Kuliah Jurusan Ilmu Komputer, Informatika dan Sistem Informasi di Singapura

Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai kuliah Ilmu Komputer, Informatika dan Sistem Informasi di Singapura yang perlu kamu ketahui.
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi belum menunjukkan tanda-tanda akan melambat. Geliat perusahaan rintisan alias startup yang bergerak di bidang teknologi dan komunikasi juga makin terlihat. Fenomena ini tidak hanya terjadi di luar negeri, namun pelaku usaha dalam negeri di Indonesia juga semakin banyak yang melirik peluang usaha di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Kuliah Jurusan Ilmu Komputer, Informatika dan Sistem Informasi di Singapura

Perusahaan yang bergerak di berbagai bidang lain juga menyadari bahwa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi akan mampu membuat perusahaan mereka lebih baik dengan efisiensi berbagai proses, mulai dari efisiensi produksi hingga manajemen manusia. Oleh sebab itu, saat ini jurusan kuliah yang mempelajari tentang ilmu terkait teknologi informasi dan komunikasi seperti Ilmu Komputer, Informatika dan Sistem Informasi makin diminati.

Mengapa Melanjutkan Kuliah dengan Jurusan Ilmu Komputer, Informatika dan Sistem Informasi di Singapura?

Singapura yang letaknya dekat dengan Indonesia, menjadi salah satu pilihan yang tepat jika ingin melanjutkan kuliah jurusan Ilmu Komputer, Informatika dan Sistem Informasi di luar negeri. Menurut data dari UNESCO, hampir 50.000 pelajar internasional datang untuk belajar di Singapura tiap tahunnya. Jumlah ini adalah yang tertinggi dibandingkan negara-negara Asia lain seperti Jepang, Korea Selatan, dan China. Data tersebut menunjukkan bahwa Singapura kini telah diakui sebagai negara yang menarik sebagai tujuan bagi mereka yang ingin belajar di luar negeri. Sedangkan untuk jumlah pelajar dari Indonesia, tercatat lebih dari 24.000 orang yang menempuh pendidikan di Singapura.

Sebagai negara yang kaya dan memiliki hubungan dekat dengan negara-negara barat, Singapura terkenal sebagai negara dengan kondisi keamanan yang sangat baik, tingkat polusi yang terkendali, serta lingkungan yang sehat dan bersih, sehingga cocok menjadi tempat tinggal selama menempuh pendidikan.

Meskipun luas negaranya yang tergolong kecil, Singapura memiliki nama di mata dunia sebagai salah satu negara yang unggul di bidang riset dan teknologi. Negara ini pernah menduduki peringkat ketujuh “INSEAD Global Innovation Index” pada tahun 2015, peringkat ketiga “IMD’s 2014 World Competitiveness Rankings”, dan peringkat kedua pada “”World Economic Forum’s Global Competitiveness Report” untuk tahun 2014–2015.

Universitas di Singapura juga sering dinobatkan dalam berbagai penghargaan bergengsi tingkat dunia. Misalnya dua universitas unggulannya yang kini masuk dalam 15 besar peringkat dunia dan Singapura sendiri menjadi negara dengan peringkat ke- 14 menurut “QS Best Student Cities 2017”. Penghargaan tersebut mencerminkan Singapura adalah negara yang memiliki kualitas pendidikan yang terjamin.

Selain keunggulan tersebut, mahasiswa bisa merasakan hidup di tengah budaya yang kaya saat melanjutkan kuliah di Singapura. Alasannya, negara tersebut saat ini memiliki empat etnis penduduk terbanyak yakni Cina, Melayu, India, dan Eurasia. Keberagaman etnis tersebut akan memperkaya pengalaman hidup saat belajar di Singapura.

Universitas dengan Jurusan Ilmu Komputer, Informatika dan Sistem Informasi Terbaik di Singapura

Singapura memiliki banyak universitas yang menyediakan jurusan Ilmu Komputer, Informatika dan Sistem Informasi dengan kualitas dunia. Berikut beberapa diantaranya

National University of Singapore (NUS)

Universitas ini merupakan universitas tertua dan terbesar di Singapura, didirikan pada 1905. National University of Singapore telah berulang kali masuk dalam jajaran 30 besar universitas terbaik di dunia. Universitas ini juga memiliki banyak alumni yang kini jadi orang penting misalnya Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, mantan Perdana Menteri Malaysia Tun Abdul Razak, dan mantan Perdana Menteri Singapura Goh Chok Tong.

Untuk jurusan terkait keahlian teknologi informasi dan komunikasi, National University of Singapore menawarkan berbagai gelar, yakni Bachelor of Computing in Computer Science, Bachelor of Computing in Information Security, dan Bachelor of Computing in Information Systems. Perkuliahan di jurusan-jurusan tersebut difasilitasi dengan program pengembangan teknologi, magang di dunia industri, kesempatan penelitian untuk mahasiswa, pertukaran pelajar dengan negara lain atau yang dikenal dengan nama “NUS Overseas Colleges Programme”, juga proyek inkubasi.

