Kesabaran, Semangat, dan Cinta: Justine

1. Bagaimana perjalanan kak Justine sebagai salah satu finalis Miss UMN 2015?

miss umn

Ke-20 finalis Miss UMN

Ini sangat menakjubkan buat saya karena ini pertama kalinya buat saya untuk mengikuti kompetisi kontes kecantikan. Saya sangat gugup karena banyak yang lebih cantik, pintar, juara olimpiade, dll. Tapi dengan semua dukungan yang diberikan untuk saya, saya memutuskan untuk mencobanya dahulu. Satu hal yang sangat penting untuk saya, ajang Miss UMN bukan kompetisi untuk mencari siapa juaranya, melainkan tempat untuk belajar hal-hal baru dan membangun hubungan persahabatan dengan kontestan lainnya. Dari babak kualifikasi hingga ke malam penganugerahan bukanlah hal yang mudah, hampir setiap hari saya latihan dan belajar untuk memberikan yang terbaik untuk malam penganugerahan. Saya berhasil merebut posisi dalam 10 besar pada saat itu, tapi bagi saya posisi bukanlah segalanya melainkan hubungan keluarga antara kami semua adalah yang paling utama.

2. Apa yang membuat kak Justine memutuskan untuk ikut di ajang Miss UMN 2015?

miss umn

Saya suka mencoba hal yang baru, seperti keluar dari zona nyaman saya. Apabila kamu takut untuk mencoba hal yang baru, kamu akan selalu tetap di tempat kamu dan tidak akan berkembang. Selain daripada itu, saya ingin memberikan dampak buat sekitar saya. Bukan untuk memerintah tapi lebih untuk berbagi nilai, pengalaman, dan motivasi kepada semua orang bahwa mereka mampu melakukannya dan juga tidak lupa kepada Tuhan. Semua orang mempunyai kecantikannya tersendiri, walaupun banyak orang berkata itu hanya ulasan semata tapi suatu hari kamu pasti akan menemukan kecantikan yang kamu miliki selama kamu berusaha.

3. Apa aja sih nilai-nilai moral yang bisa di ambil dari ajang Miss UMN 2015?

miss umn

PatiencePassion, dan Love. Patience/Kesabaran, pasti selalu ada orang yang tidak suka pada kamu, selalu ada orang yang berfikir bahwa kamu tidak bisa, selalu ada tekanan dari sekitar kamu. Tapi percayalah dan bersabarlah dan yakinkan bahwa usaha kamu tidak akan sia-sia pada akhirnya. Passion/Semangat, berarti berikan kemampuan semaksimal mungkin dan jangan pernah berhenti. Pada akhirnya, kamu akan melihat hasil terbaik yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Love/Cinta, melalui ajang Miss UMN ini, saya mendapat banyak dukungan dari teman, sahabat, dan keluarga saya yang selalu ada buat saya dan saya sangat berterima kasih kepada Tuhan untuk kasih-Nya.

4. Setelah ajang Miss UMN 2016, apa sih rencana kak Justine untuk ke depan? Apa ingin melanjutkan ke dunia modeling?

Saya sangat suka dunia modeling dan tidak menutup kemungkinan untuk saya melanjutkan ke dunia modeling karena saya selalu suka dan terbuka dengan hal yang baru. Tapi untuk sekarang, saya lebih fokus untuk menyelesaikan program internship saya dan lulus tepat waktu.

5. Bagaimana latar belakang pendidikan kak Justine dan prestasi yang kak Justine raih sewaktu SMA?

SMA adalah masa yang terindah karena tidak ada stress yang berlebihan. Buat saya, saya belajar banyak sewaktu saya SMA dan saya menemukan bakat saya yaitu Debate di English Club. Saya dan teman-teman saya adalah yang pertama untuk memulai aktivitas Debate di sekolah saya dimana sekolah-sekolah lain sudah memulainya terlebih dahulu. Kami kalah 4 kali berturut-turut dalam berbagai kompetisi tetapi itu tidak membuat kami menyerah melainkan itu membuat kami terus percaya dan berjuang untuk memberikan yang terbaik. Akhirnya kami mendapat juara 1 dalam kompetisi tingkat Nasional yang diselenggarakan di Universitas Lampung. Jadi pesan untuk kalian, jangan hanya mencapai batas kemampuan kamu, tapi raihlah hingga melewati batas kemampuan kamu dan percayalah bahwa kamu bisa.

