Cover Image

Kuliah Pertanian di Singapura

Sumber daya manusia yang unggul pada bidang Pertanian akan selalu dibutuhkan. Dengan begitu, keputusan kuliah Pertanian di luar negeri merupakan hal yang tepat!

Find your university

kuliah jurusan pertanian di luar negeri

Perkenalan
Apa itu jurusan Psikologi?
Alasan kuliah jurusan Psikologi
Yang dipelajari dalam jurusan Psikologi
Durasi kuliah jurusan Psikologi
Syarat masuk universitas jurusan Psikologi
Prospek kerja lulusan Psikologi
Prospek gaji lulusan Psikologi
Biaya kuliah di Irlandia jurusan Psikologi
Karakter yang cocok untuk jurusan Psikologi
Spesialisasi jurusan Psikologi
Universitas terbaik di Irlandia jurusan Psikologi
FAQ atau Pertanyaan Umum

 

Pertanian merupakan bidang yang mempelajari mengenai proses pengelolaan sumber daya alam, khususnya berbagai jenis tanaman budidaya, yang dapat menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, maupun sumber energi.

Pertanian merupakan salah satu sektor penunjang kehidupan manusia yang paling dasar. Melalui kegiatan dari sektor pertanian, berbagai bahan makanan pokok dihasilkan untuk memenuhi kehidupan manusia.

 

Apa itu jurusan Pertanian?

penjelasan soal jurusan pertanian di luar negeri

Dewasa ini sektor pertanian menghadapi banyak tantangan. Beberapa di antaranya adalah kebutuhan pangan dunia yang terus meningkat serta dampak pertanian terhadap lingkungan.

Masalah lainnya yang dihadapi sektor pertanian adalah rendahnya potensi sumber daya manusia berkeahlian untuk dapat mengembangkan metode maupun teknologi baru di bidang pertanian.

Meskipun Indonesia merupakan negara agraris, namun minat siswa-siswi yang masih duduk di bangku sekolah untuk melanjutkan kuliah di bidang pertanian sangat rendah.

Hal ini dikarenakan persepsi masyarakat yang masih menganggap bahwa prospek karir jurusan pertanian tidak akan memiliki penghasilan yang tinggi. Padahal, lulusan pertanian banyak dibutuhkan di berbagai posisi bergaji tinggi.

Apabila anda berkeinginan untuk melanjutkan studi ke jurusan pertanian, Singapura merupakan salah satu pilihan yang dapat dijadikan pertimbangan.

Singapura memiliki beberapa pilihan universitas yang menyediakan jurusan pertanian kelas dunia. Beberapa pilihan konsentrasi jurusan pertanian yang dapat anda pilih di Singapura di antaranya agronomi, hortikultura, ilmu tanah, serta ekonomi pertanian.

Lulusan jurusan pertanian dari Singapura akan memiliki keahlian yang cukup untuk dapat berkarir dalam bidang pertanian, teknologi pertanian, serta pertanian berkelanjutan. Melalui karir di bidang tersebut, anda akan mendapat banyak keuntungan baik secara personal maupun profesional.

Baca juga: Panduan lengkap jurusan Pertanian

 

Mengapa Kuliah di Jurusan Studi Pertanian di Singapura?

kuliah di singapura

Berikut beberapa alasan untuk melanjutkan kuliah jurusan studi pertanian di Singapura:

1. Salah Satu Negara dengan Manajemen Pertanian Terbaik di Dunia

Singapura merupakan negara kota dengan luas lahan yang sangat terbatas. Dibandingkan dengan Indonesia, Singapura memiliki potensi lahan pertanian yang jauh lebih rendah.

Akan tetapi Singapura mampu mengelola lahannya dengan baik sehingga masih mampu menghasilkan berbagai produk pertanian dan hortikultura. Apabila anda hendak melanjutkan kuliah ke jurusan pertanian di Singapura, anda akan mempelajari bagaimana Singapura dapat mengelola lahannya dengan baik.

2. Teknologi Pertanian yang Maju dan Mutakhir

Keterbatasan lahan menjadi tantangan bagi para petani dan praktisi pertanian lainnya di Singapura. Untuk menghadapi tantangan ini, industri pertanian di Singapura umumnya memanfaatkan teknologi terkini dalam pengembangan produktivitas pertanian.