Nanyang Technological University (NTU)

Universitas ini terkenal dengan keunggulan dan kegiatan risetnya yang mendunia. Nanyang Technological University (NTU) menempati peringkat 11 sebagai universitas terbaik dunia menurut QS Global World Ranking 2018. Sehingga tidak mengherankan jika jurusan-jurusan perkuliahan yang dimiliki universitas ini juga terkenal dengan kualitasnya.

Terdapat sekira 33 ribu mahasiswa sarjana dan pascasarjana yang tersebar di berbagai fakultas, seperti fakultas teknik, fakultas bisnis, dan fakultas ilmu sosial. Salah satu jurusan yang paling banyak diminati di sana adalah ilmu komputer.

Nanyang Technological University (NTU) juga memberi kesempatan mahasiswanya untuk meraih gelar Bachelor of Engineering untuk jurusan Ilmu Komputer, Informatika, dan Sistem Informasi. Mahasiswa juga berkesempatan meraih gelar ganda pada bidang lain yang dipilih. Misalnya gelar Bachelor of Business , Bachelor of Arts in Economics, atau Bachelor of Science in Data Science.

Sebagai universitas kelas dunia, Nanyang Technological University bekerja sama dengan perusahaan internasional terkenal seperti BMW, Rolls-Royce dan Lockheed Martin untuk memfasilitasi pengembangan diri mahasiswanya dan membuka kesempatan kerja bagi mereka setelah menyelesaikan pendidikan.

Institute of Systems Science

Institute of Systems Science (ISS) berdiri sejak tahun 1981 dan ditunjuk sebagai National Continuing Education & Training (CET) Institute (NCI) for the National Infocomm Competency Framework (NICF) oleh Singapore Workforce Development Agency. Universitas ini juga merupakan Programme Partner untuk WDA’s Service Excellence Competency & Creative Industries Frameworks. Kepercayaan tersebut membuktikan keunggulan Institute of Systems Science sebagai institusi pendidikan yang menghasilkan para profesional terutama di bidang Ilmu Komputer, Informatika dan Sistem Informasi.

Selain bertujuan menghasilkan pemimpin unggul yang mahir di bidang teknolologi informasi dan komunikasi, Institute of Systems Science juga dipercaya sebagai ujung tombak riset, pengadaan seminar, serta penyedia konsultasi profesional bagi industri teknolologi informasi dan komunikasi. Singapore e-Government Leadership Centre (eGL) di Institute of Systems Science membantu pemerintah Singapura dalam berinovasi dan mentrasformasi pemerintahan berbasis e-Government. Dalam sepuluh tahun terakhir, Institute of Systems Science telah menghasilkan lebih dari 84.000 ahli di bidang teknologi informasi dan komunikasi

Singapore Management University

Universtas ini terkenal dengan perkuliahannya yang interaktif, mengedepankan aspek kolaboratif dan menggunakan pembelajaran berbasis proyek. Kampus juga memanfaatkan teknologi untuk menunjang proses perkuliahan. Keunggulannya dibandingkan universitas lain di Singapura, Singapore Management University menekankan perkuliahan yang mengedepankan proses riset atau penelitian.

SMU kini memiliki lebih dari 10.000 mahasiswa yang sedang menempuh program gelar sarjana (S1) maupun pascasarjana (S2 dan S3). Universitas ini memiliki enam program unggulan, termasuk jurusan terkait teknologi informasi dan komunikasi. Lokasinya yang berada di pusat kota Singapura, akan membuat mahasiswanya mudah beraktivitas dan mendukung hubungan yang strategis dengan dunia bisnis, pemerintahan, dan komunitas lain yang lebih luas untuk mengembangkan diri.

Biaya Pendidikan

Dana yang dibutuhkan untuk melanjutkan kuliah di Singapura, terutama untuk jurusan Ilmu Komputer, Informatika, dan Sistem Informasi cukup bervariasi, tergantung universitas yang dipilih. Selain itu, Singapura juga memiliki kebijakan subsidi pemerintah untuk bantuan pembiayaan pendidikan. Berikut ini merupakan perkiraan rata-rata biaya pendidikan untuk program gelar sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) bagi mahasiswa dari luar negeri yang akan melanjurkan kuliah jurusan Ilmu Komputer, Informatika, dan Sistem Informasi di Singapura.

