Perbedaan TOEFL dan IELTS

Belajar, TOEFL, IELTS

TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language dan ujian TOEFL lebih populer di telinga indonesia dibandingkan IELTS yang merupakan singkatan dari The International English Language Testing System. \

IELTS merupakan ujian bahasa inggris yang lebih mendunia. Hampir semua negara di dunia menerima hasil tes bahasa inggris IELTS. Tentunya pemilihan ujian antara TOEFL dan IELTS juga mempengaruhi Negara yang kamu tuju untuk kuliah karena TOEFL lebih spesifik ke Negara tertentu. Ujian kemampuan Bahasa Inggris IELTS diselenggarakan bersama oleh Universitas Cambridge, British Council dan IDP Education Australia menggunakan aksen Inggris British sedangkan TOEFL oleh kantor ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat tentunya mengunakan aksen Amerika.

Kedua ujian inggris ini mempunyai tujuan yang sama untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang secara lengkap yang terdiri daripada empat bagian tes kemampuan berbahasa inggris yaitu Mendengarkan (Listening), Membaca (Reading), Menulis (Writing) dan Berbicara (Speaking).

Secara teknis, ujian IELTS akan memakan waktu selama 2 jam 45 menit. Sedangkan TOEFL akan memakan waktu 4 jam dalam pelaksanaannya. Yang membuat kedua ujian ini berbeda karena IELTS memiliki 2 versi tes menulis dan membaca secara umum dan akademis dengan materi yang berbeda untuk menulis dan membaca. Untuk tes mendengar dan berbicara IELTS relatif sama. Sementara itu, TOEFL hanya menggunakan satu versi ujian untuk semua.

Skala penilaian untuk IELTS adalah 0 - 9. Bagi kamu yang ingin kuliah program sarjana, setidaknya dibutuhkan skor antara 6.0 - 6.5 untuk bisa lulus kebutuhan universitas pilihan kamu. Selain itu TOEFL, mempunyai skala penilaian 0 -120 ujian secara online dan secara tertulis antara 310 - 677 sedangkan skor standar yang digunakan untuk kuliah di seluruh dunia pada umumnya sekita 79 - 80 untuk ujian online TOEFL dan 550 untuk TOEFL tertulis.

Setelah membaca artikel ini apakah kamu sudah mengerti perbedaan antara IELTS dan TOEFL? Jika kamu masih ragu, hubungi kaunselor EasyUni di 021 2926124. Kami dengan senang hati akan membantu kamu dalam menentukan Jurusan dan Universitas terbaik.

Lebih lanjut mengenai IELTS kamu juga dapat menghubungi British Council Indonesia dan TOEFL Indonesia

Diposting pada 09 Okt 2017
Aplikasi Kuliah, Kuliah di Luar Negeri, Tips & saran

Bagikan ini