Apabila anda memutuskan untuk melanjutkan kuliah ke jurusan pertanian di Singapura, anda akan mempelajari bagaimana teknologi-teknologi terbaru digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi pertanian.

3.  Tidak Akan Kesulitan dalam Mencari Pekerjaan

Saat ini berbagai industri pertanian dan pangan di seluruh dunia membutuhkan lulusan jurusan pertanian dalam jumlah banyak. Terlebih lagi minat lulusan sekolah menengah atas untuk melanjutkan kuliah ke jurusan pertanian umumnya rendah. 

Apabila anda hendak melanjutkan kuliah ke jurusan pertanian, anda tidak perlu khawatir akan kurangnya lapangan pekerjaan. Sektor pertanian terus berkembang dan membutuhkan tenaga berkeahlian baru seiring dengan perkembangannya.

4. Kesempatan untuk Menapaki Karir Internasional

Universitas-universitas terbaik di luar negeri telah diakui oleh berbagai akreditor dari banyak negara di dunia maupun internasional. 

Lulusan jurusan pertanian dari Singapura telah diakui oleh berbagai perusahaan dan institusi di bidang pertanian, pangan, dan pembangunan berkelanjutan dengan jenjang karir internasional.

Baca juga: 11 Negara Ini Memberi Lulusannya Kesempatan Kerja Setelah Lulus!

 

Apa Saja yang Akan Dipelajari di Jurusan Studi Pertanian di Singapura?

jurusan yang berhubungan dengan jurusan pertanian

Sebagian besar jurusan pertanian di Singapura berada di bawah fakultas sains dan teknologi pangan. Mata kuliah yang akan anda ambil lebih terfokus pada sains dasar dan teknologi pengolahan bahan pangan.

Sebagai contoh, berikut beberapa mata kuliah yang akan anda pelajari pada jurusan pertanian yang dapat anda temukan di Nanyang Technological University di antaranya:

Tahun pertama:

  • Biologi Dasar
  • Kimia Biofisik
  • Kimia Organik
  • Biostatistik
  • Biokimia

Tahun kedua hingga akhir:

  • Mikrobiologi
  • Fisika Pangan
  • Kimia Pangan
  • Rekayasa Proses Pangan
  • Biologi Molekuler
  • Ekologi

 

Bagaimana Karakter yang Sesuai untuk Kuliah di Jurusan Studi Pertanian?

Berikut adalah karakteristik ideal mahasiswa jurusan pertanian:

1. Memiliki Kemampuan Pemecahan Masalah

Jika anda memutuskan untuk kuliah di jurusan pertanian, anda akan banyak menemukan masalah yang berdasarkan pada studi kasus dan temuan lapangan. 

Untuk itu, anda perlu memiliki kemampuan pemecahan masalah yang kuat jika dihadapkan pada permasalahan-permasalahan ini.

2. Mampu Berpikir dan Bekerja Detil dan Terstruktur

Sebagaimana jurusan lainnya yang berdasar pada subyek biologi dan kimia, jurusan pertanian menuntut anda untuk berpikir detil dan terstruktur.

Substansi dasar jurusan pertanian banyak melibatkan detil sehingga anda perlu membiasakan diri anda untuk bersikap teliti dan tidak ceroboh.

3. Mampu Mengatur Waktu dengan Baik

Sebagai lulusan jurusan pertanian, anda akan memerlukan kemampuan manajemen waktu yang baik. Hal ini dikarenakan banyak tanaman pertanian yang bersifat musiman, sehingga anda perlu mengatur waktu perihal berbagai jenis tanaman yang memerlukan perlakuan tertentu pada waktu tertentu.

Tidak hanya terkait dengan tanaman, keahlian ini penting dimiliki apabila anda hendak bekerja di bidang industri pertanian maupun industri lainnya.

4. Dinamis dan Aktif

Perkuliahan pada jurusan pertanian akan banyak melibatkan studi kasus dan praktek lapangan. Jika anda memutuskan untuk terjun di bidang pertanian, anda akan berurusan langsung dengan kasus nyata yang ada di lapangan. 

