Menawarkan Pilihan Jalur Karir yang Sangat Beragam

Bidang Hukum Kriminal merupakan bidang dengan ragam ilmu yang sangat luas.

Jika anda memutuskan untuk melanjutkan kuliah pada jurusan Hukum Kriminal, anda akan mempelajari banyak hal terkait hukum kriminal seperti kriminologi, sosiologi, psikologi, bahkan ekonomi kebijakan publik.

Hal ini membuat pilihan jalur karir di bawah bidang hukum kriminal sangat beragam.

2. Kesempatan untuk Membantu Orang Lain

Apabila anda merupakan orang dengan jiwa sosial yang tinggi, karir di bidang hukum kriminal akan mampu mengasah jiwa sosial anda.

Sebagai seorang profesional di hukum kriminal, anda akan memahami mengapa pelaku tindakan kriminal melakukan tindakan tersebut sehingga anda dapat membantu menyusun kebijakan untuk menekan tingkat kriminalitas.

Dengan demikian, anda telah melakukan peran anda dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Kenapa kuliah di Singapura?

3. Karir yang Stabil dan Mudah Berkembang

Umumnya, karir di bidang Hukum Kriminal terletak pada sektor publik. Karir yang berada dalam sektor ini tidak akan mengalami banyak “guncangan” dalam dinamika perputaran tenaga kerja.

Apabila anda bekerja di bidang hukum, khususnya dalam sektor publik, dapat dikatakan posisi anda dalam perusahaan cukup aman dan karir anda akan mudah berkembang relatif dibandingkan bidang lainnya.

4. Peluang karir tingkat global

Lulusan Psikologi tidak hanya dapat membantu banyak orang melainkan juga bisa memiliki penghasilan tinggi, terutama bila Anda bisa berkarir di negara maju. Peluang berkarir di kancah Internasional ini relatif mudah didapatkan bila Anda telah lulus kuliah Psikologi di Singapura.

Baca juga: 11 Negara Ini Memberi Lulusannya Kesempatan Kerja Setelah Lulus!

5. Jalinan kerjasama yang menguntungkan pelajar

Kampus-kampus di Singapura yang menawarkan program studi Hukum Kriminal telah menjalin hubungan erat dengan kampus di beberapa negara seperti Australia, Inggris, dan lainnya. Kerjasama tersebut telah membuahkan program pertukaran pelajar.

Anda pun memiliki kesempatan untuk meningkatkan wawasan global dan mendapatkan pengalaman profesional di negara lain. Di samping itu, Anda juga bisa memperluas jaringan profesional Psikolog. Menarik bukan?

 

Apa Saja yang Akan Dipelajari di Jurusan Hukum Kriminal?

Mata kuliah yang anda akan pelajari pada jurusan Hukum Kriminal di perguruan-perguruan tinggi terbaik di dunia pada jenjang sarjana secara umum di antaranya:

  • Pengantar Hukum
  • Pengantar Kriminalitas
  • Sistem Pengadilan
  • Dasar-Dasar Hukum Kriminal
  • Sistem Hukuman
  • Sistem Kepolisian
  • Praktek Peradilan
  • Advokasi
  • Investigasi Prosedur Kriminal
  • Adjudikasi Prosedur Kriminal
  • Kekerasan Domestik
  • Hukum Keamanan Nasional
  • Hukum Kriminal Internasional
  • Psikologi Kriminalitas
  • Kejahatan White Collar

Selain mengambil mata kuliah-mata kuliah tersebut, beberapa perguruan tinggi di luar negeri juga mewajibkan mahasiswanya untuk melakukan praktek lapangan.

Praktek lapangan ini penting agar mahasiswa dapat mengetahui bagaimana bidang Hukum Kriminal dipraktekkan secara langsung di lapangan sehingga mahasiswa kelak siap untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

 

Bagaimana Karakter yang Sesuai untuk Kuliah di Jurusan Hukum Kriminal?

skill yang diperlukan hukum kriminal

Apabila anda memiliki minat untuk menempuh perkuliahan di jurusan Hukum Kriminal, anda perlu memiliki dedikasi yang tinggi.