Kualifikasi Biaya Pendidikan (SGD) Biaya Pendidikan (IDR)
S1 17.976 - 19.260 180 - 200 juta
S2 43.670 - 54.522 450 - 600 juta


Akomodasi dan Kebutuhan Hidup di Singapura

Untuk hidup di Singapura, biaya yang dibutuhkan sangat bervariasi sesuai kebutuhan dan gaya hidup mahasiswa. Pengeluaran terbesar bagi mahasiswa yang melanjutkan kuliah jurusan Ilmu Komputer, Informatika, dan Sistem Informasi adalah biaya kuliah. Kebutuhan dengan biaya terbesar selanjutnya adalah kebutuhan biaya tempat tinggal dan makan. Rincian biaya akomodasi dan kebutuhan selama kuliah di Singapura bisa dilihat pada halaman easyuni.co.id/singapore.

Cara Pendaftaran

Pendaftaran perkuliahan untuk berbagai universitas dengan jurusan Ilmu Komputer, Informatika, dan Sistem Informasi di Singapura umumnya bisa dilakukan secara online. Caranya adalah dengan mengunduh formulir pendaftaran melalui situs resmi universitas yang dituju. Setelah diisi dan dilengkapi dengan berkas-berkas yang dipersyaratkan, pelamar bisa mengirimkan formulir pendaftaran tersebut via online. Penjelasan lebih lengkap dapat diakses dalam panduan ini untuk belajar di Singapura.

Persyaratan Visa

Calon mahasiswa wajib mendapatkan visa pelajar atau “Student’s Pass” sebagai salah satu syarat melanjutkan kuliah di Singapura. Untuk mendapatkan dokumen tersebut, calon mahasiswa harus terlebih dulu diterima di universitas di Singapura. Semua pelajar internasional memerlukan izin tinggal berupa visa pelajar atau “Student’s Pass”, kecuali untuk pemegang “Dependent Pass” atau “Immigration Exemption Order”. Keterangan lebih lanjut tentang “Student’s Pass” dapat dilihat pada easyuni.co.id/singapore.

Kesempatan Kerja Setelah Kuliah Jurusan Ilmu Komputer, Informatika dan Sistem Informasi di Singapura

Kesempatan kerja setelah menempuh pendidikan tinggi dengan jurusan Ilmu Komputer, Informatika dan Sistem Informasi di Singapura sangat luas. Ketiha cabang keilmuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi tersebut memang saling berhubungan. Namun, ada perbedaan keterampilan dan teori yang dipelajari saat menempuh pendidikan tinggi ilmu komputer, informatika, dan sistem informasi.

Kuliah ilmu komputer dan informatika di Singapura

Ilmu Komputer akan membekali mahasiswa dengan kemampuan penguasaan teori atau konsep tentang teknologi informasi dan komunikasi, hingga pengembangan software atau perangkat lunak. Ilmu Komputer akan lebih contoh mempelajari konsep sains dari teknologi komputer, sehingga mahasiswa akan lebih banyak bergelut dengan algoritma, konsep pemikiran sebuah aplikasi, teori jaringan, dan konsep-konsep serupa lainnya. Belajar Ilmu komputer juga berarti mempelajari praktik penggunaan berbagai bahasa pemrograman. Keterampilan menyusun algoritma dan pemrograman membutuhkan kemampuan berlogika tingkat tinggi. Oleh sebab itu, mahasiswa Ilmu Komputer akan banyak mempelajari konsep-konsep matematika untuk mengasah kemampuan logika tersebut.

Sedangkan Informatika atau Teknik Informatika lebih condong pada pengaplikasian daripada pendalaman konsep atau teori. Jika mempelajari Informatika, maka mahasiswa akan dibekali dengan penguasaan teknologi perangkat lunak atau software. Lulusan Informatika akan memiliki kemampuan sebagai programmer atau pengembang perangkat lunak. Misalnya web, aplikasi mobile, serta berbagai macam software yang diaplikasikan untuk berbagai bidang. Mahasiswa juga akan memiliki kemampuan arsitektur dan infrastruktur teknologi informasi untuk merancang dan membangun infrastruktur teknologi informasi atau jaringan, termasuk tentang pengamanan jaringan.

Jika menyelesaikan pendidikan di bidang Sistem Informasi, mahasiswa akan mampu menguasai beberapa hal seperti pemrograman, pengembangan software, jaringan komputer, dan database. Kemampuan manajemen juga akan dipelajari melalui mata kuliah terkait prinsip-prinsip manajemen, manajemen sistem informasi, dan masih banyak lagi. Sedangkan pengetahuan tentang bisnis, akan dipelajari melalui administrasi bisnis, sistem informasi akuntansi, pengembangan dan pemasaran produk, perilaku organisasi, dan beberapa keilmuan lain. Selain itu, dengan mempelajari Sistem Informasi, seseorang juga akan mampu melakukan analisis produk teknologi yang akan dikembangkan agar sesuai dengan kebutuhan pasar atau kebutuhan klien.

You might be interested in...