6. Apa yang membuat kak Justine memilih untuk fokus di Debate dari bidang English club lainnya?

debate

Karena bakat yang saya temui dalam diri saya adalah di bidang debate dibandingkan dengan bidang aktivitas English club lainnya. Dalam Debate, tidak cukup kalau kamu hanya mempunyai kemampuan berbicara, kamu juga harus mempunyai kemampuan berfikir yang kritis pada saat kamu berbicara. Dan juga itu mendorong kamu untuk memperoleh banyak pengetahuan karena dalam Debate kamu tidak akan pernah merasa puas.

7. Apa alasan kak Justine memilih UMN sebagai universitas untuk mendapatkan gelar S1?

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang terletak di daerah Gading Serpong ini mempunyai reputasi yang bagus karena universitas ini bagian dari Kompas Gramedia yang dimiliki oleh Jakob Oetama. Kampus ini juga memiliki fasilitas yang memadai dan teknologi yang canggih yang sanggup menampung semua pelajar yang ingin belajar sesuai pilihan mereka.

8. Apa yang membuat kak Justine memilih jurusan Public Relation (PR) untuk mendapatkan gelar S1?

jurnalis

Justine dengan jurnalis senior, Aiman Witjaksono

Kita tidak bisa lepas dari bersosialisasi dan berkomunikasi dengan sesama kita. Mata kuliah bidang komunikasi bukan hanya mempelajari dasar dari komunikasi yang kita gunakan, melainkan lebih mendalam tentang komunikasi. Bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan banyak orang, bagaimana kamu meyakinkan orang dengan cara kamu berbicara, dan juga bagaimana kamu membuat strategi yang cocok untuk berkomunikasi. Dalam jurusan PR ini, saya belajar banyak mengenai cara membangun komunikasi yang baik, menjaga reputasi dan gambar diri, dan semua itu tidak mudah.

9. Apa rencana kak Justine  setelah mendapatkan gelar S1? Apa kak Justine berencana untuk melanjutkan studi S2 ke Luar Negeri?

Setelah selesai S1, saya berencana untuk bekerja terlebih dahulu untuk mendapatkan pengalaman kerja dimana itu sangat berguna nantinya. Saya sudah ada berpikir untuk melanjutkan studi S2 ke luar negeri, karena bagi saya pendidikan adalah yang terpenting selama saya masih mampu mengambilnya.

10. Mungkin kak Justine sudah di jadikan “role model” oleh adik kelas, apa sih tips yang bisa di bagikan ke mereka supaya mereka bisa seperti kak Justine?

gubernur dki jakarta

Justine dengan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Saya rasa kalau role model atau dijadikan teladan terlalu besar untuk saya karena saya merasa saya belum mencapai sesuatu yang besar. Tapi kalau ada yang termotivasi atau belajar dari saya, dengan senang hati saya menyukainya. Jangan pernah berhenti belajar, motivasi diri kamu, dan berserah kepada Tuhan. Hanya berpengetahuan tidak selalu cukup, kamu harus mempunyai kemauan untuk terus belajar karena pendidikan tidak ada hentinya dimana kamu bisa mendapatkannya kapan pun. Dengan apa adanya kamu saat ini, mungkin kamu sudah bisa mencapai sesuatu yang besar, jangan lupa kalau dibalik semuanya itu ada Tuhan yang bekerja. Tetap rendah hati dan berfikir positif! Berdampak positiflah bagi sekitar kamu maka hidup kamu akan lebih bernilai.

11. Apa pesan yang ingin kak Justine sampaikan kepada para calon mahasiswa?

percaya diri

Bagi kalian yang ingin mengambil Jurusan seperti saya, kalian harus percaya pada diri sendiri bahwa kamu menyukai jurusan ini. Karena kalau kamu tidak menyukai jurusan ini, seperti kamu tidak suka berbicara di depan banyak orang, presentasi, atau bekerja dalam kelompok, kamu akan mengalami kesulitan. Tetapi kalau kamu tertarik di bidang ini dan kamu ini belajar dan berkembang dalam jurusan komunikasi, sebaiknya teruskan itu. Kamu hanya perlu menyukai nya sehingga kamu tidak akan terbebani dalam masa kuliah kamu. Sisanya tergantung pada usaha dan kerja keras kamu untuk mendalami jurusan ini.

Kamu akan memasuki tingkat dimana hidup kamu akan sangat berbeda dengan kehidupan SMA kamu. Tapi percayalah kalau kamu mampu melakukan yang terbaik saat kamu kuliah dan seterusnya. Setiap kali kamu merasa ingin menyerah, ingat untuk tetap kuat dan semangat dengan apapun yang kamu lakukan. Setelah semuanya itu, hidup kamu akan lebih menyenangkan jika kamu memilih sesuai dengan kemampuan kamu. Good luck and cheers!

miss umn

Diposting pada 09 Okt 2017
Jurusan, Kehidupan Mahasiswa, Tips & saran

Bagikan ini