Karir di bidang Hukum Kriminal umumnya menyita banyak waktu, khususnya waktu senggang anda. Kebanyakan perkuliahan di jurusan Hukum Kriminal juga bersifat sangat kompetitif.

Berikut adalah karakteristik ideal mahasiswa jurusan Hukum Kriminal:

1. Memiliki Kemampuan Analisis dan Berpikir Kritis

Karir di bidang hukum kriminal akan menuntut anda untuk mengevaluasi masalah dengan cepat untuk kemudian mengambil keputusan dengan tepat.

Kemampuan berpikir kritis akan membantu anda mengambil keputusan yang tepat terhadap keadaan.

Hal ini akan membuat anda dipercaya oleh rekan kerja dan klien sehingga karir anda dapat berkembang dengan mudah.

2. Disiplin

Untuk bekerja di bidang Hukum Kriminal, anda perlu memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi.

Hal ini penting karena anda akan dituntut untuk kerja lembur akibat beban pekerjaan yang sangat tinggi.

Selain itu, bidang Hukum Kriminal juga memiliki tekanan dan tuntutan pekerjaan yang tinggi sehingga dibutuhkan sifat disiplin untuk dapat berkembang di bidang tersebut.

3. Mampu Mengatur Waktu dengan Baik

Jurusan Hukum Kriminal sangat padat dan dipenuhi dengan jadwal kuliah dan tugas-tugas. Untuk itu, anda perlu dapat mengatur waktu dengan baik.

Disarankan juga bagi anda untuk tidak mengerjakan tugas-tugas yang anda miliki sesaat sebelum tenggat waktu.

Hal ini penting agar anda tetap dapat menyeimbangkan antara beban kerja anda dengan waktu istirahat yang anda miliki.

4. Mampu Membangun dan Menjaga Hubungan dengan Orang Lain

Pekerjaan anda akan senantiasa berkaitan dengan orang lain, khususnya rekan kerja dan klien di bidang Hukum Kriminal.

Anda perlu memiliki kemampuan untuk membangun komunikasi dan hubungan dengan orang lain untuk dapat mengembangkan karir di bidang ini.

Untuk itu, diperlukan sikap yang baik, menjaga perilaku, serta membangun rasa kepercayaan orang lain terhadap diri anda.

Jika anda merasa memiliki seluruh karakter yang disebutkan di atas, anda adalah orang yang tepat untuk menjalani perkuliahan di jurusan Hukum Kriminal.

Anda memiliki potensi untuk dapat diterima oleh jurusan Hukum Kriminal serta dapat lulus dengan hasil yang memuaskan.

 

Universitas Terbaik Mana Saja di Singapura yang Menawarkan Jurusan Hukum Kriminal?

Memilih universitas terbaik merupakan langkah utama yang penting saat memutuskan untuk kuliah di luar negeri agar mendapat pendidikan terbaik, sesuai dengan biaya yang akan dikeluarkan.

Singapura memiliki 4 universitas lokal, 5 politeknik dan sejumlah Private Education Organisations (institusi swasta) serta banyak institusi pendidikan kelas dunia.

Jurusan hukum bisa ditemukan di universitas lokal Singapura. Menurut QS World University Rankings 2018, berikut ini adalah 3 universitas terbaik di Singapura yang menawarkan jurusan hukum.

1. National University of Singapore

universitas nasional singapura tempat jurusan hukum terbaik
Sumber: Strait Times

Universitas yang pertama kali berdiri pada 1905 sebagai sekolah kedokteran sederhana kini menjelma menjadi universitas negeri terbaik di Singapura yang menawarkan 70 jurusan S1!

