Kuliah Komputer dan Teknik Informatika di Luar Negeri

Berikut informasi lengkap mengenai kuliah ilmu komputer dan teknik informatika di luar negeri yang harus kamu tahu.

Ilmu komputer dan teknik informatika merupakan salah satu jurusan populer di kalangan pelajar ketika melanjutkan kuliah S1 maupun S2. Dengan pesatnya perubahan teknologi saat ini, lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang dan industri.

Dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang algoritma, matematika, logika, pemrograman, pembuatan software, database jaringan dan sebagainya. Umumnya, lulusan jurusan ini mendapatkan pekerjaan dengan gaji di atas rata-rata, lho!

Kuliah Ilmu Komputer dan Teknologi Informatika di Luar Negeri

Spesialisasi Jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika

Sama seperti bidang ilmu lainnya, jurusan ilmu komputer dan teknik informatika memiliki spesialisasi jurusan yang bisa dipilih oleh mahasiswa. Spesialisasi ini bertujuan untuk berfokus pada satu bidang ilmu komputer yang sesuai dengan jalur karir yang diinginkan.

Beberapa spesialisasi jurusan ilmu komputer dan teknik informatika yang bisa kamu pilih adalah sebagai berikut:

  • Artificial Intelligence
  • Information Technology
  • Database System
  • Computer Science
  • Software Engineering
  • Computer Systems and Networks
  • Computer Security
  • Human-Computer Interaction
  • Information Management and Analytics
  • Game Development

Mengapa Pilih Kuliah Ilmu Komputer dan Teknik Informatika di Luar Negeri?

Melanjutkan pendidikan ke luar negeri memiliki banyak keuntungan. Lalu, kenapa kamu harus pilih kuliah jurusan ilmu komputer dan teknik informatika di luar negeri? Berikut 3 alasan diantaranya.

1. Prospek Kerja yang Tinggi

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan berbagai teknologi, lulusan ilmu komputer dan teknik informatika sangat dibutuhkan, terutama di saat semua bisnis sudah go online. Kebutuhan akan professional di bidang komputer, programming dan security semakin meningkat dan ini membuat lulusan jurusan ini memiliki prospek kerja yang tinggi di masa depan dalam berbagai bidang / industri.

2. Daya Saing Tinggi

Lulusan jurusan ilmu komputer dan teknik informatika luar negeri memiliki daya saing tinggi. Hal ini dikarenakan teknologi di luar negeri sudah lebih maju dari yang ada di Indonesia, sehingga kamu akan terekspos dengan teknologi / ilmu baru yang bisa diimplementasikan di dunia kerja. Selain itu, lulusan jurusan ini tak hanya mengetahui berbagai bahasa pemrograman terbaru, tetapi juga bisa mengasah kemampuan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya yang bisa jadi nilai lebih saat mencari pekerjaan.

3. Selalu Berkembang

Ilmu komputer merupakan bidang yang terus mengalami perubahan sesuai dengan kemajuan dan kebutuhan jaman. Tak hanya berlaku untuk negara tertentu, namun ilmu komputer dan teknik informatika berlaku secara global dan terus berkembang. Hal ini menjadi salah satu keuntungan ketika kuliah di jurusan ini karena ilmunya praktis dan bisa langsung diaplikasikan.

Karakter yang Cocok Kuliah Jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika

Dari sekian banyak jurusan yang tersedia untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, tidak semua orang bisa masuk ilmu komputer dan teknik informatika lho! Bukan hanya berbicara soal prestasi akademik, tetapi karakter diri juga mempengaruhi apakah kamu akan sukses di bidang ini atau tidak.

Secara umum, karakter pelajar yang cocok untuk mengambil kuliah di jurusan ilmu komputer dan teknik informatika adalah sebagai berikut.

1. Suka Berhitung

Jika kamu suka dengan pelajaran matematika dan IPA serta suka memecahkan soal hitung-hitungan yang kompleks, jurusan ini cocok untuk kamu.

2. Tidak Mudah Menyerah

Kuliah di jurusan ilmu komputer dan teknik informatika membutuhkan pelajar dengan karakter yang tidak mudah menyerah. Hal ini karena kamu akan mendapatkan banyak materi dan tugas yang rumit. Misalnya mengembangkan sistem atau aplikasi baru. Karena akan ada banyak trial dan error, sifat ini penting dimiliki pelajar yang ingin kuliah di jurusan ini.