Kepribadian yang dinamis dan aktif akan membantu anda dalam mengatasi masalah-masalah yang anda temukan di lapangan.

Jika anda merasa memiliki seluruh karakter yang disebutkan di atas, anda adalah orang yang tepat untuk menjalani perkuliahan di jurusan pertanian.

Anda memiliki potensi untuk dapat diterima oleh jurusan pertanian serta dapat lulus dengan hasil yang memuaskan.

 

Universitas Terbaik Mana Saja di Singapura yang Menawarkan Jurusan Studi Pertanian?

national university of singapore di singapura

Meskipun tidak sebanyak negara lainnya, jurusan pertanian di Singapura berasal dari universitas dengan peringkat dunia yang sangat tinggi. Beberapa di antaranya adalah Nanyang Technological University (NTU) dan National University of Singapore (NUS).

Berikut daftar beberapa universitas terbaik di Singapura yang menyediakan jurusan pertanian:

1.       Nanyang Technological University (NTU)

2.       National University of Singapore (NUS)

3.       PSB Academy

4.       James Cook University

5.       Management Development Institute of Singapore

6.       Singapore Institute of Technology

7.       Singapore Institute of Management

 

Bagaimana Prospek Karir Lulusan Jurusan Studi Pertanian di Singapura?

pekerjaan di bidang pertanian

Prospek karir utama lulusan jurusan pertanian terletak di bidang terkait pertanian seperti industri pertanian, pangan, dan pertanian berkelanjutan. Setelah lulus, anda dapat memilih berbagai jenis karir profesional di bidang tersebut, bergantung pada spesialisasi jurusan yang anda pilih.

Beberapa prospek karir yang dimungkinkan bagi lulusan jurusan pertanian di antaranya:

  • Konsultan pertanian
  • Manajer industri pertanian
  • Ahli hortikultura
  • Ahli pangan
  • Ahli biokimia
  • Perekayasa pertanian

Gaji yang dapat anda peroleh sebagai lulusan jurusan pertanian di luar negeri umumnya sangat tinggi, bergantung pada bidang pekerjaannya.

Berikut merupakan bidang pekerjaan yang umum ditempuh oleh lulusan jurusan pertanian di Amerika Serikat beserta kisaran gajinya menurut PayScale:

Pekerjaan

Kisaran Gaji

Perekayasa pertanian

44,000 - 107,000 USD per tahun

Ahli biokimia

40,000 - 98,000 USD per tahun

Ahli teknologi pangan

40,000 - 74,000 USD per tahun

Ahli hortikultura

24,000 - 54,000 USD per tahun

 

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Kuliah di Jurusan Studi Pertanian di Singapura?

Pada umumnya, waktu yang akan anda perlukan untuk kuliah di jurusan pertanian di Singapura tidak jauh berbeda dengan waktu kuliah di Indonesia. Waktu kuliah ditentukan oleh jenjang kuliah dan jurusan yang anda ambil.

Sarjana (S1)

3 tahun

Magister (S2)

1-2 tahun

 

Bagaimana Persyaratan untuk Dapat Diterima di Jurusan Studi Pertanian di Singapura?

Masing-masing universitas di Singapura memiliki persyaratan yang berbeda-beda untuk dapat menerima mahasiswa baru di jurusan pertanian. Persyaratan ini bergantung kepada kebijakan masing-masing universitas.

Sarjana (S1)

Ujian Nasional

Lulus (jurusan IPA)

IELTS

Minimal 5.5 - 6.0 (overall band)

TOEFL

Minimal 550 (paper based) atau 80 (internet based)

Magister (S2)

Ijazah S1

IPK minimum 2.5 - 3.0

IELTS

Minimal 6.0 - 6.5 (overall band)

TOEFL

Minimal 575 (paper based) atau 85 (internet based)

Komponen lain yang penting sebagai persyaratan kuliah di Singapura adalah Paspor dan visa pelajar Irlandia yang wajib dimiliki.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proses pembuatan visa pelajar untuk kuliah di luar negeri, Silahkan mengunjungi website universitas pilihan Anda, atau bertanya langsung kepada tim EasyUni melalui aplikasi yang tersedia.