National University of Singapore juga merupakan universitas tertua di negara ini dengan tiga kampus; Kent Ridge (kampus utama), Bukit Timah (kampus untuk fakultas hukum, Lee Kuan Yew School of Public Policy dan beberapa institut riset) dan Outram (untuk postgraduate Duke-NUS Medical School).

Universitas yang fokus pada riset ini memiliki program NUS Overseas College dimana mahasiswa NUS bisa menghabiskan 6-12 bulan di luar negeri di universitas rekanan NUS di New York, Beijing, Munich, Silicon Valley dan sebagainya. Mahasiswa NUS juga bisa mengambil program double-degree sehingga bisa lulus dengan dua titel sekaligus.

Khusus untuk fakultas hukum pertama kali terbentuk pada tahun 1956. Fakultas ini menawarkan jurusan LLB dan juga program double degree yaitu administrasi bisnis dan hukum, ekonomi dan hukum, life science dan hukum serta hukum dan public policy.

Untuk lulusan S1-nya, fakultas hukum NUS ini menawarkan kursus spesialisasi LLM, seperti Corporate and Financial Services Law, Maritime Law, International & Comparative Law,  Intellectual Property & Technology Law and Asian Legal Studies.

2. Nanyang Technological University, Singapore

suasana kampus business law di nanyang singapore
Sumber: CPGCorp

Universitas yang berfokus pada riset ini merupakan salah satu universitas terbaik di dunia dan dikenal memiliki sistem taman kampus yang menggunakan teknologi smart dan eco-friendly sehingga dijuluki salah satu universitas terindah di dunia.

Fakultas paling top di NTU adalah teknik dan juga bisnis. Fakultas teknik NTU berada di peringkat dua di Academic Ranking of World Universities dan peringkat 4 oleh QS World University Rangkings dan tentu saja predikat nomor 1 di Singapura.

Sedangkan untuk fakultas bisnisnya merupakan nomor 1 di Singapura selama 13 tahun berturut-turut dari ranking di The Economist dan peringkat 24 fakultas bisnis terbaik dunia versi Financial Times. Untuk jurusan hukum berada di fakultas bisnis dan disebut jurusan Hukum Bisnis/ Business Law.

3. Singapore Management University

singapore management university jurusan hukum
Sumber: Wikimedia

Universitas yang satu ini mengadopsi sistem pendidikan Amerika Serikat yang telah berdiri sejak tahun 2000. Singapore Management University (SMU) memiliki enam fakultas untuk S1 hingga S3, yaitu , Business Analytics, Business Administration, Accountancy, Financial Services, Economics, Information Systems Management, Social Sciences dan Law.

Universitas ini memiliki lebih dari 30 institut riset dengan berbagai program pendukung bagi mahasiswanya. SMU sudah terakreditasi AACSB International, EQUIS dan AMBA.

Fakultas hukum merupakan fakultas dengan jumlah intake terkecil per tahunnya; hanya 180 mahasiswa saja.

Fakultas yang baru dibuka pada 2007 ini menawarkan program Bachelor of Laws (LLB) dengan penawaran program Juris Doctor (JD). Fakultas ini juga menawarkan program LLM dengan pilihan dual LLM dengan Queen Mary University of London.

 

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Jurusan Hukum Kriminal?

prospek kerja lulusan hukum kriminal

Prospek kerja utama lulusan jurusan Hukum Kriminal terletak di berbagai institusi hukum dan peradilan. Setelah lulus, anda dapat memilih berbagai jenis karir profesional di bidang hukum kriminal. Beberapa prospek kerja yang dimungkinkan bagi lulusan jurusan Hukum Kriminal di antaranya:

  • Staf kepolisian
  • Ahli forensik
  • Detektif swasta
  • Crime scene investigator
  • Intelligence analyst
  • Pengacara hukum kriminal
  • Ahli kriminologi

Gaji yang dapat anda peroleh sebagai lulusan jurusan Hukum Kriminal cukup tinggi.