3. Kemauan Belajar Tinggi

Karena dunia IT selalu berkembang dengan cepat, maka pelajar yang mengambil jurusan ini harus selalu mau belajar dan terbuka dengan hal-hal baru.

4. Problem Solver

Perkembangan di dunia IT bertujuan untuk membantu pekerjaan manusia dan memudahkan berbagai hal melalui teknologi. Seseorang dengan kemampuan memecahkan masalah, kreatif dan inovatif dibutuhkan untuk memberi ide-ide terbaik dari masalah yang dihadapi.

5. Logis

Jika kamu termasuk orang yang memiliki pemikiran logis yang baik dan suka menganalisa, jurusan ilmu komputer dan teknik informatika ini cocok untuk mu.

Persyaratan Kuliah Jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika di Luar Negeri

Setiap universitas memiliki persyaratan masuk yang berbeda-beda bagi pelajar internasional yang ingin belajar di universitas tersebut. Namun, secara umum persyaratan kuliah jurusan ilmu komputer dan teknik informatika di luar negeri adalah sebagai berikut:

1. Nilai Akademis

Hal yang paling standar saat mendaftar di universitas yaitu nilai akademis yang memadai. Ini termasuk nilai ijazah SMA dengan nilai rata-rata 7 – 9 dan nilai tinggi untuk mata pelajaran yang berhubungan dengan jurusan ini, yaitu matematika, komputer dan sains.

2. Dokumen Pendukung

Ijazah SMA bagi yang ingin melanjutkan kuliah S1 dan ijazah S1 bagi yang ingin melanjutkan program magister mutlak diperlukan. Umumnya dokumen ini perlu ditranslate dalam bahasa Inggris. Selain dokumen akademik, visa dan surat pendukung lainnya juga diperlukan.

3. Kemampuan Bahasa

Tergantung negara mana yang kamu pilih, melampirkan sertifikat kemampuan bahasa juga jadi syarat mendaftar kuliah yang paling umum. TOEFL dan IELTS jadi dokumen wajib untuk disertakan saat mendaftar universitas yang bahasa pengantarnya Inggris. Nilai minimum TOEFL biasanya di atas 550 dan 6,5 untuk IELTS.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika

Perkembangan teknologi yang begitu cepat membuat lulusan ilmu komputer dan teknologi informatika banyak dicari oleh perusahaan, baik asing maupun di dalam negeri. Seperti sudah disebutkan di atas, prospek kerja lulusan ilmu komputer dan teknik informatika sangat banyak.

Berikut beberapa peluang kerja lulusan ilmu komputer dan teknik informatika yang bisa jadi pilihan karir menarik.

  • Programmer
  • Game developer
  • Software engineer
  • Software tester
  • Quality Assurance
  • Web Designer
  • IT Staff
  • IT Manager
  • IT Consultant
  • Network Administrator
  • Network Engineer
  • System Analyst
  • Database Administrator
  • Guru / dosen

Sementara itu, bidang yang bisa menjadi tempat bekerja pun sangat banyak, seperti misalnya di instansi pemerintah, perusahaan swasta, retail, e-commerce, pertambangan, otomotif, komunikasi, manufaktur, properti, pendidikan dan masih banyak lainnya.

Universitas Terbaik untuk Kuliah Ilmu Komputer dan Teknik Informatika

Sebagai salah satu jurusan terpopuler, ada banyak sekali universitas dunia yang menawarkan jurusan ilmu komputer dan teknik informatika. Namun jika kamu ingin kuliah S1 maupun S2 di universitas terbaik untuk jurusan ini, berikut top 10 universitas terbaik dunia untuk jurusan ilmu komputer dan teknik informatika berdasarkan QS World University Rangkings 2018.

  1. Massachusetts Institute of Technology
  2. Stanford University
  3. Carnegie Mellon University
  4. University of California, Berkeley
  5. University of Cambridge
  6. Harvard University
  7. University of Oxford
  8. Princeton University
  9. ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology Zurich
  10. National University of Singapore

Sementara itu, dari website yang sama, top 10 universitas terbaik di Asia untuk kuliah ilmu komputer dan teknik informatika di tahun 2018 adalah sebagai berikut:

  1. National University of Singapore
  2. The Hong Kong University of Science and Technology
  3. Nanyang Technological University
  4. Peking University
  5. Tsinghua University
  6. The University of Tokyo
  7. The University of Hong Kong
  8. The Chinese University of Hong Kong (CUHK)
  9. KAIST (Korea Advanced Institute of Science & Technology)
  10. Seoul National University

Negara Terpopuler Pelajar Indonesia untuk Kuliah Ilmu Komputer dan Teknik Informatika

Termasuk salah satu jurusan terpopuler di kalangan pelajar, tak heran jika banyak pelajar Indonesia yang memilih untuk kuliah S1 maupun S2 ilmu komputer dan teknik informatika di luar negeri. Dari sekian banyak negara dengan universitas terbaik, ada negara-negara tertentu yang jadi tujuan populer pelajar Indonesia untuk melanjutkan kuliah mengambil jurusan ini.