 

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Kuliah Jurusan Studi Pertanian di Singapura?

Biaya kuliah di Singapura bervariasi, bergantung pada universitas dan jurusan yang dipilih. Perkiraan biaya kuliah rata-rata per tahun untuk jurusan pertanian di beberapa universitas terbaik di Singapura di antaranya sebagai berikut:

Nanyang Technological University (NTU)

SGD 36,830

National University of Singapore (NUS)

SGD 38,200

James Cook University

SGD 62,488

Singapore Institute of Technology

SGD 27,720

Biaya tersebut umumnya hanya merupakan biaya kuliah dan tidak termasuk biaya hidup. Biaya hidup yang dibutuhkan untuk kuliah di Singapura bergantung dari kebutuhan dan gaya hidup masing-masing mahasiswa.


 

FAQ atau Pertanyaan Umum

1.   Apakah lulusan jurusan pertanian hanya dapat menjadi petani?

Bidang pertanian memiliki berbagai aspek yang luas. Tidak hanya di sawah atau ladang, proses pertanian berlanjut hingga ke berbagai jenis industri pengolahan produk pertanian.

Oleh karena itu, lulusan jurusan pertanian tidak hanya dapat menjadi petani saja. Industri pertanian memerlukan berbagai tenaga kerja berkeahlian untuk dapat mendukung proses pengolahan produk-produk pertanian tersebut.

2.   Seberapa pentingnya lulusan jurusan pertanian bagi masyarakat?

Sejak ribuan tahun yang lalu, pertanian telah meningkatkan kualitas hidup manusia melalui produksi bahan pangan yang melimpah. Melalui pertanian yang baik, produksi makanan di suatu daerah akan melimpah dan dapat melebihi kebutuhan sehari-hari manusia.

Peran lulusan jurusan pertanian di bidang pertanian adalah untuk memanfaatkan metode dan teknologi terbaru dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi pertanian. Selain itu, lulusan jurusan pertanian juga akan dapat mengembangkan teknologi dan cara-cara baru dalam bertani dan mengolah hasil panen.

3.   Bagaimana menyiapkan diri saya untuk kuliah di jurusan pertanian?

Dalam perkuliahan di jurusan pertanian, anda akan menemukan mata kuliah-mata kuliah terkait biologi dan kimia tingkat lanjutan. Anda dapat mempersiapkan diri dengan menantang diri anda dengan soal-soal biologi dan kimia yang sangat sulit.

Anda juga perlu terbiasa untuk belajar kelompok. Dalam perkuliahan di jurusan pertanian atau sains lainnya secara umum, penting untuk memiliki teman diskusi.

4.   Bagaimana cara memilih kampus yang baik untuk kuliah di jurusan pertanian?

Anda sebaiknya memilih kampus yang anda rasa cocok dengan diri anda. Beberapa faktor yang dapat anda pertimbangkan di antaranya lingkungan kampus, lokasinya, dan harganya.

Berbagai informasi mengenai sekolah pertanian di luar negeri dapat anda peroleh secara bebas di internet. Anda juga dapat menghubungi EasyUni untuk dapat berkonsultasi mengenai jurusan pertanian di luar negeri yang sesuai bagi anda.

5. Kapan Saya Bisa Mendaftar untuk Kuliah Jurusan Studi Pertanian di Singapura?

Jika anda berminat untuk menjalani perkuliahan di jurusan pertanian di Singapura, pembukaan pendaftaran umumnya bergantung pada kebijakan masing-masing universitas. Sebagai contoh, program pertanian di Nanyang Technological University dimulai pada pertengahan Oktober setiap tahunnya.

Anda dapat mendaftar melalui portal online masing-masing universitas atau melalui jasa konsultasi pendidikan seperti EasyUni!

 

Advertisement

Universities with courses in Pertanian, Jurusan Terkait

See more related universities

You might be interested in...

Advertisement

This website uses cookies to ensure you get the best experience. By using this site, you acknowledge that you have read and understand our Cookie Policy , Privacy Statement and Terms & Conditions .

Maximum 6 courses for comparison!

Chat on WhatsApp

Courses selected for comparison