Di Singapura, gaji lulusan jurusan Hukum Kriminal yang bekerja sebagai pengacara hukum kriminal dapat mencapai SGD 120,000 per tahun.

Sebagai contoh, berikut merupakan jenis pekerjaan yang umum ditempuh oleh lulusan jurusan Hukum Kriminal di Amerika Serikat beserta kisaran gajinya menurut PayScale:

Pekerjaan

Kisaran Gaji

Staf kepolisian

SDG 50,000 - 55,000 per tahun

Detektif swasta

SGD 130,000 per tahun

Crime scene investigator

SGD 60,000 65,000 per tahun

Intelligence analyst

SGD 55,000 - 60,000 per tahun

Pengacara hukum kriminal

SGD 120,000 - 280,000 per tahun

 

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Kuliah di Jurusan Hukum Kriminal?

Waktu yang akan anda perlukan untuk kuliah di jurusan Hukum Kriminal di luar negeri bervariasi, bergantung pada pilihan perguruan tinggi dan negaranya.

Foundation

1 tahun

Diploma

1,5 - 2 tahun

Sarjana (S1)

3 tahun

Magister (S2)

1 - 2 tahun

Doktoral (S3)

1 -2 tahun

 

Bagaimana Persyaratan untuk Dapat Diterima di Jurusan Hukum Kriminal?

Berbagai perguruan tinggi di berbagai belahan dunia memiliki persyaratan yang berbeda-beda untuk dapat menerima mahasiswa baru di jurusan Hukum Kriminal. Persyaratan ini bergantung kepada kebijakan masing-masing universitas di berbagai negara.

Sarjana (S1)

Ujian Nasional (UN)

Jurusan IPS, rerata min. 7,5 - 8,0

IELTS

Minimal 5,5 (Overall)

TOEFL

550 atau 80 (internet based)

Magister (S2)

Ijazah S1

Min. IPK 2,5 - 3,0

IELTS

Min. 7.0 (Overall)

TOEFL

650 atau 120 (internet based)

Komponen lain yang penting sebagai persyaratan kuliah di Singapura adalah Paspor dan visa pelajar Irlandia yang wajib dimiliki.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proses pembuatan visa pelajar untuk kuliah di luar negeri, Silahkan mengunjungi website universitas pilihan Anda, atau bertanya langsung kepada tim EasyUni melalui aplikasi yang tersedia.

 

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Kuliah Jurusan Hukum Kriminal?

Biaya kuliah jurusan Hukum Kriminal umumnya sangat tinggi. Bergantung pada pilihan universitas dan negaranya, rentang biayanya cukup bervariasi.

Berikut merupakan perkiraan biaya kuliah program jenjang sarjana jurusan Hukum Kriminal di beberapa kampus pilihan di dunia (dalam USD):

Perguruan Tinggi

Biaya Kuliah
Per Tahun

National University of Singapore

SGD 35,000

Singapore Management University 

SDG 43,000

Nanyang Technological University

SGD 34,000

Biaya tersebut hanya merupakan biaya kuliah dan tidak termasuk biaya hidup. Biaya hidup yang dibutuhkan untuk kuliah di luar negeri sangat bervariasi, tergantung pada negara tujuan dan gaya hidup anda masing-masing.

Baca juga:

 


Jika anda sudah membulatkan tekad untuk melanjutkan kuliah pada jurusan Hukum Kriminal di luar negeri, anda dapat langsung menyiapkan dokumen dan persyaratan untuk proses pendaftaran mulai dari sekarang.

Anda dapat mendaftar melalui portal online masing-masing universitas atau melalui jasa konsultasi pendidikan EasyUni!

Advertisement

Universities with courses in Hukum Pidana

See more related universities

You might be interested in...

Advertisement

This website uses cookies to ensure you get the best experience. By using this site, you acknowledge that you have read and understand our Cookie Policy , Privacy Statement and Terms & Conditions .

Maximum 6 courses for comparison!

Chat on WhatsApp

Courses selected for comparison