Tak hanya didasarkan pada universitas, melainkan juga biaya hidup, kesempatan bekerja dan hal lainnya. Berikut informasi tentang negara terpopuler pelajar Indonesia untuk kuliah ilmu komputer dan teknik informatika yang bisa jadi referensi kamu.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat masih menjadi tujuan utama bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di jurusan ilmu komputer dan teknik informatika. Amerika dikenal sebagai salah satu poros teknologi dunia yang selalu menjadi kiblat perkembangan teknologi negara-negara lain. Hal ini memungkinkan mahasiswa mempelajari berbagai teknologi baru yang dibutuhkan saat ini.

Pro:

  • Tersedia banyak pilihan universitas berkualitas kelas dunia yang bisa dimasuki
  • Beragam pilihan spesialisasi yang bisa dipilih
  • Terlatih bekerja dalam lingkungan global yang kompetitif
  • Kesempatan magang di perusahaan ternama

Kontra:

  • Uang kuliah yang mahal, berkisar $10.000-55.000 (130-750 juta) per tahun
  • Biaya hidup juga tergolong mahal di hampir semua negara bagian

2. Singapura

Negara tetangga Indonesia ini juga jadi pilihan favorit bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah S1 maupun S2 di jurusan ilmu komputer dan teknik informatika. Dua universitas top di Singapura, yaitu NTU dan NUS masuk dalam kategori universitas terbaik untuk belajar ilmu komputer dan IT.

Pro:

  • Kualitas pendidikan tinggi dan berstandar internasional
  • Dekat dengan Indonesia, sehingga baik pelajar maupun keluarga bisa dengan mudah mengunjungi
  • Terlatih bekerja dan bersosialisasi dalam lingkup global
  • Spesialisasi yang beragam

Kontra:

  • Biaya kuliah tergolong tinggi, yaitu sekitar SGD 13.700-SGD 40.000 (140-420 juta) per tahun
  • Meski negara Asia, namun biaya hidup di Singapura tergolong paling tinggi di kawasan Asia Tenggara

3. Malaysia

Tak jauh dari Indonesia, Malaysia ternyata juga jadi pilihan pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, khususnya untuk jurusan ilmu komputer dan teknik informatika.

Pro:

  • Tersedia banyak universitas berkualitas yang menawarkan jurusan ilmu komputer dan teknik informatika yang berstandar internasional; seperti Monash University, University Kuala Lumpur dan sebagainya
  • Kesempatan magang di perusahaan besar Malaysia dan juga memungkinkan kamu diterima bekerja di perusahaan yang sama
  • Dekat dengan Indonesia, sehingga memudahkan jika ingin pulang / liburan ke Indonesia

Kontra:

  • Biaya kuliah yang tergolong tinggi, yaitu sekitar 120-350 juta, namun jika berhasil masuk universitas negeri maka biaya kuliah lebih murah berkisar 30-35 juta per tahun.

4. Korea Selatan

Korea Selatan merupakan rumah bagi perusahaan teknologi besar dunia, seperti Samsung. Negara ini juga jadi salah satu negara dengan konektivitas internet terbaik dan terluas di dunia dengan implementasi berbagai teknologi yang memudahkan masyarakatnya. Hal ini jadi salah satu alasan mengapa banyak yang kuliah ilmu komputer dan teknik informatika ke Korea.

Pro:

  • Sistem pendidikan yang maju dan berstandar internasional
  • Kesempatan magang di berbagai perusahaan teknologi besar di Korea
  • Tersedia banyak pilihan universitas berkualitas yang bisa dipilih, seperti KAIST yang sangat prestis di Korea

Kontra:

  • Banyak kelas yang disampaikan dalam bahasa Korea, sehingga kamu perlu menguasai bahasa Korea terlebih dahulu.

Bagaimana? Sudah memutuskan ingin kuliah ilmu komputer dan teknik informatika di luar negeri? Jangan ragu untuk hubungi EasyUni jika memiliki pertanyaan seputar kuliah di luar negeri ya.